Android Mati

Cara memperbaiki Handphone-tablet android yang mati memiliki seni tersendiri, mengapa? Bayangkan jika hanphone tablet android kita mati total (hard bricked), ketika ditekan tombol power tidak mau menyala hanya getar-getar saja tidak bereaksi apa-apa. Kemudian service centre mengklaim bahwa motherboard rusak dan perlu diganti lalu kita diminta biaya ganti pcb motherboard tablet seharga Rp 800 ribu, kalau Android yang mati itu merk HTC atau Samsung Galaxy Note/Tab seharga 5 juta tidak masalah, padahal harga tablet ini hanya 1 jutaan... Aaargh ;(

Silahkan lihat video dibawah ini yang menunjukkan bahwa phone/ tablet android yang mati total tidaklah selalu kerusakan motherboard. (kecuali disebabkan baterai mati, tablet kita pernah terinjak/ jatuh atau handphone kena air/kecebur dilaut atau memang cacat produk). Tablet ini setiap dipencet tombol power tidak mau menyala. Namun dengan beberapa usaha akhirnya tablet android yang mati ini bisa menyala kembali tanpa mengganti biaya ganti motherboard tablet dengan harga mahal. Asal yang rusak hanya error software, maka cara serupa bisa saja bisa digunakan untuk mengatasi masalah handphone rusak merk Advan, Evercoss, Lenovo, Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi dll.

Cara memperbaiki Handphone-Tablet Android Mati Total berdasar pengalaman di tempat jasa ngeflash kami di Jl Drupadi Denpasar
  1. Berbagai penyebab yang berbeda akan menentukan cara menyalakan kembali handphone/ tablet android yang mati. Baterai drop, charger rusak, modifikasi system android dll dapat menjadi penyebab android mati. Kenali ciri-ciri yang terjadi sebelum android kita mati total, apakah baterai tidak bisa dicharge (baca disini untuk masalah baterai android), atau mungkin kita melakukan modifikasi tertentu. Misalnya mencoba merubah partisi memory internal tablet ke micro sd karena kekurangan memory. Sebagian pengguna rancu antara Android bootloop dan hardbricked, silahkan baca disini untuk cara factory reset untuk mengatasi handpone-tablet android yang mati karena bootloop. Singkatnya kalau penyebabnya jelas masalah software (misal salah flashing rom atau edit system), jangan sekali-kali otak-atik hardware dengan membuka casingnya, dijamin tambah parah.
  2. Prinsip perbaikan android mati baik bootloop atau bricked (mati total) karena kerusakan error software (atau salah flashing firmware/rom) dan memerlukan proses flashing/ install ulang, secara prinsip sama cara mengatasinya. Kebanyakan solusi kerusakan software ditentukan berdasarkan spesifikasi hardware, misalnya type CPU apakah menggunakan Allwinner, ATM, Marvel, MTK, Qualcomm msm, atau lainnya. Lihat juga spesifikasi resolusi dan type LCD (IPS, Amoled, TFT Capacitive dll), Kapasitas Internal ROM (4GB, 8GB dll) serta kapasitas memory Ram nya. Jika mungkin lihat versi kernel android yang digunakan. Banyak pengguna mungkin bingung cara mengatasi android yang mati total secara tepat karena terjebak untuk mencari solusi berdasarkan merknya saja, padahal dalam 1 merk vendor mereka menjual berbagai varian dengan type hardware yang berbeda-beda. Sehingga jika phone/ tablet android tersebut mati, cara mengatasi bisa berbeda antara type seri a dan type seri B, walaupun merknya sama. Contoh: SP FlashTool digunakan untuk flashing  Handphone dengan Chip Mediatek. Maka Handphone lenovo dengan chip MTK dapat menggunakan cara yang sama dengan cara flash handphone Oppo, Mito, Advan dll yang pakai chip mediatek. Jika bisa cara menggunakan sp flash tool mediatek, maka banyak handphone bisa di flash, jika cuma belajar cara flash handphone lenovo, akan kebingungan jika yang bootloop hp Oppo, padahal bisa jadi caranya sama. Android mati :Pelajari prinsipnya bukan rinciannya.
  3. Mati Total: ini adalah kondisi phone-tablet android yang mati paling parah, yang disebabkan kerusakan partisi flash memory internal (IC eMMC)  bricked. Ciri-cirinya tidak bisa masuk recovery, baik recovery bawaan rom maupun cwm recovery. Layar lcd gelap tidak menampilkan gambar apapun, hanya bergetar saat tombol power dipencet. Jika masih terdeteksi laptop/ pc solusinya adalah dengan ADB command atau dengan cara flashing menggunakan mode fastboot atau EDL. Namun jika sama sekali tidak terdeteksi di usb laptop kemungkinan IC PA atau CPU sudah rusak, biasanya penyebabnya korslet karena kebiasaan cas semalaman atau mati terendam air malah di cas.
  4. Mati beda dengan Bootloop/ error software. Pernah pelanggan membawa handphone mati karena kena air atau jatuh lalu minta di flash di tempat servis kami katanya hardbrick. Itu beda, hardbrick itu hp mati disebabkan salah flash (rusak software) sedangkan mati penyebab karena terendam air merupakan kerusakan hardware, sedangkan jika bootloop hp masih menyala tapi tidak mau masuk menu, mentok berhenti / stuck di logo tulisan animasi merk saja tidak restart dan masih bisa masuk menu recovery dan download mode dengan kombinasi tekan tombol tertentu, di hubungkan ke usb laptop masih terdeteksi.
 cara perbaiki handphone
tempat servis hape android

Jika ada pengguna type seri yang sama pernah sharing cara memperbaiki android yang mati total, (hardbricked) tentu ini dapat menjadi solusi terbaik. Namun jika belum ada, fokuslah kepada spesifikasi hardwarenya. Pengguna merk advan jangan fokus dimerk advan saja, merk lenovo jangan fokus di merk lenovo, demikian halnya android yang mati untuk merk lainnya seperti axioo, beyond, lenovo, oppo, samsung, huawei, xiaomi dll. Carilah solusi cara menyalakan kembali Handphone-tablet android yang mati total-hardbrick-bootloop dengan melihat spesifikasi hardware. Beda hardware beda cara, beda merk kadang malah sama cara mengatasinya. Gunakan Google search engine untuk referensi berdasar spek hardware kita bukan berdasar merk, jika tablet milik kita yang mati menggunakan cpu mtk, ya fokus cari solusi 'solved problem' android mtk.

Untuk phone-tablet android yang mati karena memang terjadi kerusakan hardware, silahkan hubungi tempat service tablet yang terpercaya untuk perbaikan. Baca artikel mengenai android mati karena baterai drop serta masalah charger phone tablet rusakJika solusi untuk phone/ tablet android mati total adalah dengan flashing rom, spesifikasi hardware harus diperhatikan. Cara flashing menggunakan SP flash tool (MTK), Livesuits (cpu Allwinner), RK Batch Tool (Rockchip), Amlogic, adb command, fastboot dll prinsipnya sama dan tidak akan berubah, jadi pelajarilah prinsip dasar penggunaan masing-masing software flash android tersebut. Dalam beberapa kondisi khusus tertentu terutama yang berprofesi teknisi/tempat servis handphone perlu memiliki dan mengetahui cara flashing menggunakn box flasher, Jtag atau usb JIG dll.

Berikutnya kunjungi situs vendor yang menjual merk hp/tablet android untuk download firmware original (stock rom). Untuk flashing di mode fastboot perlu system image (img). Jika vendor tidak menyediakan link download rom, saran kami 'Jangan lagi beli merk phone/tablet yang tidak menyediakan dukungan link download firmware/ rom'. Itu tanggung jawab mereka. Masih banyak merk lain dengan dukungan layanan lebih baik dan memberikan link firmware contohnya Asus atau Xiaomi softwarenya tergolong lengkap dan mudah di download.

Cara lainnya adalah dengan mencari download firmware android merk lain yang spesifikasinya mirip dengan hardware phone tablet kita, kunjungilah berbagai forum seperti lounge kaskus, MiFans forum, xda developer dll. Sayang cara ini perlu waktu, kesabaran dan pulsa modem internet unlimitted untuk mencoba berbagai rom yang mirip sampai ketemu yang cocok. Inilah seninya bagi androiders, namun jika pembaca bukan seorang pengguna yang suka oprek android dan lebih mengutamakan penggunaan phone tablet untuk mendukung aktivitas sehari-hari serta effesiensi, sungguh...sebaiknya hubungi teknisi-tempat perbaikan hand phone tablet android. Terutama pemakai handphone Samsung Replika, Iphone Clone, Xiaomi palsu, jika nekat  coba-coba download rom sendiri, pulsa habis untuk download firmware trus handphone bootloop malah jadi mati total (hardbrick). Silahkan coba saja sendiri jika tidak percaya.

Sekali lagi: Pelajarilah prinsipnya bukan rinciannya, karena prinsip tidak akan berubah. Demikian halnya untuk cara instal handphone merk terkenal seperti Oppo-Lenovo MTK pakai SP FlashTool, Samsung Galaxy tab rusak dengan Odin atau Heimdall, Zte dengan Sales Multi Flash, handphone HTC pakai RUU, Xiaomi dengan cara metode Fastboot/ test point EDL Qualcomm 9008 menggunakan MiFlash Tool dst. Bacalah referensi tutorial dengan teliti sebelum menerapkannya, terutama phone tablet yang bricked. Ketidaksabaran, malas membaca dan tindakan terburu-buru dapat membuat Android mati total tidak bisa diflash lagi. Tidak ada cara instan disini, dan ada ribuan type seri phone tablet android dengan ribuan firmware/ custom rom berbeda juga, namun jika prinsip-prinsip dasar cara perbaikan software (cara flashing) android sudah kita ketahui, hal ini akan membantu memudahkan kita untuk melakukan cara memperbaiki sendiri handphone android yang mati total

Artikel Terkait di Bali Service Computer

125 komentar:

  1. Bang, klo Tabz Voice Tabulet pk Telkomsel kok semua tombol kpencet sendiri...
    N tolong info nya untuk merubah ICS di Tabz Voice jadi Jelly Bean... Klo bs cara n link Os nya, Thanks bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengganti firmware ics tabulet tabz voice ke jb agan harus pakai custom rom yang spesifikasi hardwarenya mirip, jadi sebelumnya perlu tahu rooting dan install cwm dahulu. untuk masalah tombol touchscreen sudah banyak kami bahas, silahkan dibaca saja artikel yang berkaitan

      Hapus
  2. gan,kalo efioo E1i,romnya ada gak gan?

    BalasHapus
  3. Anonim03:47

    cara instal ulang tablet speedup s5 gmn? pake livesuit proses nggk jalan2 mas.problem pas merk speedup brenti

    BalasHapus
    Balasan
    1. speed up s5 bootloop tekan vol+ dan power bersama, juga untuk flash pakai livisuits, selanjutnya diskusi cara instal/ flashing disini

      Hapus
  4. Anonim03:38

    Gan mau tanya donkk... Saya punya hp andromax c jelly bean atau andromax c generasi ke 2. Hp saya sudah dalam kondisi root. Karena andromax c jelly bean ini kan tidak ada recovery bawaan. Maka saya install cwm temporary. Nah cwm temporary ini setiap saya install custom rom lagi dia selalu hilang menjadi fast boot. Saya jadi selalu install cwm temporary lewat terminal emulator. Karen saya selalu gonta gantu rom maka saya juga selalu install cwm nya.

    Akhirnya saya dapet cwm permanent nya. Ketika saya install lewat cwm temporar hp saya malah seperti software rusak. Hanya bacaan andromax lalu layar gelap dan terys berulang2 setiap dihidupkan. Saya tekan power + volume bawah malah ke fastbooth sperti semula. Saya coba pake usb ke komputer pun tidak terbaca di komputer....

    Mohon solusinya ya gannn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hati-hati instal cwm, karena akan merubah partisi. harus sama versi kernelnya (bukan hanya sama devicenya). coba flash via fastboot
      lain kali jangan anonim ya

      Hapus
  5. Anonim20:21

    Maaf gan mau tanya... aq punya tablet advan t1b. Awalnya batt nya sering drop. Trs aq master reset lwt tabletnya,, trs malah ga bs nyala. Trs aq diemin beberapa jam kemudian aq nyalahin mau nyala. Tapi semenjak itu restart trs. Malah sekarang tambah parah, klo ga di charger ga mau nyala. Klo chargernya di copot cuma gambar android sm getar2 doang kenapa ya gan?? Tlng di bls yach gan,, galau banget nie tabletnya ga bs dipake. Thanks gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli baterai baru buat tablet advan agan, beres ;)

      Hapus
  6. Dear all. Mohon bantu gan hidupin adromax u saia yang matot karena salah ngeroot. Kejadian nya saat mau mengwipe andromax u nya.nah tiba2 keluar notifikasi format memory nya, saia pikir itu memory external karena mmc nya terpasang. Tanpa berpikir panjang ya saya klik yes aja. Proses format nya cuma sebentar, abis itu hh nya langsung matot. Saya pikir itu mmc nya udah selesai di format,coba saia masukan ke card reader, datanya masih ada, jadi kepikiran trus, yg di format tadi apa jadinya. Setelah searching2, prediksi saya mungkin yg terformat memory internalnya, sehingga hh nya kosong melompong. Kira2 agan bisa bantu gk supaya hh saya bisa hidup kembali? Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu memang yang diformat internalnya untuk tujuan clean flashing, kalau tidak dilanjutkan flash ya mati kan? ga ada systemnya lagi.

      Hapus
    2. Solusinya gmn gan, mohon pencerahanya?

      Hapus
  7. Anonim14:03

    bli bise menin smartfren andromax c ...mati total nok...

    BalasHapus
  8. Anonim10:14

    Klo tablet mati total dan ic udh diganti tetep ga nyala gmn mas?trus lcd retak dan sebagian layar udh berwarna putih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kerusakan sudah komplikasi sebaiknya tidak usah diperbaiki, beli tablet baru lebih menguntungkan

      Hapus
  9. Gan,tablet speedup mati total dan getar teruz,tolong share cara perbaikannya donk..thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dibaca artikelnya cara mengatasi android mati diatas

      Hapus
  10. mau nanya bli " note aku gk bs restart cuma nongol logo samsung gt udh aku idupin 24jam tetap aja gk bs k menu, aku udh coba recovery mode-wipe data/factory reset tp sllu failed to mount/ invalid argument! mnta tlng bantuan gmna ngatasi nya ?! suksme

    BalasHapus
    Balasan
    1. -coba diflash dengan firmware samsung galaxy note yang sesuai, jika belum pernah flash samsung minta bantuan tukang service/ teman yang paham android. -kalau ke service center resmi samsung biasanya sudah suruh ganti mesin padahal belum tentu demikian, coba dulu sarankami diatas sebelmun ke sc resmi

      Hapus
  11. gan hh ane neng mita a150 speknya broadcom bcm23550 qualcom armv7l. coba pake sp flash tool tp gk ke detech, kira2 pake tools apaan ya ?

    BalasHapus
  12. Bang minta tolong, android Kad SD minta diformat setelah saya format mati total, kenapa itu ya bank???

    BalasHapus
  13. Tanya dong gan,tablet ane evas at8 jatuh ga terlalu tinggi ko mati ya gan,itu yg kena apanya gan.mohon solusinya gan,makasih

    BalasHapus
  14. bli , bisa benerin android yang matitotal hard brick dan gak bisa di deketsi sama pc ..
    bisa beli ?
    ada alat riff/jtag beli ? keanya itu solusinya
    kalo bisa ane cus kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak semua android mati bisa di jtag, contoh misalnya samsung i9300, galaxy note 2 bricked tidak bisa pakai jtag

      Hapus
  15. bli bisa benerin android aku gk bli android aku kalau di hidupin mati terus padahal udh dicas 24 jam bli tolong ya suksme

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa, silahkan di bawa ke alamat service kami jl drupadi XIV gang 1 no 2 renon denpasar, untuk diperiksa kerusakannya

      Hapus
  16. Anonim14:19

    Bli tyang punya lenovo a800 tempat simnya rusak harus diganti, apakah di tempat bli bisa diservis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kirim/ bawa langsung ke tempat service kami, sesuai alamat diatas

      Hapus
  17. Anonim15:35

    bli tanya donk,, ini galcore ku abis instal program yg terkait dengan root trus reboot sndri,, abis pas booting mntok ampe samsung galcore i8262,, stelahnya ga bisa di apaa"in ( palingga cuma bisa lepas batre trus d nyalain mntok ampe logo yg tadi lagi) di chas masi mw,, d colokin ke laptop,, odin nyaut tapi ga tw mw di apain takutny salah" malah fatal,, tolong infonya bli :),, trus kalo service ama org yang ahli kira" abis brp duit,, biar ga rugi bandar,, trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. service hp samsung galaxy rusak dengan kondisi demikian paling sekitar 100rb an, bilang saja minta flashing

      Hapus
  18. maaf gan kondisi UGD nih,hp ane kan andromax g tdny cuma gara2 sinyal cdma tiba2 'roaming off' jd ane cari carany ketemu tp bwt max u nmany lock_mdm.zip trs ane coba flash lwt cwm recovery ternyata pas udh selesai ane reboot system ternyata gagal booting dan hanya mentok di tampilan smartfren andromaxny aja dan itu jg kalau di cas,di connect usb kompi mati nyala mati nyala terus (berkedip).dan tidak bisa masuk ke mode recovery,fastboot dll lagi karena td gara2 ane salah versi file yg di instal lwt cwm .tolong minta pecerahan dr agan gmn cara mengatasiny agar bisa fix seperti semula max g ane. karena udah mentok googling dan tidak ada pemecahan masalahny. maaf gan terlalu ky novel :) trims. mohon bgt di Reply gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. parah agan main coba-coba begitu, sudah salah instal modem lalu salah flashing rom, silahkan ke service center smartfren saja dan berdoa semoga masih bisa sembuh andromax nya

      Hapus
  19. gan tab saya advan e1c+ ga bisa masuk mode recovery, awalnya bisa sekarang cuman geter geter doang, mohon bantuannya gan,.. geter geter tanpa mncul logo atau apapun gan,.. help

    BalasHapus
    Balasan
    1. tekan tombol cuma getar itu ciri-ciri hardbrick bos, biasanya sudah salah flashing, saatnya beli tab baru

      Hapus
  20. Gan punya ane samsung gt p3100 gak bisa nyala gak bisa getar2 gak bisa ke factory pokonya mati total. Sebelumnya make charge yg ada letter silang dibaterai lalu belii charge baru dan bagus aja tapi waktu baterai mau habis ane ngecas pake charge baru eh juga ada tanda silangnya lalu ane putuskan untuk cas dalam keadaan mati eh ternyata malah gak bisa nyala sama sekali:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang masih bisa diservice atau diganti, beli baterai samsung galaxy tab yang sesuai

      Hapus
  21. Gan cara memperbaiki port charger tab beyond B Tab yang rusak gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah tablet tidak mau ngecas karena lobang usb charger lepas/ rusak bawa ke tempat service bos, soalnya perlu tahu skema tablet, solder dan blower

      Hapus
  22. Gan mohon dbantu beyound B-TAB 1 ane bootloop karna kesalahan system buildrop tidak mao recovery mhon dbantu gan thank q

    BalasHapus
    Balasan
    1. bootloop karena modifikasi/root tidak akan bisa dengan recovery kecuali dari backupan rom sendiri, solusinya di flash

      Hapus
  23. Bli , saya punya samsung tab 2 p3100 reboot trus . Kalo d tekan *#06# imei nya gak keluar bli . Uda d tanya k temen kata nya ic nya . Ada alternatif lain gak bli selain ganti ic . Mohon pencerahan nya bli , terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. imei hilang umumnya efek modifikasi dan sudah di root, untuk para super user silahkan pelajari heimdall atau cari tempat service yang bisa restore imei

      Hapus
  24. Saya punya lenovo a800 yang mentok di home screen ,dan secara bergantian Ada tulisan sayangnya "******"telah berhenti.sudah di coba hard reset dan di flash ulang tapi tidak berhasil.menurut anda apakah software atau hardware nya yang rusak,karena Ada yang bilang emmcnya yang kena.terus kira" berapa biaya untuk ganti emmc.terima kasih banyak atas pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika benar hp sudah rusak emmc mungkin sebaiknya beli baru bos, nilai hp tidak sebanding dengan biaya service emmc

      Hapus
    2. sama bos, a800 saya juga kek gitu.. d format tetep aja kaga bisa.... jika bisa di service berapa biayanya...??

      Hapus
  25. Umm, HP saya mati total ditekan tombol power tidak merespon sama sekali, di cas juga gx ada reaksi apa"
    tetapi masih bisa terdeteksi di pc via usb !!!
    Apakah ada yang punya solusi ???
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hardbrick bos, tidak bisa dengan flash biasa, perlu alat khusus sesuai merk misal jika samsung dengan jtag

      Hapus
  26. Bli saya ada oppo find muse, udah coba flash pake sp flash tool malah muncul error no space (5069) tu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hardbrick bos, cirinya kondisi hp oppo mati total kan? kadang bisa diformat jika hanya rusak partisinya, tapi jiika ic emmc rusak tidak bisa harus ganti emmc

      Hapus
    2. cara mengetahui emmc rusak gimana ya

      Hapus
    3. hp tidak bisa di flash

      Hapus
  27. bli gini saya punya tablet beyond tab1 itu kok kalo dihidupin tuh ga mau masuk menu cuma ngluarin logo android sama beyond gtu aja tuh gimana??? pdahal udah di reset lho..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika direset tidak bisa di flashing mbakyu, download rom beyond dulu

      Hapus
  28. gan...saya py hp samsung galaxy fame, dari artikel yang sya baca di blog agan hp tersebut mengalami bootloop, krn pada saat dihidupkan hanya muncul tulisan dan logo samsung secara berulang-ulang dan tidak bisa masuk ke menu, dan ketika ingin melakukan recovery mode jg tdk bisa.....langkah yang sdh saya lakukan melakukan flashing dengan bantuan odin dan firmware dr SamMobile....tp hp tersebut tetap bootloop, hanya muncul logo dan tulisan samsung secara berulang-ulang.....mohon solusinya!!!! dan terima kasih atas tulisan dan artikelnya di blog ini, sangat membantu......(arham Makassar)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami berulang kali perbaiki hp samsung rusak pakai odin tidak masalah kecuali brick, cara lain coba heimdall atau jtag

      Hapus
  29. Bos android saya oppo r821 setiap kali muncul tulisan " sayangnya UI telah berhenti" sudah saya reset factory sama saja bahkan saya hapus file di internal ya bisa tapi setelah restart file yg tadi di hapus kembali lagi....mohon pencerahan terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmc brick, internal rom (dilaptop hardisknya) sudah rusak

      Hapus
    2. udah flash pake file ota, pake flashtool ttp gx bisa jg.....

      Hapus
  30. mas HP saya LG L7 P705. platform Qualcomm MSM. skrang mati total mas. dipencet power ga ada respon. dicas ga bisa. colokin ke USB di laptop tulisannya "unknown device". kira2 masih bisa tertolong ga mas?
    matinya mngkin karena flashing, karena habis flasing langsung ga bisa nyala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hp mati total/ hardbrick sulit untuk diperbaiki, sebagian hp mati kami bisa perbaiki dengan cara di jtag, namun tergantung seberapa parah masalahnya dan ketersediaan sparepart

      Hapus
  31. Android saya sepertinya sudah parah gan, masih bisa diperbaiki tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada teknisi yang bisa perbaiki tanpa tahu kerusakannya, karena kami bukan peramal he he...peace bos

      Hapus
  32. Gan tablet saya huawei media tablet 7 youth terbanting lalu mati (baterai masih penuh)..ketika dihidupkan kembali muncul logo media pad 7 youth dan itu berlangsung lama lalu saya salah pencet tombol power+tombol volume atas ... dan sekarang mati gak bisa dinyalaiin, gak bisa di charge dan tidak terdeteksi di usb

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika android tidak terdeteksi di usb laptop biasanya ada kerusakan hardware

      Hapus
  33. gan advan ane ganti rom jadinya cm mentok white screen, gk bs ke cwm jg. solusinya gan, uda ane flash tep gk ngaruh

    BalasHapus
  34. Admin mohon di jawab dong, hp saya spc s16. malam ini barusan saya cas di laptop dengan usb lalu saya on-kan paket datanya dan saya buat wi-fi untuk browsing pelajaran dan posisi masih di cas.

    Lalu saya tertidur pas saya bangun tiba-tiba layar HP sudah hitam dan di tekan tombol untuk menyalakan seperti biasanya tidak ber-efek sama sekali, di cas pun tidak ada gambar bahwa sedang di cas. jadi hp hitam mati total tidak bisa di nyalakan dan jika di cas tidak nyala juga. dan yakin saya belum pernah otak-atik dalamnya atau root atau yang lain, hanya saja saya gunakan charge, paket data saya on-kan dan saya jadikan hotspot untuk laptop saya dan ketika saya bangun mati total. Mohon bantuannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebiasaan buruk hp dipakai sambil ngecas, proses charging itu panas, hp menyala, sinyal menyala, wifi menyala, tethering menyala ya bukan panas lagi bos, bisa hangus hapenya untung tidak meledak

      Hapus
  35. mas hh saya kok mati total setelah saya otak atik pengaturan internal, waktu saya mau nyambungin internal saya ke pc.... setelah selesai ane cabut usb... dan mau pasang memori card... di menu booting tsb ada tulisan LAPORKAN BUG di bawah menu mode pesawat... setelah itu hh saya gx bisa nyala sama sekali... getar pun juga enggak... tapi bisa terdambung pc... itu pun cuma ada bunyi TINGTUNG AJA... itu biar hidup kembali gimana....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak semua hp mati total/hardbrick bisa diperbaiki, beberapa type samsung/pakai cpu qualcomm bisa pakai cara jtag, beberapa hape mati dg chip mediatek menggunakan volcano flasher

      Hapus
  36. Gan ane tadi nya mau swap micro sd jadi internal memori.. Di suruh download dulu file dg format .zip.. Hrus di instal lewat cwm.. Stlh beres download ane langsung masuk cwm dan install itu file.. Tapi pas nginstall selalu error udh berkali-kali pun.. Krna ane pnasaran kan ada tuh file .zip yang lain ane install juga tuh nah yang ini brhasil.. Langsung aja reboot systm.. Stlh nyala hh ane touchsreen nya g ngerespon.. Langsung ane reboot lagi tuuh hh nya.. Setelah selesai ttp aja ga respon touchsreen nya.. Ini gejala apa y??? Ada cara buat nymbuhin nya ga??? Tolong solusi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. download dimana bos? mestinya tanya ke situ kan?

      Hapus
  37. bang hp aku sony tipo dual, kostum roomnya mau aku ganti tp gagal pas wktu instal di cwm terus Layar lcd gelap tidak menampilkan gambar apapun, hanya bergetar saat tombol power dipencet....
    gmn ini solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hardbrick, resiko custom rom salah sedikit saja bisa mati total, tidak ada solusi spesifik untuk kasus hardbrick, setiap hp berbeda, silahkan coba berbagai cara flash, itulah mengapa kami tidak pernah sharing artikel yang berpotensi merusak handphone

      Hapus
  38. gan HP saya LG P705 gini hp saya mati, tapi ada getar2 sendiri berirama gitu, layar tapi blank/mati, tapi kalo saya colok casan, getarnya mati,, kalo saya cabut pasang batre cuma ada logo LG terus mati, ga masuk booting, itu kenapa ya gan? mohon bantuannya, terima kasih

    BalasHapus
  39. bos AndroMax c2 matot bisa di jtag gk bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf jika smartfren c mati total dari harganya sudah tidak sesuai dengan biaya perbaikan jika di jtag

      Hapus
  40. Emmc HTC dhd brp gan

    BalasHapus
  41. Om mau tanya.. hp sy galaxy v ingin pasang cwm recovery tp setelah berhasil sy flash.. sy coba untuk masuk cwm recovery alhasil layar hitam putih gmbar logo samsung .. garis garis.. sperti layar rusak.. dan q flash ulang frimware originalnya.. untuk masuk recovery rom bawaan normal.. berulang ulang install cwm recovery dan hasilnya masuh sama om.. mungkin ada solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. recovery modded untuk samsung galaxy v masih dalam tahap pengembangan coba file recovery cwm terbaru build 3 di flash via odin, yang versi lama resolusinya tidak cocok

      Hapus
  42. mas mau tanya,kalo tab advan T1g+ pas ngisi batre ga penuh"tapi pengisian ttp jalan terus,itu apanya yg rusak ya,pdhl udah ganti batre tp ttp aja ga bisa terisi penuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena yang rusak ic charger bukan baterainya

      Hapus
  43. om sya mau tanya...hp advance s3a saya matot. karena memory internal selalu penuh. ada niatan mau partisi sdcard buat nambahin internal. alhasil hp sukses root, tapi pas pada saat flashing stock recovery ke cwm hp ane cma tampil logo habis itu mati (matot). saya sudah coba mau flashing pake sp flashtol hasil emmc not detect. ram dll terdeteksi di sp flashtool. tapi kalau colok di pc/laptop masih terdetect. apakah emmc saya rusak???? mohon pencerahannya master......

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba format pakai preloader jika tetap tidak terdeteksi kemungkinan ic emmc/nand flash rusak

      Hapus
  44. gan gimana cara perbaiki hp advan s4a yg matot . gara" slah flashsing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone salah flash mati total=hardbrick, sulit untuk perbaikan karena perlu peralatan khusus, coba hubungi tempat service yang memiliki jtag/skema hp test point untuk diflash langsung ke chipnya

      Hapus
  45. oppo find 7 mati total,punya sparepart emmc nya bli..? suksma.

    BalasHapus
  46. Mohon bantuannya, smartfren andromax tan 8.0 saya, ketika dihidupkan cuman muncul tulisan 'boot into recovery mode'. Memang sebelumnya sering hang trus saya reset factory tapi malah cantol di tulisan android saya reset factory lagi pake power plus volume up sekarang malah cantol di tulisan boot into recovery mode ketika dihidupkan, tablet tidak terdeksi PC tapi masih bisa di cas

    BalasHapus
    Balasan
    1. flash/ instal ulang pakai firmware andromax smartfren yang sesuai

      Hapus
  47. Gan service hp oppo yoyo dengan masalah hp mati total/ hard bicked kira kira berapa harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa ke tempat kami dicek lalu nego bos,handphone rusak akibat salah flash jadi mati total bisa berbeda kondisinya, kemudian pernah dibawa tempat service lain atau belum? banyak kasus rusak software malah hardware yang di ulik jadi tambah parah

      Hapus
  48. Tablet samsung saya pake main game sehinga panas dan pada saat itu batre drop. Trus saya colok charger. Jalan software melambat. Dan hang game tidak bergerak. Saya tunggu lama dan tidak sabar akhirnya saya paksa shutdown. Dan mati total. Tidak bisa hidup lagi saya charge juga tidak bisa menyala. Apakah tablet rusak di hardware krn kepanasan atau hanya di software krn teralu banyak software terbuka. Mohon petunjuk om. Saya mohon.

    BalasHapus
  49. Bos saya punya samsung s3 mini tangan ke dua ..soalnya dulu beli seken...
    Sebelum tidur saya cas..pagi2 mau nyalain hp udah gak mau nyala sama sekali..kira2 apanya yang rusak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin rusak beberapa ic tapi perlu dicek dulu bos, kebiasaan ngecas hp semalaman ditinggal tidur sangat tidak dianjurkan sudah banyak kasus hape dicas semalaman ditinggal tidur lalu mati

      Hapus
  50. mohon info bro hp samsung s5 kw sy gagal root dan akhir nya mati total itu gimana jalan keluar nya terimakasi......

    BalasHapus
  51. Min , xiaomi redmi note 3g wcdam saya mati total akibat factory reset menggunakan flashtool , tapi hh nya masih ke detect di laptop . apakah masih bisa di perbaiki ? Kalau bisa pakai alat flash apa min , dan cara nya ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh? Ya pakai flash tool, sesuai namanya: Flashtool itu alat untak flash rom xiaomi redmi note, saya malah tidak tahu jika bisa untuk factory reset

      Hapus
  52. mau tanya.hp saya mati total gara gara partisi sd card tapi jika di pasang usb ke laptop terbaca.itu karena apa dan solusinya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada masalah lain, soalnya tidak pernah partisi sd card jadi mati

      Hapus
  53. gan ane mau tanya hp ane android oppo matot(mati total) awal nya ane main game di hp tiba2 gk mau main lagi alias ngebleng, ane cabut batre nya trus hp masih hidup cuma sampai logo gak lama kemudian mati total, kira2 apa maslah nya ya gan? mohon respon nya makasih.

    BalasHapus
  54. Bos saya punya hp samsung galaxy fame sudah berulang kali saya flashing klo nge-Hang, trus terakhir saya flashing lagi gara-gara nge-Hang dengan beberapa firmware yang baru tetap dia restart terus-menerus di logo Samsung galaxy fame-nya. Saya juga udah coba wipe system dengan CMW dan flashing ulang lagi masih belum berhasil bos. . .

    Maaf cuhat hahahah

    BalasHapus
  55. bang mau tnya..
    hp sy layarnya jadi putih karena kesalahan flash
    lw begitu bisa di baki kah ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika kronologisnya begitu biasanya di flash lagi dengan rom yang tepat sudah normal

      Hapus
  56. Gan,bagaimana cara yang benar flashing hp oppo r821

    BalasHapus
  57. ma,af mas.. mau tanya soal hardbrick smartfren c2 ad686g. di pc terdetek hs-usb 9006. dah coba pake QPST, HDD RAW, gak bisa. pake partition guru direcovery patisi cuma terdetek patisi 4,5,6,7,8,9. itu masalahnya dimananya ya mas? write error kl pake HDD RAW.

    BalasHapus
  58. bang hp saya mati total gara-gara salh flash, gimana cara bperbaikinya bang... hp saya infinix hot note ... mohon bantuannya bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hape mati total karena salah flash disebut hardbrick, bawa ke tempat servis yang bisa atasi hardbrick untuk di jtag pakai box flasher

      Hapus
  59. gan hp xiomi gk mau di cas itu penyebabnya apa gan?,indikatornya masuk tapi daya baterai tidak bertambah sudah ganti cas sama socketnya satu paket tetap sama saja mohon informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone android dicas tidak bertambah tapi malah berkurang biasanya yang rusak ic cas

      Hapus
  60. Gan mau nanya hp xiaomi redmi note 2 saya matot gara2 buat main game gimana solusi nya terimakaaih

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya silahkan pilih bos:
      1.biarkan saja
      2.bawa ke tempat servis
      3.beli handphone baru

      Hapus
  61. Gan hp sy xiaomi mi3w
    Mau flasing pake fastboot driver dah terinstal semua ...masalahnya pas di miflash mau di refres ko hh nggak kedetek ...kira2 masalahnya apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara flash xiaomi:handphone xiaomi harus masuk mode fastboot,jika tidak terdeteksi cek kabel,cek driver atau coba pakai kabel/laptop lain

      Hapus
  62. Bli, hp ane xiaomi redmi 2 prime. Hpnya mati kayanya karna salah flashing rom. Kalo di pncet powet hpnya ga idup layar hitam tapi brrgetar trrus. Getarnya ga sekali, tpi terus menerus kaya ada tlpon masuk gt getarnya. Ane colokin ke pc jga sama bergetar gt. Ga ke detect d pc bli, bisa tolong di kasih pencerahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sudah mati total salah flash,perlu alat box flasher/jtag, murah kok ada yang cuma 1,5juta

      Hapus
  63. Bli mau nanya, saya punya hp samsung E5, lg main game tiba-tiba mati total, itu pengaruh apa ya bli? Apakah masih bisa di perbaiki? Kalaupun bisa biasanya harganya berapa? Mohon pencerahannya bli, terima kasih

    BalasHapus
  64. #ask..Yoyo ane abis install rom samsung s5 port note 4.. Uda berhasil.. Bagus.. Tapi begitu ada telpon masuk. Sempat keangkat tiba tiba mati sendiri.. Ane colok ke pc utk flashing uda install driver manual tp ga ada tanda tanda ke detect.. Hanya panas kalo dicharger di bagian atas dekat kamera.. Mohon solusinya..

    BalasHapus
  65. Gan aku pakai huawei t1 70. Gara2 pasang cwm pakai flasify sekarang tiap diidupin mentok di boot mediapad', gmana minta pencerahanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet rusak software karena boot img+recovery img sudah tidak sesuai, system perlu di flash/install ulang.harap hati-hati salah flash salah satu penyebab handphone/tab android mati, jika tidak tahu cara flash sebaiknya bawa ke tempat servis

      Hapus
  66. Anonim18:47

    bang klau hp sya ssudah d root trs instal aplikasi tiba2 lngsng mentok d logo trs gk bsa masuk recovery mode, jdi gmbr robot nya ada tanda seru. kra2 masalhnya apa dn solusinya bgaimana. mhon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhenti di logo itu bootloop (gagal booting) cara perbaiki handphone perlu di flash/instal ulang software system

      Hapus
  67. Tab Huawei MediaPad T1 7.0 saya mati
    Dicas lampu diatasnya nyala, tapi ngga ada gambar cas dan tidak bisa menyala ya knapa?
    Mohon info dan penjelasannya dan solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba hubungkan ke laptop-komputer apakah bisa kedetek?

      Hapus
  68. Gan xiaomi mi4i sya gk mw hidup lagi setelah d restart..dan sbelumny sdh pernah saya bawa k jasa service dan d bilang emmcny rusak..apa masih bisa di perbaiki

    BalasHapus
  69. Maaf Kak saya mau tanya, kalao tablet advan i70 ke banting atau jatuh trus g bisa nyala sama sekali, itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika mati total ada indikasi kerusakan hardware silahkan cek ke tempat service handphone terdekat

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.