Laptop Mati

Artikel cara memperbaiki masalah laptop yang rusak ini sebenarnya sudah kami siapkan cukup lama berdasar pengalaman pribadi di tempat servis melayani perbaikan laptop pelanggan yang mati/ rusak. Namun setelah tulisan diperbaharui terus menerus ternyata bisa mencapai 3 lembar...ha ha. Memang kenyataannya laptop rusak bahkan hingga mati total /layar blank bisa terjadi baik pada laptop merk Acer, Asus, Axioo, HP-Compaq, lenovo, Toshiba dll dan penyebabnya kerusakan tersebut bermacam-macam. Jadi tidak mungkin membahas cara mengatasi laptop mati atau rusak hanya dengan satu artikel saja.
membetulkan
Untuk itu kami akan berbagi cara penanganan membetulkan laptop mati/ rusak dalam tulisan ini dengan cara sesederhana mungkin. Kita mulai dengan diagnosa penyebab kerusakan berbagai merk laptop, gejala dan cara memperbaiki kerusakan atau sudah mati total karena pemakaian normal buka kena air: 

1.Laptop tidak bisa dinyalakan, lampu power mati.

  1. cara mengatasi laptop sering restart
    adaptor charger rusak bisa sebabkan laptop mati 
    Diagnosa Keruskan I: Penyebab laptop mati seperti ini mungkin disebabkan adaptor charger baterai rusak bersamaan dengan baterai sudah kosong tidak dicharge. Cara mengatasinya adalah dengan mengecek kondisi adaptor charger baterai dengan avo meter. Ukurlah volt charger laptop sesuai dengan yang tertera pada case charger. Voltase tertera pada avometer harus sesuai dengan yang tertera pada case charger, ada  adaptor dengan volt 16V ada yang 19V bisa berbeda pada setiap seri laptop. Solusi lain pinjam charger baterry laptop dengan spesifikasi sama dari teman atau tetangga. Hati-hati jangan menggunakan parameter patokan jacknya sama /mirip sebagai acuan charger tersebut pasti cocok. Jack adaptor charger baterai dengan bentuk sama bisa berbeda voltase dan arusnya (ampere). Ini berbahaya, laptop malah bisa mati total. Kami mendapati juga beberapa adaptor charger baterai tidak mati namun mulai lemah karena usia pemakaian, sehingga tidak dapat menyuplai arus sesuai spesifikasi. Indikasi lain kerusakan charger yang memiliki lampu, jika adaptor rusak maka lampunya berkedip. Jangan gunakan charger adaptor maupun laptop sebelum dipastikan di mana sebenarnya yang rusak.
  2. Diagnosa Kerusakan II: Beberapa adaptor charger laptop sebenarnya tidak rusak/ mati tetapi hanya mengalami kerusakan pada kabelnya. Coba gerakan dengan menekuk bagian kabel charger untuk mencari tahu, sambil menggunakan avometer. Kita dapat memperbaiki sendiri keruskan kabel charger rusak/ putus dengan memotongnya dan menyambungkan kembali bagian yang masih baik. Namun jika  adaptor charger baterai terbukti sudah rusak, jangan berusaha memperbaiki, belilah adaptor charger baru. Kami sangat tidak menganjurkan untuk membetulkan sendiri adaptor charger karena memang tidak dirancang untuk diperbaiki dan resiko short overvoltase justru dapat membuat laptop jadi mati total. 
  3. Diagnosa Keruskan III: Jack male (cewek) port charger pada laptop rusak. Jika sampai tahap ini ternyata adaptor charger terbukti bukan terdakwanya, kemungkinan lainnya adalah port jack male pada bagian dalam laptop yang rusak. Kebiasaan memasang dengan cara mendorong dan mencabut jack charger laptop kadang membuat konektor pada port male bagian dalam laptop terlepas. Cara memperbaiki kerusakan seperti ini perlu membongkar casing laptop untuk mengeceknya dengan avometer. Solder ulang bagian yang terlepas pada port jack male charger tersebut. Pasang kembali port jack male ini dengan menggunakan lem/ glue shoot gun pada bodi laptop agar kuat. Lihat disini cara membuka atau membongkar sendiri casing laptop.
cara laptop mati restart sendiri
port jack rusak penyebab laptop mati, baterai tidak bisa dicas
Prosedur urutan cara cek laptop rusak/ mati di atas ini biasa kami lakukan untuk mengetahui penyebabnya apakah adaptor nya rusak atau mainboard/ hardware mati/ rusak. Jika masalahnya karena kena air sebaiknya segera di bawa ke tempat servis terdekat daripada memutuskan memperbaiki sendiri apapun merk laptop rusak atau mati terkena air baik merk Acer, Asus, Axioo, HP-Compaq, lenovo, MSI, Toshiba dll

2. Laptop bisa menyala, lcd monitor screen menyala tetapi restart /mati lagi setiap masuk windows.
  1. Diagnosa Keruskan I: System os rusak atau korupt. Hal ini bisa terjadi jika laptop tidak dimatikan (shutdown) dengan benar. Namun bersyukurlah, kerusakan system semacam ini termasuk yang paling mudah dan murah untuk diperbaiki sendiri. Cara membetulkan cukup dengan instal ulang os windows akan menyelesaikan masalah. 
  2. Diagnosa Keruskan II: Hardisk laptop rusak. Jika hardisk rusak karena data corrupt/ bad sector ringan, beberapa kerusakan hardisk laptop seperti ini bisa dicoba membetulkan sendiri dengan cara menggunkan tool recovery hardisk. Banyak aplikasi tool recovery yang gratis untuk di download. Namun jika keruskan hardisk pada bagian platter atau ic boardnya, agak sulit cara memperbaiki sendiri. Umumnya teknisi tempat service pc komputer/ laptop lebih memilih cara cepat dengan membeli hardisk baru.
3. Laptop bisa menyala, lcd monitor screen menyala, tetapi beberapa menit laptop mati sendiri.
cara memperbaiki laptop
atasi laptop mati dengan cara bersihkan/ ganti ram
  1. Diagnosa Keruskan I: Jika laptop mati/ restart setiap periodik tertentu dan cenderung tetap, misalnya setiap 15 menit, hal ini biasanya laptop mati disebabkan masalah panas. Rata-rata 7 dari 10 kerusakan laptop pelanggan kami disebabkan panas yang berlebihan. Masalah laptop sering restart sering disebabkan tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink karena tertutup oleh debu. Sehingga panas yang seharusnya dikeluarkan justru terjebak di dalam. Akibatnya suhu di dalam laptop meningkat dari yang seharusanya diperbolehkan. Jadi fungsi laptop lebih mirip cara kerja oven, menjebak panas biar cepat matang...he he. Ini dapat menyebabkan over heating komponen motherboard seperti CPU, VGA , RAM dll. Sehingga untuk melindungi dari keruskan parah (komponen hangus terbakar) manajemen daya secara otomasis akan mematikan atau merestart laptop.  Untuk mengatasinya adalah dengan cara membongkar sendiri laptop dan membersihkannya dari debu kotoran pada ventilasi, fan pendingan dan spreader atau heatsink.
  2. Diagnosa Keruskan II: Periksa modul ram memory. Sering pelanggan kami  saat memperbaiki laptop rusak sambil bilang: 'padahal kemarin tidak apa-apa lho, laptopnya sekarang kok mati?. Kapan pembaca membersihkan bagian dalam laptop? Jika sepeda motor saja diservice rutin 1 bulan sekali untuk dibersihkan mesinnya, mengapa laptop tidak pernah ya? Nunggu rusak baru diservice! tidak adil bukan? Solusi cara memperbaiki begini: bongkar case laptop, bisanya letak memori ram dibagian bawah case, lihat disini cara untuk melepas/mengganti ram laptop yang rusak. Bersihkan debu kotoran yang dapat membuat memory ram tidak bekerja dengan normal. Gunakan kuas lembut untuk membersihkan debu, gosok bagian kaki ram yang berwarna kuning dengan penghapus pensil sampai mengkilat lagi. Pasang kembali modul ram memory tersebut dan coba nyalakan bisanya cara ini cukup berhasil mengatasi laptop yang rusak atau mati  total.  Jika modul ram  ada 2 keping gunakan salah satunya bergantian dan coba nyalakan laptopnya, biasanya hanya satu yang rusak atau mati. Jika penyebanya memang memory ram sudah rusak, beli modul ram baru agar laptop mau menyala lagi, perhatikan type ram, ada DDRI, DDR2 dan DDR3. Atau bawa saja memory ram rusak tersebut ke toko komputer agar tidak salah beli.
  3. Diagnosa Keruskan III: VGA laptop rusak. Jika laptop lama tidak digunakan/  dalam kondisi dingin bisa menyala tetapi saat pemakaian sering mati sendiri secara acak waktunya, kadang 1 menit restart, kadang 30 menit laptop baru restart. Biasanya penyebab kerusakan vga ini karena panas oleh kotoran debu seperti kami sebutkan diatas, atau pengguna memaksa laptop menyala terus menerus dan memainkan game-game yang tidak sesuai spesifikasi. Karena VGA rusak atau mati cukup sulit cara memperbaiki (walaupun beberapa teknisi bisa melakukan rebaling VGA), sering VGA rusak = mainboard rusak atau laptop mati total. Beli laptop baru adalah solusinya. Kecuali pembaca bisa menemukan teknisi atau tempat service yang memiliki peralatan dan spare part vga untuk melakukan reballing atau pemasangan ulang VGA untuk menghidupkan laptop yang mati total.
laptop sering restart
mengganti/ reballing vga atasi laptop mati 
4. Laptop bisa dinyalakan, lampu led laptop menyala tetapi tidak ada tampilan di layer /screen monitor blank/ mati. Cara membetullkan kerusakan laptop mati total untuk masalah seperti ini bersambung ya...ngantuk sudah jam 1 malam ;)
Update:
Baliservice computer sudah menuliskan update artikel, silahkan lihat cara memperbaiki masalah laptop rusak merk Acer, axioo, HP-Compaq yang mati total.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

14 komentar:

  1. Jika VGA nya yang rusak, cara memakai vga onboard gimana gan (laptop)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di pc desktop ada pilihan vga onboard dan ada vga addon (AGP/PCI express), kalau di laptop pakai vga onboard saja, nah kalau vga laptop rusak dan laptop mati, yang rusak itu ya vga on board. jadi tidak bisa dipakai lagi, disevice dulu gan

      Hapus
  2. gan aq mau bersihin laptop,laptop q acer aspire 4349, cara buka na gmana gan? mohon petunjuk na

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara membongkar case laptop acer, lepas dahulu baterai>buka semua baut di case bawah laptop (sekitar 26 baut)>dvd rom ditarik sampai lepas, casing bawah laptop sudah bisa dibuka

      Hapus
  3. bos mau tanya masalah harga kalo benerin lepot compeq seri 511 dia gak mau hidup baru d tekan tombol power na kipas na mau bunyi abis tu mati dia bos kira" matherboad na yg kena ya?? brp harga na

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa masuk bios=motherboard laptop compaq rusak, biaya perbaikan akan diketahui setelah di cek penyebab kerusakannya dan harga sparepart yang perlu diganti

      Hapus
  4. boss, saya punya laptop acer 4349 matot. kondisi batre dan charger OK. sudah saya bongkar tapi tidak tahu apa yang harus dicek. IC powernya itu sebelah mana boss..?
    (type ic) trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika tidak tahu apa yang rusak kenapa dibongkar bos, laptop mati banyak sekali penyebabnya, jika rusak software mudah untuk sharing, silahkan perbaiki ke tempat service laptop saja

      Hapus
  5. Bro laptop gw kena konslet listrik sound cardnya gosong trus laptop gw mati total dr sehat g pernah ad msalh..nah skrg gw nyalain lampu power nyala..d charger indikator nyala..charging jg..cuma prosesor kipas smua ga jalan mati..itu gimana bro masi ketolong ga ?? Helppp...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketolong tau gak caranya ya coba diservis dulu bos, laptop mati jadi normal baru bayar, tidak jadi ga usah bayar, enak kan ;)

      Hapus
  6. Siang gan .. ni ane ada mslh sam laptop acer 4349 ane gan.. kondisi laptop mati nih tp klo di cas lmpu indokator cSx nyalh . Pas di tindin on ofx nylah lmpu indokatorx skitar 2 detik lngsung mti .. di tindis lma jg on ofx tetp sma ... kra" apx nih gan smtara bso mau ad presentase lg btuh laptop bngt nh gan . Mhon bntuanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ic/chipset rusak, untuk kerusakan hardware silahkan bawa ke tempat servis laptop yang peralatan servis dan sparepart nya lengkap

      Hapus
  7. Bro laptop sya ram aslinya dicuri pas sya pasang ram baru lptopnya gak nyala. Kra kra solusix gmna. Pdhal krangx cman ram sjah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti memory laptop sesuai dengan spesifikasi kecepatannya,misal ram ddr 3 fsb 1066 tidak cocok jika dipasang ddr 3 fsb 1333

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.