Cara Instal Custom ROM Handphone Xiaomi

Melanjutkan pembahasan sebelumnya cara menghilangkan iklan di Handphone Xiaomi, kali ini kami akan membahas cara instal TWRP, custom rom Android dan root menggunakan contoh Xiaomi Redmi Note 5 (plus dan PRO). Pembahasan di sini adalah lanjutan dari artikel 2 kami sebelumnya, nah dalam pembahasan bagian ke 3 ini tujuan utamanya adalah agar kita bisa benar-benar terbebas dari semua iklan yang sering muncul di layar saat memakai aplikasi ROM MIUI bawaan pabrik dan lancar untuk main game.
handphone rusak software

Kelebihan Custom ROM
Selain tujuan diatas penggunaan custom Rom Android ini terbukti membuat handphone lebih ringan, cepat dan baterai awet karena hanya menggunakan aplikasi dasar bawaan sistem Android saja, sedangkan banyak aplikasi bawaan ROM Resmi MIUI yang kurang penting sudah dibuang / di pangkas habis. Pembuatnya adalah para developer pemakai dan pecinta Android, tidak ada kepentingan iklan dari pihak vendor pabrik pemilik merk, sehingga handphone dapat di pakai sehari-hari terasa jauh lebih ringan, (lihat contoh gambar dibawah) terlihat jumlah aplikasi bawaan sangat sedikit hanya di instal yang terpenting saja. Inilah alasan mengapa banyak penggemar game berat seperti PUBG, FF, Mobile Legend memilih menggunakan custom ROM karena lebih kencang tanpa ngelag dan agar bisa pasang kode cheat game apalagi dikombinasikan dengan aplikasi GLTools.
jasa flash
Dengan cara install Custom ROM ini maka kita tidak hanya terbebas dari iklan Xiaomi, pemakaian memory internal jadi lebih kecil (hemat), bahkan dengan kombinasi di tambah melakukan root (tidak harus hanya pilihan) bisa dengan di pasang modul aplikasi Magisk maka kita akan dapat menghilangkan iklan di youtube vanced dan berbagai situs saat kita browsing Internet sehingga pemakaian paket data internet bisa lebih hemat.

Kebanyakan handphone type lama akan di hentikan update dari situs resmi, dengan Custom ROM memungkinkan kita untuk Upgrade sistem Android versi terbaru. Contoh di sini kami menggunakan Handphone Xiaomi Redmi Note 5 keluaran 18 April 2018 dengan spesifikasi memakai processor Snapdragon 636 dengan 8 core cpu (4x Kryo 260 1.6 GHz + 4x Kryo 260 1.8 GHz) memory RAM sebesar 3GB hingga 6GB kecepatan DDR4 1333 Mhz, memory penyimpanan internal 32 sampai 64GB, ukuran layar lcd 5,99 inch dengan fitur quick charge 2.0 sinyal modem 4G Qualcomm Snapdragon X12 LTE membuat handphone ini menjadi pilihan termurah untuk di beli saat itu karena sangat mumpuni apalagi menggunakan kapasitas Battery 4.000 mAh cukup awet di pakai selama dua tahun berjalan. Lalu bagaimana untuk pemakaian di tahun 2020? 
Untuk pemakaian hingga tahun 2020 ini tentu saja spesifikasi Redmi Note 5 di atas menjadi tidak up to date lagi, jangankan untuk main game, jika upgrade ROM MIUI resmi terasa semakin memberatkan karena iklan sering muncul membuat paket data internet boros dan baterai cepat habis. Jika ingin merasakan Sistem OS terbaru Andoid 10 Q rasanya tidak bisa diharapkan akan ada upgrade resmi dari Xiaomi.
perbaiki software
Dari berbagai persoalan di atas maka dengan cara di Install menggunakan custom ROM dapat menjadi pilihan solusi dengan biaya murah daripada beli ganti handphone baru. Tampilan lebih simple (lihat contoh gambar diatas), lebih ringan tanpa banyak tampilan iklan Xiaomi muncul di layar, sehingga tidak membuat handphone jadi lemot itulah kelebihan custom ROM dibanding Firmware resmi bawaan pabrik. Ibarat naik motor sendirian di bandingkan dengan boncengan/ bawa barang banyak lebih cepet mana?, hemat mana?, begitu saja cara memahaminya. 

Berikut ini daftar custom rom terbaik rekomendasi dari kami untuk jadi pilihan pengguna Xiaomi Redmi note 5 Whyred versi bali service computer:

I. Cocok untuk daily use performa dan baterai balance
  1. Pixel Experience
  2. LineageOS
  3. Resurrection Remix
  4. AOSP Extended ROM
II. Cocok Untuk Gamer optimasi Speed Performa/overclock
Sebenarnya ada puluhan custom ROM bisa di instal untuk Redmi Note 5 hingga Redmi note 8 dan tidak harus diroot, bahkan beberapa di antaranya sudah menggunakan versi terbaru Android Q dan 11. Namun dari sekian banyak custom ROM untuk game saya pribadi selalu menggunakan daftar 5 pilihan di atas sebagai pilihan utama, mulai dari urutan pertama yaitu Pixel ROM karena hanya menggunakan aplikasi pure Android sehingga bisa menghilangkan munculnya iklan Xiaomi. Target 5 rom pertama adalah smooth hp tidak lelet namun tetap hemat baterai, sedangkan 4 rom dibagian II lebih ke pengguna yang suka main game berat, sudah termasuk instal overclock, artinya hardware cpu memory dll akan dipaksa kerja lebih berat. Secara pribadi kami memilih I karena untuk tujuan jangka panjang dan handphone awet. Sedangkan kelompok II beresiko baterai boros, emmc/cpu jebol hape mati total karena di overclock sementara pendingin tidak di rubah masih menggunakan pendingin/ spreader standar bawaan hp. 

Contoh video di atas adalah Pocophone F1 ganti rom dari MUI 11 ke custom Corvus via TWRP. Prosedur cara instal rom Pixel Experience, havoc dll ini pakai sd card via TWRP lebih praktis di banding lainnya karena sudah termasuk Google apps (Gapps) dan jarang gagal. Jika hasilnya kurang puas baru di instal ROM urutan ke 2 LineageOS dan seterusnya. Pengguna jika bisa menambahkan kernel di install sendiri via TWRP. Asala sudah ada TWRP bisa di lakukan tanpa laptop/pc. Daftar pertaama di atas kami rekomendasikan karena di dukung oleh banyak developer, jadi tidak hanya di kembangkan oleh 1 orang saja, maka lebih stabil di banding versi lainnya dan tersedia opsi untuk update serta tersedia link download ROM gratis tanpa harus daftar akun dan sebagainya. Untuk panduan cara instal masing-masing ROM menggunakan memory micro sd card secara detail, link download serta pertanyaan jika gagal atau terjadi masalah dapat di baca di sini:
  • https://forum.xda-developers.com/redmi-note-5-pro/development
Kekurangan Custom ROM dan Root Handphone Android
Banyak pembahasan tentang bahaya handphone di root serta pamakaian custom ROM. Faktanya kami pribadi sudah menggunakan beberapa type Handphone merk Xiaomi, mulai jaman Redmi 2s, Redmi Note 3 PRO, Mi4w, Mi4i, Redmi Note 4x, Redmi Note 5. Sampai saat artikel ini di tulis masih pakai MI 5s, semua selalu di install custom rom dan di root malah jadi awet sampai laku di jual kembali setelah dipakai 1-2 tahun. Bahkan handphone milik kami merk lain seperti Samsung juga akan di root jika tersedia opsi untuk itu. Sayangnya tidak semua merk bisa ganti custom rom, inilah salah satu kelebihan merk Xiaomi di banding merk Android lainnya

Sudah banyak pelanggan setalah memahami keuntungan dari penggunaan custom rom datang ke tempat servis kami meminta jasa untuk root atau instal custom rom di handphone mereka, rata-rata puas dengan hasilnya. Untuk pelanggan dengan type hp lama karena update resmi sudah dihentikan akhirnya dapat merasakan upgrade ke sistem Android lebih tinggi dan pengguna hp keluaran baru dapat merasakan peningkatan performa dibanding menggunakan ROM resmi bawaan pabrik. Satu-satunya alasan tidak aman adalah karena tidak semua pengguna bisa melakukannya sendiri, tidak bisa menyediakan waktu untuk membaca prosedur dengan detail sehingga akan memunculkan resiko jika terjadi kesalahan. Jadi penyebab handphone rusak software, aman atau tidak sehingga disebut kekurangan itu tergantung pemakainya (masalah brainware), apakah pemiliknya paham resiko, kemudian bisa melakukan atau tidak?, itu saja pendapat kami sesuai hasil pengalaman di tempat servis dan penggunaan sehari-hari. Jika mau belajar sampai paham ya pasti aman.

Panduan Global Cara Install Custom ROM di Handphone Xiaomi
Panduan ini hanya dasar saja dan di peruntukan bagi mereka yang berpengalaman dan sudah paham arti istilah bootloop dan tahu cara membetulkannya karena hanya itulah resiko terburuknya jika gagal, bisa terjadi kerusakan sistem software handphone. Kami anjurkan untuk membaca lebih lanjut link terkait yang kami sertakan dibawah. 
Karena tidak menggunakan MI Flash TOOL seperti flash Firmware resmi MIUI, tetapi dilakukan lewat menu recovery TWRP, jadi harus punya komputer laptop, dengan persyaratan utama sbb:
  1. Usahakan Baterai Handphone terisi minimal 50%-100% (mencegah resiko bootloop)
  2. Sudah unlock Bootloader (UBL)
  3. Install custom Recovery TWRP 
Cara pemasangan TWRP ini dilakukan lewat mode download/ fastboot sesuai type Handphone Xiaomi masing-masing dapat di download di bawah ini, harap perhatikan bahwa twrp setiap sistem Android dan type hp berbeda, MI A1 beda dengan Redmi 7, untuk Redmi Note 8 lain lagi, bahan file tidak bisa di pertukarkan jangan sampai keliru ya agar tidak bootloop: 
Perintah umum yang di gunakan untuk pasang custom recovery dari komputer laptop adalah dengan menggunakan perintah ADB Fastboot: 
membetulkan hape rusak
  • fastboot flash recovery twrp.img 
(keterangan twrp.img adalah nama recovery yang mau di inject ke dalam Handphone, penulisan nama ini bisa di ubah/rename)

Selanjutnya untuk masuk recovery kita menggunakan kombinasi tombol power dan vol+ ditekan bersamaan, dari dalam menu TWRP ini kita dapat melakukan beberapa hal berikut ini:
cara upgrade android
  • Backup : sebaiknya di backup semua, setidaknya minimal backup bagian boot, EFS dan Modem. Wajib dilakukan untuk menghindari resiko gagal flash, error, bootloop stuck di logo animasi, imei null sinyal jadi hilang dll. agar imei bisa di rostore kembali.
  • Flash base firmware/ vendor image: (beberapa custom rom menuntut persyaratan untuk menggunakan base firmware MIUI versi tertentu agar tidak gagal instal error 7 di TWRP, penyebabnya karena firmware berbeda dengan persyaratan developer)
  • Instal Custom Rom.zip sesuai dengan pilihan yang di inginkan.
  • Instal Gapps.zip : beberapa ROM perlu di instal secara terpisah dari GAPPS, ini adalah kependekan dari Google Applications, di dalamnya berisi kumpulan aplikasi dari Google mulai dari Framework, Playstore, Contact, SMS, Maps, Gmail, Youtube, Chrome dan aplikasi pendukung lainnya agar kita bisa menjalankan fitur dari Google seperti download dari Play Store dan memakai fitur Google Play Game tanpa masalah.
  • Flash Magisk.zip, tidak wajib hanya opsional. Pemilik dapat menginstal custom rom saja tanpa harus di root.(untuk cara root handphone Xiaomi lebih detail silahkan baca di sini)
Rekomendasi:
Setelah berhasil di install custom ROM sesuai pilihan keinginan masing-masing dan bisa di root pakai Magisk agar bisa pasang cheat game atau GL tools, kami merekomendasikan juga untuk memasang aplikasi tambahan seperti Youtube vanced, browser Brave dan Adblocker. Sehingga handphone Android kita akan terbebas dari iklan Xiaomi dan saat di gunakan berselancar membuka berbagai situs dan nonton youtube juga bisa tanpa iklan muncul. Pada akhirnya dengan cara ini penggunaan Internet lebih hemat, baterai tidak boros dan handphone lebih awet penyimpanan memori internal bertambah besar lebih lega dan ringan karena tidak ada aplikasi bloatware bawaan pabrik, kan sudah di buang dari custom ROM. Silahkan langsung saja di praktekkan dan rasakan perbedaanya, semoga artikel cara menghilangkan iklan dengan install custom rom Xiaomi ini bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.