Cara Memperbaiki Tablet Beyond bpad Sering Restart

Kembali baliservicecomputer/ BSC kedatangan pasien pc tablet android yang rusak. Tepatnya tablet merk lokal buatan china Beyond Bpad. Sudah kali ke 3 kami menerima pasien merk ini, jadi kami asumsikan cukup banyak pengguna beyond bpad yang mengalami masalah kerusakan tabletnya dan perlu tips cara memperbaikinya, untuk itulah kali ini teknisi tempat servis kami akan share cara membetulkan tablet android rusak.
cara memperbaiki tablet sering restart mati sendiri

Spesifikasi Tablet Beyond Bpad
  • Chip processor : MTK MT6573 ARMv6 800MHz; 
  • GPU: PowerVR SGX531
  • Memori Internal 256MB; 
  • RAM 512MB,
  • Internet : 2G (GPRS/EDGE), WIFI
  • Layar LCD 7 inci WVGA Capasitive touchccreen, multi-touch
  • Sistem Operasi Android 2.3 Gingerbread
  • Dual-On GSM Voice call sms
  • Built-in GPS Navigation, Google Maps
  • Kamera 3 MP, dan 0.3 MP, Video Record, Video Call
  • Music dan Video Player
  • TV Tuner
Gejala kerusakan penyababnya hardware atau software: tablet beyond Bpad ini masih mau menyala namun sering restart sendiri atau mati saat digunakan. (pengguna handphone merk lokal buatan china spt, Advan, ainol, axioo, cyrusus pad, imo, mito, movimax, treq, dll lihat disini mengapa tablet sering restart). Melihat gejalanya lega deh, soalnya sebelumnya kami pernah menangani tablet beyond yang rusak software sistemnya/ bootloop dan memerlukan instal/ flashing firmware MTK MT6573 menggunakan SP Flash Tool sebagai cara memperbaiki tablet android rusak tersebut. 
konter
Untuk tablet beyond yang menggunakan Chip Allwinner cara flash menggunakan Livesuits. Asal bisa download rom yang cocok pasti berhasil. Agak susah jika penyebabnya salah custom TWRP/ CWM, flash akan gagal dan muncul error "update failed:0x163". Harus bisa di format partisinya, seperti pengalaman masalah kami sebelumnya, dan ternyata sulit sekali menemukan ffirmware rom kembaran yang cocok untuk PC Tablet Android China merk Beyond Bpad. Jadi agak panik juga saat ada pelanggan yang membawa tablet rusak dengan merk ini untuk diperbaiki, *BSC kalau dapat job malah panik aneh ya...ha ha, perasaan ga enak saja sih sama pelanggan kalau servicenya lamaaaa...;)
perbaiki tablet rusak hang
tombol reset tablet beyon bpad 
Sebenarnya di bagian atas tablet terdapat klep yang dapat dibuka untuk penempatan 2 kartu sim GSM, nah disamping kartu sim ke 2 terdapat tombol reset. Namun fungsi tombol reset tablet beyond bpad ini untuk mereset tablet jika mengalami hang/macet saat digunakan. Maksudnya agar pengguna tidak membiarkan/ menunggu tablet sampai mati sendiri, soalnya malah parah jadinya, baterai akan terlalu kosong akibatnya tablet/ handphone tidak bisa dicharge lagi. Jadi tombol reset ini tidak bisa digunakan sebagai cara memperbaiki tablet beyond yang sering restart.
cara reset tablet
factory reset tablet beyon bpad
Disamping tablet ada juga beberapa tombol untuk masuk fungsi factory reset beyond dengan kombinasi tombol vol+menu+Power On. Pertama sih kami pikir ini tombol recovery yang akan mengembalikan rom tablet beyond tetapi ternyata hanya membawa kita masuk ke factory mode untuk mengetahui kondisi hardware. Gunanya bagi teknisi untuk mengecek kerusakan atau kondisi hardware tablet. (Lihat berbagai kombinasi tombol reset pc tablet android disini)

Banyak pelanggan setiaap terjadi masalah datang ke tempat servis handphone kami sedikit-sedikit minta flash, bahkan ada yang membawa tab mati total karena ic rjusak minta flash rom, bagaimana bisa? Jadi sangat penting untuk dapat membedakan jenis kerusakan Hardware atau Software agar bisa membetulkan tablet / handphone rusak. Perbedaannya silahkan baca link dibawah ini.
Untunglah setelah melakukan beberapa pengecekan, ketemu juga penyebab tablet ini sering restart, ternyata kerusakan bukan pada firmware rom tablet, namun pada baterai yang mulai drop sehingga tablet sering restart atau mati saat digunakan. Yah setidaknya kami tidak perlu pusing untuk mencari link download firmware/custom/stock rom Android tablet cina berbasis MTK yang sama dan cocok dengan Tablet Android 7 inch merk beyond ini.
membuka casing tablet
cara melepas baterai tablet
Solusi: mengganti baterai tablet yang rusak dengan cara membuka baterai tablet dari casenya. Cara membongkar case tablet china beyond bpad ini tidak terlalu sulit, karena tidak ada baut yang perlu dilepas. Kami menggunakan bekas pembungkus kartu sim card internet smartfren, (bisa juga menggunakan kartu atm, tapi kami tidak memiliki kartu atm hiks hiks...*sedih). Diserut dulu ujungnya pakai cutter lalu di sisipkan kartu tadi ke samping tablet untuk membuka klep-klepnya. Sekali masuk ke sela-sela case tablet, selanjutnya mudah untuk membongkar case belakang tablet beyond ini. Tinggal mendorong kartu sim tadi sepanjang sisi melingkar dan tablet sudah terbuka. Namun perlu hati-hati juga sih, soalnya bagian case belakang tablet beyond ini terbuat dari plastik, dan baterainya di lem pada sisi belakang layar lcd, takutnya pecah atau retak jika terburu-buru membukanya. Untuk info toko tempat jual baterai tablet beyond dan harga disini.
perbaiki tablet sering restart
cara membuka baterai tablet pc
Setelah membuka casing bagian belakang case tablet selanjutnya kami melepas baterai tablet yang rusak untuk diganti. Karena baterainya tidak menggunakan soket tetapi disolder langsung ke board tablet maka diperlukan solder untuk melepas kabel baterai tablet beyond untuk diganti. Cara melepasnya harus hati-hati sebab jarak kabel + dan - sangat dekat, jadi bisa korsleting kalau salah posisi saat memegang solder. Saran kami jika pembaca ingin mengganti sendiri baterai tablet yang rusak, bagi yang belum pernah melakukan sebaiknya minta tolong atau didampingi teman yang mengerti elektonika. Untuk tablet Beyond Bpad bergaransi hubungi service center resmi di kota terdekat untuk perbaikan.

Setelah tablet baterai yang rusak dilepas ganti dengan baterai tablet baru dengan spesifikasi yang sama. Hati-hati spesifikasi baterai tablet berbeda-beda. Jika baterai tablet ingin lebih tahan lama tentu saja kita dapat beli baterai tanam baru dengan ampere sedikit lebih besar asal ruangan masih cukup untuk dipasang. Misalnya spek baterai tablet yang rusak sebelumnya 3.7V 3000mAH kita dapat ganti dengan 3.7V 4000maH. namun perhatikan Voltnya harus sama ya.
tablet sering restart hang mati sendiri
menyalakan tablet yang rusak
Tested: Tablet Beyond Bpad kami uji dengan memakainya terus menerus selama 4-5 jam berulang, dicas ulang 3 x dan semua berjalan normal. Tablet beyond Bpad yang sebelumnya sering restart sendiri karena baterai drop kini sudah dapat menyala dan lancar digunakan kembali dengan cara mengganti baterai tanam tablet yang baru. Semoga saja nantinya awet agar pelanggan tidak komplain. Sebelum mengirim tablet ini kembali kami menambahkan beberapa download aplikasi dan game koleksi kami untuk tablet beyond bpad pelanggan kami ini agar lebih senang. 

Saatnya kami kirim Tablet yang sudah normal ini, bsc gajian nih...he he. Oh ya untuk cara mengatasi masalah gagal flash tab Allwinner A10 atau A13 dengan Livesuits error "update failed:0x163" caranya harus download rom lain yang bisa memformat total partisi yang rusak karena salah instal CWM/ TWRP custom recovery. Tempat servis handphone kami bahkan sampai 13x download baru nemu firmware yang cocok untuk memperbaiki beyond Btab A13 yang rusak bootloop.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

60 komentar:

  1. Gan mau tanya dong..
    Kalo misalnya lyarx yg kluar hanya tulisan beyond dan gak mati* , di cas gak mau tetep tulisan itu..
    Itu knpa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gagal booting, istilahnya bootloop diinstal ulang os android/ diflashing beyond normal lagi

      Hapus
    2. kalo didiamkan sampe mati gm bos ?

      Hapus
    3. ya nanti mati sendiri

      Hapus
  2. Faisal19:33

    gan mau tanya... battery beyond bpad berapa tegangannya dan amperenya, soalnya punya saya sekarang sering restart sendiri beyond bpadnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterai tablet beyond bpad 3.7V gan, ampere pastinya lupa, tapi minimal agan beli yang 3000maH keatas. soalnya untuk sinyal telpon beyond perlu daya besar.

      Hapus
    2. Faisal22:58

      gan di bali service ada nggak jual batterynya, klu ada berapa hrgnya biar beli di bali service aja... berapa hrg baterynya sekalian ongkirnya ke medan sumatera utara...

      Hapus
    3. Maaf agan Faisal, stok kami terbatas, baterai beyond saya ingat itu disolder di boardnya bisa pakai baterai tablet lain (mis:atom pad) yang penting dimensi dan voltnya sama, coba agan ke toko sparepart hp, agan bawa contohnya.

      Hapus
  3. Anonim06:30

    tombol gambar kunci dilayar tidak bisa digeser kekanan, sehingga bpad beyond saya tidak bisa digunakan . kira kira apa yaa penyebabnya.

    BalasHapus
  4. saya pu.ya tablet speedup pro.... aku mau tanya cara hard'reset.y bagaimna...... ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya lihat di halaman factory reset android, agan coba saja beberapa kombinasi tombol disitu

      Hapus
  5. b pad saya pecah layar touch screennya..belinya dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk membeli lcd touchscreen pecah/retak coba agan hubungi service centre resmi bpad, jika tidak ada, ke tempat jual spare lcd tablet online dengan menyertakan no id product yang ada dibelakang layar touchscreen (tablet dibongkar dulu untuk melihatnya)

      Hapus
  6. Sore bang, mau tanya nih. Beyond bpad kan OSnya gingerbread apa bisa diupgrade ke ics? Klo bisa dimana ya download jamu2nya?
    Thx bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo agan Budi :)di beyond bpad saya nda pernah coba pakai ICS gan, yang type lama ini spek hardwarenya minim sekali

      Hapus
    2. Gitu ya bang, temen sekantor punya nih bilangnya lemot bgt klo dipake internet apalagi download play store...
      Thx infonya. Sekalian forum buat axioonya kpn release ban? Hehehe

      Hapus
    3. iya gan, internet beyond pad type lama masih edge/gprs 60kbits soalnya, ga ngaruh juga kalaupun bisa ke ics. Mengenai rom axioo pp, saya penasaran masalah twpr yang touchscreen tidak bisa itu. Sepertinya twpr detek driver screen dari rom terakhir yang diinstal, nah pengguna pp ggm yg bootloop biasanya sudah instal rom macam2 kan. Pengin dapat solusinya sebelum kita posting.

      Hapus
    4. Iya gan twrp axioo ggm memang hanya work di axioo ggm klo dipakai di rom lain gak bisa touchnya.
      Klo rom pake hh lain mungkin solusinya bisa pake twrp A10 allwinner. Soalnya aku coba di ggm hasil backupannya sama.
      Jadi klo pake rom lain harusnya instal twrp yg cocok dan twrp A10 sepertinya cocok buat semua Allwinner. Buktinya bisa jg aku instal di ggm.

      Hapus
  7. Anonim00:28

    Bli, saya andau dari banjarmasin, mau bertanya kalau lupa password karena salah menggambar pola apa bisa dilakukan faktory reset atau hard reset, soalnya diminta sign dengan email tapi beberapa kali dicoba gagal mohon solusinya bli. makasih sebelum dan sesudahnya :D

    BalasHapus
  8. beyond pad saya suka touch screen sendiri kenapa yah?? mohon infonya bg

    BalasHapus
    Balasan
    1. layar tablet suka touch screen sendiri banyak penyebabnya gan, misal baterai bengkak jadi lcd menekan touchscreen, ada listrik statis, kebocoran listrik dll, perlu dicek tabletnya. agan coba lcd touchscreen beyond dikalibrasi, kalau tidak bisa bongkar casing tablet beyon lalu lepas dan susun ulang hardwarenya.

      Hapus
    2. ok..makasih infonya..saya coba bongkar dulu

      Hapus
  9. saya ada b pad dalam kondisi lock acount google...cuma scatefile ga ada atau ada cara untuk hard reset..sperti yang bos bilang, type ini tidak menempatkan cmw sabagai bawaan.. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet bisa diperbaiki dengan menggunakan adb command, silahkan baca artikel kami factory reset android

      Hapus
  10. bang saya mau tanya soal android saya
    saya pakai android beyond btab2
    kerusakannya ada pada port tempat colokannya charger
    jadi kalau dibuat ngecas itu harus di pegangi dan kalo di lepas ga ngecas, terus klo casnya dipasang portnya goyang2 jadi seperti nggak normal gitu bang...
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sering terima kasus begitu gan, banyak juga merk lain seperti imo, advan, axioo yang jack/usb port male (colokan) chargernya kendor/lepas. solusinya ke teknisi bisa disambung lagi

      Hapus
  11. custom rom jelly bean buat beyond b tab 1 ada gx bli...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit kecuali nekad, alasannya
      1.rom asli beyond tidak ada apalagi custom rom jelly bean,mau coba-coba ya kuatir gan kalau download rom asli saja tidak ada. salah flashing bisa mati total
      2.beyond tidak terbuka masalah spesifikasi hardware, merk lain dengan jelas menuliskan di dos/ brosur
      3.sedikit penggunanya, kalau ada masalah tanggung sendiri tidak bisa sharing

      Hapus
  12. Maaf Gan...

    Ane mau tanya...
    Kan ane punya Tab Beyond B - TAB 8..

    Jadi tuh tab nyangkut di gambar bonek android, ditungguin malah batre abis...

    Kira2 itu masalahnya apa ya, dan cara atasinya gimana ya...

    Tolong ya gan..
    Kalau mau bales kirim ke e@mail saya aja gan...

    firhanqrent13@gmail.com
    -Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. malas jawab gan harus ke email segala, yang bootloop bukan tablet saya kok

      Hapus
  13. salam kenal gan :)
    tab beyond bpad saya mau diganti sinyal menjadi 3G itu bisa gak gan ?
    kalo bisa, tolong dong share caranya gimana :D
    makasih loh sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya pakai usb modem akan aktif sinyal 3 G nya atau beli Beyond B Pad II yang sudah suport sinyal 3G

      Hapus
  14. post.yang sangat berharga gan......ijin serap ilmu nya..

    smoga tak bosan untuk terus berbagi ilmu dalam kebaikan.....


    salam kenal dan sukses

    BalasHapus
  15. saya punya bpad touchscreennya srg loncat2 sdr.knp ya?.dr baru ok aja.
    masalah mulai muncul setelah ganti lcd yg retak
    kl mau kalibrasi gmn caranya ?.di setting ga ada pilihan kalibrasi
    kabel charger sdh di ganti
    sdh di reset factory berxx tetap sama
    dl di root skg di unroot lg

    mohon bantunnya

    mau tanya juga kl osnya di ganti ics bisa ga ?
    spy bs bbman

    BalasHapus
    Balasan
    1. -kalibrasi pakai aplikasi atau masuk test mode, mau update? lah kalau bootloop saja susah perbaiki apalagi update os, pakai apa adanya saja soalnya yang jual tablet beyond tidak pernah kasih link download firmware, dukungan layanannya memprihatinkan
      -semoga vendor beyond dan merk lain yang tidak menyediakan dukungan link download rom baca tulisan ini

      Hapus
  16. Bli ane mau nanya bpad 2 Ics saya restart sendiri dan klu ane factory reset selalu robot android Ϟўª roboh knpa ​Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika factory reset gagal, opsi lain di flash rom/ install, cari link download firmware tablet beyond bpad yang sesuai

      Hapus
  17. yang punya firmware beyond tab 1 posting ya help....

    BalasHapus
  18. Mas mau tanya aku pake note2 replika batrei bisa di charge tpi pke desktop klo pake charge ori ato yg lain cuma kluar petir aja tpi nggk ngisi... gmn mas solusinya?? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. service samsung galaxy replika/copy paling sulit, terlalu banyak varian produsct, tidak ada aturan yang baku, coba bawa ke tempat service android terdekat di situ saja deh

      Hapus
  19. Gan ane maw nanya bpad aye dcas indikator gak nyala
    steĺh dcas pake carger yg lbh rendah kapasitasnya
    solusinya gmn????? Mkz byk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti charger yang sesuai, bongkar baterai, naikkan tegangan baterai 3.8 volt, pasang dan charge kembali

      Hapus
  20. Layar B Tab 9 saya pecah/retak menimbulkan gariss garis retakan tapii mAsih bisaa di Touch bahkan touch nya normal .. Apa yg perlu diganti jika diservis dan kira" brp biaya nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika layar retak tapi gambar+touchscreen masih normal biarkan dulu, soalnya agak susah cari layar beyond 9 inch, kami sering ganti yang layar 7 inch banyak tersedia

      Hapus
  21. gan gw udah ada sinyalnya tapi warna abu abu...tapi ga bisa internetan
    solusinya gimana?????????

    BalasHapus
  22. gan beyond saya ga bisa di kasih kartu selain telkomsel ,sim toolkitnya juga hilang ,gmana cara memperbaikinya,minta bantuannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba factory reset atau flashing dengan download rom firmware beyond yang sesuai typenya

      Hapus
  23. tab saya IMO X6.
    masalahnya,mau di cas tp klo udah ke isi misalnya sampe 78% gak bakal naik2 lagi,biar di mainin tetap aja batrainya gak berubah,tapi biasanya langsung mati sendiri.
    klo terus di sambungkan ke charger di gak mati2 sendiri.
    awalnya saya kira ada virusnya jadi coba saya stel ulang trus pasang anti virus!ehh ternyata problem nya masih sma?
    kira2 klo baikinnya kisaran brpa ya?
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterai tablet imo drop, ganti beli baterai baru

      Hapus
  24. Gan maaf saya mau tanya kenapa kok Tab advan T1J saya sering mati padahal batre full tapi di hidupkan lagi gak bisa ,,, nah trus klo mau hidup lagi harus terhubung sama charge,,, itu masalah di apa nya ya Gan...

    Trims gan ...

    BalasHapus
  25. gan mau tanya hp ane b tab 1. ketika di restr gk nyala lg hp ny. di carge jg gk ngisi mati total itu solusi ny gmn

    BalasHapus
  26. Gan mau tanya .. sy baru beli beyond b tab 9 buat anak. Kenapa nih tablemot bgt yah gan. Baru dipakai 15menit sudah terasa lemotnya.mohon pencerahannya gan trims before

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak penyebab android lemot
      1.kebanyakan aplikasi yang selalu berjalan spt: sosial media/ camera dll
      2.handphone-tablet android kena virus
      3.spesifikasi rendah terutama memory ram kecil diinstal banyak game

      Hapus
  27. Gan mau tnya nih
    Pnya b tab 1 lupa pola
    Cara atasin nya gmna ya gan

    Udah coba sampe 100 kali tetep gak kluar jga email untuk mengubah nya
    Mohon solusi gan

    BalasHapus
  28. tab ane gagal bootloop itu caranya gimana yaa? mohon solusinya gan

    BalasHapus
  29. cara mengatasi bootloop di flash bos

    BalasHapus
  30. Gan numpang nanya klo tablet beyond di nyaliin tp yv kluar layar putih doang knpa ya.? Ap lcd na rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin layar lcd tab rusak bos, coba cek ke tempat servis sebelum beli layar

      Hapus
  31. Ass .gan sy mau nanya nih .punya tab beyond type c82 klu pake power bank nyala dcas juga nyala .tp pas dcabut mati padahal batre penuh .itu kenapa ya gan .makasih

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.