Test Speed Internet

Mengamati keluhan dari pelanggan di tempat servis handphone kami terkait masalah sinyal kecepatan internet yang lambat dan tidak sesuai dengan Paket Internet yang dijanjikan membuat saya berminat untuk melakukan test speed Internet modem EVDO Broadband yang saya miliki. Sebelum saya mulai tentang Tes Kecepatan Internet, berikut ini saya coba menjelaskan beberapa istilah dalam test speed Internet secara sederhana dan mendasar.
Secara sederhana kecepatan akses internet ada 2 yaitu Kecepatan Upload dan Kecepatan Download. Untuk memudahkan pemahaman dari ke 2 istilah ini dapat di artikan sbb: 
  • Arti Upload= meminta/request, contohnya ketika kita mengetikkan di browser laptop/ aplikasi handphone kata kunci berita tertentu atau mengetikkan nama video di youtube yang ingin ditonton.
  • Arti Download= menerima/recieve. Hasil pencarian dari kata kunci diatas, atau ketika kita mulai menonton video online di handphone.
Test Kecepatan Upload Internet
Kecepatan Upload merupakan kecepatan saat kita mengirimkan data dari komputer/ hape android kita ke server. Data tersebut dapat berupa perintah ataupun pengiriman file. Contoh Lainnya:
  • Kita ingin tahu topik cara test speed Internet lalu menuliskan di mesin pencari google "Bagaimana cara test speed internet", inilah yang disebut Upload.
  • Kita menulis status dan mengupload foto di facebook ini juga disebut proses upload
  • Mengirim email
  • dll.
Test Kecepatan Download Internet
Untuk mengetahui kecepatan saat kita menerima/mengambil data dari internet ke komputer/ laptop dan Handphone kita, contohnya seperti saat kita masuk ke google, browsing, membuka artikel berita di halaman web, download program software, rom/firmware dari internet, nonton youtube, ini semua berkaitan dengan pengambilan data atau download.  Contoh Lainnya:
  • Saat mesin pencari goole menampilkan daftar list hasil pencarian situs yang kita ketikan di search engine (lihat proses upload no 1 diatas), itu termasuk proses download.
  • Saat kita mengunduh file Foto, Mp3, Video dll.
  • Streaming (mendengarkan radio/lagu onlin atau menontoton tv online) sebenarnya termasuk dalam kolom hitungan test download speed. Walaupun proses ini tidak melibatkan penyimpanan file ke komputer kita.
Sekarang kita memulai Cara Test Speed Internet kita masing-masing. Dibawah ini adalah versi sederhana untuk test speed Internet kita.
Pada versi Test speed Internet yang lengkap akan terlihat juga hasil test Ping selain Test speed download dan Upload. Apa itu Ping?

Ping (Packet Internet Groper) Test : suatu proses yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Awalnya istilah “ping” sebenarnya berasal dari sonar sebuah kapal selam yang aktif, yang sering mengeluarkan bunyi ping ketika menemukan sebuah objek disekitar kapal selam tersebut. Kualitas koneksi dapat dilihat dari lamanya waktu pergi-pulang (roundtrip) dan besarnya jumlah paket yang hilang (packet loss). Semakin kecil nilainya berarti semakin bagus kualitas koneksinya ping-nya.

Berikut ini adalah hasil test speed Internet saya dengan menggnakan modem prolink PCM100, langganan paket Internet murah Rp50 ribu/bulan unlimited dari Jaringan Internet Flexi Broadband Evdo. Bagi yang berminat untuk mencoba Paket Intenet murah dari Flexi Broadband dengan kecepatan EVDO silahkan melihat cara-caranya di artikel saya disini

Hasil test speed internet diatas adalah pada saat saya menulis artikel ini pada jam 00:24 Wita Senin 25 Juni 2012. (pada pojok kanan atas hasil test speed internet terdapat perbedaan waktu 4 jam) dengan menggunakan Paket Internet Evdo Broadband Flexi Modem PCM 100  hasilnya sbb:
  1. Download Internet test : 2.30Mbps
  2. Upload Internet Test : 0.68 Mbps
  3. Ping test : 123ms
speed test internet
ini hasil test paket internet modem evdo flexi dengan tool diatas
Hasil test Internet ini cukup memuaskan bagi aktifitas saya, hasilnya cukup dapat dipercaya karena penyedia jasa layanan test ini cukup netral. Bagaimana dengan hasil test Internet kalian? Bagaimana jika paket internet di handphone sama, lokasi test juga sama namun hasinya berbeda/terpaut jauh alias lemot dengan lainnya? Untuk mengatasi kendala tersebut perlu di cek dan di cari penyebab masalahnya.
Setelah mengetahui hasilnya apakah masih ingin meneruskan paket internet murah yang kalian beli untuk paket data handphone atau menjadi alasan beralih ke paket internet lain yang cocok untuk PC laptop atau handphone Android kita? 

Silahkan memberikan review lain hasil test speed internet kalian pada kolom komentar dibawah untuk perbandingan bagi teman-teman yang lain yang telah menerapkan berbagai cara mempercepat koneksi Internet.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.