Tablet Android Sering Restart

Mengapa tablet saya sering restart? Tablet Android yang restart/ mati sendiri bisa terjadi pada hampir semua merk, tidak soal tablet branded seperti Lenovo, Oppo, Samsung, acer, Asus, HTC apalagi tablet lokal (buatan china) Advan Vandroid, Axioo, Beyond bpad, Cyrus pad, Imo, Movimax, Mito, Treq. Sebenarnya tablet yang restart sendiri itu normal, loh kok? Kami akan membahasnya disini mengapa demikian, dan apa penyebab kerusakan tablet pc android sehingga sering restart dan mati sendiri saat digunakan, muncul pesan error 'Unfortunately System UI Stopped' serta bagaimana cara memperbaiki tablet yang rusak seperti ini.
komputer pc laptop handphone Android

Panas Penyebab Utama Tablet Sering Mati/ Restart
Salah satu faktor utama penyebab kerusakan handphone tablet merk china/ lokal adalah susunan skema tablet android yang menggunakan rancangan embaded system, maksudnya semua perangkat dijadikan satu tanpa adanya add on hardware. Cpu, Gpu, Ram dan Storage memory semua jadi satu board sehingga semua panas yang dihasilkan berkumpul disini, dan ini diletakkan berdampingan dengan LCD touch screen yang juga sangat rentan terhadap panas. Ditambah baterai tablet yang juga menghasilkan panas, pada pc phone tablet murah malah ditempel langsung pada bagian belakang lcd touchscreen tanpa pendingin dan pembatas. Inilah juga yang menyebabkan lcd touch screen sering ngaco jika tablet panas. 

Bandingkan dengan laptop yang memakai pendingin tembaga atau setidaknya berbahan alumunium. Kami pernah test menyalakan laptop tanpa kipas, dengan heatsink pendinginnya masih terpasang. Hasilnya setiap 5-10 menit pc laptop langsung restart, padahal kami belum menjalankan program apapun. Nah di tablet pc andoid murah hal ini diperburuk lagi dengan case tablet merk lokal yang rata-rata terbuat dari plastik murah, warnanya hitam pula! Silahkan pembaca coba pakai baju/ t-shirt warna putih dan warna hitam disiang bolong he he. 
cara memperbaiki tablet imo, treq, cyrus atom pad, Mito, eyond, advand
tablet merk lokal /china tidak ada pendingin (heatsink), sering mati sendiri
Perlu diketahui bahwa Hardware phone tablet+ lcd touchscreen+ baterai dll akan berhenti bekerja jika panas melebihi batas toleransi, maka tablet akan restart / mematikan diri sendiri agar hadware tidak rusak. Untunglah ada sensor panas yang bekerja dengan baik, kalau tidak maka tablet akan rusak terbakar dan tidak bisa digunakan lagi. Jadi bersyukurlah! mengapa? Sama seperti kita kalau demam ya harus istirahat bukan? bayangkan jika tablet tidak restart tetapi kemudian dalemannya hangus? Jadi tablet yang restart sendiri itu sensornya bekerja normal dan baik, sebagai pengingat agar kita memperhatikan masalah yang ada. Ini maksud kami bahwa tablet restart dan mati saat main game/ pemakaian itu normal...sensornya ...he he ;)

Cara mengatasi/ memperbaiki penyebab tablet rusak dan sering restart 
Untuk memperbaiki penyebab phone tablet android sering restart/ mati sendiri berbeda-beda caranya, mari kita coba membahasnya satu-persatu secara sederhana didasarkan beberapa pengalaman yang kami temui di tempat servis saat memperbaiki masalah serupa pada phone tablet pelanggan baliservicecomputer.

1. Tablet sering restart karena panas berlebih
Penyebab Utama: berbeda dengan PC dan laptop, handphone tablet tidak memiliki pendingin /heatspreader dan tidak ada kipas untuk melepas panas. Jika melewati ambang batas suhu panas yang dapat ditoleransi, phone tablet android akan restart untuk melindungi kerusakan permanen. 
Solusi: 
Menghilangkan penyebab panas tablet adalah cara terbaik memperbaiki tablet sering restart. Apakah tablet dioverclock? kembalikan ke setting semula agar tablet tidak sering mati atau restart lagi. Jangan Overclock Phone Tablet Android, Overclock=OverHeat. Kami bukan anti overclock tablet, tetapi kami menyarankan jika melakukan overclock perlu juga mengatasi effek panas yang akan ditimbulkan agar tablet pc android awet dan tidak gampang restart. Phone Tablet Android sudah dirancang sesuai kinerja yang paling stabil, bahkan beberapa vendor menurunkan speed cpu tablet lebih rendah dari spesifikasi agar tablet lebih awet.
Jangan langsung terbuai dengan mereka yang berhasil overclock phone tablet androidnya. Mungkin seminggu pertama overclock lancar dan kelihatan aman, bagaimana sebulan kemudian? 6 bulan kemudian? Overclock juga membuat baterai phone tablet lebih cepat rusak. 

2. Ganti Baterai tablet baru
tablet android sering restart
beli dan ganti baterai tablet dengan cara membuka case tablet pc terlebih dahulu
Baterai Handhone Android dan Tablet menggunakan jenis lithium Polymer jika sudah mulai rusak/ drop akan melepas panas yang lebih tinggi saat digunakan. Hal ini menyebabkan tablet sering restart dan mati saat digunakan. Apalagi jika baterai tablet mulai menggembung atau bengkak, segera ganti dengan membeli baterai tablet baru. Mengganti baterai tablet baru juga akan memberikan arus listrik yang stabil, storage memory tablet sangat dipengaruhi oleh perubahan arus listrik dari baterai tablet yang tidak stabil. Baterai tablet yang rusak/ drop bisa terbaca full saat dicas namun sebenarnya kosong.

Baterai phone-tab type lithium Polymer memiliki sifat khas dan spesifik. Tahukah kita bahwa baterai ini dapat bekerja normal pada suhu max 60 derajat celcius? Diatas suhu tersebut baterai akan melakukan discharging (tidak mau mengisi) secara otomatis. Itulah mengapa penggunaan pada suhu tinggi baterai  handphone tablet akan langsung drop/ restart karena beban daya yang keluar terlalu besar (karena pemakaian+karena panas berlebih). Beli dan ganti baterai baru di toko tempat jual baterai tablet terdekat. Cara ganti baterai tablet sudah kami ulas dalam beberapa artikel. Jika pembaca tinggal disekitar Bali, Nusa Dua-Kuta-Denpasar, Gianyar, Tabanan dapat menghubungi alamat toko untuk membeli baterai tablet dan kami akan bantu pasang secara gratis. Hub no telepon baliservice computer 0361 472 3392.

3. Handphone Rusak Kena Air
Baca artikel khusus tentang cara mengatasi handphone rusak kena air disini.

4. Kekurangan memory RAM penyebab tablet Restart
cara memperbaiki tablet mati sering mati
kurang ram tablet akan mati/ restart
Jalankan aplikasi tablet pc android yang diperlukan saja. Kurangnya RAM membuat tablet sering restart dan mati saat digunakan dan pesan error : 'Unfortunately System UI Stopped' Bebaskan sejumlah memory ram agar tablet lancar menjalankan aplikasi menghindari tablet tidak restart/ mati sendiri saat digunakan karena kehabisan memory ram. Lakukan beberapa langkah sbb:
  1. Cek Settings> Apps> Running, matikan/lepas saja aplikasi yang jarang digunakan.
  2. Cek Settings> Developer options>pilh atau centang Dont't keep activites 
  3. Cek Settings> Developer options> Background process limit> pilih atau centang No backgound processes
Lepas/ Uninstall aplikasi
Menjalankan aplikasi game berat? lepaslah game yang menyebabkan GPU (chip pengolah grafis/ game) cepat panas sehingga tablet sering mati/ restart saat memainkan game tersebut. Solusi cara lain adalah menggunakan aplikasi Chainfire 3D untuk menurunkan resolusi game yang berat. Sebaiknya jangan paksa phone tablet pc android memainkan game/ aplikasi yang memang tidak disupport. Merk handphone tablet terkenal seperti samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo HTC, Asus sekalipun memiliki spesifikasi tertentu yang harus diketahui.
Jika pembaca merasakan terlalu banyak aplikasi bawaan handphone yang tidak berguna/ kurang penting silahkan baca link dibawah ini untuk menghapusnya:
Terlalu banyak pasang Aplikasi Sosmed adalah penyebab Handphone Android rusak, lepas aplikasi yang selalu 'running' berjalan bahkan walupun kita tidak sedang menggunakan. Aplikasi Social media BBM Facebook, mesenger, wechat, whastapp, beetalk dll semua berjalan sendiri secara otomatis. Beberapa aplikasi lain seperti instagram, 360 camera, music player juga membuat berat kinerja tablet Android. Periksa di menu setting>app>running. Baca juga disini cara menghemat baterai.

Tutuplah aplikasi andriod dengan benar.
memperbaiki masalah tablet rusak
sebagian pengguna tidak sadar membiarkan banyak aplikasi tablet berjalan secara background
Tablet PC Android memiliki fitur multitasking, sebelum membuka aplikasi tablet android lainnya, tutup aplikasi dengan benar. Umumnya aplikasi game gratisan dari google play berisi banyak iklan yang dapat mengurangi memory ram. Pastikan tablet hanya menjalankan aplikasi yang dibutuhkan saja. Terlalu banyak aplikasi dan kualitas micro sd yang buruk dapat menyebabkan error Unfortunately System UI Stopped dan tombol macet/ hang. Menjalankan banyak aplikasi bersamaan artinya menggunakan memory ram dalam jumlah besar yang berpotensi tablet mati dan restart karena kekurangan ram. 

Install aplikasi pc tablet Android yang kompatibel
Install aplikasi game dari situs tidak resmi juga beresiko menyebabkan tablet sering restart. Mengapa? Download aplikasi game phone tablet pc Android di situs resmi akan melalui beberapa proses verifikasi, jika game tersebut tidak cocok atau berpotensi merusak tablet pc android kita, maka permintaan downbload akan ditolak. Ada tablet untuk voice call/ nelpon dan sms, ada tablet khusus untuk game. Mungkin memory ram yang tidak sesuai, atau cpu yang kurang cepat untuk memainkan aplikasi game. Kalau kita download aplikasi game dari situs lain, proses verifikasi ini tidak ada. Resiko ditangan kita masing-masing. 

Fakta bahwa aplikasi bisa dimainkan di handphone tablet lain, belum tentu bisa juga berjalan normal dan aman di tablet android kita. Bahkan di merk yang sama sekalipun. Memaksa Tablet menjalankan aplikasi game yang tidak sesuai dengan hardware menjadi penyebab tablet sering restart. Semakin banyak aplikasi potensi konflik aplikasi system android untuk crash/ rusak semakin besar. Uninstall aplikasi yang jarang digunakan dan menonaktifkan setting fitur auto update apps juga akan mencegah aplikasi android konflik yang berpotensi menyebabkan tablet pc android sering mati sendiri saat internetan dengan tablet. Terlalu banyak apikasi juga menjadi faktor penyebab kerusakan tablet android sehingga sering restart. Karena berbeda rom/ firmware android beda juga aplikasi yang cocok.

Solusi B: Mengatasi panas tablet agar tidak sering restart
Seperti kami sampaikan diatas, panas adalah penyebab utama tablet sering restart. Kami juga pernah memperbaiki beberapa tablet android merk terkenal, setelah diamati, ada perbedaan dalam cara merakit hardware tablet. Rata-rata tablet merk terkenal jarang mati sendiri saat digunakan/ restart karena memiliki lapisan tembaga/ aluminium pada bagian dalam case tablet pc androidnya. Tablet pc murah merk lokal tidak/ sangat jarang memilik heatsink /pelepas panas. Jadi tiru saja cara mengatasi tablet yang sering restart dengan menambahkan pelapis aluminium/ tembaga untuk meredam panas saat digunakan. Cara ini paling effektif yang kami gunakan apalagi jika tablet di overclok, wajib hukumnya. Hal ini juga mencegah baterai tablet bengkak karena bahan lithium polymer sifatnya cair mudah menggembung jika panas berlebih. Sayang perlu ketrampilan dan keberanian untuk membuka casing tablet dan memasang heatspreader/ pendingin tanpa terjadi korseleting.
cara membetulkan tablet rusak
tablet merk terkenal (nexus) ada pendingin untuk mencegah tablet restart karena panas
Solusi Cara Darurat
Jika phone tablet Android pembaca restart karena panas, jangan langsung dinyalakan, biarkan dulu sebentar agar dingin. Memaksa tablet dengan langsung menyalakan kembali terus menerus justru dapat memperburuk keadaan. File system android rom firmwarenya bisa rusak sistem/ aplikasi korup (hilang) karena tablet tidak mati (shutdown) dengan cara yang benar. Terutama pada aplikasi launcher sehingga tablet malah mengalami bootloop atau tidak bisa dinyalakan kembali. (setiap dinyalakan hanya berhenti di logo android saja). Handphone-Tablet sering mati dan restart itu seperti alarm peringatan, sama dengan tubuh kita sewaktu merasa sakit. Lakukan tindakan yang diperlukan agar tablet kembali sehat dan normal. 
Lakukan salah satu atau beberapa cara memperbaiki tablet rusak diatas. Jika masalah tetap terjadi, kemungkinan tablet sudah mulai rusak hardwarenya, perlu bantuan teknisi handphone di tempat servis terdekat untuk memperbaikinya. Jika perlu lakukan hard factory reset agar tablet android krmbali fresh.

Tips cara memperbaiki handphone tablet rusak, sering mati atau restart sendiri ini dapat diterapkan untuk semua merk baik Asus, lenovo, Oppo, samsung galaxy tab-note, sony xiaomi maupun tablet pc buatan china/ lokal Advan Vandroid, Axioo, Beyond, Cyrus pad, Imo, Mito, Evercoss, Treq dll. Semoga artikel penyebab dan cara mengatasi tablet Android sering mati/ restart dan munculnya pesan error 'Unfortunately System UI Stopped' ini bermanfaat bagi pembaca.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

110 komentar:

  1. Anonim10:07

    siang gan,ia ni tablet sya sering tiba2 mati sndri tp tdk nyala lagi d nyalakan harus di on kembali,tapi bila d on kan batre lgsg hbis,
    atau tiba2 batre cepat peuh tp sya buka aplikasi cmra360 atau lain2 tab nya suka mendadak mati sendiri.kesel jdinya.mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah tablet restart tersebut kemungkinannya sbb:
      1. system android tidak bisa membaca kapasitas baterai dengan benar, solusi baterai tablet dikalibrasi, banyak aplikasi untuk kalibrasi baterai.
      2. baterai sudah mencapai batas penggunaan (wear level) cirinya baterai tidak atau hanya mampu menyimpan sedikit daya walau tetap terbaca 100%, solusi ganti baterai tablet yang rusak tersebut.

      Hapus
  2. gan aku punya ainol 7 cristal, kemaren aku coba ganti custom romnya (soulgem) tapi saat diganti banyak perangkat yang tak aktif, misalnya camera nya blank hijau (gak aktif kan?) ,usb juga gak automatis lagi ngidupinnya , gak lama beberapa hari dari itu saya ganti Crystal Clear 1.7, dan masih gitu saja tak ada peubahan.. malah makin hari makin gak beres.... sering restart sendiri dan saat mau coba rebot lagi tiba* ada loading dan X( death ... tablet ku mati total....
    maaf banget jika ini gak sesuai tema/postingan ini , tapi saya minta solusinya banget buat memperbaikinya!
    terima kasih jika gan mau jawab pertanyaan saya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan agan masih relasi ke topik, sayang agan bukan member blog;(
      OK, ainol crystal menggunakan beberapa batch yang berbeda (ada 3 ya?), jadi kesalahan agan dimulai saat mencoba pakai custom rom soulgem yang jelas tidak kompatible sehinga bootloader ainol konflik. Ketika menginstal custom rom, PENTING! untuk membaca SEMUA keterangan dan diskusi di forum terkait. Parahnya ainol tidak pernah merilis bootloader asli.

      Hapus
  3. Anonim12:51

    gan untuk mencari/mendapatkan pendingin tembaga tipis itu dimana ya, klo agan ada mungkin bisa ane beli coz tablet vandroid T1-B ane sering restart klo panas bagian belakangnya, kabari ane klo memang ada di 089677 359036 trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarang yang jual gan, tips kami pakai pelapis tembaga bekas buat tablet sering restart misalnya dari bongkaran layar LCD bekas laptop dan baterai lithium polymer tablet yg rusak ada. kalau aluminium di supermarket, itu biasa untuk bungkus makanan di freezer.

      Hapus
    2. Anonim10:02

      Terima kasih info nya gan, coba ane cari di bekas2 LCD yang sudah rusak

      Hapus
  4. Saya mau nanya..tablet saya samsung p3100 kemaren tercebur ke air dan sekarang tabletnya error restart terus...mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. samsung galaxy tab perlu dibongkar untuk dbersihkan dari sisa air, sebelum terlambat sebaiknya minta bantuan teknisi untuk perbaikan samsung p3100 agan

      Hapus
  5. Anonim17:10

    maaf gan,sy mau mohon bantuan nih..tablet saya samsung GT-P5100,saat update instagram tiba tiba mati..ga nyala lagi? Kenapa ya? Mohon solusinya

    BalasHapus
  6. gan tau tempat jual baterai tab z3 gak?kalo agan ada jual bisa hubungi saya di 0896 0150 6633

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli baterai tablet di ebay/ kaskus ada penjualnya, stock kami terbatas gan

      Hapus
  7. gan mau tanya, tablet ane samsung galaxy tab 2.10 pas di nyalain hanya sampai di gambar samsung terus terrestar terus, mohon jawabannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari awal dinyalakan sudah restart baterai tablet biasanya sudah drop

      Hapus
  8. Gan, tanya pengaturan overclock itu dimana ya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menggunakan aplikasi cpu tweaker dan sejenisnya, maaf kami tidak share. blog baliservicevcomputer ini lebih membahas tips perbaikan android bukan sebaliknya.

      Hapus
  9. gan ane punya asus memo pad setelah saya instal chainfire 3d tablet ane rebootnya cuma sampe logo, gimana solusinya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan perlu instal ulang rom/flashing firmware asus memo-nya, chainfire 3d tidak bisa untuk android jelly bean.

      Hapus
    2. IMO saya idem. Instal ROM apa harus dicopot IC ROMnya? Di Surabaya dimana sy bisa install ROM IMO?

      Hapus
    3. Di Surabaya kami tidak tahu tempat servicenya, jika kesulitan silahkan tablet kirim ke alamat kami untuk di perbaiki

      Hapus
  10. Anonim02:36

    Gan. Tab vandroid T1E saya ini tiba tiba mati pada saat saya mau ngi-install. Setelah itu saya coba nyalain. Sampek sekarang gak nyala². Kira kira knp ya gan? Tolong solusinya.

    BalasHapus
  11. saya punya vandroid t2ci, setiap memasang modem usb pasti tablet sy mati. Tolong penjelasannya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan penyebab tablet mati saat colok modem:
      1.terjadi short circuit pad port otg usb tablet, coba ganti kable otg dan perikas port male usb.
      2.cc brust rate baterai lemah/ baterai mulai drop, tablet perlu daya yang besar saat nyala pertama, aktifkan bluetooth, wifi, modem dll, kalau brust rate lemah = restart, ini berbeda dengan ampere/ daya untuk penggunaan biasa. seperti menyalakan tv pertama x dayanya bisa 2-3x normal pemakaian.
      3.ada juga penyebab lainnya, perlu dicek fisik secara teknis.

      Hapus
  12. Gan saya mau tanya nih tablet saya imo tab z3 sering banget restart ulg sendiri, pas mau masukin passwordnya tiba tiba bluetoothnya nyala sendiri trus ngerestart lgi terus gtu berulang ulang cara memperbaikinya gmna ya gan ? mohon bantuan nya .. terima kasih gan sebelumnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba flashing/ update rom terbaru, touchscreen imo z3 sering kacau, waktu masukkan password mungkin tidak sengaja bluetooth tertekan juga tablet jadi restart

      Hapus
    2. kalo tablet nya udah mati total gimana cara perbaikinya gan .. ?
      masih bisa diperbaikin kan .. ?

      Hapus
    3. kalau tablet mati total, no power, tidak bisa dicharge lagi di perbaiki ke teknisi gan, karena perlu perlengkapan boxflasher yang harganya jutaan

      Hapus
  13. lengkap sekali gan pembahasannya. terimakasih. semoga amal bain agan dibalas kebaikan yang setimpal..

    BalasHapus
  14. Sore, TAB saya ADVAN T1C di case tidak bisa masuk dan langsung mati └A̶̲̅ǧî walaupun masuk 2 menit langsung penuh dan 2 menit juga langsung mati └A̶̲̅ǧî, itu kira kira yang rusak apanya ya..? Baterai apa mesin nya,, thansk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar agan perlu beli baterai tablet advan yang baru

      Hapus
  15. gan ane punya t1b advan, masalahnya :
    - mesin belakang panas dan sering hang.
    perlu diapakan gan? padahal ram gak terisis aplikasi game dan aplikasi2. mohon solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet yang bagus iklannya tentang spesifikasi dan fitur, nda perlu sewa bintang iklan artis, jadi waktu beli merk lokal harus sambil berdoa, soalnya tidak ada divisi quality control (QC) kadang kita dapat tablet yang bawaannya panas begitu, coba untuk mengurangi panas tablet solusinya ditambah lapisan spreader/ pendingin di mesinnya.

      Hapus
  16. gan ane mau tanya , kan aku punya tab samsung nih, nah pas itu restart sendiri dan muncul tulisan "EKSKRIPSI GAGAL" nah dan itu suruh FACTORY RESET , tpi ane gak mencet FACTORY RESET tpi tabnya ane matiin dan ane hidupin lgi....nah setelah dihidupin lgi tab ane bisa hidup lgi (datanya gk ilang) tpi 15 detik kemudian mati lagi , dan hal itu berulang - ulang terjadi :'(..tolong sarannya ya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan galaxy tab samsungnya sudah disuruh factory reset? coba saja dullu

      Hapus
  17. marsya adelia08:42

    gan ini gw pnya samsung galaxy tab 2 , nah kmrn itu hbs gw charge tibatiba waktu gw liat ngerestart2 sndiri gan dr semalem sampe skrg gan .. anehnya waktu gw matiin daya ya gak ngerestart gan ..tiap gw nyalain trs 3-5menit kemudian ngerestart lagi ngerestart lagi... gitu itu kenapa yaa? cara mengatasinya gmn gan ? saran dongssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada yang aneh, semua galaxy samsung kalau dimatikan daya bagaimana bisa restart? kan mati ya..;) coba pakai charger lain yang cocok untuk galaxy tab atau cek ke tempat service

      Hapus
  18. Gan ane ane mau tanya. Dell Streak 5 ane suka restart sendiri kalau simcardnya dimasukin. tapi kalau ga ada simcardnya dia ga restart sendiri. mohon bantuannya ya gan hehe thankyou :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin 'short' pada kawat konektor sim, coba cek (kalau bisa) dan bersihkan lalu test kembali apakah masih restart. kalau kesulitan minta bantuan tukang service khusus android

      Hapus
  19. Anonim01:23

    Gan mohon bantuannya ney Note 1 ane tiba2 mati sendiri ketika digunakan browsing dan membuka sebuah aplikasi contoh buka camera 360 tp masi bisa dihidupkan' kembali kira2 apanya ya gan?, trus brp biaya untuk ganti connector charger samsung note 1? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. samsung galaxy sering restart biasanya karena panas berlebih, kehabisan ram, atau baterai lemah, perlu dicek yang mana penyebabnya. konektor charger samsung daripada diservice, beli saja murah kok

      Hapus
  20. Mo nanya nih admin, sy sudah mencoba factory reset tp gak pernah bs berhasil...tablet sy restart terus. Apa yang salah ya di cara reset pabriknya...

    BalasHapus
  21. Anonim23:34

    Admin numpang nanya, ane punya samsung tab 2, tiap 2 smpe 3 menit ngerestart sendiri, ane factory kan udah, trus ane pake odin juga udah n berhasil tapi tuh phone selalu ngerestart sendiri mulu n ane udah bawa k service center malah katanya rusak mesin, tapi nda detail apa ny... ada masukan nda admin cara nya selain factory reset/factory wifi n odin... ane udah berbagai cara....

    BalasHapus
  22. gan mau nanya nih advan vandroid t1j sya sring mati sdri kalo lg d gunain pas udah nyala trus mati lagi.
    kra" ,slah ny dmna? solusi nya dong??? mkasih :)

    BalasHapus
  23. nice info gan...gan sy mao tanya soal menambahkan lapisan tembaga/almunium untuk meredam panas, ditempel begitu aja dgn double tape atau bagaimana? ditunggu jawabannya, many thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika berhadapan dengan mesin pcb tablet tambahkan material non conductive/plastik atau yang lain sbg isolator, kalau berhadapan dengan casing/ case baterai tidak perlu. contoh keseluruhan baterai dibungkus self adhesive copper seperti model hp HTC dan android nexus jadi 'adem' anti restart+baterai awet

      Hapus
  24. master tolong pencerahannya....aku punya tablet mypad nah masalahnya hanya tampilan logo saja yang muncul pada saat on trus restar lagi....mohon selusinya....:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak penyebabnya mungkin baterai lemah sehingga sering restart, coba bantu pakai adaptor saat menyalakan pertama, atau terlalu banyak aplikasi bisa dengan factory reset. hubungi tempat service tablet jika kesulitan

      Hapus
  25. Gan, mau tanya. aku punya advan T2C. awalnya tak charger dalam keadaan mati, setelah udah penuh, tabletnya tak hidupin. pas udah masuk ke homescreen kok tiba tiba langsung restart dan cuma sampe ke logo advan saja. trus tak matiin lagi, tak hidupin lagi cuma sampai logo advan saja. mohon pencerahanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. restart beda dengan bootloop, kalau restart kan selalu mati sendiri setiap dinyalakan, sedangkan bootloop kan stop dilogo dan kalau dibiarkan diam di gambar sampai baterai habis. jadi beda masalahnya, kalau bootloop baca artikel kami khusus topik bootloop

      Hapus
  26. Artikel yg bagus untuk menambah pengetahuan gan,
    Mohon pencerahanya tentang masalah saya saat ini,
    sebulan lalu saya sdh ganti LCD Advan T3i karena LCD blank warna putih.
    2 hari lalu LCD saya antara nyala dan mati, bisa nyala klo ditekan bagian belakang dan mati saat tdk ditekan, sehari setelahnya LCD Mati total, Mesin, touchscreen, suara msh normal. (bisa di telfon) kira2 harus ganti LCD lg atau ada kemungkinan flexible longgar atau kabel power LCD nya gan? terima kasih, Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba periksa mungkin konektor flexible lcd tidak terpasang dengan baik, jika kable flexibel lcd longgar, kencangkan klepnya, periksa dalam keadaan tablet mati ya, semoga belum korslet sewaktu ditekan

      Hapus
  27. Gan mau nanya nih.. saya punya samsung tab 3 ..kira kira dalam sehari minimal brapa jam untuk dimainkan dan brapa jam untuk diistirahatkan yaa gan.? Dan di bgian bwah kiri layarnya kok tiba tiba ada kalimat 'mode aman' setelah tab nya hidup abis tabnya restart/mati gan.?
    mohon jwabannya gan pliss sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas artikelnya yang sangat berguna buat kita semua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada aturan mengenai waktu ideal pemakaian tablet, sebagai patokan, gunakan saja saat charging waktunya tablet istirahat, restart masuk mode aman perlu kombinasi tombol tertentu, ini akan membuat sebagian besar aplikasi yang tidak penting dinonaktifkan, sehingga samsung tab dapat diakses lebih mudah untuk perbaikan dan untuk keluar dari safe mode, cukup restart tablet seperti biasa

      Hapus
  28. gan, mo nanya nih, tabulet troy q4 saya mati dan restart sendiri padahal baterai penuh dan baru dihidupkan sebentar (krng lebih 2 menit). kalo sudah mati terus didiamkan sebentar terus dihidupkan kembali dan akan mati lagi setelah 2 menit. tolong pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika langsung mati tanpa ada pesan error apapun, itu kemungkinan ada bagian part mesin tablet troy yang rusak, cek ke tempat service tabulet

      Hapus
  29. Infonya sangat bermanfaat gan. Saya punya andromax tab 8, permasalahan muncul ketika tab saya pake melebihi ambang batas :( jika suhu baterainya sudah mencapai 60° maka akan mati sendiri :( saya pikir ramnya yang bermasalah. Akhirnya saya reset ke mide awal dan semua aplikasi di dalam kembali seperti semula. Otomatis kapasitas ram tidak berat lagi. Namun, ketika saya browsing dan download , tabnya mati lagi, tapi saya pernah membiarkan tablet saya seharian dengan mode pesawat. Bisa standby seperti biasa, tanpa restart. Pernah juga saya diamkan sehari. Tapi ketika dipake browsing atau download aplikasi langsung mati sendiri. Cuma saya sempat download du battery, jadi sy bisa tahu suhu baterai tab. Ketika digunakan browsing, suhu baterai mencapai 60° c. Lalu kemudian mati sendiri. Saya juga pernah pake tab ini diluar ruangan dan dalam kurun waktu semenit setelah dinyalakan tab mati sendiri, mungkin krn tab sy warna hitam yh, menyerap panas dan suhu baterai diatas normal -.- tolong solusinya :) terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalau langsung mati tanpa notifikasi itu masalah cpu (hardware), cara mengatsai android restart diartikel ini untuk pencegahan, kalau sudah rusak ya ganti cpu/mesin tablet

      Hapus
  30. gan..mohon petunjuknya gan. ane pke samsung galaxy tab 2 yg 7 inchi. sering restart2 sndri itu solusinya gmn yah? mohon di bantu gan. thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak usah tanya lagi, gampang kok, baca artikelnya dan ikuti saja cara diatas

      Hapus
  31. Anonim22:14

    Gan hp ane samsung s3 mini sering ngerestart sendiri padahal udah ane flash tapi tetep aja,mohon saran nya biar ni ho sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah terlanjur rusak hardware, cek ke tempat service samsung

      Hapus
  32. Gan tolong bantuanya aq punya TAB merk TABULET Q4 baterai masih 65% kok tiba2 mati sendiri kenapa ya...? Apa semua tipe baterai tablet bisa dipasang di tablet sembarang ? Terima kasih ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah tersebut sudah jelas solusi no 2, ganti baterai yang sudah drop, selanjutnya silahkan baca artkel kami masalah baterai tablet

      Hapus
  33. Gan saya mau tanya,saya punya tablet merk venera,ketika saya hidupkan bluetooth,tiba tiba nge- restart sendiri/mati,itu kenapa ya gan? Dan cara mengatasi nya gimana ya
    Mohon di jawab ya gan, Trims

    BalasHapus
  34. permisi gan. apa penyebab hp bila di hidupkan langsung mati sendiri. padahal pas di cas pasti udah 90-an persen baterainya. kadang pada saat ngecas saja baru bisa hidup hpnya.
    mohon bantuannya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba ganti baterai baru belum?

      Hapus
  35. pagi gan..sya mau tnya gan sya ad tab 2 p3100 restart terus setlh hidup 3mnitan terus aplikasi nya diuninstal setelah restart aplikasi yang uninstal tadi balik lgi gan...dibuat factory reset jga sma gan gak bisa hlang semua aplikasinya dan masih restart terus gan...sya flash ulang jga dengan odin sma jga hasilnya gan ...kira-kira ada solusinya gak ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi tidak bisa dihapus selalu kembali lagi itu ciri ciri emmc rusak, solusinya ganti emmc/mesin atau beli tablet samsung baru, stop download rom samsung untuk flash, sayang pulsa modemnya ;)

      Hapus
  36. gan ane punya tab 2 samsung..problemnya itu restart restart trus..udah difactory reset tetep ga bisa...tanya temen katanya IC memorynya udah kena..apa bener itu yang rusaknya IC memorynya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. restart salah satu ciri samsung ic emmc rusak, ciri lainnya tidak bisa di flash, flashing odin sukses tapi tidak berubah kembali ke kondisi semula, jika bisa menyala dan hapus aplikasi akan kembali lagi setelah restart dan banyak ciri lainnya lagi

      Hapus
  37. bos ku tayak tablet ku henset e ko gk bisa hilang terus sekarang tablet mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika mati cek masalah penyebab rusaknya ke tempat service android terdekat

      Hapus
  38. kalo hp ku sony xperia t2 ultra udah sampe 4 kali coba.. diinstal ulang os dan flash jg ke conter.malah 2 minggu bertahan. kudu gimana ya..
    padaahal ga pake app aneh kayak uc browser, selalu nutup app berjalan di belakang.. : (

    BalasHapus
  39. Gan tab advan vandroid T1 J ane kok kalau di hidupi bentar terus lama kelamaan mati sendiri ke layar hitam yg di tngah ny tulisan androi itu gan
    kenapa ya ??
    Tolong bgt gan saran nya .. thx

    BalasHapus
  40. Mas,htc one x saya jika dinyalakan selalu restart dan sangat panas dan otomatis baterai nya sangat cepat terkuras,mau buka aplikasi apa aja pasti langsung restart kecuali aplikasi setelan.udah masuk ke Save Mode,Factory reset tetap aja masih restart dan sangat panas.mau ganti Baterai tapi hpnya gakk bisa dibuka.kira-kira apa masalahnya ya?dan bagaimana cara mengatasinya?terima kasih

    BalasHapus
  41. selamat malam gan saya mau nanya nih ini hp saya sony xperia m restart sendiri awalnya teridentifikasi virus trojan tapi sudah saya hilangkan setelah beberapa jam sony saya restart sendiri ketika diwaktu hidup saya matikan data seluler kemudian restart setelah nyala gak restart lagi main game offline bisa tapi pas saya nyalakan data selulernya sekitar 2 menit restart sendiri....tolong kasih sarannya gan

    saya berharap agan berkenan menjawab permasalahan saya terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ada virus android yang langsung melink dan download ke situs tertentu setiap data diaktifkan, caranya perlu di clean instal sistemnya agar virus tersebut hilang

      Hapus
  42. Gan tablet saya kok enggak bisa dihupin GT-N8000 Tulisannya samsung terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone berhenti/hang di logo samsung itu bootloop sistem rusak, cara perbaiki di instal ulang

      Hapus
  43. Gan saya punya tablet samsung galaxy tab 4, tibiba-tiba mati dan gag bisa dihidupin yang ada tulisan samsung terus yang muncul.
    Mohon sarannya gan

    BalasHapus
  44. gan saya punya tab advan vandroid T1G Plus layar padam atau mati total, klo di charge dan ditekan tombol powernya tetap aja layarnya padam atau mati total, sehingga saya tak tahu apakah tab nya mengisi atau tidak, tolong bantuannya gan . makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  45. Gan saya punya tab movie max tetapi restart terus gak mau hidup tiba tiba hidup terus bluetooth nya hidup sndiri restart terus deh gan gak sudah sudah, knapa ya itu mhon infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara paling mudah jika tab restart di flash dengan stock rom, jika tidak normal artinya ada masalah hardware, bawa ke tempat servis handphone di kota agan tinggal

      Hapus
  46. Gan,,tablet saya mito t777, sering mati sendiri klo kga di charger,walaupun baterai penuh, tapi klo di charger kga mati,klo charger di cabut langsung mati,,,,klo kya gitu gimana gan cara mengatasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon bntuannya nih sy pnya advan t2s tab.klo d tekan tombol on/off cuma muncul nama advan trus mati lagi muncul lg mati lg scra trus mnerus gtu..knp ia gan.mohon

      Hapus
    2. coba di flash, jika gagal ada hardware yang rusak, soalnya jika bootloop diam di tulisan advan saja sampai baterai habis dan tidak restart

      Hapus
  47. Ane punya maslah sama experia m2 gan,setiap kali dicolok otg sidoi lngsung restart sendiri,pdhl seblum di upgrade kkitkat aman2 aja gan,minta wangsitnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika upgrade jadi masalah, paling mudah di downgrade bos? ada cara lainnya tapi sudah pasti lebih susah he he

      Hapus
  48. Suksme atas informasinya bli..
    Nah, tapi saya punya masalah beda lagi.. saya punya tablet Advan Vandroid T1K Plus itu baru beli, dan gak ada di isi app yang macam2.. tapi saat digunakan 4-6 menit secara berkala, itu malah ngerestrat sendiri ?? Tolong masukannya yaa bos.. terima kasih

    BalasHapus
  49. Mau nanya, ini android saya kok sering bgt mati sendiri ya kalo sambungan internet saya hidupin ? Tpi kalo sambungannya jarang dihidupin jga jarang mati itu knpa ya ?.
    Saya pikir karna kebanyakan instal aplikasi, tpi setelah saya uninstal aplikasi yg gag penting masih tetep sering mati sendiri. Setelah di factory reset jga masih sama aja. Itu gimana ya ngatasinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah direset tetap restart artinya software ok, kemungkinannya hardware ada yang rusak, periksa komponennya, silahkan cek ke tempat servis handphone

      Hapus
  50. Gan hp android samsung tab2 saya restart terus menerus sudah saya instal/format file nya gk hilang, hapus foto di galeri aja gk bisa, ganti RAM malah matot pasang lg yg asli nya kembali seprti semula restart terus. Mohon solusiny...

    BalasHapus
  51. gan aku punya tablet samsung galaxy tab 2 gt-p3100 , terus beberapa hari yang lalu hp aku mati hidup mati hidup gan , gak tau kenapa , terus aku udh coba hapus aplikasinya tiba tiba hp aku terestart sendiri gak tau kenapa , pas udah nyala tablet aku , ehh apk nya yang sudh kehapus masih ada lagi gan , terus aku coba restart sendiri itu gak mau gan , bagaimana ini gan , saya sudah bawa kekonter tetap gk bisa gan, jadi aku harus bagaimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dengan masalah diatas, ic emmc rusak, bahkan di flash firmware dengan odin akan sukses, tapi kembali seperti semula, fitur write rom sudah hilang, saatnya beli tab baru bos he he daripada buang waktu+energi cari solusi, percaya deh

      Hapus
  52. hp saya merek polytron tpi semua fungsinya sudah tidak bekerja secara normal. saya sudah reboot tpi tetap tidak bagus....klo data atau wifinya di aktifkan banyak aplikasi tak dikenal terdownload dengan sendirinya,,,banyak iklan yang masuk dan hp saya panas sekali...selalu muncul tulisan sayangnya sistem android.com telah berhenti....
    saya tidak bisa menggunakan aplikasi apa2 karena tulisan itu selalu muncul dan membuat touch screen hp saya tidak berfungsi,,,,

    mohon solusinya jika memang hp saya masih bisa diperbaiki...

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone kena virus, solusi bisa dengan instal/ flash sistem

      Hapus
  53. ass
    permisi gan
    mau nanya saya punya samsung tab 2.10 , nah suatu ketika tab saya ini lemot dan saya kunci layar dengan mnekan tmbol power sekali , dan ketika saya ingin hidupkan kenapa ya gak mau hidup padahal saya hanya mengunci layar saja , di cas pun tidak kluar tanda tanda lagi ngecas nya ??? mohon pencerahan nya gan
    makasih

    BalasHapus
  54. Tab saya merk smartfren andromax nah waktu dinyalain bluetooth tab nya nge restart sendiri trus berhenti di logo.. cara perbaikinya gimana ya? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  55. Permisi gan.. Ane mau tanya nih..
    Tab beyond ane klo di cas malh makin berkurang nah klo posisi mati lngsung di cas cuma layar aja kedip" ga ada tanda batre terisi yg lbih parah skrng tabnya matot.. Ga ada arus masuk di posisi " + -" dalam tab.. Apakah mesinya mati atau kenapa?? Mhon solusinya gan. Mksih sblmya

    BalasHapus
  56. Saya mau nanya, punya galaxy tab 2 kondisi setelah di charger ketika dihidupkan mati dan ketika mencoba kembali kondisi layar hitam kedap kedip tapi untuk suara masih ada ketika mencoba ss. kira kira kena lcd nya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya layar lcd rusak, coba beli lcd tetapi ditest dahulu sebelum diganti

      Hapus
  57. Mas sya mau tanya tablet saya advan i7a kok tiba2 mati sendiri ya dan kemudian restart berulang tetapi ketika sambil di charge semua kembali normal? Padahal persentase batry masih lumayan banyak. T
    Apakah itu kerusakan di batry atau di sisi lain ya mas? Terimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ciri ciri baterai drop, kapasitas yang tertera tidak sesuai dengan kapasitas baterai real,ganti baterai tab baru

      Hapus
  58. Ass..Mas saya mau tanya knp ya tab advan vandroid i7 sy kl data seluler ny di idupin kok batre nya lngsung drop..pdhl bru klar d cas 100% lnsung mati jd 0%
    Tp td pas sy tes data selulerny ga di idupin tab nya tahan dr jm 4 - jm 10pagi.trus kl gnti btre mslh ny it batre tanem sih...
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa ke temapt service handphone minta ganti baterai tablet advan baru

      Hapus
    2. Gan saya punya tablet cina baru beli ram nya masih kosong banyak tp knp waktu nonton youtobe enak enak keluar sendiri,mau buka aplikasi apa aja lg enak enak suka keluar sendiri itu knp ia gan,mohon sokusinya gan.

      Hapus
    3. ada 2 memory : 1 untuk simpan aplikasi+data, 2: untuk kerja, kemungkinan yang di duga masih kosong itu memory penyimpanan, sedangkan memory ram habis

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.