Cara Mengatasi Baterai Laptop Drop

Bagaimana memperbaiki baterai laptop/notebook yang sudah rusak? Sebelumnya perlu diperhatikan bahwa kerusakan baterai dapat disebabkan berbagai macam hal dengan cara penanganan yang berbeda. Berikut ini yang kami bagi adalah tips cara untuk mengatasi baterai laptop drop yang tidak bisa menyimpan listrik dalam waktu yang lama dengan cara refill. Baterai laptop yang rusak seperti ini sering di istilahkan 'baterai ngedrop', hanya mau dicharge tetapi tidak mau full 100%. Jadi kondisi baterai masih bisa dicharge namun hanya bertahan beberapa menit dan cepat habis.
  
cara memberbaiki baterai notebook
Berikut ini contoh cara memperbaiki/refill baterai laptop Compaq-HP (Hewlett-Packard), untuk cara merawat agar baterai laptop awet baca disini. Metode yang sama dapat diterapkan untuk laptop merk lainnya spt: Asus, Acer, Axioo, Lenovo, Sony, Toshiba dll baik itu laptop/ notebook maupun baterai netbook dengan syarat modul Battery Management System (BMS) masih bagus.  

Peringatan!!!
cara memperbaiki baterai
Penulisan artikel ini hanya bersifat edukasi pemahaman bukan untuk penerapan bagi pengguna umum. Hanya untuk mereka yang paham prinsip dasar elektronika, membongkar-membuka baterai tanam laptop beresiko mengakibatkan ledakan / terbakar. 
Segala resiko melakukan kegiatan seperti dalam artikel ini bukan tanggung jawab kami.
Bongkar pembungkus/ case baterai rusak dan lepaskan rangkaian cell baterai dari case dengan hati-hati. Semua contoh gambar di dalam artikel ini adalah jenis paling sering dipakai Nikel atau lithium seperti contoh di artikel sini. Untuk beberapa type laptop slim biasanya menggunakan jenis baterai tanam berbeda yaitu jenis Lithium polymer seperti biasa dipakai di handphone Android.
Sebelum membuka dan melepas rangkaian cell baterai buat jalur skemanya, ini contoh ukuran dan skema baterai Compaq-HP (Hewlett-Packard) yang rusak.
Skema baterai laptop/ notebook maupun baterai netbook merk lain bisa berbeda, ada output 11volt, 14V bahkan 7.4 volt, sesuaikan keadaan sebenarnya seperti regulasi modul BMS yang tertera di cover batterai.
cara membongkar baterai
Pisahkan rangkaian paralel baterai laptop agar kita dapat mengecek cell baterai laptop mana yang perlu diganti/ direfill. Ada baiknya masing-masing cell di beri kode agar mudah identifikasi yang sudah drop setelah dicek.
cara perbaikan baterai tidak mau di cas
Setelah terpisah, cara untuk menemukan cell baterai laptop yang rusak untuk diperbaiki, siapkan AVO meter yang sudah di set di 10 volt DC, untuk mengukur voltase tegangan masing-masing cell baterai laptop.
tempat service baterai laptop
Pemahaman Singkat mengenai baterai laptop /netbook dan cara cek :
  1. Cell baterai yang digunakan di laptop terkini adalah type lithium yang bisa disi ulang. Baterai Li-ion memiliki ukuran tegangan/ volt yang dalam keadaan normal dapat diketahui berada dalam rentang charging cut off 4.2V (tegangan baterai setelah dicas penuh /full charge) sampai dengan habis dipakai /discharging cut-off 3.0V (tegangan baterai dianggap habis).
  2. Ampere adalah satuan kapasitas baterai. Yaitu lamanya waktu yang dibutuhkan cell baterai laptop bertahan dari keadaan penuh (4.2V) dan dipakai sampai baterai habis (3.0V) ketika diberi beban 1A secara konstan. Jika baterai habis dalam 2 jam maka dapat diasumsikan kapasitas yang dimiliki 2000mAh (2A).
service perbaikan pc laptop komputer
V=0,104, cell baterai lithium rusak perlu diganti
Menggunakan cara kalibrasi adalah baik untuk merawat jika kondisi masih normal, namun tidak bisa untuk memperbaiki  jika masalahnya sudah drop dipakai cepat habis, bocor apa lagi muncul peringatan baterai silang dengan tulisan "consider raplacingyour battery" . 
agar baterai laptop kuat dan awet
V=4,081 cell baterai baik, tidak perlu di ganti
cara mengganti baterai
V=0,008 cell baterai laptop rusak parah
Lanjutkan cek semua kondisi cell baterai, dan gantilah yang rusak. Beli cell baterai lithium baru sejumlah baterai li-ion yang rusak. Tempat jual cell baterai rechargable lithium untuk refill laptop bisa beli di toko elektronika/ spare part kelistrikan. Ganti dengan merk original yang umumnya menggunakan sanyo, panasonic atau samsung, dengan rata-rata isinya 1800mah sd 2400mah harganya 60-100 ribuan per biji. Namun banyak sekali baterai kw abal-abal bahkan palsu dijual di toko-toko, harganya sangat murah dimana isinya tertulis sangat besar sampai 4000-9000mah tetapi sangat tidak sesuai dengan kapasitas asli bahkan sedikit sekali, lihat gambar dibawah.
cara cek
Setelah di buka ternyata isinya hanya pasir dan sebuah baterai kecil, maka cepat habis jika dipakai, harganya tidak sampai 25ribu, murah tapi tipu-tipu, masih mending sekalian beli baterai bekas cabutan laptop ori yang masih normal. Agar tidak mudah tertipu maka untuk lebih memahami silahkan baca cek perbandingan kapasitas baterai asli dan kw di artikel bawah ini:
Artikel Cara Mengatasi Baterai Laptop Drop ini merupakan rangkaian dari artikel kami sebelumnya mengenai "Baterai Laptop Rusak". Silahkan membaca artikel terkait tersebut untuk pemahaman yang lebih baik bagaimana cara membuka baterai laptop dan keterangan lainnya.

Dalam situasi tertentu jika merk laptop/ netbook kita tidak ada yang jual baterainya seperti sony, dell, fujitsu, atau harganya terlalu mahal (beberapa seri laptop harga jual baterai ori bisa mencapai 800 ribuan lebih) maka memperbaiki baterai laptop drop atau tidak mau dicharge ini dapat menjadi pilihan. Namun untuk merk umum di Indonesia seperti Asus, Acer,Toshiba, HP banyak dijual ditoko, sebaiknya ganti saja sepaket baterai baru sesuai type.
  • Sekedar info harga per 1 cell baterai refill original yang cukup baik dijual kisaran mulai 50 ribuan (1800 maH), ada yang mencapai 100 ribuan untuk merk branded (panasonic/ Sharp/ Sanyo/ UltraFire/Samsung) dengan ampere yang lebih besar 2500maH.  Silahkan hitung total biaya jika isi 6 baterai rusak semua.
  • Harga jual baterai laptop-netbook original merk Asus, Acer, Axioo, Compaq-HP, Lenovo, Sony, Toshiba kisaran 600-800 ribuan bergantung serinya.
  • Harga jual baterai OEM (Original Equipment Manufacturer) merk Acer, Advan, Apple, Asus, Axioo, Compaq-Hewlett-Packard, Lenovo, Toshiba kisaran 400-500 ribuan bergantung serinya. Sedangkan harga baterai laptop KW (china) mungkin lebih murah.
Cara memperbaiki baterai laptop dengan metode bongkar-refill cell baterai lithium ini dapat diterapkan dalam kondisi sbb:
  1. Baterai laptop masih dapat bertahan beberapa menit menyimpan listrik atau Board circuit /modul Battery Management System (BMS) tidak rusak. Cara mengetahui kondisi circuit board baterai masih dalam kondisi baik dan tidak rusak adalah saat kita men-charge batere masih mau mengisi atau setidaknya di laptop akan terlihat lampu indikator yang menyala. Jika baterai laptop sama sekali tidak terdeteksi, dicharge tidak mau ngisi atau lampu indikator tidak menyala berarti rusak rangkaian ic modul baterai laptop dan tidak dapat diperbaiki dengan cara direfill.
  2. Tidak ada warning tanda silang merah dipojok kanan bawah laptop disertai tulisan "Consider Replacing Your Battery" dengan tanda silang pada layar os windows.
Karena untuk 2 kondisi kerusakan terakhir, yaitu masalah kerusakan board circuit baterai laptop/BMS dan ada warning baterai berbeda cara memperbaikinya. Cara memperbaiki baterai  dengan refill ini hanya untuk cell baterai laptop ngedrop atau dipakai cepat habis.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

95 komentar:

  1. infonya sangat membantu dan sangat detail tanks infonya master...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @rudy rahman: kami share karena kerusakan baterai laptop drop paling sering terjadi dibanding hardware laptop lainnya. terimakasih kunjungannya dan komentar agan.

      Hapus
  2. Anonim20:33

    Gan mau tanya, kalau "consider replace your battery" kita service gini bisa ngga gan? soalnya udah saya coba reboot terus startup save mode sampe mati hasilnya nihil. kira2 kalau saya service sendiri batre laptop merk Acer saya dengan cara refill gini apa ngga bisa untuk mengembalikan daya simpan batre saya, untuk problem consider?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1."consider replace your battery" Win 7 akan mulai memberi warning tsb jika menerima 'info' dari ic board baterai bahwa kapasitas baterai sudah menurun melebihi 60% dari kondisi awal(wear level).
      Persoalannya pada baterai laptop double power(8cell)dengan sisa 40% tsb kapasitas daya baterai mungkin masih 1jam. Sedangkan pada netbook intel atom (3cell) tinggal 10 menit.
      2. Kalau masalah warning, bisa di disable atau pada win7 service pack 1 ada opsi menghilangkan, namun tidak mengubah kondisi daya baterai.
      3. Sifat cell baterai lithium yang sudah rusak akan cepat merusak cell baterai baik jika tetap dipasangkan, ini membuat baterai semakin drop setelah warning muncul. Kalau dibiarkan ic control mati dengan tanda cell tidak menyimpan sama sekali.
      4. Selama ic board baterai masih ok, refill akan mengembalikan daya simpan baterai laptop. Apakah menghilangkan pesan "consider replace your battery"? bisa iya bisa tidak.mengapa? Refill akan mengembalikan daya namun kadang beberapa ic control tidak bisa diubah info datanya(read only).
      Kami pernah berhasil mengmbalikan daya cell baterai sampai 2 jam lebih tapi warning masih muncul.
      Nampaknya ada vendor laptop 'ngotot' pengin jualan baterai dengan merancang ic board baterai seperti itu ;)
      semoga membantu agan

      Hapus
  3. Anonim21:36

    SAYA PUNYA NETBOOK AXIO PICO 10" BATERAINYA BISA DI CHARGE SAMPE 100% TTP MASA PEMAKAIAN HANYA SETENGAH JAM, SETAL SAYA BONGKAR BATERAINYA DA 3 CELL BATERAI, SAYA UKUR MASING CELL BATERAINYA RATA 4V BERARTI BATERAI CELLNYA GA ADA YG DROPRUSAK DONG...YANG SAYA TANYAKAN :
    1. APAKAH BATERAI CELLNYA YG RUSAK SAYA PERLU MENGGANTI KETIGA BATERAI CELLNYA
    2. BERAPA BATERAI CELL YG SAYA GANTI

    MOHON PENJELASANNYA, TERIMA KASIH...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini beda masalah gan, yang menentukan lama tidaknya jam kerja baterai itu ampere gan, laptop itu umum 6 cell baterai (ada yg 12 cell), jadi 2x lebih netbook yg 3cell kan?. kalau 3 cell baterai 2000maH mau lebih lama, ya ganti ampere 4000maH semua.

      Hapus
  4. Anonim22:41

    saya punya nettbook acer d255 baterayx sudah tidak bisa menhidupkan neetbook saya.,baterayx klu di carge dalam kondisi laptop mati lampu ledx nyala menandakan di carger,tapi klu dalam kondisi laptop nyala tulisan di icon bateray not carging...tadi saya sudah bonkar baterai packx,ada 6 cell,trus saya cek satu2x bateray teganganx cuma 3,5volt,,apa bateryx yang rusak atau circuit boardx yang rusak??terima kasih...hendra

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan circuit board baterai laptop rusak gan, jadi ga mau ngecas, kalau dicek cell baterai laptop 3,5V, ane biasanya sih masih pakai cell tersebut.

      Hapus
  5. Anonim23:05

    gan mohon info, saya punya laptop setelah saya bawa ke servic untk mengganti hardisk kebetulan saya lupa gk bawa cargernya, kemudian di carger sama miliknya servc, setelah hardisk di ganti ee ternyata timbul masalah baru di sistem arus listriknya , kalo laptopnya di on kan kurang lebih lima menit akan mati sendiri walau sambil di carger, setelah itu tdk bisa di on kan lagi kecuali batrenya di lepas dulu kemudian di pasang lagi baru bisa nyala , dan juga tdak bisa di carger ( LAMPU INDIKATOR CARGER TDK NYALA)
    kecuali batrenya di lepas dulu setelah di shut down. mohon solusinya gan trima kasih banyak.

    laptop merk PANASONIC
    TIPE CF 2
    hardisk 30 gb
    14 inc
    Ram _+ 258
    batre 6c
    lama pemakaian sebelum di servic 2jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman kami penggantian hardisk tidak berpengaruh pada kerusakan baterai laptop, coba cek kondisi charger dan baterai,pin konektor baterai dibersihkan dengan alkohol gosok dengan sikat gigi

      Hapus
    2. Anonim07:08

      trims gan, begini gan waktu saya hidupkan tidak pakai batre hanya pakai carger hanya bisa hidup sekitar 5 sampai 10 menit kemudian mati, nah setelah mati saya hidupkan lagi tdk bisa ON kecuali cargernya kita copot dulu, mohon solusi dari agan yg berpengalaman apakah masih bisa di atur / di jual kiluan aja.Makasih semoga BSC ttp jaya

      Hapus
  6. Anonim07:24

    cargernya juga telah saya coba berbagai merek dan bentuk carger tp tetep aja seperti tsb di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau begini lebih mirip ciri vga rusak daripada baterai rusak gan, coba agan anonim (he he..)lihat artikel penyebab laptop mati

      Hapus
  7. Anonim14:34

    trimks.Info Ya
    Sangat membantuuu.

    BalasHapus
  8. Anonim09:02

    batery laptop advan saya klu dicharge ada tanda silang merah gan, ada warning replace dst, stlh saya ukur cel batery 4 menujuk 4.1 volt yg dua 1,5 volt, dicharge tdk mau isi, mhn pencerahan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baterai laptop advannya di ganti 2 cell tsb gan

      Hapus
  9. Anonim17:29

    Artikelnya keren, terima kasih shared ilmunya bos. btw ada ngga artikel untuk power bank? thanks

    BalasHapus
  10. Anonim22:48

    Gan laptp qu kalau ∂ï cas keluar tulisan not charging dan baterainya tidak ߹šª terisi
    Jadi apa masalahnya Ƴª⌣̊┈̥-̶̯͡☆. Tq

    BalasHapus
  11. Artikelnya keren, dapat membantu mautanya dimana kita dapat beli baterai/cellnya setiap tanya ditoko dikasih yang 2500mAh/1.2V

    BalasHapus
  12. Sekedar tambahan info untuk cell batrei laptop menggunakan batrei jenis 18650 ( diameter 18mm dan panjang 650mm ) biasanya batrei tsb sebijinya punya tegangan 3,7v 1000-3100mAh.. kalo mau replace cari yg panasonic or sanyo..

    Batre2 li-on ini sering dipakai senter2 high power led..

    BalasHapus
  13. Anonim00:01

    Mas,leptop sy toshiba L305 satelite yg sy mau tanyakan:
    1. Pas chargeran dicolokin leptop sering restart sendiri?
    2. Dlm keadaan baterai dilepas dengan hanya menggunakan chargeran laptop tdk mau menyala seperti kehilangan daya,itu knp?
    Mohon bantuannya.terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin charger laptop yang rusak atau mainboard laptopnya, agan sudah coba pakai charger laptop lain normal atau masih restart?

      Hapus
  14. info yang sangat menarik,,, bisa tolong pm toko yang jualan cell baterenya mas...?? kalau ada tolong ksh info ke manuolazee@yahoo.com. yang toko on line kalau bisa,,, thx

    BalasHapus
  15. adminnya keren, jasa service komputer yang mau berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini kehormatan, ada master seo mampir ke baliservicecomputer ;)

      Hapus
  16. cara membuat power supply pengganti baterai gimana gan, soalnya chargenya rusak !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. charger laptop beli saja gan, banyak di toko komputer kok ;)

      Hapus
  17. siang gan
    netbook ane asus eeepc 1015pw
    ga mau ngecas gan, bisa hidup kalo ke adaan colok listrik aj
    cuma bacaan 0% Available (plugged in, charging)
    ane pengen tanya n consul sblum ke service

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu baterai laptop rusak jadi tidak perlu diservice gan, laptop langsung di bawa ke toko baterai laptop, lalu beli baterai yang cocok ;)

      Hapus
  18. misi gan.. mo tanya kalo laptop toshiba l640 kadang hidup dan kadang mati penyebabnya apa ya gan? dan mohon bimbingan solusinya gan? tks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan baca artikel khusus mengenai cara mengatasi laptop rusak di sini

      Hapus
  19. Anonim13:03

    BALI SERVIS COMPUTER :)

    semoga makin sukses dan lancar jaya agan :)

    pelayanan dan respon sangat baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih untuk kunjungan dan komentarnya agan ''anonim".

      Hapus
  20. Anonim23:01

    hai gan...
    aku ingin nanya knpa muncul sebuah kalimat 29% available (plugged in, charging) consider replacing your battery.? dan jga mncl ! there is problem with battery, so your computer might shut down suddenly.? dan jga klo ga pke charge ga bisa nyala -_- klo pke charge baru nyala
    gan klo blh tau apa mslnya , yach v_v ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterai dengan daya simpan dibawah 40% akan dianggap sudah harus diganti oleh system windows, maka muncul notifikasi consider replacing your battery, solusinya beli baterai baru dengan membawa serta laptopnya ke tempat jual baterai

      Hapus
  21. mau tanya gan klo laptop saya pas di nyalain charging tpi cuma 5 detik habis itu ga isi lagi.
    tetap 0% sampe seharian jg tpi lampu indikator ttp nyala
    ada tulisan plugged in charging.
    itu kenapa ya dan bisa di perbaiki ga gan?
    toshiba c 640

    BalasHapus
    Balasan
    1. diservice juga harus refill semua cell baterai, pertimbangan biaya sebaiknya ganti baterai laptop dengan yang baru

      Hapus
  22. gan,lp ane asus A43S,problem ane gan klo mke lp batre full tpi ga dicas,plg 10 mnt an jangsung MATI! kaya compi mati lampu,gaada peringatan apa2! apalg shutdown.... mirip overheating lahh.pdhl klo dinyalain lg kpsitas btre msh 70% an..,dan problem ini tak terjadi jika charger cicolokin, memang ada perigatan consider replacing,namun ni batre baru ane pke skitar 1 tahun 5 buln,barengan ama beli lpx.. Mohon solusix gan,Kra2 d gnti cellx aja bsa ga? trus apa tdk trjadi konsleting jka yg aslx 2000A ane gnti sma 4000A

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bom atau baterai gan kok ukurannya 2000Ampere? refill baterai laptop pakai yang ukuran dayanya sama asal kualitas baik

      Hapus
  23. gan mau tanya nih.
    batre kalo di bawah 20% pasti laptop langsung mati tanpa shoutdown. itu knapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalibrasi baterai laptop agar mengenali kapasitas total terkini

      Hapus
  24. Mau tanya mas,, Kalo misalnya laptop kita mati sendiri tanpa ada warning pas make baterai, apa itu artinya baterainya drop??? kadang-kadang pas masih 30%, 40%, 50% itu laptop tiba-tiba mati sendiri.. Terus untuk warning di pojok kanan bawah tu kadang muncul consider replacing, kadang hilang lagi,,,
    Nah kalo gitu, apa bisa digunakan cara di atas??? Kebetulan saya domisili di bali, kalo mungkin ketemu solusinya mohon hubungi saya ya mas
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masalah itu terkait baterai laptop drop/ mulai rusak, cara diatas untuk type laptop yang jarang/sulit cari baterai, kalau banyak yang jual mending beli baterai laptop baru dapat garansi

      Hapus
    2. Oh gitu ya,, Ok deh mas, terima kasih

      Hapus
  25. mau tanya mas, notebook saya awalnya normal nomal saja, namun tiba tiba mati total namun ketika di carger hanya bisa menyimpan 6% energi saja dan ada tulisan plugged in, not carging di icon baterainya. apakah baterai saya masih bisa di perbaiki..?? jika masih bisa bagai mana caranya.. ??
    atau itu sudah bener bener rusak dan harus di ganti baru ..??
    mohon bantuannya ya mas .. :)
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saatnya beli baterai notebook baru ;)

      Hapus
  26. kalau laptop baru saja dinyalain truss beberapa menit kemudian mati sendiri gimana ngatsinnya bang??
    dan masalah lain kok baterai masih 90% tapi nyalanya cuma 45 menit dipemberitahuan gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah pertama kemungkinan terkait power suply atau chipset vga, yang kedua baterai tergolong masih normal, emang maunya berpa bos? laptop menyala 6 jam?

      Hapus
  27. bang leptopku klo gak di charger cepat habis, tpi setelah di charger batreianya cepat full
    masalhnya apa? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  28. Bos laptop ane compaq presario V3700, sekarang di layar indicator ada tulisannya "plugged in and not charging". Itu yang rusak baterainya atau bukan ya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bos ke toko baterai laptop lalu disana coba dengan baterai compaq baru jika bisa charging silahkan dibeli, gampangkan he he...

      Hapus
  29. gan kenapa baterai ane gag bisa ngisi? di charge pun cuma 2% terus dan gag nambah2 wlaupun di charge 1 malam? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke tempat service laptop karena juga perlu dicek mainboard

      Hapus
  30. Anonim22:54

    mas saya mau tanya kan laptop saya batraenya masih 45% baru tiba tiba kehabisan baterai tanpa ada peringatan KALau baterai lemah pas saya cas ternyata baterai 6% itu,kenapa ya mas

    BalasHapus
  31. gan ini baterai laptop saya drop
    stelah itu saya saya ganti cell baterai.nya dengan baterai ultrafire AA 18650
    harga @15rb
    stelah saya ganti kok waktu di cas cepet bgt penuh
    dan juga cepet bgt habis gak sampe 10 menit

    itu kira2 masalah.nya apa y gan
    apa karna baterai.nya ultrafire KW itu y....?
    tlong di bales gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika melihat harga baterainya kemungkinan besar palsu bos, ga ada harga segitu, cari cell refill merk sanyo, panasonic atau baterai samsung

      Hapus
  32. info yg sangat menarik om.. trimakasih penjelasannya..

    BalasHapus
  33. bro, saya pengen service battery laptop dong, laptop saya sering tiba tiba mati sendiri padahal masih 30 %.. brapa biaya nya kira kira? saya di bali juga ini

    BalasHapus
  34. maaf mas jadi apabila sudah di ganti cell batre tetapi eror consider tetap tidak mau hilang apakah yg harus saya lakukan...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca dong artikelnya,kan sudah ditulis refill ini tidak untuk menghilangkan "Consider Replacing Your Battery", cara menghilangkan sudah kami bahas diartikel terkait

      Hapus
  35. Permisi, laptop saya asus a43js. Pertama dinyalakan baterai 96%(2 jam sekian), tpi tdk sampai 10 mnit laptop mati. Coba dihidupkan kembali, hanya sampai logo windows laptop mati lagi. Baru bisa nyala kalo di cas. Setelah di cas 100% saya cabut, tidak sampe 10 mnit mati lagi. Mohon solusinya

    BalasHapus
  36. Permisi bos. Saya coba bongkar baterai Acer 2920 buat diganti baterai refill baru (tipe 18650). Nah, ternyata kabel di dalamnya ada 4 buah, skemanya mirip dengan yang baterai HP di atas. Kalau menurut gambar yang saya foto, ada 4 titik yang harus disambungkan yaitu di setiap sambungan seri (2 di ujung, 2 di tengah). Akan tetapi, kenapa kok sepertinya ada yang salah ya, karena setelah saya replace, kabel sambungan jadi panas kayak kebakar. Apakah salah polaritasnya?
    Terima kasih atas responsnya

    BalasHapus
  37. baterei laptop saya klo udah dekat 30% mati tiba-tiba gan tolong minta solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kondisi itulah mengapa di sebut baterai laptop drop, terbaca masih ada isinya kenyataannya laptop mati (baterai kosong)

      Hapus
  38. min,, saya mau tanya,,
    apa perbedaan susunan kaki cicuit batrai acer dan batrai toshiba?? min

    BalasHapus
  39. admin kalau cara mengatasi baterai yang baru beli tapi tiba2 g bisa ngecas (plugged in, not charging)


    BalasHapus
  40. Kalo baterai beda amper ngefek nggak min

    BalasHapus
  41. gan mohon petunjuk...baterai sy klo dicharge hny smp 60% pemakaian sktr 30mnt tp turunnya cepat,tp ketika masuk ke 2-4% ini agak lama tahannya.... cellnya ktk di test 3.5v. ni yg mslh baterai ato circuit boardnya.thanks

    BalasHapus
  42. Gan Knapa yah awal nya sukses terus pas saya bungkus ,,
    Kabelnya ketarik terus saya pasang lagi kok .
    malah gag mau di cas.
    kira-kira apanya yah

    BalasHapus
  43. Saya pakai notebook axio pico pjm..baterai dicas seharian cuma sampai ke 62%saja.. Gak bisa nambah lagi.. Terus dipakai cepat sekali habis... Solusinya gmana master..mohon bantuannya..terima kasih

    BalasHapus
  44. gan saya mau nanya netbook axio saya mati sendiri klo ga dicas tpi kalo dicas tetep idup apa ya permasalahannya?apa bisa diservice ke service centre.soalnya klo mau beli baterai lagi kan maal maklum masih pelajar hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara mengatasi baterai rusak pilihannya cuma diganti dek, laptopnya tidak tahu yang pakai pelajar atau bos besar ;)

      Hapus
  45. mas saya mau tanya ' laptop saya di batreinya ada tulisan pertimbangkan untuk menganti batrei anda' kalau misalnya saya tetap memakainya dan belum menganti batreinya ...apa resikonya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak akan merusak apapun jika baterai tetap dipakai

      Hapus
  46. Selamat Pagi Gan, sy mau tanya ! Sy punya Axio Pico CJM OS 8.1, batere full 100% tp setelah carger dicabut langsung mati total. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti baterai laptop baru, itu baterai sudah drop/tidak mau nyimpan daya listrik

      Hapus
  47. Permisi gan, saya mau tanya seputar masalah laptop saya
    Begini, kenapa laptop saya cukup sering mati mendadak, sama indikator lampu yg simbolnya tabung, berkedip cepat tapi nyalanya agak lemah terimakasih

    BalasHapus
  48. gan batere saya full changer tapi tahanya cuma 30 menitan , terus klo di changer full cepet sekli . slusinya gan biar kembali seperti semula

    BalasHapus
  49. Kalau ampere dari sebiji baterainya tertulis 6800 mAh aman gak ya kalau buat ganti baterai asli yang ampernya cuman tertulis 4800 mAh

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah dapat cell baterai laptop 6800mah per biji, baterai merk apa itu bos?

      Hapus
  50. tiap baterai tersisa 90% ngapa laptop saya mati trus ya gan?
    laptopnya yg rusak atau baterainya gan? mohon solusina gan

    mau coba Kalibras tpi 90% udah mati aja gimana mau di habisin sampai 0

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika pakai charger mau nyala sudah jelas baterai laptop rusak bukan? kalibrasi baterai tidak untuk memperbaiki baterai yang rusak, mesti ganti baru

      Hapus
  51. keren gan informasinya sangat membantu,
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop https://laptopbekasjogja.wordpress.com/

    BalasHapus
  52. Mas kalau punya saya batrainya sebenere baru ganti kan? Trus tiba2 setelah 6 bulan muncul tanda silanh tulisannya there is a problem with your battery so your computer migh shut down suddenly. Itu bagaimana mas? Tp kalau tak coba safe mode sebenere juga bertahan lama. Solusinya ini bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. usia baterai laptop tergantung dari pemakaian user,jika baterai ori biasanya akan lebih awet dibanding kw, agak susah membedakan baterai laptop ori atau bukan soalnya sekarang kw juga berani pakai stiker merk ori

      Hapus
    2. mas baterai asus ee pc gak mau ngisi ( 0% available plugin charging) yg rusak apanya ya? kalau batreinya yg rusak apa masih bisa diservis?

      Hapus
    3. beli baterai di toko sparepart laptop, langsung test disana jika ok bayar, jadi laptop dibawa ke toko

      Hapus
  53. gan ane mau tanya, klo batre ane kan 6 cell trus klo ane jadiin 9 cell (nambah 3 batre) dengan circuit yang sama itu bisa ga? atau ada masalah? tegangan total batre ane 11-12 volt

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa bos, harus genap itu rangkaian baterai laptop seri+paralel,paralel kan genap jumlahnya ya,output volt nya juga banyak

      Hapus
  54. Terima kasih atas ilmunya,. Mau tanya, apa setiap penggantian battery baru harus di cas selama 8-10 jam..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterai baru dari lithium polymer(lipo) tidak perlu dicas terlalu lama seperti baterai jadul nicad, malah bisa merusak baterai

      Hapus
  55. Maaf mas mau tanya laptop saya Toshiba c640 kalau dicas hanya masuk sekitar 5 menit aja, trus casnya g masuk dan lampu indikator cas jg ikut mati .
    Mohon jawabannya om terimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling mudah silhkan laptopnya dibawa ke toko tempat jual baterai laptop, pasang baterai baru langsung ditest disana jika ok bayar

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.