Internet Gratis Bagi Para Netter (Bag2 :Review)

Ya Smartfren Xstre@m EVDO E781A memberikan Paket internet gratis  bagi para netter sebesar 12 GB untuk jangka waktu selama 12 bulan. HP ini sebenarnya sudah tersedia sejak tahun 2011 lalu. Meskipun dengan harga HP murah, ponsel tersebut memiliki banyak fitur yang menarik selain bundling paket internet gratis:
  • Jaringan: CDMA 2000 1x EvDO Rev. A 800 MHz
  • Dimensi: 11.25mm
  • Layar: 2.4 inci, TFT QVGA (320×240 piksel)
  • Transfer data EvDO 3,1 Mbps
  • Kamera: 2.0 Megapiksel (ini juga fitur yang menarik menurut penulis)
  • Memori internal: 88,2 MB
  • Memori eksternal: microSD up to 8GB
  • Messaging: SMS
  • Konektivitas: Bluetooth v2.1 (A2DP), kabel data miniUSB, 3.5mm headphone adapter
  • Browser: WAP 2.0/xHTML/HTML, Opera Mini
  • Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3 player, Video streaming, Radio Streaming (RTSP), PnP Modem Driver Installation, Facebook, Twitter, Nimbuzz, Java, Calendar, Calculator, Alarm, Speakerphone
  • Baterai: Lithium ion 950 mAh
setting paket internet
Paket Internet Gratis EVDO Smart
Dengan kecepatan akses internet EVDO Rev. A yang mencapai hingga 3,1 Mbps tersebut, para netter dapat menikmati berbagai macam hal seperti Video streaming dari You tube tanpa putus-putus atau lag (bufferring), Radio Streaming (RTSP) atau menonton live TV tanpa halangan.

Tidak seperti hp Bundling operator lain biasanya bekerjasama dengan pabrikan cina, Smartfren Xstream EVDO ini berasal dari alcatel eropa. Alcatel-Lucent merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Paris, Perancis. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1898. Jadi soal kualitas Handphone, kalian dapat menilainya sendiri. 

Ada 2 pilihan warna, hitam dan putih slim. Penulis membeli HP bundling Paket Internet operator Smartfren yang berwarna putih slim. Harga yang tertulis di display Rp.320rb di salah satu toko di Jl. Teuku Umar denpasar yang merupakan pusat penjualan Handphone di Bali. Namun akhirnya penulis bisa mendapatkannya sesuai harga promo resmi dari Smart Rp.299rb. Kelebihan paket bunding Internet gratis EVDO ini menurut penulis selain pada HP nya juga pada kartu bundlingnya. Tidak seperti kartu lain yang biasanya hanya fokus pada layanan data saja atau voice saja, Kartu tersebut sudah mengkombinasikan layanan SmartFren Local Plus yang memiliki manfaat gratis menelepon tapi plus Social untuk internet gratis akses jejaring sosial Facebook dan Twitter. Selain paket kartu 2 in 1 Kartu ini juga memiliki masa aktif kartu yang jauh lebih panjang, yakni sampai 365 hari.

Jika para netter memiliki modem EVDO rev B kartu ini diklaim dapat mengakses internet hingga kecepatan 14,7 Mbps. Penulis sendiri belum mencoba langsung karena tidak memiliki modem Rev B, mungkin ada pembaca yang bersedia meminjamkan atau memberi untuk di test?...:D

Satu kelebihan produk ini adalah dapat memiliki dua nomor dalam satu kartu, yaitu nomor seluler dan nomor lokal. Jadi penulis mencobanya juga untuk mendapatkan nomor lokal dengan cara sbb :

Cara mendapat no lokal kartu Smartfren
  • ketik FWA_ONKode area+empatdigit nomor yang diinginkan (Contoh FWA ON 021 2500 u/area Jakarta)
  • kirim ke 1234. 
  • Selanjutnya sistem akan membalas, dengan memberikan sepuluh pilihan kombinasi nomor yang dapat dipilih pengguna. 
Penulis akhirnya mendapatkan no sbb : 036133333** . No sebelumnya 08873490*** Lumayan dapat no HP cantik untuk telepon lokal. Tapi rupanya ada biaya sebesar Rp 25 ribu untuk mengaktifkan fitur ini *sedih. 

Keuntungan lain no lokal :
  • Tarif telpon ke nomor lokal/rumah lokal lebih murah.
  • Keluar kota tanpa registrasi.
  • Cukup isi pulsa kesalah satu nomor saja, kedua nomor otomatis terisi.
Untuk menelpon sesama operator SmartFren juga benar-benar gratis. Saya (penulis di bali) mencoba 3 kali untuk menelpon Interlokal ke no Fren di semarang (jawa) dan pulsa tidak berkurang.

Cara setting Internet

Untuk pengaturan fungsi modem di komputer relatif cukup mudah karena Smartfren Xstre@m E781A menghadirkan fitur "Plug and play Modem Driver Installation”. Jadi, prosesnya lebih mudah dilakukan karena otomatis berjalan sendiri. Cukup HP dihubungkan ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel data, selanjutnya kita tinggal mengikuti langkah-langkah instalasi sesuai buku panduan yang disertakan.
cara setting apn internet
cara setting internet

Tidak perlu ada perubahan setting internet di HP modem ini. Selanjutanya tinggal colok Kabel USB data, klik connect, gunakan Paket Internet gratisSaat handphone difungsikan sebagai modem, ponsel tetap melakukan proses pengisian baterai (charging) melalui kabel data usb dari laptop. Jadi kita tak perlu kuatir baterai ponsel habis saat ber internet gratis atau saat mendownload file dengan cukup besar.

Hasil test speed paket internet modem evdo pada jam 3:00 dini hari saat menulis artikel ini sbb:
  • Download: 2.75 Mbps
  • Upload : 0.49 Mbps
  • Ping : 90 ms
test speed internet gratis EVDO
Lokasi tempat servis kami berada di pusat kota Denpasar dekat dengan 2 Tower ISP, berjarak sekitar 600 meter dari BTS 1 dan 1KM dari BTS ke 2. Jadi cukup beruntung mendapatkan sinyal jangkauan internet smartfren cukup baik. Pengalaman berbeda mungkin saja terjadi bagi para netter yang menggunakan produk Paket Internet ini dalam hal kecepatan dan tingkat kepuasan penggunaan Internet gratis yang di dapatkan. Sebagai pembanding silahkan baca juga artikel Paket Promo Internet Broadband dari Flexi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Jangkauan sinyal Internet :
  • Cakupan jaringan (coverage area) tersedia tidaknya layanan sinyal Smartfren di daerah tersebut
  • Kondisi geografis di lokasi Pengguna akses data/internet
  • Struktur dan/atau lokasi bangunan dimana Pengguna melakukan akses data/internet
  • Spesifikasi perangkat komputer/laptop/handphone Abdroid yang dipergunakan untuk mengakses paket data internet 
  • Jumlah pengguna jaringan akses data/internet di daerah tersebut
  • Kondisi cuaca dll
Penulis hanya mereview fitur yang berkaitan dengan topik Internet Gratis. Fitur lainnya seperti camera, multimedia mp3 player tidak kami review secara khusus. Tulisan berjudul 'Internet Gratis Bagi Para Netter" ini (baca artikel Internet gratis sebelumnya) semata-mata pengalaman pribadi penulis. Tidak ada tendensi apapun untuk mempromosikan produk merk tertentu. 
(Update 2019)
Kini Smartfren telah mengembangkan teknologi 4G LTE dilengkapi berbagai produk Mifi dan Handphone Android dengan merk Andromax. Bahkan handphone GSM merk lain dapat juga menggunakan paket data 4G smartfren asal mendukung sinyal LTE 850 Mhz (band 5) atau 2300 Mhz (band 40). Jika pembaca mengalami kesulitan sehubungan topik Internet gratis atau cara setting Internet, silahkan menuliskannya dalam kolom komentar dibawah ini.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

2 komentar:

  1. maaf gan nmpang nnya ...smartfren ane kox klo buat install ke pc selalu REDIAL/conecting error...mohon solusi nya...

    makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bingung gan, modem smart error waktu diinstal atau waktu dial? tolong lebih rinci proses masalahnya. apakah modem sebelumnya bisa dipakai disitu? apakah paket kuota masih, apakah sudah dicoba di port usb lain/laptop lain? adakah sinyalnya? dll.

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.