Baterai Laptop Rusak

Baterai laptop yang rusak sangat menyebalkan, bukan laptop lagi namanya jika baterainya tidak bisa dicharge lagi. Dengan semakin banyaknya tempat yang menyediakan akses internet Wifi, cara akses internet menggunakan laptop semakin dibutuhkan. Tetapi sangat tidak nyaman jika kita harus mencari colokan listrik untuk charger laptop saat kita menggunakan Internet WiFi di tempat umum? Bali service computer akan membahas cara-cara memperbaiki baterai laptop yang rusak dipakai cepat habis.

service baterai laptop
Tanda baterai rusak sbb:

  • Baterai Cepat habis
  • Di Cas tidak mau ngisi
  • Biasanya muncul peringatan di layar sebelah kanan bawah laptop tulisan “Consider Replacing Your Battery” dengan gambar baterai silang. 
Baterai laptop adalah satu bagian spare part laptop yang akan paling cepat rusak dan baterai laptop yang rusak/drop ini tidak dirancang untuk perbaikan/ not repaireable. Apalagi jika cara perawatan baterai laptop salah. Karena sifat kimia baterai lithium yang ada didalamnya membuat baterai laptop memiliki batas umur pemakaian sama seperti semua jenis bahan yang mengandung unsur kimia didalamnya. Karena saya tidak memiliki basis ilmu kimia, walaupun dulu sekolah mengambil jurusan IPA, namun nilai kimia saya sangat memprihatinkan. Jadi bukan kewenangan saya untuk memberi saran apapun yang lebih dalam soal kimia dalam baterai lithium Laptop yang rusak. Namun baterai laptop juga berhubungan dengan listrik, saya akan membahasnya dari sisi listrik untuk cara memperbaiki baterai laptop rusak.

3 Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak
  1. Cara memperbaiki baterai laptop rusak yang pertama ini mudah cepat dan tingkat keberhasilannya 100%, yaitu beli baterai laptop original ke dealer resmi laptop. masalahnya cuma satu....mahal berkisar 500 ribu-1000 juta sesuai merek dan jumlah cell batteries laptop. Hampir semua merk laptop terkenal seperti laptop Asus, acer, HP-compaq, toshiba dll. memiliki devisi penjualan part laptop original. 
  2. Cara memperbaiki baterai laptop rusak yang kedua, gantilah dengan baterai laptop OEM atau generik. Harga jual baterai laptop generik ini lebih murah dari harga jual baterai laptop original. Tapi keputusan ditangan pembaca bali service computer. Baterai laptop adalah salah satu part/bagian laptop yang paling cepat rusak, jika  baterai laptop original mampu bertahan 1-2 tahun, bagaimana dengan baterai laptop generik?
  3. Cara memperbaiki baterai laptop rusak yang ketiga adalah dibuka atau bongkar lalu ganti sendiri cell baterai. Baterai laptop biasanya tersusun dari beberapa cell baterai lithium. Jumlahnya berbeda-beda biasanya sesuai dengan harga jual laptop, ada yang berisi 4cell, 6cell dan 8 cell lithium batteries. Itulah sebabnya harga laptop yang mahal bisa lebih lama waktu pemakaiannya dibanding dengan laptop harga murah. Cell baterai laptop ini dijual di toko2 elektronika (bukan toko listrik ya). Harganya antara 80-150 ribu sesuai merk dan kapasitasnya. Soalnya jika beruntung, baterai laptop yang rusak atau drop dan tidak bisa di charge lagi kadang tidak semuanya rusak, mungkin hanya 1-2 cell baterai laptop yang perlu diganti. Namun jika cell yang rusak cukup banyak, belilah baterai baru saja, merk Asus, Acer, Toshiba banyak di jual. Tips ganti cell di bawah ini khusus untuk merk laptop jika tidak ada yang jual baterainya spt Dell,Sony, Fujitsu, dan penyebabnya bukan karena Modul BMS (Battery Management System) rusak/ protect)
Cara-cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak

Berikut ini langkah cara-cara memperbaiki baterai laptop dipakai cepat habis/ drop dengan mengganti sendiri cell baterai dapat mempertimbangkan cara dibawah ini dengan catatan masalahnya bukan tidak mau mengisi atau muncul tanda silang dengan tulisan “Consider Replacing Your Battery” Sekali lagi cara ini sebaiknya dilakukan untuk laptop dalam situasi tidak adanya pilhan karena batrainya tidak ada yang jual ditoko sparepart seperti Dell, Sony, Fujitsu. Sedangkan merk Acer, Asus, Toshiba, Hawlett Packard/ compaq sebaiknya ganti baru saja, itu kan ada toko tempat jual karena jika semua cell rusak masih lebih murah beli baterai.
  • Lepas baterai dari laptop dan bongkar casing baterai dengan menggunakan obeng minus atau pisau khusus pcb karena baterai laptop tidak dirancang untuk di buka jadi tidak ada bautnya, agar lebih mudah caranya pada bagian sambungan bisa dioleskan tiner/ minyak kayu putih. 
baterai laptop
  • TUT TUT TUT DANGER ALERT !:) Hati-hati saat membuka casing baterai karena didalamnya ada rangkaian circuit board baterai. Jangan sampai tergores pisau dan jalurnya putus. Mulailah dari samping ke belakang agar rangkain yang di bagian colokan tidak tercongkel pada saat membuka baterai. Jangan mulai dari posisi socket/colokan karena di situlah lokasi rangkaian circuit board BMS . Proses yang rapi juga membuat kondisi casing tetap baik dan 'pantas' untuk dipasang kembali ke laptop.
rangkaian skema baterai laptop
  • Setelah terbuka, buat skema rangkaian baterai laptop sesuai aslinya, dan skema ini bisa berbeda sesuai merk laptop. Kita bisa photo pakai HP dulu agar tidak bingung saat memasangnya lagi.
  • Lepas jalur solderan point to point baterai dari rangkaian. 
laptop lithium batteries
  • TUT TUT TUT DANGER ALERT !(..he he) Perhatikan juga sebelum lepas solderan battery yang akan diperbaiki/diganti. Saat menggunakan solder jangan terlalu lama karena baterai lithium bisa MELEDAK. Musuh utama baterai lithium adalah panas.
  • Cari kode nomor ukuran cell baterai, misalnya tertulis 18650 artinya adalah panjang cell baterai 18 milimeter dan besarnya lingkar cell baterai 65 milimeter. Usahakan beli baterai laptop yang sama agar cell bateries dapat dimasukkan pada casing baterai laptop. Kalaupun besarnya beda, janganlah terlalu besar selisihnya. Yang penting masih muat di case baterai laptop.
service laptop
  • Semua tegangan/voltase 1 Lithium battries laptop 3.6 volt sama dengan handphone Android, tapi kapasitasnya daya (mAH) berbeda. Usahan beli cell baterai laptop yang sama persis. Lebih besar lebih baik. Analoginya seperti 1 botol air 500ml dan 1000ml (1Liter), sama 1 botol tapi beda isinya. Jika bingung, bawa saja baterai yang rusak ke toko penjual baterai dan mintalah ukuran yang sama.
  • Baca juga Bagaimana Cara Ganti Baterai Tanam Xiaomi Redmi Note 8
  • Tips Memilih Baterai Bagus untuk Handphone Redmi Note
  • Setelah terlepas semua cek satu-persatu baterai lithium yang mati (death cell). Lalu gantilah cell rusak dengan baterai lithium yang baru. Penggantinya harus ori karena banyak toko jual baterai kw abal-abal alias palsu,wajib baca artikel dibawah ini  
  • cara cek kondisi cell baterai laptop disini

cara perbaiki baterai laptop
  • TUT TUT TUT DANGER ALERT bahaya lagi :). Pemasangan cell batteries baru dengan memperhatikan posisi + -, pemasangan baterai laptop baru yang terbalik dapat membuat baterai lithium MELEDAK. 
alamat servis terdekat asus
  • Pastikan pemasangan cell lithium batteries sesuai dengan skema yang sudah dibuat. Cek ulang rangkaian dengan AVO/multi tester. 
tepat servis laptop battery
  • Susun rangkaian cell batteries laptop yang baru kedalam casing kembali. Gunakan lem 'glue stick' atau 'alteco'/Lem G *harganya 5 ribuan ditoko besi/toko kelontong. Jika ada bagian case yang rusak saat pembongkaran, bantu pemasangan dengan meletakkan potongan kain kasa atau kapas agar ada media lem untuk merekat. Usahakan serapi mungkin.
Jika kita tidak cukup yakin bisa untuk melakukan cara ini sendiri, sebaiknya minta bantuan teman yang paham elektronika atau tukang servis tv dll. Bisa saja mereka tidak mengerti soal laptop, tetapi dengan bantuan keterangan cara-cara memperbaiki baterai laptop rusak yang disertai gambar diatas mereka akan memahami dengan mudah termasuk bahaya resikonya. Ada juga layanan service laptop yang memahami soal listrik dan cukup kreatif, kita bisa menggunakan bantuan jasa servis laptop seperti mereka. Biasanya biaya jasanya pemasangan cell baterai rusak hanya sekitar 100 ribuan*diluar harga cell baterai laptop rusak yang diganti.

Bali service computer menyarankan cara memperbaiki baterai laptop rusak ini berdasarkan pengalaman, namun tetap mengingatkan resiko yang bisa terjadi. Lihat artikel cara agar baterai laptop awet disini. Baterai lithium sangat rentan panas (terutama saat menyolder) dan saat dibuka kandungan kimia didalamnya dapat menyebabkan terbakar dan ledakan. Laporan baterai lithium yang meledak bahkan pada saat penggunaan normal dapat terjadi. Pastikan cukup memahami prinsip dasar elektronika bagi yang melakukan sendiri cara-cara memperbaiki baterai laptop rusak.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

57 komentar:

  1. Anonim11:20

    nice info ! (LIKE)

    BalasHapus
  2. maksih bos.... ohya boleh tau,,, kalau mau mesen sell baterainya dmna???? trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan Dhika bisa beli pengganti cell batterai laptop di toko elektronika, atau toko tempat jual spare part audio-tv terdekat

      Hapus
  3. saya mw perbaiki baterai laptop saya,klo bole tau dmna tmpatnya? apa bsa mnta no tlpnya? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. @bella vhita: karena kendala lokasi, kami hanya menerima perbaikan baterai laptop dengan layanan antar-jemput hanya untuk wilayah denpasar dan sekitarnya saja. Telp/sms:03613333350. Terimakasih.

      Hapus
    2. sy nlpn kok tidak ada jawaban??


      Hapus
    3. @Bella Vhita: Agan yang request service batteray laptop asus x43u ya? Maaf gan kemaren teknisi antar computer ke kuta 2 kali, besok agan segera kami hubungi. Terimasih

      Hapus
  4. Batre netbook saya udh ga bs di charge lg. Indikator dilayar full charge. Tp klo di cabut charger netbook langsung mati. Kira2 cell batre atau komponennya yg rusak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Henry Effendy: kalau kondisinya demikian dan baterai masih baru kemungkinan hanya circuit boardnya baterai laptop yang rusak, jika usia baterai laptop bapak sudah lebih dari 1 tahun tidak dianjurkan untuk memperbaikinya, lebih effisien jika bapak membeli batterai laptop baru.

      Hapus
  5. Baterai OEM saya baru 5 bulan mendadak gak bisa full kalo dicas 0% trus, ga pernah 100%
    Masih bisa diperbaiki atau tidak? letak kerusakan bagian cell atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @baterai laptop original/oem (bukan kw) bisa diperbaiki, mengenai kerusakannya harus dicek dahulu gan. Tapi sepengetahuan saya kalau OEM biasanya garansi sampai 3-6 bulan gan, coba lihat di faktur pembelian baterai laptop tersebut.

      Hapus
    2. Sya jga sma ni gan, baterai oem Asus eepc x101h bisa perbaiki ga gan, cas 0% mulu,untuk kontak wa ada gan?

      Hapus
  6. Nah itu dia garansi tokonya cm 3 bulan
    Uda saya bongkar tuh baterainya, cellnya 6 buah
    Tp sy gabisa perbaiki, apa harus saya lepas satu per satu cellnya ato gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kondisi nya demikian saran kami sebaiknya agan perlu pendamping atau teman yg paham elektronika untuk melanjutkan panduan cara memperbaiki baterai ini

      Hapus
  7. Anonim20:59

    gan, kalo baterai bawaan 44oo mAH, trus yg ada dipasaran cuma 2000mAH, apakah cellnya bisa kita ganti, makasi gan

    BalasHapus
  8. bisa gan, tetapi daya simpan arus baterai turun kisaran separuhnya, misalnya sebelmnya bisa menyala 4 jam tinggal kisaran 2 jam-an saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim00:20

      makasi bnyak ygan, atas pncerahannya, ne saya mau gnti cell, cma bngung ama rangkaiannya, apakah + hrus dngn+ gan, bngung sya

      Hapus
    2. Baterai Laptop kombinasi rangkaian seri dan paralel gan, paling mudah ya ikuti saja rangkaian skema baterai laptop yang lama yang digambar sebelum di lepas.

      Hapus
  9. Gan mau nanya ... ada yang jual cell baterai untuk refill baterai Tohiba L640 ... jenis baterai Li-on . kalau ada sms/call ke +6285736835242 ...terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cell Baterai Laptop Toshiba biasanya menggunakan OEM baterai Panasonic gan, bisa pakai merk lain spt sanyo asal speknya sama. Beli cell baterai lithium di toko elektronik, kalau di denpasar beli refill cell baterai di toko elektornik depan pasar sanglah atau di toko italy Jl.Kartini

      Hapus
  10. Anonim22:08

    boss kalo dilihat baterai indikator 92%,plug and charging,tapi posisi ga berubah ber +/Ber - walaupun sudah dicharge lama. (kondisi baterai terpasang dan charger terhubung ke listrik)
    saat charger dicabut, laptop ikut mati.
    dan dengan daya baterai 92% laptop tidak mau start up..
    info tambahan, laptop bisa hidup dengan baterai terpasang ataupun tidak terpasang asalkan charger terhubung ke listirk..
    pertanyaan ane, laptop ane yg rusak atau baterai laptop yg rusak?? thanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterai laptop sama sekali tidak terisi gan, jadi charege 10 menit langsung 92%, padahal nomalnya untuk mencapai 90% perlu 2 jam charge. Kalau begini ganti baterai laptopnya saja, soalnya yang rusak bisa macam-macam gan: ic charge, controler atau usia baterai.

      Hapus
  11. sandi16:40

    Gan, pertanyaan saya : kenapa battery laptop lebih dari 1 tahun tidak bisa diperbaiki? pdhal ane berharap bisa diperbaiki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Agan Sandy:bisa tapi tidak ekonomis gan, karena semua cell battery perlu diganti jadi biaya perbaikan battery laptop akan lebih mahal,lebih baik beli battery laptop baru. Kecuali merk battery laptop tidak tersedia dipasaran, ya diperbaiki solusinya.

      Hapus
  12. thanks ya infonya.sangat membantu sekali....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @prashopzz: terimaksih kunjungan agan dan komentarnya di halaman "Baterai Laptop Rusak".

      Hapus
  13. Anonim19:03

    om kalo cell batery HP mini 210-1014TU apa harus samsung lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting ukuran Voltnya sama, dan ampernya sama/lebih besar gan, soal merk cell baterai laptop terserah agan

      Hapus
  14. kemaren aku ngrefil btry axioo dulunya bisa bertahan 20 m. Habis kurefil kok malah ada o% , not charcing. Dan lampunya kelip2 merah

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ahmadafdlol: asumsi saya rangkaian sudah benar ya gan, coba sbb:
      1.agan coba charge tanpa dan dengan baterai berulang bergantian, biasanya akan membantu memulihkan, atau
      2.nyalakan laptop tanpa bettary, uninstall ACPI Compliant Control Method Battery (di device manager) lalu shutdown. Pasang baterai+charger nyalakan laptop. Agan Ahmad coba dulu ya

      Hapus
  15. Anonim17:45

    Cell baterai laptop ini dijual di toko2 elektronika (bukan toko listrik ya). Harganya antara 80-150 ribu sesuai merk dan kapasitasnya. Soalnya jika beruntung, baterai laptop yang rusak atau drop dan tidak bisa di charge lagi biasanya tidak semuanya rusak, mungkin hanya 1-2 cell baterai laptop yang perlu diganti.
    ----------
    Setelah terlepas semua cek satu-persatu baterai lithium yang mati (death cell). Lalu gantilah cell baterai yang rusak dengan baterai lithium yang baru.
    -------
    cara ngeceknya gimana neh gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek baterai laptop yang rusak dan rangkaian pakai AVO/multi tester gan

      Hapus
  16. Anonim23:24

    Boss Saya daerah ntt kalo kirim baterai laptop saya untuk di perbaiki di tempat nya bisa tidak??...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan tidak bisa, laptop juga perlu dicek dan kalaupun memang baterai yang masalah setelah diperbaiki kami perlu kalibrasi baterai di laptop agan juga. Agan hubungi service computer di sekitar agan ya.

      Hapus
  17. Boss... saya sudah mencoba seperti artikelnya setelah selesai saya cek batrenya menggunakan lampu led dan semuanya nyala tapi setelah dicash selama 4 jam ga ada perubaha tetep 0%, kemudian saya buka lagi dan cek bagian cilokan batre ke laptop enggunakan lampu led ternyata bagian (+) ga berfungsi kira2 apanya yg harus diganti atau bisakah di jamper...??? mohon solusi dari Bos Master... Tanks Sebelumya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rudy rahman: sebelumnya kondisi baterai laptop bagaimana kerusakannya gan? kalau kami cek pakai AVO (ampere, volt, ohm)lebih akurat gan.

      Hapus
    2. Kalo kondisi batrenya setelah saya coba pake lampu motor semuanya nyala master... kira2 jalurnya ada yg putus atau ada komponen yg harus diganti? mohon pencerahannya master tanks sebelumnya

      Hapus
    3. @Rudy rahman: gan baterai lithium laptop kalau dicharger full volt akan naik bisa sampai 4.2V. Itu tandanya dia bisa nyimpan arus untuk charge ke laptop, kalau tetap 3,6 volt tidak bisa charging laptop lagi karena arusnya tidak akan mengalir. jadi ya pakai avo gan ngukurnnya, avo juga bisa cek jalurnya putus atau gak. Baterai laptop yang bisa di refill kalau circuit boardnya masih bagus. cirinya laptop masih ngecas tetapi baterai ngedrop dll.

      Hapus
    4. Tanks infonya ntar ane coba... master kalo bisa posting dong cara menggunakan Avometer sekaligus cara nyari jalur yg putus atau komponen yg mati hehe... (sekedar saran aja master)

      Hapus
    5. @rudy rahman: artikel cara cek baterai laptop yang drop sudah kami buat, thanks sarannya.

      Hapus
  18. gan battereya laptop ku mati padahal baru beli belum juga setahun udah mati, gak bisa di cas lagi .. kira2 gmna cara memperbaikinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @budirabbit: agan sedang berada diartikel cara memperbaiki baterai laptop. cara refill disini yang kami gunakan untuk pelanggan kami gan. Pilihan lainnya ya beli baterai laptop baru.

      Hapus
  19. Gan, saya tinggal di Denpasar. Kebetulan baterai laptop Compaq saya ngedrop. Mau ganti baru terlalu mahal. Bisa bantu perbaiki gan? Alamat dan no telp agan bisa dikirim ke imel saya: bhiphio@yahoo.com

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @bhiphi: 03613333350, sms dulu gan, nanti temu janji dulu untuk service baterai laptop agan.

      Hapus
  20. Service-in Baterai laptop saya dong,(Toshiba Portege) kalo bisa sms saya di 081558444888

    BalasHapus
  21. Anonim02:25

    gan mau tanya nih batre laptop ane tulisannya
    C
    LDRFJ12
    109485(serinya beda2 tiap baterai)
    tu artinya pa gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu id code part laptop, dengan no kode tsb kita bisa membeli sparepart/baterai laptop secara online via internet dan menemukan pengganti sparepare yang cocok atau kompatible tanpa perlu mengirimkan laptopnya, bisa saja laptop beda seri tetapi sama kode produknya.

      Hapus
    2. Anonim07:18

      terus klo mau beli baterainy gmn gan klo kodeny seperti tu???

      Hapus
  22. Anonim18:18

    gan mohon bantuan dengan sangat,

    kebetulan baterai laptop saya drop, trus saya bongkar saya ganti batereinya aja masih tetap gak mau isi, maklum dengan modal pengetahuan elektro sedikit, akhirnya saya bawa ke tukang servis katanya kena regulator baterainya, mohon jalan keluarnya gan, kebetulan susunan batereinya tidak aq tulis jadi amburadul gan, trus cara mendapatkan regulatornya gimana ga, laptop saya ANOTE TS-9234, mohon bantuan dengan sangat gan, terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sparepart regulator baterai laptop tidak ada yang jual gan, di service laptop kadang ada yang bekas. Kalau circuit board baterai rusak memang tidak bisa pakai cara disini

      Hapus
  23. Gan mau nanya nich. Baterai laptop saya baru beli baru, tapi setelah 1 bulan mati total. Kalau dipasang justru gak bisa nyala laptopnya. Kira-kira rusaknya dimana gan. Tapi kalau dipasang baterai lama masih bisa, namun udah low baterai. Mksh.

    BalasHapus
  24. Gan, meh tanya baterai netbook saya drop. Sudah saya bongkar dan sudah saya cek smua cell nya, sebelumnya saya cas penuh. Smua cell menunjukkan (-+) 4volt smua, saya rasa kerusakan dari rangkaian circuit board baterai.
    Kira2 ada solusi untuk cara memperbaiki rangkaian circuit board baterai ga??

    BalasHapus
  25. gan.saya sudah coba batrei cell.y di ganti semua. tapi tidak ng.cas. saya udah uninstall di device mneger. ttap saja batre lptop tidak bisa di baca oleh lptop. solusinya gan?

    BalasHapus
  26. Mantap info nya.

    BalasHapus
  27. Gan mau nanya, bisa gk cas laptop langsung dari sirkuitnya (tanpa harus dibongkar)??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa ya, sirkuit motherboard di dalam case laptop kan

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.