Mempercepat koneksi internet

Mempercepat koneksi internet adalah suatu cara optimasi agar koneksi internet kita berjalan dengan cepat baik pada PC komputer desktop  maupun laptop. Berbeda dengan cara mempercepat koneksi internet untuk gadget atau HP yang sangat terbatas opsinya, mempercepat koneksi internet pada komputer desktop/laptop lebih banyak pilihan konfigurasinya. Secara umum ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah cara-cara mempercepat koneksi Internet:

Cara Mempercepat Koneksi Internet secara Internal
Cara mempercepat Koneksi Internet/download secara internal adalah optimasi yang dilakukan pada berbagai faktor yang ada dalam komputer/laptop kita. Ini dapat dilakukan melalui optimasi hardware dan software. Hardware yang dapat dioptimasi adalah sbb:
  • Processor: pemilihan jenis processor sangat mepengaruhi kecepatan internet. Jenis processor yang memiliki cache memory yang besar akan lebih baik dibandingkan processor yang memiliki cache memory yang kecil. Misalnya jenis processor Pentium Intel celeron sangat lambat saat digunakan untuk browsing internet, apalagi untuk download karena memiliki jumlah cache memory yang sangat kecil.
  • Memory: semua konten internet yang kita akses akan diletakkan secara sementara (temporary) di memory RAM. Pada windows XP dengan minimal memory 1GB akan membuat akses data internet semakin cepat tetapi pada Win7 diperlukan lebih, apalagi para netter yang gemar bermain game online, memory 2GB akan lebih mempercepat koneksi Internet. Jadi dengan menyediakan sejumlah memrory yang cukup adalah salah satu cara mempercepat koneksi internet. 
modem internet cepat
  • Modem Internet: memilih modem yang tepat dengan kemampuan yang mendukung jenis koneksi terkini, yaitu 3G HSDPA lebih baik daripada modem yang hanya mendukung 3G GPRS dan WCDMA dan modem CDMA EVDO tentu akan lebih mempercepat koneksi Internet daripada modem CDMA1XRTT. 
Software yang dapat dioptimasi adalah sbb:
  • Operation System: Pilihlah OS system yang tepat sesuai spesifikasi hardware PC/Laptop yang kita miliki. OS baru belum tentu lebih baik. Misalnya komputer Pentium 4 dengan memory 1GB kebawah lebih baik menggunakan OS Windows XP daripada OS yang lebih baru Win7. Memilih os yang tepat membuat hardware bekerja ringan dan cepat saat kita menggunakan PC/laptop untuk berinternet. Sebaliknya jika salah memilih OS, akan membuat akses internet lambat.
  • Aplikasi Browser Internet : Jika kita termasuk pengguna yang mengandalkan kecepatan, Google chrome memiliki catatan rekor yang baik sebagai browser internet yang cepat. Kecuali jika kita memerlukan berbagai fitur dan fungsi tambahan, browser Firefox bisa menjadi pilihan. Browser Opera juga terkenal dengan fitur turbonya yang dapat mempercepat koneksi Internet.
mempercepat koneksi

  • Software Tool Internet: Banyak tersedia berbagai tool atau yang sering disebut 'Internet Accelerator', yang dapat mempercepat koneksi internet dan beberapa membantu mempercepat download. Seperti Speed connect, Internet Cyclone, CFosSpeed, Internet download manager dll. Untuk menghindari konflik/error, janganlah menggunakan terlalu banyak tool tersebut, pilihlah tool yang benar-benar kita dapat konfigurasikan dengan tepat dan cocok (kompatibel) dengan PC/Laptop agar kita dapat memperoleh hasil maksimal pada kecepatan internet kita. 

Cara Mempercepat Koneksi Internet secara External
Selanjutnya kita akan membahas cara-cara mempercepat koneksi internet/download yang dipengaruhi berbagai faktor dari luar PC/Laptop kita (secara external). Beberapa cara tersebut adalah sbb:
  • Daftar Paket Internet: Beberapa jenis paket internet menyediakan akses data tanpa batas (unlimitted) tapi membatasi kecepatan jika jumlah data internet sudah mencapai jumlah tertentu atau dikenal dengan istilah FUP (Fair Usage Policy). Beberapa Paket internet yang lain menyediakan kecepatan akses data yang rendah/sedang tetapi tidak mengenal batas akses data. Bacalah dengan seksama bentuk kesepakatan yang menyertai paket internet yang dibeli sebelum daftar paket internet tersebut. Pilihlah paket internet dengan kecepatan akses yang cukup dan sesuai dengan aktifitas kita. 
  • Lokasi akses Internet juga mempengaruhi kualitas sinyal jangkauan area internet dari operator (ISP). Jika lokasi kita jauh dari jangkauan coverage area BTS ISP, atau berada disekitar gedung-gedung yang tinggi, diperlukan penguat sinyal modem agar kita dapat mempercepat koneksi Internet.
mempercepat internet
Hindari kemacetan internet pada jam sibuk
  • Aktivitas Internet atau download selama jam sibuk (peak hour) bukanlah saat yang tepat. Ibarat mengendarai mobil, pada malam hingga pagi hari tentu lebih lengang dan cepat dibanding siang hingga sore hari. Demikian halnya saat kita ber-internet, pemilihan waktu yang tepat akan sangat mempercepat koneksi Internet kita secara signifikan. 

Jika akses internet kita lambat atau kurang memuaskan, cobalah cek kembali beberapa aspek diatas yang dapat mempengaruhi kecepatan internet atau download video pada komputer/laptop kita. Perbaikan yang tepat pada aspek tesebut akan dapat mempercepat koneksi Internet.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.