Android Tablet Atom Pad Cyrus Rusak

Review Android Tablet Atom Pad Cyrus yang saya janjikan dalam postingan saya Tablet Android 7 inch sebelumnya, ternyata tidak berjalan lancar. Tablet Atom Pad dari vendor Cyrus yang saya beli di toko gadget dan computer 'IT EXIBITION' di Jl.Teuku Umar No.123 Denpasar tersebut baru dipakai 5 hari mati dan tidak dapat digunakan lagi. Kejadian ini tentu saja sangat mengecewakan, apalagi Tablet 7" Atom Pad Cyrus ini adalah tablet Android pertama saya.

Keinginan saya memiliki tablet Android ini berawal dari kebutuhan pekerjaan yang menuntut koneksi Internet sekaligus harapan saya untuk dapat mempelajari OS Android secara lebih mendalam. Sayang Tablet Atom Pad yang bergaransi 1 tahun tersebut bermasalah. 

Pada hari pertama membeli Android Tablet Atom Pad Cyrus, saya baru bisa belajar mengoperasikan android untuk fitur yang sederhana saja, karena waktu itu pulang dari toko penjual Tablet sudah sekitar jam 11 malam tanggal 4 September. Baru esok harinya (tgl 5 September) saya mencoba mengenali berbagai fitur Android dan fungsi yang tersedia pada Tablet Atom Pad tersebut.
android tablet 7 inch
kwitansi pembelian Tablet cyrus dan kupon free apps yang belum sempat digunakan
Semua fitur yang tersedia pada Android Tablet 7" Atom Pad secara umum berjalan dengan normal, baik untuk bermain game, fitur rotation screen, touch pad 5 jari (cubit) dll. Saya juga mengetes semua koneksi port yang tersedia pada tabelt tersebut seperti USB on the Go dengan memasukan flash disk 4 GB untuk memutar beberapa lagu MP3. Fitur USB on the Go juga dapat mendeteksi hardisk external 40 GB dengan baik. Untuk fitur koneksi modem untuk Tablet Atom Pad, output HDMI dan slot Micro SD/TF belum sempat saya gunakan. 

Semua aplikasi Android yang sudah terinstal pada Tablet 7" Atom Pad Cyrus dapat berjalan dengan normal, baik game angry bird dan aplikasi multimedia player dapat memutar file MP3, AVI, MKV dll kecuali video FLV (You tube). Nampaknya perlu aplikasi player tambahan agar dapat memutar file FLV ini. Koneksi Internet melaluli Wifi berjalan normal, hanya sinyal wifi atom pad sering naik turun/lemah walaupun posisi berdekatan dengan Laptop. Saat digunakan untuk akses internet dengan Wifi, Android tablet Atom Pad saya dideteksi laptop dengan nama 'smart'. 

Selama 3 hari pertama pemakaian Tablet Atom Pad ini, saat memutar tablet dari posisi screen potrait ke landscape atau sebaliknya, saya merasakan ada benturan ringan pada bagian dalam tablet. Awalnya saya berpikir ini mungkin semacam 'ball' untuk mendukung fungsi rotation screen (maklum saya tidak berpengalam menggunakan tablet android, baru belakangan diketahui penyebabnya ternyata baterai tanam tidak di lem sehingga terus bergerak). Pada hari ke 4 tanggal 8 September setiap melakukan proses charging baterai tablet Atom Pad, fungsi touch screen Tablet Atom Pad Cyrus mulai tidak normal. Setiap menyentuh icon selalu lari kesana kemari, demikian juga saat mengkoneksikan USB on the Go. Touch screen Atom Pad yang bermasalah dapat kembali normal jika koneksi USB on the Go tersebut atau charger dilepas.

Pagi hari ke 4 tanggal 8 September, waktu menekan tombol on pada tablet, prosses loading android Tablet berjalan sangat lama, walaupun akhirnya bisa menyala normal. Pada saat sore hari kejadian ini berulang, tetapi kali ini Tablet Atom Pad tidak dapat menyala lagi. Saya menunggu proses loading android sampai baterai Tablet Atom Pad habis dan tetap tidak mau menyala. Belakangan saya mengerti itulah arti istilah Android bootloop. Karena situasi sudah demikian, keesokan harinya saya memutuskan membawa Tablet Android rusak tersebut ke service center Cyrus Pad yang ditunjuk pihak toko penjual Atom Pad.

Toko dan Layanan service Android Tablet Atom Pad Cyrus Denpasar Mengecewakan
tablet atom pad
nasib tablet atom pad rusak
Jam 9 pagi saya bawa Tablet Atom Pad 7" ke service center terdekat Tablet Atom Pad Cyrus yang ditunjuk di ICE MALL jl Teuku Umar no 6 denpasar Bali tetapi petugas service belum datang. Saya berinisiatif membawa kembali ke toko penjual IT EXIBITION yang lokasinya juga dijalan yang sama tepat di seberang Handphone Shop, tetapi toko tersebut belum buka. Saya memutuskan bekerja dahulu hingga jam 11 dan kembali ketoko tersebut. Di Toko penjual Tablet Atom Pad saya ditemui 4 karyawan yang meminta tablet beserta kwitansi dan kartu garansi. Mereka mengajukan beberapa pertanyaan sambil mencoba menyalakan tablet atom pad rusak saya, selama lebih kurang 30 menit ternyata tidak bisa membetulkannya. 

Setelah menjelaskan secara panjang lebar seperti tulisan diatas, salah satu karyawan tersebut mengatakan bahwa Tablet Atom Pad Cyrus tidak boleh digunakan selama proses charging baterai Tablet....baah, aneh sekali menurut saya. Setelah menunggu agak lama, mereka menganjurkan saya kembali ke tempat service center Cyrus Pad, terpaksa dengan perasaan mulai dongkol saya kembali ke ICE MALL. 

Untunglah kali ini petugas service center Cyrus PAD sudah ada ditempat, dan mereka menjelasakan bahwa jam 11 siang baru buka...??? aneh lagi menurut saya. Aaah...sudahlah, yang menggaji mereka bukan saya kok repot. Setelah menyampaikan permasalahannya, petugas tersebut Bapak P****s menyampaikan baru bisa menerima Tablet saya saja. Selanjutnya Tablet Atom Pad saya akan di cek terlebih dahulu. Jika ada kerusakan pada Tablet (sudah jelas rusak kan?) akan diganti sparepart-nya menunggu dari Service centre Atom Pad Cyrus Surabaya dan nanti saya akan ditelpon. 

Karena saya merasa baru memakai Tablet itu sebentar, saya meminta kepastian kapan Tablet Atom Pad tersebut selesai. "Sekitar 3 minggu Pak" jawab petugas tersebut. Haaah? Saya meminta solusi lain, tetapi petugas service mengatakan itu sudah prosedurnya. Sempat terjadi perdebatan, karena saya sudah emosi dan ada 2 petugas service merk lain yang mendukung pernyatan Pak P****s tadi, saya memutuskan menolak opsi service center Tablet Cyrus Pad.

Saya juga menyampaikan kepada petugas tersebut bahwa saya akan membuat keluhan ke media massa atas ketidaknyamanan ini, tetapi mereka mengatakan bahwa ini sudah sesuai prosedur. Jadi postingan saya kali ini adalah surat terbuka keluhan saya kepada pihak toko dan tempat service center Tablet Atom Pad Cyrus Denpasar Bali. Menurut saya, Tablet Android Atom Pad yang baru digunakan 5 hari rusak dan harus menunggu 3 minggu untuk perbaikan sangatlah tidak wajar, apakah ini berlebihan menurut pembaca?

Akhirnya saya berharap agar pengalaman ini tidak terjadi pada para pembaca yang berniat membeli Tablet atom pad ataupun merk tablet lainnya. Sebelum membeli Tablet Android merk apapun sebaiknya menanyakan soal ketersediaan jaminan penukaran Tablet Android (satisfaction guaranteejika terjadi masalah selain meminta garansi service produk. Jika ada, mintalah jaminan penukaran Tablet Android tersebut secara tertulis pada kwitansi pembelian. Ada banyak fitur yang terdapat dalam Tablet Android, dan sangat tidak mungkin bagi siapapun untuk mencoba semua fitur Tablet yang tersedia berjalan normal dalam satu hari. Mintalah jaminan penukaran barang bermasalah ini sebelum memutuskan membeli Tablet Android Atom Pad ataupun tablet android merk lokal buatan china yang lain.

Update 24 jam kemudian:
Dengan dibantu google search engine dan forum-forum android semalaman mencari solusi untuk membetulkan tablet rusak, hingga akhirnya saya sudah berhasil memperbaiki tablet rusak software dengan cara instal ulang os android disini menggunakan custom ROM/ flashing firmware tablet merk lain (pakai rom tablet go clever) untuk Tablet Atom Pad Cyrus, hanya perlu waktu kurang dari 1 jam tablet android yang rusak sudah normal kembali, bukan 3 minggu seperti yang diperlukan tempat service center resmi Cyrus Pad.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

19 komentar:

  1. Anonim22:49

    Saya setuju dengan pendapat Bapak dalam artikel ini. Berhati-hatilah dalam membeli produk lokal. Saya mengalami hal yang sama. Tanggal 28 Oktober 2012 saya membeli Tablet IMO Z5 dan X5. Tapi tablet X5 saya hanya bertahan 12 jam,kondisi tablet langsung mengeluarkan suara dengingan yang cukup keras dan tablet Z5 saya hanya bertahan 2 hari,layar tiba-tiba berwarna magenta. Tapi bagusnya toko penjualnya mau menggantikan dengan barang yang baru, tablet Z5 saya yang baru hanya bisa dipakai 2 hari saja,mesin mati dan tidak menyala lagi sedangkan tablet X5 saya play storenya tidak berfungsi. Akhirnya saya minta diganti dengan merk lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan bersedia mengganti Tablet rusak yang baru dibeli, berarti bagian layanan penjualan Tablet IMO di kota agan jauh lebih baik daripada agen penjualan Tablet Cyrus Atom Pad di denpasar Bali...:)

      Hapus
  2. tablet saya branded.merk as*s tipe nexus 7 rusak juga.layar kesana kemari padahal tidak dicas,kaca lcd ngangkat,dan deadpixel.Kenapa ya bli? dan sudah menunggu 4 minggu di service center jakarta. saya tinggal di bali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @andika ubud:
      1: lcd touch screen perlu dikalibrasi ulang, ada dimenu setting, tetapi melihat keluhan lainnya sperti lcd ngangkat dan deadpixel, itu cacat produk. Kondisi begini merk terkenal seperti asus biasanya 1-3 bulan tgl pembelian ditukar baru.

      Hapus
  3. 5hari yg lalu juga saya baru membeli tablet cyrus atompad lite,baru 1 hari pakai sudah susah dinyalakan,skalinya nyala loading lama bgt,tiap kali keadaan stanby dan mau dnyalakan lgi ga nyala2.knp y

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Bela W: Masih baru coba klaim ke sc tablet cyrus terdekat,siapa tahu sc di situ baik hati, tidak seperti service centre cyrus atom pad di bali yang menyebalkan.

      Hapus
  4. gan numpang tanya.ak juga dari bali. tablet atom pad saya juga rusak di bagian coloan batrynya. trus tempat servis center yg bagus di mana ya? apa kartu garansinya bisa di pakai atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @adi putra: setahu kami masalah kelistrikan tidak termasuk garansi, coba cek ke sc resmi cyrus atom pad di it expo jl teuku umar sebelah barat telkom. tapi pengalaman kami, disini cuma perwakilan, tablet dikirim ke surabaya. kalau ingin cepat bisa hub kami di 0361 3333350, semoga kami bisa bantu atasi masalah baterai tablet agan adi

      Hapus
  5. ok.gan tq.nanti sya coba kontek2 agan

    BalasHapus
  6. Anonim11:08

    saya juga mengalami hal yang sama dengan bapak. saya beli cyrus atom pad pada saat pameran Hi-Tech Mall di Malang. Setelah beli saya pakai sehari kok waktu dicharge touchnya loncat, saya cek2 tabletnya layarnya agak naik dan ada bekas gores di casing, saya kembalikan ke tokonya tetapi kata penjualnya emang dari pabriknya gitu (what the f***), akhirnya saya kembali lg ke tokonya dengan argumen2 sampai akhirnya digantilah dengan yang baru..
    Kemudian saya pakai belum 1 bulan tablet itu rusak, pertama sering hang, restart dan akhirnya ga bisa nyala sama sekali.
    Akhirnya saya bawalah ke service center cyrus di Hi-Tech Mall di surabaya. Disana kata petugasnya butuh waktu sebulan. Ok lah karena emang rusak dan ga punya opsi lain gpp tunggu 1 bulan. Setelah 1 bulan saya datang lagi ke SCnya, ternyata belum selesai juga servicenya. Akhirnya saya minta kepastian selesainya. Katanya kira2 1 minggu lagi. 1 minggu kmudian saya di telp katanya udah selesai. Beberapa hari kemudian saya datang ke SC dan ternyata tabletnya blum selesai jg dan katanya salah konfirmasi (knapa ga konfirmasi ulang kalo ternyata blum slesai).
    Kemudian saya biarkan aja ga saya hubungi, ternyata sampai 3 bulan pun saya belum dikabari, saya datangi kesana (bukanya jam 11). Sampai sana saya harus tunggu lama walau ada 2 petugas, karena katanya yg bertanggung jwb si petugas A. Akhirnya si A datang ternyata saya masih harus tunggu lagi beberapa jam (lha selama ini ngapain kok ga dibenerin). Akhirnya sudah bener tablet. Belum 1 bulan dari service center itu tabletnya rusak lagi, sering restart sendiri, kemudian hang waktu gambar android. WTF..

    BalasHapus
  7. kok cyruspad banyak masalah tp ga di blacklist ya sama deperindag...?

    BalasHapus
  8. Med malam, maav sy mw tanya gan, sy pnya tablet merk beyond B TAB 1. Rusak jg cm gara2 anak ktiduran jd tablet jatoh ke karpet, langsung mati gak ada gambarnya, hanya ada suara ny.. Saya coba matikan malah layarnya warna kuning ada garis2 hitan ditengah2 layar.lalu brubah hitam kmudian jd putih,itu knapa y gan.kalo di benerin kira2 brp ya?mohon petunjuk nya.mksh..

    BalasHapus
  9. Bang cara benahi suara musik gak keluar saat nyala,kalau mati keluar.gmna cara mengatasi bang.trims


    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaiki masalah tablet cyrus rusak sound dengan cara di flash/ install ulang firmware biasanya kembali normal

      Hapus
  10. wah kasusnya sama gw baru juga baru sebulan udah rusak trus ktanya hrus pke goclever yg costum romnya sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi pengalaman gan, sekarang beli tablet android yang usernya banyak,bisa saling support untuk download firmware jika rusak/bootloop seperti advan atau treq

      Hapus
  11. Gan saya d denpasar, samsung tab 3 8 inch saya ga bsa nyala, dan d cas pun juga ga bisa, gmana ya?

    BalasHapus
  12. Saya jg ada tablet cyrus nih..udah seminggu ga dicas krn casannya rusak..kemudian setelah saya cas..ko malah ga bisa nyala yah?

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.