Paket Internet Smartfren

Kali ini saya akan berbagi reviev paket internet smartfren bulanan unlimitted. Berbekal modem Smartfren evdo kita mempunyai 3 pilihan paket internet smartfren yaitu terbaru Unlimited, Volume Based dan Postpaid Unlimited. Dari ketiga paket ini baliservicecomputer mencoba untuk menggunakan Unlimited, karena kami membutuhkan paket internet tanpa batas kuota dalam penggunaannya. Pusing soalnya memikirkan berapa sisa quota karena kami sering harus mendownload driver-driver laptop untuk perbaikan laptop pasien kami dengan ukuran file yang cukup besar. Berikut ini review paket Internet smartfren Unlimitted dengan cara daftar paket internet sms ke 123 ketik :Data(spasi)unl30.
modem evdo paket smartfren
Paket Internet Smartfren 2013
Cara daftar paket internet smartfren ini juga dapat dilakukan dengan mengetik *123*3*2*30 lalu pencet tombol call/Yes. Tersedia paket internet smartfren unlimitted harian, mingguan dan bulanan. Dalam artikel ini kami menggunakan cara daftar paket internet bulanan. Ternyata banyak perubahan paket internet smartfren unlimitted di tahun 2013 ini. Misalnya penerapan Fair Usage Policy (FUP). FUP adalah batas pemakaian wajar pada beberapa paket internet Smartfren Connex yang akan otomatis melakukan pembatasan kecepatan bagi pelanggan yang melebihi batas yang ditentukan. Jika pelanggan paket internet smartfren unlimitted telah melewati batas pemakaian 500Mb dalam 1 hari maka kecepatan akan diturunkan dari evdo ke cdma Rtt1X. Sebelumnya paket smartfren ini tidak menerapakan sistem FUP. 

Selain itu harga paket internet smartfren unlimitted juga naik, baik paket internet smartfren yang harian, mingguan maupun bulanan, untuk tahun 2013 ini pelanggan harus mengeluarkan biaya paket internet Rp.99 ribu untuk 1 bulan berlangganan. Pelanggan paket internet smartfren kami anjurkan untuk tidak menyisakan pulsa pada sim card yang digunakan untuk internet data. Karena Smartfren akan melakukan pemotongan sisa pulsa secara langsung tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika paket internet sudah habis.
internet samrtfren unlimtted
Paket Internet Smartfren 2012
Dalam prakteknya, walaupun kecepatan download yang dijanjikan paket smartfren ini mencapai 768 Kbps dan kami menggunakan modem evdo smartfren, kami hanya mendapat sinyal cdma pada siang hari. Sedangkan sinyal evdo paket internet smartfren unlimitted hanya bisa ditangkap pada malam hari. Kami yakin berada di daerah jangkauan coverage sinyal evdo smarfren. Soalnya ketika kami menggunakan paket internet sistem Kuota, sinyal evdo dapat diterima dengan baik setiap saat. Di siang hari kami hanya mendapat kecepatan modem cdma 1X antara 40 hingga 100Kbps, jadi hanya 10% dari 768Kbps yang dijanjikan pada paket internet smartfren. Padahal kami menggunakan modem smarfren evdo. (lihat gambar dibaawah ini).  

modem evdo paket internet smartfren
Kecepatan Download Paket Internet Smartfren Modem Evdo hanya CDMA 1X
Selama 3 hari melakukan test kecepatan paket internet smartfren unlimitted, dengan 2 modem evdo smartfren yang berbeda, (modem smartfren Xtre@m dan prolink PCM 100) tetap saja sinyal evdo selalu menghilang di siang hari dan baru muncul pada malam hari. Saat setting apn modem sudah kami ubah ke evdo only malah membuat koneksi internet tidak dapat dilakukan. Pada setting Hybrid, membuat koneksi beberapa kali mengalami disconnect/DC. Sehingga prosses download harus diulang dari awal. Namun pada malam hari koneksi evdo mulai membaik. Mengubah no dial ke "777 atau *99# serta setting APN smartfren dengan menggunakan password dan username smart dan m8 juga tidak memberikan berubahan. Kesimpulan sementara kami, tampaknya pihak operator internet smart 'sengaja' membatasi penerimaan sinyal evdo lebih diprioritaskan kepada pelanggan sistem quotaMungkin ada pembaca yang memiliki pengalaman lain dalam hal kecepatan download paket internet smartfren bulanan ini?.

Jika pada tahun 2012 lalu paket internet smartfren unlimitted ini tidak menerapkan sistem FUP, maka paket internet smartfren unlimtted terbaru ini menjadi tidak unlimitted lagi dengan diterapkannya pembatasan kuota harian sistem FUP. Kenaikan harga paket juga menjadi nilai minus. Walaupun dijanjikan kecepatan download yang lebih tinggi yaitu mencapai 768Kbps(di tahun 2012max download hanya 384Kbps), dugaan adanya unsur kesengajaan operator smartfren menghalangi penggunaan sinyal evdo disiang hari untuk paket internet smartfren unlimitted ini perlu dipertanyakan. 

Seperti terlihat dari daftar nama paket di situs resmi smartfren, pantas paket internet smartfren ini hanya diberi nama "unlimitted" saja, padahal tahun 2012 lalu dipromosikan sebagai paket internet smartfren "TRUE Unlimitted". Seiring perkembangan Handphone Android teknologi sinyal 4G, pihak Smartfren juga sudah mendukung dengan tersedianya jaringan LTE dan sering menjual Handphone Andromax 4G bonus bundling dengan paket unlimited. Jika ada pembaca yang memiliki pengalaman lebih baik saat menggunakan paket internet smartfren bulanan ini kiranya dapat berbagi pengalaman dalam komentar dibawah ini.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

4 komentar:

  1. Anonim21:15

    Saya sudah pakai Smartfren dari masih yang 75000 kecepatnya 512 wissssss.....enak nonton youtube ga mecet-mecet.Lalu harganya naik 95k, kecepatannya turun tapi masih ok la. Dan sekarang Gua sangat marah kena FUP lagi, Untungnya BTS ada di belakang rumah so masalahnya tinggal kecepatan, ya itu tadi saya punya 2 koneksi jadi saya gabungin pakae proxy. Wisss .... masih mending la.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar gan harga paket bulanan smartfren dulu 75 ribu, seingat ane dulu emang tanpa FUP. Keren tuh agan bisa pakai proxy smart, jadi pengin belajar dan ngetest juga nih untuk review smartfren. Thanks gan sudah share infonya

      Hapus
  2. Anonim02:30

    Ane ga ngerti soal paket-paketan , so asal mbeli aja. Dah gonta ganti paket CDMA or GSM tp selalu pindah kelain hati. Cb pake Smartfren paket bulanan 50 rebo didaftarin di counter..........wus...wus...wus...bagaikan nonton balapan orang ngesooot. Nyuesel banget ane jadi orang yang naif.
    Minta advis nya dong ke 08989536294 buat Agan2 yg ngerti.
    Modem ane venus vt12 230kbps CDMA .
    Vodafone 7.2mbps GSM.
    Thx..thx...thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sulit gan
      1. modem agan cdma tapi masih 1xRTT jadul (maaf gan biar jelas masalahnya), yang kecepatan internet wus wus itu modem cdma EVDO Rev A, jadi mesti ganti modem dulu agar internet dapat cepat.
      2. modem agan GSM kecepatan bagus, tapi GSM sewa satelit kita yang bayar, jadi internet GSM mau dilihat dari atas bawah, kanan kiri tetap lebih mahal daripada cdma evdo yang ga pakai sinyal satelite

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.