Menghemat Baterai Android

Baterai Android terkenal sangat boros, maka cara menghemat baterai android tablet menjadi perhatian serius bagi penggunanya. Karena banyak aplikasi pada sistem android bekerja secara multitasking, itulah mengapa membuat baterai phone tablet android boros dan cepat drop. Baik handphone atau tablet  merk Advan, Acer, Asus, Oppo, Axioo, Beyond, Mito, Xiaomi, Samsung Galaxy Tab jika baterai-nya terlanjur sudah drop, tidak mau ngecas atau rusak tentu saja harus diganti, pembaca dapat membeli dan mengganti baterai tablet baru. 

System android disebut multitasking karena aplikasi tersebut berjalan dan bekerja bersama-sama tanpa harus menutup aplikasi yang lain. Contoh sederhana, pada saat kita koneksi internet, maka aplikasi wifi atau usb modem juga berjalan secara background, demikan halnya aplikasi touchscreen keyboard dll berjalan otomatis secara multitasking bahkan tanpa kita perintah. Contoh sederhana lain dari multitasking misalnya kita nulis email sambil mendengarkan musik mp3. Nah banyak aplikasi mutitasking berjalan bersamaan pada system Android ini memerlukan penggunaan daya baterai phone tablet yang cukup besar. 
Sebelum baterai phone tablet android rusak/ drop tidak mau ngecas, ada banyak tips cara menghemat baterai android dapat membantu tablet Android lebih tahan lama. Tips baterai Phone Tablet ini apat diterapkan bagi semua merk Advan, Acer, Oppo, Axioo, Beyond, Cyrus pad, Epad, Mito, Movimax, Imo, Lenovo, Xiaomi, Samsung Tab, Toshiba Treq dll. dengan catatan baterai masih bagus belum rusak
  • mematikan Bluetooth dan Wi-Fi saat tidak digunakan 
  • mengurangi kecerahan layar tablet, setting display segelap mungkin tapi masih bisa dibaca.
  • instal aplikasi android yang memang dibutuhkan saja, terutama kurangi aplikasi running jenis social network spt BBM, WA, Facebook, wechat, beetalk, instagram, kakao talk dll. Apilkasi sosmed tersebut sangat boros baterai.
  • melepas aplikasi bawaan sistem yang tidak diperlukan.
  • menggunakan bantuan aplikasi penghemat baterai android
  • gunakan adaptor charger tablet dengan spesifikasi yang sesuai, adaptor yang buruk membuat baterai tablet cepat rusak atau baterai tablet tidak dapat dicas.
Saya pernah mengukur penggunaan baterai Hanphone dan tablet android dalam keadaan standby/ tidak digunakan, ternyata penggunaan baterai untuk layar touchscreen tablet mencapai 70-80% dibanding total seluruh penggunaan baterai untuk system android lainnya. Untuk itu sebaiknya selalu mengatur kecerahan layar tablet untuk lebih menghemat baterai android. Dengan pengaturan kecerahan layar lcd display android seperti dibawah ini agar baterai tablet tidak boros karena penggunaan baterai tablet untuk display dapat diturunkan dikisaran 10%-50% saja karena makin terang makin boros. Singkatnya aturlah manual layar segelap mungkin namun masih nyaman dilihat. Jangan gunakan auto brightnes.
aplikasi baterai android
Melepas / uninstal Aplikasi yang tidak pernah Digunakan membuat baterai Tablet lebih awet.
Aplikasi bawaan system andoid ICS yang cukup aman untuk dilepas pada tablet cyrus pad saya antara lain, weather, alarm, voice search, bluetooth, cyrus market, live wall paper, you tube, twitter, facebook dll. Karena aplikasi-aplikasi tersebut memang tidak pernah saya gunakan, jadi hanya akan membuat tablet android saya lambat dan baterai cepat habis/boros. Untuk melakukannya perludi root. Harap tidak sembarangan melepas aplikasi bawaan system android, karena ada aplikasi yang benar-benar penting dan dapat membuat tablet android mati jika dilepas/uninstal dari system. 

Jika tidak bisa root handphone untuk memlepas aplikasi bawaan system, di menu setting bagian aplikasi ada opsi untuk menghentikannya.

Instal Aplikasi Penghemat Baterai Tablet
Cara paling mudah untuk menghemat baterai android tablet adalah menggunakan aplikasi baterai. Cukup banyak aplikasi keren seperti ini tersedia di market android, ada aplikasi baterai android yang free dan berbayar. Pilihlah aplikasi untuk menghemat baterai yang cukup mudah penggunaannya secara pribadi, karena hal ini bersifat relatif. Yang saya gunakan adalah penghemat baterai Green power, karena aplikasi ini cukup efektif dan mudah penggunaannya menurut saya. Beberapa fitur standar aplikasi misalnya pengontrol nyala/ mati nya wifi dan modem berjalan secara otomatis, sehingga sekali diinstal di system tablet dan di setting saya tidak perlu memikirkannya lagi. Hindari aplikasi gratisan karena justru akan membuat semakin boros karena banyak iklan.
aplikasi keren baterai android tablet
Yang membutuhkan link download disini aplikasi baterai android premium seperti yang saya gunakan.

Cara Charging Phone Tablet Yang Benar
Usia baterai phone tablet yang menggunakan lithium polymer ini dihitung 500-1000 lifecycle sebelum dianggap baterai rusak dan perlu diganti baru. Setiap proses penggunaan/ discharging baterai lithium polymer dari 100% ke 0% dan mengisinya kembali (charging) hingga full 100% akan dihitung 1X lifecycle. Maka isi baterai phone tablet android sebelum kosong untuk menghindari pengitungan lifecycle ini. Misalkan kita menggunakan handphone android / tablet hingga 60% dan langsung melakukan pengisian sampai full maka tidak dihitung 1X life cycle. Jadi charge/ isi baterai handphone-tablet sebelum benar-benar habis/ kosong, mengisi ketika masih 20-50 persen ini justru akan membuat baterai phone tablet android awet.

Sekarang dengan menerapkan cara-cara diatas, baterai android tablet dan handphone saya lebih hemat daripada sebelumnya sehingga baterai awet tidak mudah rusak atau drop.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

13 komentar:

  1. Gan boleh request aplikasi baterai android premiumnya.......?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Fitriyanti Yanti: link download aplikasi penghemat baterai tablet android sudah saya tambahkan di paragraf terakhir

      Hapus
  2. Mengharap amat sangat dapet app batere saver premium nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Agan Sawa: makasih mampir kemari gan, download aplikasi baterai premium android di paragraf akhir gan ;)

      Hapus
  3. Anonim21:24

    Mas, saya juga minta dong... Tks

    BalasHapus
  4. Gan tablet saya ket. memiliki kapasitas 3000 mAH tapi terbaca diaplikasi "android tuner" - status baterai hanya 1500mAH. Itu bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaupun kami tidak 'membenarkan'100% aplikasi tersebut membaca baterai tablet 1500mah, tapi kami sering mendapati baterai yang terpasang tidak sesuai/lebih rendah dari spesifikasi resmi dari vendor. Kapasitas itu sendiri akan terus menurun selama penggunaan tablet yang disebut wear level. Tapi kalau tablet agan baru ya patut dipertanyakan,coba buka di baterai fisik tertera berapa ampere aslinya.

      Hapus
  5. gan saya baru beli tablet cyrus gamepad honey tv. Os nya ICS. Kapasitas baterai 4000mah. Saat di terima dari kurir saya liat indikator baterai cuma 60%. Setelah sisa sekitar 10% saya charge batre dalam keadaan tablet shutdown. Nah sekitar 4 jam saya liat indikator baterai di tengah layar sudah tidak bergerak (tandanya pengisian sudah penuh). Tapi aneh nya saat dinyalain baterai cuma terdeteksi 67%. Kenapa bisa begitu ya gan? Browsing2 katanya itu karena baterai belum terkalibrasi.
    Kemudian saya pakai aplikasi Mugen Power untuk kalibrasi.
    Saya coba charge lagi butuh wktu skitar 6 jam untuk dpt baterai 100%. Sesuai saran yg pernah pakai aplikasi mugen power setelah setting profil kalibrasi .....tablet hrs digunakan sampai baterai mati sendiri.
    Sekarang ini saya sedang charge tapi indikator baterai berjalan kok gak muncul (gambar baterai hijau di tengah layar yg bergerak). Ada saran kah???


    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet mati itu tetap perlu daya, maka toko selalu charger terlebih dahulu, nah selama diam di toko sisa 60%. waktu terima tablet semestinya dicharge 8jam (atau sampai 100%) baru digunakan,
      Kalibrasi baterai tablet harus dilakukan dalam kondisi baterai penuh 100%, tekan tombol power 1x untuk melihat proses charging baterai saat ablet mati.

      Hapus
    2. Kalibrasi pakai aplikasi mugen power memang saat baterai penuh 100% gan.
      Nah semalam sudah dicharge (tablet shutdown) sekitar 7 jam lebih tetap informasi batre cuma skitar 73% yg baru terisi. Akhirnya terpaksa colok charger lg ....tp cuma butuh beberapa menit untuk sampai 100%. Sekitar 15menit mngkn batre sudah penuh 100%. Timbul masalah baru....game yg saya mainkan kemarin kok kembali lg ke awal (pdhl game ga di restart).
      Kenapa gtu ya gan....? data gak ke save kah? padahal diinstalnya di internal memori.

      Hapus
    3. itu tergantung di setting game, lupa save atau mungkin bukan game full version ata lainnya, banyak penyebabnya gan, kalau semua begitu baru masalah

      Hapus
    4. klo masalah game ternyata emang tabletnya yg error gan. setelah di instal lg gamenya beres. tp soal batre emang error dari pabrik. udh minta tuker. abis batrei msh 30% tablet langsung shutdown. udh dpt ganti nya tp msh dicek ....moga aja gak ada masalah lg :)

      Hapus
  6. izin download gan....

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.