FUP Internet Bulanan Smart

Guna keperluan review dan alternative paket Internet bulanan kami juga menggunakan paket Internet Smartfren budget 50 ribu per bulan yang sering digunakan di tempat servis haandphone dan tablet android di Bali. Baru-baru ini kami mendapat sms dihandphone Android dari pihak operator smart sbb: "Plgn Yth, per 1 Mar 2013, perpanjang otomatis langsung ke Neo Premium Bulanan, akan berlaku kecepatan lbh tinggi dgn batas pemakaian wajar bulanan. Info: 888". Mendapat info paket data internet smartfren dengan kecepatan download lebih tinggi membuat kami berminat untuk mengunjungi situs resmi Smartfren. Berikut ini info terbaru yang kami dapatkan mengenai Internet Smartfren unlimitted bulanan.
cara fup internet smartfren
Cara daftar Paket Internet smartfren 
SMS: Ketik Data(spasi)kode paket lalu kirim ke 123
contoh cara daftar paket smart bulanan badget 50 ribu sbb: 
SMS ketik : Data[spasi]R30
Kirim ke 123
  • Cara cek sisa paket data / volume Anda dan masa berlakunya secara rutin lakukan panggilan ke *995 atau ketik “cek” kirim ke 995
  • Cara cek sisa pulsa smart dan masa berlakunya dengan melakukan panggilan ke *999 atau ketik sms “cek”, lalu kirim ke 999.
Paket Internet Bulanan Smartfren per 1 maret 2013 memperkenalkan paket NEO. Dalam Paket Internet data Neo REGULAR dengan cara daftar paket internet bulanan smartfren diatas kita akan mendapat kecepatan download s/d 512 Kbps dan upload s/d 256 Kbps. Ini merupakan peningkatan dibanding paket yang sama sebelumnya dimana kita hanya mendapat kecepatan download s/d 384 Kbps dan kecepatan upload s/d 128 Kbps dengan FUP 250MB/hari. Paket  internet tersebut  berlaku untuk semua pelanggan Smartfren Connex (non Connex EVO) untuk memberikan kemudahan pemakaian tanpa batas tanpa biaya tambahan mulai dari Rp 49.000 per bulan demikian kata pihak smartfren. 

Tempat servis laptop dan handphone kami baliservicecomputer berlangganan paket Internet smartfren cukup lama sebelum handphone Android 4G LTE populer seperti sekarang. Awalnya paket internet data unlimitted bulanan masih seharga 45 ribu dengan kecepatan download masih 153 Kbps tanpa FUP sudah lumayan mencukupi kebutuhan di konter tempat servis kami. Apakah benar perubahan paket Internet data smartfren ini untuk memberikan kemudahan pemakaian tanpa batas tanpa biaya tambahan?

FUP smartfren.
  • Ketika Paket Internet unlimitted bulanan Smart pertama diluncurkan, walaupun dengan kecepatan download hanya 153 Kbps namun tidak mengenal pembatasan FUP. 
  • Kemudian Paket Internet unlimitted bulanan Smart berubah harga ke 49 ribu dengan peningkatan kecepatan Internet kecepatan download s/d 384 Kbps dan mulai diterapkan pembatasan FUP 250MB/hari. Menurut kami di sini sudah terjadi pengurangan layanan bukan kemajuan dengan diterapkannya FUP. Karena kebutuhan pekerjaan seperti download Firmware atau custom ROM ditempat servis kami tidak akan mencukupi dengan pembatasan kuota hanya 250MB per hari.
  • Kini per 1 maret 2013 Paket Internet unlimitted bulanan Smart meningkatkan kecepatan download hingga 512 Kbps, sepintas menguntungkan pelanggan, tetapi perhatikan batasan FUP menjadi 2 GB/30 Hari. Kembali terjadi pengurangan dibanding paket Internet sebelumnya.
Apa itu FUP? FUP smartfren (dan operator Internet lainnya) adalah "Fair Usage Policy", yaitu batas pemakaian wajar pada beberapa paket internet Smartfren Connex yang akan otomatis melakukan pembatasan kecepatan bagi pelanggan yang melebihi batas yang ditentukan. Pembatasan ini juga termasuk pemakaian data/internet download dan upload. 

Paket Internet Unlimitted smartfren budget 50 ribu perbulan sebelumnya dengan FUP 250MB/hari artinya = 7.5GB per bulan, kini jatahnya berubah hanya 2 GB/bulan bukan? 
tips kecepatan download internet smart
Bagaimana cara mengatasi/menghilangkan FUP smartfren? Nah lucunya dalam info terbaru dari situs resminya, untuk menghilangkan FUP smartfren,  disarankan untuk daftar lagi paket internet tersebut agar kecepatan kembali normal.(dengan tulisan yang cukup besar). Jadi kalau demikian, menurut pembaca, paket internet smartfren unlimitted bulanan terbaru ini apakah memberikan kemudahan pemakaian bagi pelanggan tanpa batas tanpa biaya tambahan seperti yang disampaikan pihak Smartfren? 

Cara mengatasi FUP seperti disarankan operator smartfren untuk mendaftar lagi artinya bayar paket internet lagi. Ini sih cara mangatasi FUP smartfren yang jelas tidak smart atau memang saya tidak cukup pintar untuk memahami bahwa cara ini adalah cara smart. Jadi untuk sementara internet smarfren di tempat servis hp android kami non aktifkan dahulu sampai ada perubahan peraturan yang lebih bersahabat. Soalnya ada paket data internet murah untuk modem yang saya ketahui lebih baik dari aturan smartfren yang baru ini, paket unlimitted bebas FUP atau ganti provider ISP Fiber saja. 

Artikel Terkait di Bali Service Computer

6 komentar:

  1. 2 GB baru dipake browsing saja kok ya sudah habis ya bos? saya sangat heran? apakah benar itu kalo fup habis tinggal ketik paket yg diinginkan gak dikenakan biaya lagi.. mohon penjelasan yg sangat TERAMAT jelas bos... Matur Suwun!

    BalasHapus
  2. saya dah tinggalkan jauh2 tuh smartfren.... mending biar ga ada yang makai tuh biar smartfren mikir kalau yang dilakukan bukan kemajuan tapi kemunduran yang sangat tajam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar gan belakangan speed internet smart semakin mengecewakan diperparah dengan jebakan fup smartfren. Pelanggan kecewa, dan kami jadi malu pernah menulis artikel review yang bagus tentang internet smartfren

      Hapus
  3. Anonim14:47

    saya juga sangat kecewa gan ama smartfren karna lemot nya minta ampyun

    BalasHapus
  4. ingat moto smart bro!!!

    "I HATE SLOW"
    but
    "I LOVE VERY SLOW"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha ha bisa saja agan, mungkin bagi yang belum pernah merasakan internet speed tinggi, masih bisa blang 'i love...slow' ;)

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.