Unlock Modem CDMA EVDO

Unlock modem adalah proses yang dilakukan agar modem yang semula hanya bisa untuk satu kartu provider operator internet (lock) agar bisa digunakan untuk operator internet yang lain. Proses unlock ini sendiri biasanya dapat diterapkan baik untuk unlock modem GSM maupun CDMA EVDO tetapi download file dan firmware tentu saja berbeda. Nah baru-baru ini di konter bali service computer mendapat permintaan untuk memperbaiki modem smart evdo EC1260-2. Karena modem ini masih lock maka hanya bisa dipakai kartu smart dan tidak bisa menggunakan kartu cdma lain apalagi sinyal operator GSM. 

USB Modem smart ini sudah mendukung sinyal CDMA 2000 1X EVDO Rev. A 800/1900 Mhz, sayang jika hanya bisa kartu smart saja, setelah melakukan service modem yang diperlukan dan berhasil maka teknisi kami berinisiatif untuk melakukan unlock modem smart tersebut agar bisa untuk semua kartu. Kebetulan modem tersebut datang dalam kondisi rusak sehingga saya tidak memiliki resiko jika proses unlock modem cdma evdo ini gagal...:D

Bagi pembaca yang mempunyai modem Smartfren EC1260-2 lock dan ingin melakukan cara unlock modem, ikuti langkah-langkah cara berikut ini sesuai pengalaman teknis di tempat servis handphone kami di Denpasar:

Pertama kali cek dahulu Firmware modem cdma yang akan di unlock, pastikan bahwa versi firmware modem evdo "11.104.04.03.836". Karena usb modem smart yang kami gunakan contoh di sini menggunakan firmware tersebut. Bila tidak sesuai maka bisa melakukan update firmware modem. Hati-hati sebab peengalaman kami memperbaiki handphone bootloop, semua proses update firmware selalu beresiko. Download software untuk update firmware sudah kami jadikan satu dalam link modem dibawah. Gunakan untuk yang membutuhkan update firmware smart. 

Cara Unlock Modem CDMA EVDO Smartfren EC1260-2
  • Punya komputer PC atau Laptop
  • Silahkan untuk tool/software dan file yang diperlukan untuk proses unlock modem download disini, gratis download kok...:) 
  • Putuskan koneksi internet (offline) dan nonaktifkan antivirus selama menggunakan unlock modem evdo ini.
  • Extract seluruh file unlock modem hasil download dilokasi yang pembaca inginkan dan ingat lokasi tersebut.  Password: baliservicecomputer.
  • Sambungkan datacard modem ke PC // laptop seperti biasa, tunggu beberapa saat sampai data card terdeteksi, dan terbaca di port usb.
cara unlock modem semua kartu cdma evdo
  • Instal software NvConfigPro_dev.exe lalu jalankan di PC anda NvConfig_Ver1019 pastikan isi SoftwareVer dan PRl Ver sesuai dengan gambar dibawah ini, yaitu 11.104.04.03.836. (disesuaikan dengan update link download, mengisi software ver dan PRI isi dengan: 11.104.04.01.836, terimakasih untuk pengalaman agan kungkang yang sudah berhasil unlock modem evdonya)
cara unlock modem cdma untuk semua kartu
  • Kemudian pilih PRL file dengan file hasil download dengan nama file: EC1260-2PRI-V100R001B104D04SP01C836.bin
  • Setelah itu isi PRL ID nya 10009
  • Klik File Path pada PRL File (arahkan di lokasi tempat hasil file download prl unlock modem smart disimpan) atau disini.
cara unlock modem evdo
  • Selanjutnya klik 'Scan' di pojok kanan atas, lalu klik “Write All”. Muncul kotak dialog: “Input MinLock” .
update firmware modem
  • Jalankan tool UnlockCode.exe yang sudah di download untuk mendapatkan IMEI Lock Code, harus sesuai dengan Modem smart masing-masing yang akan di unlock.
  • Lalu klik kotak 'Write All' .
  • Jika proses unlock modem smart berhasil maka akan mucul tulisan: Write PRI Successfully, seperti contoh gambar dibawah ini.
unlock modem agar bisa semua kartu sim
Apabila langkah-langkah diatas sudah benar maka modem smartfren sudah unlock dan bisa untuk semua kartu sinyal CDMA all operator termasuk Flexi atau esia Aha. Karena ada banyak pertanyaan masuk meminta jasa unlock tapi pakai mifi,, kami ingatkan bahwa cara disini untuk usb modem pemakaiannya dengan menghubungkan/ colok ke tempat USB komputer atau laptop, bukan untuk Mifi (modem Wifi). Pasti pemilik tahu perbedannya kan??

Teknis kami di tempat servis Handphone Android mencoba flashing ulang firmware dan melakukan Unlock Modem SmartFren ini 2 kali baru berhasil, pada proses unlock modem pertama berhasil namun hanya mendeteksi sinyal flexi CDMA saja ketika dihubungkan ke laptop, padahal penulis yakin jangkauan sinyal flexi evdo di konter tempat servis kami (denpasar) cukup kuat. Setelah mengulangi proses unlock modem yang ke 2 baru berhasil mendeteksi sinyal CDMA EVDO.

Penulis tidak tahu apakah cara-cara unlock modem disini dapat digunakan untuk type modem cdma yang lain. Karena beresiko sebaiknya gunakan tips cara unlock ini hanya untuk modem smart EC1260-2 bukan yang lain. Harap di pahami bagi pembaca yang dengan insiatif sendiri melakukan flash update firmware atau menggunakan cara unlock ini untuk modem smart dan modem cdma-GSM type lain atau  MIFI, jadi rusak, sinyal hilang, mati bahkan meledak resiko ditanggung sendiri.

Penulis berbagi cara unlock modem cdma ini untuk mereka yang membutuhkan, namun kami selalu meyarankan dalam tulisan-tulisan di baliservicecomputer.blogspot, jika pembaca ingin membeli modem pilihlah modem unlock agar mudah dalam berlangganan dan daftar paket internet yang diinginkan. Walaupun kadang modem bawaan/bundling operator tertentu (flexi, smartfren aha) lebih murah namun membeli modem unlock semua kartu cdma-GSM adalah pilihan terbaik berdasarkan pengalaman.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

62 komentar:

  1. gan , linknya udah di blokir tu . tolong di perbaiki ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. moh atho,urrohman: iya gan ane usahakan, share tool ini ane sempat kena warning hak cipta;(, blog kalau ditutup sayang banget gan. Tapi saya usahakan untuk cari alternatif upload, sabar ya gan.

      Hapus
    2. @moh atho,urrohman: link download unlock modem evdo sudah diperbaiki

      Hapus
  2. ini bisa ga dicoba untuk modem smartfren CE682 ?
    ini juga sudah mendukung CDMA 2000 1X EVDO Rev. A 800/1900 Mhz

    mohon dijawab...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Hendra G : kami belum nyoba unlock modem smart CE682, gan. Kami tidak punya modem evdo type tersebut.

      Hapus
  3. Gan ini bali service yg di pondok gede?
    tq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yee agan ini, ane sudah pasang google map denpasar kok ;)

      Hapus
  4. Gan untuk modem smartfren AC692 bisa??

    BalasHapus
  5. Anonim20:03

    Gan, kalo buat modem aha ec150 bisa gk?

    BalasHapus
  6. Iya nih gara2 update software modem aha ec150 jadi ga ada sinyal. Ada tulisan hanya kartu tertentu yg dapat digunakan alias ke lock. Tapi klo modem udah ke unlock. Yg jadi masalah RUIM masih ke lock. Tolong kasih tutorial unlock ruim dong gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapat panduan cara unlock modem ec150 darimana gan? yang kami tahu update software/firmware huawei itu agar modem menjadi tidak bermerk (misal dari merk aha jadi no brand), tujuannya agar bisa diunlock dan memang akan tidak dapat membaca sim card lagi. Jadi masih ada lanjutannya tuh

      Hapus
  7. Iya nih gan. Aku dapet tutor dari mbah google. Dia bilang updater firmware dari situsnya.
    Dc-file for huawei. Dari firmware.dasbord.update dasbor ada.
    Teru semua bahan udah aku download dan aku extrak. Lalu aku instal firmwarenya update wizard berjalan lancar dan selesai dengan success. Eh malah ga dapet sinyal.

    Langkah unlock:
    1. Harus mendapatkan spc code. Udah aku dapet dari software DFS

    2.unlock modem dengan software cdma workshop v2.7 cracked.

    Modem udah ke unlock.

    Udh tugan sangking keselnya modem aku instal ulang lagi pas lagi proses download aku cabut aja tuh modem biar error sekalian. Sekarang modem lampu lednya nyala terus warna hijau. Bearti udah ga bisa di pakai kali ya gan.
    Oya satu lagi aku dapet software bawan dari modem ec150 aha dari tetangga sebelah. Pas aku update ygiminta spc bukan pasword flashing lagi. Tapi update gagal ada tulisan "Update error code : 255
    Versi bawaan : 11.104.04.00.224 B417 (aha)
    Versi update. : 11.104.04.00.114 B416

    Itu aja gan cerita dari kesalahan update ec150 aha dengan tujuan agar bisa di pake semua kartu provider cdma. Dan sekarang lagi nyari gantinya naksir ama Max-D 99. Pake esia lumanyan kenceng 100 ribu dapet 7 gb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat kami waktu unlock modem ec150 diperlukan 3 update, yaitu 1.firmware, 2.dashboard (mobile partner) dan 3.driver, nah setelah semua proses unlock selesai terakhir itu instal driver yang baru tsb, sinyal kartu cdma yang baru akan muncul gan

      Hapus
    2. Ok gan aku coba dulu semua bahan sih belum ke apus cuma step by stepnya ga tau nih

      Hapus
    3. Misi Gan , , ,
      Boleh Minta PRL Untuk Modem EC150 Ga ? , , ,
      Kasus Ane Sama Tuh Sama Kasusnya @Dodo,Modem Huawei EC150 Ga Ada Sinyal Setelah Di Unlock , , ,
      Ane Dah Cari Di Mbah Google Ternyata Banyak Juga Kasus Serupa Seperti Ane Dan Blm Dpt Solusinya Siapa Tahu Dengan PRL Sinyal Kembali Hadir . . .
      Makasih Sebelumnya . . .

      Hapus
  8. Bli, tolong di bantu unlock, saya pakai smartfren AC682...
    suksma!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kami berhasil unlock modem smartfren AC682 yang warna putih itu pasti kami upload

      Hapus
    2. Pakai cara di atas dak bisa bli?

      Hapus
  9. gan...PRL id nya kok gak keditek ya? sudah di arahkan ke folder hasil download.
    EC1260Update_11.104.04.03.836_FIX_EVDO_2_PRL <---itu berakhiran exe. pdhl yg diminta ekstensien prl.
    mohon penjelasanny gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gan,itu firmware update modem evdo huawei ;), link download prl unlock modem smarftfren sudah kami perbaharui. tolong report agar kami tahu prl baru tersebut benar dan berhasil.

      Hapus
  10. sepertinya gagal upload mngkn gan.
    tomboh unduh nya di 4s*ared gak muncul.
    ada tulisan " File in upload proccess (0 %)"
    bisa upload ulang gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah kami siapkan 2 link untuk download prl unlock modem huawai gan, bisa kok

      Hapus
  11. PRL ID1 eror gan ....blum berhasil unlock.

    BalasHapus
  12. sudah....gan 190009
    eror

    BalasHapus
    Balasan
    1. modem yang di unlock mungkin beda firmware gan. agan search soal prl di google atau agan member dulu deh untuk full support dr kami. Pengurus blog sendirian gan mesti jawab banyak pertanyaan di masing-masing artikel yang beda topik, kepala cenut-cenut.

      Hapus
  13. udh sukses gan dpt setingan dari blog sebelah.
    software ver dan PRI isi : 11.104.04.01.836
    PRL ID nya isi : 10009
    selebihny sama....sukses
    tp ane blum coba masukin kartu lain sih :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami tambahkan pengalaman agan diartikel, terimakasih infonya. semoga modem unlock agan bisa pakai kartu cdma lainnya

      Hapus
  14. Tolong gan kupas unlock modem cdma smartfren ce682 juga, tolong kirim ke email andriasmana@gmail.com atau kasih notifikasi ke email atau fb sy

    BalasHapus
  15. fb: andri asmana

    BalasHapus
  16. sperti yg ane udh info kmrn
    PRL ID isi : 10009 gan, bkn 190009.
    ane udh bs masukin kartu esia (flexi broadband belum beli) :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks gan edited ;)
      esia bagus di situ gan? Kalau flexi, daftarnya bukan yang reg bulanan, fmb bulanan, fmb go dll tapi yang 'promo bulanan', itu unlimitted evdo, no quota, no fup. atau test dulu yang 'promo mingguan' Rp 15.000

      Hapus
    2. ane jajal esia yg biasa gan....bkn AHA. blum evdo jadinya lemot.
      nanti klo dh pake flexi ane infoin lg. tp tetangga sih pake flexi broadband canggih tuh...bs nembus 1 Mbps lebih. youtube buffer cm sbntr , tp kbanyakan lancarny.
      smntara klo smartfren ane mentok paling tinggi cm 300kbps.
      tp flexi promo itu jgn2 cm krn "promo" doang gan. ntr abis itu brubah lg jgn2.
      thx bwt info reg nya gan.

      Hapus
  17. Anonim12:19

    maaf pk akun anonymous saya gk ada account google saya donny ada pertanyaan kalo modem esia max-D MC400 bisa ndk??

    BalasHapus
  18. bli, mau tanya. aku unlock modem smartfren huawei ec1260-2, wktu d minta kode unlocknya, aku buka UnlockCode.exe dan imeinya A000002D29AC02, tapi wktu klik tmbol get code, muncul peringatan file not found. bisa d bantu bli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih bli sudah jadi member bali service computer, code unlock modem smart: 49745081
      harap prosedur unlock modem evdo diikuti dengan teliti agar sukses dan menghindari hal yang tidak diinginkan, semoga membantu

      Hapus
  19. Anonim15:54

    sory gan,kalo modem smartfreen ac692 bisa unlock kaga'?
    thanks..

    BalasHapus
  20. gan,,, ane uda ikuti step by step yang agan anjurin tp kok yang muncul abis d write all tulisannya software version wrong. itu kenapa ya gan???
    firmware uda ane update
    trus yang ane bingung d prl setting yang prl 1 itu d isi apa???

    BalasHapus
  21. Kalau untuk modem smartfren ac692 bisa gak ya? mhn bantuan, thx...

    BalasHapus
  22. ferdi13:35

    gan untuk modem haier c610 apa bisa di unlock untuk flexi ya suapaya bisa evdo ?
    terimakasih

    BalasHapus
  23. Gan mau tanya untuk modem esia max-d advan bisa gak cara diatas digunakan?
    Please.

    BalasHapus
  24. Anonim20:05

    gan apa bisa dengan modem smart AC2726 UI?

    BalasHapus
  25. gan, modem smartfren ac692 kok ga bisa, ane udah ikuti sma langkahnya dan stelah klik "write all" lalu mncul "no data connection" gmna solusinya ITU gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini kutipan tulisan kami:
      "Penulis tidak tahu apakah cara-cara unlock modem disini dapat digunakan untuk type modem cdma yang lain. Karena beresiko sebaiknya gunakan tips cara unlock ini hanya untuk modem smart EC1260-2". usahakan belajar membaca dengan baik ya

      Hapus
  26. bli, kalo untuk unlock modem smartfren ac682 ke gsm bisa gak?

    BalasHapus
  27. Anonim00:00

    maaf gan ane nimpang nanya kalo buat modem qualcomm usb modem 6000 bisa ga yah??
    soalnya ane bingung modem ane pke flexi kok dpt signal evdo full kalo di connect evdo nya ga mau dan suka di sable signalnya tp kalo pake signal 1x bisa .. cuma kan dengan kecepatan 1x lelet banget.. kira kira apa yang masalah dr trouble connections ane yah??

    BalasHapus
  28. Gan ko di infonya software version wrong..
    dan berubah menjadi merah

    BalasHapus
  29. Tolong gan kupas unlock modem cdma smartfren ce682 juga, tolong kirim ke email totoksutomo327@gmail.com thank sebelumnya..

    BalasHapus
  30. Bro mau tanya saya ada 2 modem smartfren rev b tipe ce81b, yang 1 rusak 1hari setelah isi pake kuota, sisa kuotanya masi banyak, bisa ga disana unlock modem saya yang gk rusak biar bisa pke kartu smart yang sisanya masi banyak ? Kalo bisa saya kesana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sama2 modem smart kan tinggal pindah kartu sim, tidak perlu unlock lagi bos

      Hapus
  31. Gan, bs mnt review buat modem smart lama tipe ac2726? N cara unlocknya gmn

    BalasHapus
  32. Trick ini buat modem flexy bisa juga ya gan?? Mohon pencerahan nya gan, makasi.

    BalasHapus
  33. gan kalau untuk modem aha ec5805 bisa di unlock untuk provider lain ga gan? misalnya smartfren, mohon tuntunan nya . makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah unlock bisa smartfren, tapi kedepannya tidak bisa, frek 800mhz untuk cdma spt flexi, aha, esia, smart ditutup, siap-siap ganti modem gsm bos

      Hapus
  34. gan kalau untuk modem Smartfren Connex CE682 UI EVDO Rev.A bisa pake cara diatas ga??
    Mohon bantuannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat apa bos? cdma di indonesia tinggal smartfren

      Hapus
  35. Itu caranya bisa dipake dimodem smartfren CE81B UI gak? Soalnya modem saya waktu diganti kartunya ga ada sinyal + no RUIM. Tolong responnya karena penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti kartu apa bos? = diatas kan cdma tinggal smartfren, mau pakai gsm?, ibarat ikan air tawar taruh di laut, gsm-cdma beda frekuensi

      Hapus
    2. Ga bisa dibuat gsm ya? Ada alternatif lain gak? Soalnya kalo beli modem lagi kan mahal

      Hapus
    3. -ikannya mati dong he he piiiisss, smartfren lumayan saya sudah pakai 3 tahun lebih, yang rev b bisa speed real 8-10MB, sekarang lagi coba handphone andromax LTE
      -GSM sy pakai hape android advan,murah kok bos, dapat hp+modem+router bisa jadikan hotspot

      Hapus
  36. Btw kalo udh di unlock smarfren EC1261 , apakah pakai kartu smartfren lagi akan hilang sinyalnya? atau tetap normal saja? terimakasih

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.