ISP Internet Murah Internet Cepat (bag1)

Apa itu ISP, Berapa kecepatan Internet kita? Mungkinkan mendapat Paket Data Internet murah dan cepat di Handphone Android atau LKomputer Laptop? Artikel berikut ini merupakan bagian pertama dari rangkain artikel ”ISP Internet Murah Internet Cepat”.

Pada tahun 2012 diprediksi 50 juta lebih pengguna internet di Indonesia dan tahun 2015 diprediksi mencapai 120. Data Survei terbaru yang diselenggarakan oleh MarkPlus Insight menyebutkan bahwa pengguna Internet di Indonesia  tahun 2011 mencapai 55 juta orang.   Pengguna internet di Indonesia kini berada pada urutan kelima. Dengan kecepatan koneksi internet rata-rata dari Internet Service Provider (ISP) dan Internet Broadband (Handphone) adalah : 772 kbps.  Kecepatan koneksi internet di Indonesia 772 kbps ini masih tertinggal jika dibandingkan dengan ISP-ISP negara tetangga di Asia Tenggara. Koneksi internet Indonesia termasuk paling lambat di Asia. Mari kita lihat perbandingannya:
  • Korea Selatan kecepatan internet rata-rata 15,9 Mbps. 
  • Jepang kecepatan internet rata-rata 9 Mbps
  • Thailand kecepatan internet rata-rata 3 Mbps,
  • Malaysia kecepatan internet rata-rata 1,7 Mbps, 
  • Vietnam kecepatan internet rata-rata 1,5 Mbps,
  • Kamboja kecepatan internet rata-rata 1,2 Mbps
  • Filipina kecepatan internet rata-rata 1 Mbps, 
  • Laos kecepatan internet rata-rata 956 kbps
Internet  Cepat dan murah tampaknya masih menjadi impian. Internet cepat rata-rata yang dihasilkan dari ISP  di Indonesia 772kbps ini hanya menang dari Timor Leste yang speed Internetnya rata-rata 260 Kbps.

Lalu apakah mungkin untuk mendapat Internet murah dan Internet cepat di negeri ini?  Lihat apa itu internet disini. Sebelum membahas hal tersebut, saya  akan membahas sedikit kesalahpahaman / opini dari perbedaan kecepatan Internet Kbps dan KBps, yang sering disalah artikan oleh para pengguna handphone Android dan repotnya dimanfaatkan oleh beberapa Internet Service Provider untuk ‘menjebak’ calon pelanggannya. Yaitu cara penulisan kecepatan Internet Bit "b" kecil dan Byte "B" besar ini sangat berbeda, baik dalam hitungan (konversi) maupun penulisan.
  • Bit ditulis dengan huruf "b" kecil, penulisannya  = Kbps (Kilo bit per second)
  • Byte ditulis dengan huruf "B" besar, penulisannya = KBps (Kilo Byte per second)
Inilah penyebab pengguna handphone Android maupun Laptop bisa "salah kaprah" dalam mengartikannya, dan dimanfaat kan oleh beberapa pihak penyedia layanan paket data Internet Service Provider. Dalam beberapa brosur promo ISP, sering disebutkan bahwa "Speed Up To 1 Mbps".  Berapa sebenarnya kecepetan Internet yang dapat diperoleh? Sebelumnya perhatikan gambar Tabel konversi kecepatan Internet berikut ini:
Internet Murah ISP
perhatikan perbedaan speed bit ('b')dan byte ('B')
Jadi perhitungannya sbb:
  • 128 Kbps : 128/8 = 16 KBps
  • 256 Kbps : 256/8 = 32KBps
  • 384 Kbps : 384/8 = 48 KBps
  • 512 Kbps : 512/8 = 64 KBps
  • 1 Mbps:  1024/8 = 128 KBps
Ya artinyanya 1 Mbps = 128 KBps= 1024 kbps.

Hanya beda huruf kapital dan cara penulisan, tapi manfaat dan artinya sangat jauh berbeda. Banyak pemakai Handphone Android baru mengenal Internet, hal ini seperti menyebut 100 meter seolah lebih jauh dari 1KM. Perhatikan lagi salah satu foto spanduk promo Internet dari salah satu ISP besar di negeri ini.
promo ISP ini tertulis speed internet 384 dan 512 tanpa satuan
Benar-benar trik marketing Internet yang smart bukan? Tertulis dengan satuan terkecil, sehingga angkanya menjadi besar (384) namun satuannya tidak dituliskan, siapa saja pasti tahu angka 384 dan angka  1, besar mana ha ha ha...
Setelah melihat referensi brosur dan test speed download Internet nya,  
test kecepatan paket internet ISP dalam satuan kbps
Jadi spanduk promo paket internet tersebut diatas seharusnya tertulis 384 kbps dan 500 kbps dan ingat ya  pakai huruf "b" yang kecil. Maka berapa coba kalian hitung kecepatan Internet real ISP tersebut?. Inilah yang merupakan trik dari para ISP untuk menarik minat para pelanggan dan wajar jika di kemudian hari, sering para pelanggan internet komplain, mengeluhkan kenapa kecepatan yang tertera pada brosur berbeda dengan kecepatan Internet yang dibayangkan.

FUP 
Apa itu FUP? ini adalah singkatan dari Fair Usage Policy atau batas pemakaian wajar pengguna. Semua pengguna Handphone Android 4G GSM (telkomsel, IM 3, XL, tree) maupun CDMA LTE Smartfren, biasanya membaca aturan begini "setelah kuota habis kecepatan akan diturunkan menjadi...". GSM misalnya Paket Data Internet Three (kecuali paket internet 10 situs always on 3), Axis dll biasanya turun menjadi 64Kbps,  dan CDMA broadband EVDO Smart, Flexi, aha dll. turun menjadi 153 Kb/s. Kalau kecepatan Internet turun menjadi 153kbps masih lumayan sih, tapi kalau kecepatan internet 64kbps, yaaah ini sama juga percuma, dari pengalaman paling realnya maksimal 10 kbps alias tidak bisa dipakai lagi. Karena yang ada di iklan/promo Internet Service Provider selalu tertulis Speed Download UP to. Ini maksudnya adalah kecepatan maksimal atau ideal. Dan kecepatan maksimal/ideal Internet ini tidak akan pernah tercapai. Mengingat banyaknya parameter yang menentukan. Nah apalagi kalau kecepatan Internet diturunkan up to 64 kbps...:(

Pada artikel  "ISP Internet Murah Internet Cepat" selanjutnya akan dibahas  lebih dalam tentang ISP di Indonesia. Jadi pandai-pandailah sebelum memilih ISP. Pengguna Laptop dan Handphone Android sebaiknya teliti dan tidak terjebak dengan kata-kata promo paket Data Internet murah atau Internet cepat.  

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.