Mempercepat Koneksi Internet EVDO

Kali ini baliservicecomputer berbagai tip untuk pengguna modem internet cdma evdo broadband flexi yang koneksinya melambat atau cara mengatasi FUP serta blokir nawala. Hal ini biasanya terjadi pada pengguna paket internet unlimitted yang menggunakan paket bundling handphone atau modem (lock/ unlock) + kartu. Setiap pembelian modem unlock biasanya tersedia pilihan menggunakan kartu smartfren dan flexi. Demikian halnya jika membeli tablet android+ kartu bundling dengan paket internet dari toko.
mempercepat koneksi internet evdo

Paket bundling flexi modem Huawei ex156, movimax, Advan, Airflash dan modem unlock evdo merk Gspeed yang bisa semua kartu baik smartfren maupun flexi dan paket Tablet Android Bundling internet seperti Ivio de88, handphone samsung galaxy sch-i509, Huawei c8650, ZTE Blade n880 dan yang terbaru di tahun 2013 pc tablet Alcatel onetouch D662, ini sudah versi unlock (bisa semua kartu) flexi dan smartfren. Nah mungkin sebagian pengguna akan kaget dengan speed internet yang sangat cepat pada awal pemakaian namun setelah beberapa hari kemudian internetnya menjadi lambat.

Perlu diketahui bahwa paket bundling internet flexi modem unlock dan tablet evdo diatas menggunakn FUP (Fair Usage Policy), yaitu batas maksimal quota yang diijinkan dan setelah kuota tersebut tercapai maka kecepatan internet akan diturunkan. Kami tidak akan membahas panjang lebar mengenai berbagai bonus nelpon dan sms dalam paket modem/ pc handphone-tablet android bundling unlimited ini, yang kami bahas adalah cara mengatasi fup yang menyebabkan penurunan kecepatan akses internet evdo mobile broadband.

Di konter tempat servis kami menggunakan paket bundling unlimitted modem unlock semua kartu SIM (bisa flexi dan smartfren) merk Gspeed agar mudah melihat perbedaan antara paket internet unlimitted (FMB) dengan paket promo bulanan flexi. Pada pembelian modem kita mendapat kartu flexi termasuk paket internet selama 1 bulan bukan? Hal ini terjadi pada paket internet bundling modem evdo unlock flexi yang kami beli seminggu yang lalu di plaza telkom jl teuku umar denpasar bali. Soalnya modem unlock PCM 100 saya laku, ada pelanggan pas datang ke konter tempat servis naksir dan harganya murah, cocok  di beli he he ;). 

Awalnya modem Gspeed ini memang kecepatannya evdo hingga 1Mbps, namun seminggu kemudian kecepatan modem flexi ini kok lambat sekali ya, mulai lemot, berubah ke speed cdma ngedrop maximal speed hanya 153 Kbps walaupun sinyal sudah saya pilih hybrid maupun evdo only. Semula saya berfikir bahwa sinyal sedang gangguan, tapi besoknya sama saja, kecepatan download memprihatinkan hanya 10% dari biasanya. Ini menurut saya yang biasa dengan speed kisaran 1 Mbps atau 1024 Kbps, soalnya di tempat servis kami sering download aplikasi dan firmware atau Custom ROM Android. 

Sebelum menuduh modem evdo unlock tersebut jelek sebagai terdakwanya, saya coba kirim sms ketik LIST ke 2255, hasilnya sbb:
paket internet flexi lambat lemot
Nah ketentuan dalam bundling tersebut adalah sbb: 
  • Registrasi paket internet dengan cara ketik “ON” kirim ke 2255, biasanya registrasi paket bundling modem/ tablet flexi dibantu SPG untuk melakukan registrasinya.
  • Mendapat kuota internet Free FMB Speed 1200 Kbps, FUP 1 GB untuk 30 hari, 
  • Akan diturunkan menjadi 153 Kbps  apabila quota sebesar 1GB sudah terlewati. 
  • Kuota akan kembali menjadi 1GB setelah isi ulang min Rp.50.000. Terus demikian berulang sesuai paket didapat, pada modem biasanya 1-2 bulan, pada bundling tablet bisa 6-12 bulan.
Pantas, ternyata modem ini bukan paket "promo bulanan" flexi yang biasa saya pakai, lalu saya sms stop paket internet tersebut dengan mengirim sms ketik stop ke 2255. Setelah mendapat jawaban saya isi pulsa 50 ribu dan daftar paket promo bulanan dengan cara sms: promo (spasi) bulanan ke 2255. Setelah mendapat password dan user name, saya gunakan modem tersebut dengan kecepatan evdo lagi.
mempercepat download internet flexi evdo
Jadi cara registrasi paket bundling modem/ tablet android flexi berbeda dengan paket internet promo bulanan yang masih berlaku hingga 31 juni 2013. Paket bundling modem dan tablet android flexi menggunakan rule/ aturan paket FMB bukan paket internet promo bulanan. Walaupun sama-sama unlimitted namun paket internet promo bulanan tidak kena FUP. Baca selengkapnya mengenai paket internet bulanan ini.

Berbeda dengan Smartfren seluruh paket internet flexi itu memang unlimitted namun hanya paket promo bulanan 50 ribu dengan cara registrasi: promo (spasi) bulanan dan dengan menggunakan kartu evdo bertuliskan mobile broadband 64K yang mendapat kecepatan full evdo selama sebulan penuh dan tanpa batas, tidak terkena FUP flexi, tanpa perlu cara hack modem apapun.

Paket internet flexi unlimitted lainnya seperti reg harian, reg mingguan, FMB bulanan, paket sekolahan dll speed internetnya dibatasi walaupun dalam area coverage jangkauan sinyal telkom flexi. Untuk mendapat kecepatan full evdo sebulan penuh dan tidak akan terkena fup adalah dengan promo bulanan atau pilihan lain bisa mendaftar harian dengan cara ketik sms: promo harian kirim ke : 2255, biaya paket 2.500/ hari.

Silahkan menggunakan cara mengatasi masalah FUP internet evdo ini dan untuk mengatasi blokir nawala disini, kecuali jika pembaca memang ingin melanjutkan memanfaatkan bonus nelpon dan sms yang disertakan dalam paket bundling modem/ tablet android internet. Update: kini tempat servis handphone kami berhenti menggunkan kartu flexi untuk akses internet karena layanan CDMA sudah di tutup dan beralih ke Paket Data Smartfren Lte 4G.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

11 komentar:

  1. Tolong boss... aq tersesat d bali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hua ha ha agan ini bisa saja, week end gan?

      Hapus
    2. bisa ja jawabnya ;)
      lagi begadang ya boss...?
      sory komentarnya merencang jauh dari topik. ;)

      Hapus
  2. cara daftar paket bulanan untuk evdo kartu smartfren gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami sudah ulas berbagai paket internet smartfren baik paket connec, regular, premium bulanan, unlimitted, silahkan baca link terkait

      Hapus
  3. apa bisa menggunakan modem venus vt-28?? dan apakah kecepatannya sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa modem venus vt2 itu sudah unlock bisa pakai smartfren,aha maupun flexi, kecepatan beda bergantung speed modem, dongle usb modem venus type lama hanya speed 1x, venus vt28 type baru sudah evdo rev0 tapi belum evdo revA, cek di dosnya

      Hapus
  4. gan, kan ane internet pake modem plexi nih, kira-kira apa yang salah download speed yang saya dapat hanya 20kbps. itu rata-rata. agan bisa bayangkan kalo speed cuman sebegitu? capekdeh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. -wah kemungkinan internet lambat banyak gan misal, salah cara registrasi internet flexi pakai reg bulanan, modem hanya support cdma 1x, daerah tidak terjangkau sinyal evdo dsb. sampai saat ini masih langganan (hampir 2 tahun) di denpasar flexi masih kisaran 700kbps-1500kbps, bisa berbeda terutama didaerah pedesaan

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.