Samsung Galaxy Tidak Mau Menyala

Inginnya update artikel tentang aplikasi bola Android, terkait demam piala dunia brasil 2014, namun minggu ini lumayan banyak yang perbaiki Handphone Android Samsung Galaxy di tempat service kami, ada Samsung Tab2, S4, Galaxy Note N7000 dan Samsung galaxy note 3 n9005. Masing-masing dengan keluhan masalah kerusakan yang berbeda. Ada yang sekedar ganti baterai karena sudah drop, bootloop karena memory internal penuh dan ada yang mati total tidak mau menyala sama sekali. Cara mengatasi masalah android tersebut diatas sudah banyak dibahas di blog bali service computer, forum kaskus lounge samsung dan juga situs-situs lain. Jadi artikel berikut ini khusus membahas kasus cara mengatasi masalah Samsung Galaxy bootloop yang disebabkan “Insufficient Storage Available”.
samsung galaxy tidak menyala

Kronologis kejadian penyebab bootloop Samsung N7000 sesuai yang disampaikan pelanggan kami 'mba Seila dari Kuta: hal ini bermula dari adanya beberapa aplikasi meminta update terbaru dari Google Play, nah dalam proses update muncul notifikasi error “Insufficient Storage Available” padahal menurut pengguna internal memory space masih cukup. Karena tidak bisa install aplikasi maka update diabaikan dan HP dipakai seperti biasa, namun ketika baterai habis hp Samsung Galaxy sudah tidak bisa menyala masuk ke menu lagi karena bootloop. 
Baca juga 
Sebenarnya kasus bootloop seperti ini cukup mudah cara mengatasinya, yaitu dengan cara masuk recovery mode dan melakukan factory reset. Persoalannya, pelanggan kami ini tidak mau jika data-data hilang, termasuk percakapan apk WhatsApp yang terakhir karena ada yang penting disitu. Bagaimana cara mengatasi bootloop di Samsung Galaxy Note seperti ini, namun data-data penting tidak hilang?

Jadi skala prioritasnya adalah agar Samsung bisa menyala tanpa menghapus data. Solusi update sisstem ganti custom ROM juga tidak mungkin di lakukan  karena data akan hilang. Wah sulit juga mengatasi bootloop tapi data tidak hilang. Namun setelah 'bertapa ke mbah google', akhirnya kami berhasil mengatasi masalah samsung dengan cara seperti berikut ini. 
WARNING: Tips cara memperbaiki Samsung Galaxy Note dibawah ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang paham fungsi root, biasa menggunakan Odin dan cara flashing os Android. Jika pengguna tidak memenuhi persyaratan tersebut diatas kami anjurkan menghubungi tempat service hp Samsung terdekat. Mengabaikan peringatan ini artinya membebaskan kami dari segala bentuk kerusakan yang lebih parah.
cara perbaiki android samsung
  • Instal CWM recovery sesuai os Android yang digunakan. Perhatikan bahwa device android yang sama jika os beda maka CWM/ TWRP berbeda, nah kalau Samsung Galaxy Note milik pelanggan kami menggunakan Jelly Bean dan tidak melakukan update dan tidak di root, artinya kemungkinan besar adalah original firmware/stock rom XSE (indonesia) N7000DXLSE_N7000OLBLSE_N7000DXLS8. 
  • Setelah CWM yang sesuai terinstal dengan menggunakan ODIN, kami melakukan wipe partition, wipe dalvic cache dan wipe batteray stats. Tujuannya menghapus sebagian 'space' internal storage agar android dapat booting secara normal dahulu. 
  • Matikan Handphone, lalu lepas baterai selama beberapa menit, pasang dan menyalakan kembali hp samsung Note, syukurlah cara diatas berhasil membuat N7000 booting normal kembali, walaupun muncul warning "Storage space running out some system function may not work".
Setelah berhasil mengatasi bootloop kami cek Internal space yang tersedia tinggal 157MB, padahal jika dibawah 200MB maka warning "Insufficient storage available" akan selalu muncul. Berikutnya kami segera menghapus cache setiap aplikasi yang terinstal dari menu setting>apps, serta membuang aplikasi yang 'kurang penting' seperti Antivirus, game-game apk dll. Selanjutnya hp Samsung Galxy perlu di 'root' juga agar dapat instal Titanium backup untuk menghapus aplikasi bawaan samsung yang tidak diperlukan, dan membackup aplikasi social network beserta data yang ingin diselamatkan. Penting disini untuk tidak melakukan restart selama proses dan tidak memasang SIM card agar tidak ada panggilan/ sms yang masuk karena akan membebani memory Internal, kecuali sudah ada cukup ruang yang sudah dibebaskan di Internal Storage, jika tidak maka Samsung akan kembali bootloop lagi.

Sampai disini Samsung belum dapat digunakan secara normal untuk jangka panjang. Kemungkinan muncul tulisan "Insufficient storage available" yang menyebabkan bootloop/ samsung tidak mau menyala dapat terulang kembali sekalipun tidak install aplikasi baru. Karena notifikasi panggilan phone, sms, email, cache browsing Internat dll akan segera membuat Internal memory kembali penuh. Cara hapus cache via CWM, menghapus built in app Samsung (bloatware), clear cache app, hanya cara mengatasi masalah jangka pendek.

Di sini sudah pernah kami bahas cara menambah Internal memory Android dengan cara menggunakan Link2SD, namun cara tersebut tidak cocok untuk Samsung Galaxy Note N7000 dengan os Jelly Bean. Opsinya adalah dengan merubah partisinya agar memory internal lebih lega. Dari total ROM storage 16GB dengan alokasi internal 'hanya' 1.97GB, tidak proporsional untuk jaman sekarang dimana kebanyakan aplikasi social network yang populer digunakan saat ini hanya bisa diinstal di internal memory. 

menambah memory samsung
Jadi kami memilih cara menggunakan odin untuk menginstal ulang os Jelly Bean dengan re-partisi PIT menambah memory internal storage dari 1.9GB diubah lebih besar menjadi 6GB, hasilnya seperti gambar disini. Selanjutnya aplikasi yang sudah kami backup dengan Titanium backup kami kembalikan ke Internal ROM Samsung yang sudah besar kapasitas memory Internalnya.
tempat service handphone android denpasar bali
Dengan demikian masalah ROM Internal memory Samsung Note standar yang terlalu kecil 1.9GB sudah teratasi dengan dirubah lebih besar menjadi 6GB. Harapannya tentu saja agar pelanggan yang service di tempat kami puas. Jadi selanjutnya untuk jangka panjang Samsung Galaxy Note milik pelanggan kami tidak akan mengalami “Insufficient Storage Available” dan aman dari bootloop. sebearnya jika upgrade ganti ke Custom ROM jadi sistem Android lebih tinggi akan makin bagus, tapi pelannggan tidak setuju, ya sudah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk pengguna HP Android lain yang mengalami masalah serupa kehabisan memory untuk dapat memperbaiki sandiri Samsung Galaxy yang rusak sebelum ke tempat service center. Dengan cara menambah internal memory lebih besar kini Samsung Note dapat digunakan lagi secara normal, terus menerima SMS, download, update dan instal aplikasi baru dari Google play, karena tidak ada lagi notifikasi “Insufficient Storage Available”.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

6 komentar:

  1. kakak yg saya udah dicoba d flash trus d recovery mode udah d wipe data ttep aja masih stuck d logo samsung, gimana itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. flashing samsung gagal biasanya disebabkan ic emmc/memory rusak, untuk pastinya silahkan cek ke tempat service handphone

      Hapus
  2. Anonim13:01

    mas mau nanya imo s98nya Terus memuncul peringatan Sayang Proses Android.com telah terhentikan gimana tuh

    BalasHapus
  3. Samsung Galaxy S2 sy tidak bisa booting, hanya lampu power menyala biru. Sudah saya coba cabut batere dan hard reset (tekan tombol power+volume bersamaan) tetapi tetap tidak mau booting. Mohon sarannya, terima kasih.

    BalasHapus
  4. Ma'af min mau tanya, hp samsung s4 original saya tidak mau menyala padahal battery sudah saya isi penuh. Tadinya bisa nyala sampe ke menu tapi setelah itu mati lagi dan sampe sekarang tidak mau menyala lagi padahal battery sudah penuh, gara-garanya sih dipake adik buat ngegame sambil di carger. Mohon infonya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone sedang dipakai kemudian mati total (bukan karena flash/install), biasanya rusak hardware dan tergolong parah, berdoa saja karena di tempatservis belum tentu bisa diperbaiki

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.