Jangkauan Paket Internet 3G/HSDPA dan EVDO di Bali

Telkomsel akan memperbaiki jangkauan coverage area dengan memperbaiki jaringan di berbagai wilayah propinsi Indonesia dan berjanji akan menambah 1.000 unit BTS per bulan untuk skala nasional. Sedangkan Telkomsel Bali Nusra mendapat jatah 100 BTS per bulan. Secara total, di wilayah Bali Nusra, ISP Telkomsel memiliki 2.600 BTS. 

Jangkauan Coverage Area Telkomsel Bali 

Bali yang akan menjadi tuan rumah konferensi APEC pada tahun 2013 membuat Telkomsel, sebagai salah satu ISP wireless terbesar di Indonesia ini berusahan menigkatkan layanan sinyal komunikasinya lebih maksimal, dengan perbaikan dan penambahan NTS untuk memperluas jaringan di Pulau Bali. Perbaikan dan modernisasi BTS seluruh Bali diawali di Badung, Ubud, kemudian Denpasar. Kualitas data yang dijaga minimal memiliki kecepatan 512 Kbps. Seperti yang diungkapakan Head of Sales and Customer Care Regional Bali Nusra Syaiful Bachri kepada wartawan. Bali sering menjadi tuan rumah konferensi internasional. Saat digelar konferensi, Telkomsel dikatakan selalu dituntut pemerintah untuk memberikan layanan telekomunikasi yang maksimal kepada delegasi dari berbagai negara. "Kita mempertaruhkan nama negara dalam layanan telekomunikasi," ungkap Syaiful Bachri.

coverage area modem telkomsel
BTS Telkomsel
Sayang Perbaikan jangkauan/coverage ISP yang dilakukan Telkomsel Bali Nusra dengan melakukan modernisasi base transceiver station (BTS) yang tersebar di Bali, 'hanya' dikhususnya di kawasan Nusa Dua, Badung dengan penggantian 150 BTS baru. Teknologi BTS yang sudah kadaluarsa diganti dengan yang modern. Sayang modernisasi BTS yang sudah dilakukan juga 'hanya' untuk kawasan wisata seperti Nusa Dua, Kuta dan Ubud. Rencananya, Telkomsel Bali Nusra akan melakukan modernisasi terhadap sebanyak 173 BTS, yang ditargetkan selesai pada akhir Juni 2012.

Satu hal menarik adalah saya tidak bisa menemukan lagi informasi map coverage area yang sebelumnya disediakan dalam situs resmi telkomsel, mungkin data situs map coverage sinyalnya juga sedang di modernisasi ya...ha ha.. Sementara data dari situs penyedia informasi lain untuk coverage ISP di buduk s.d Tabanan Bali seperti yang terlihat di gambat bawah ini.

jangkauan Internet 3G HSDPA Bali


Internet Test Speed Coverage Area HSDPA dan EVDO di Bali  

Seperti hasil Test Internet Speed yang saya lakukan pada hari sabtu 23 Juni 2012 di wilayah Denpasar, Dalung dan Buduk (jalan alternatif menuju Kab.Tabanan), Jangkauan/coverage sinyal Telkomsel HSDPA masih kalah dengan jangkauan/coverage sinyal ISP Flexi EVDO Broadband. Khususnya di daerah buduk setelah untal-untal Dalung.

Test internet speed untuk jangkauan coverage ISP Telkomsel saya coba menggunakan modem Huawei E153 3G dan test internet speed ISP EVDO Broadband Flexi menggunakan modem PCM 100 EVDO. Karena modem PCM100 ini unlock (bisa digunakan semua operator CDMA) saya juga sekalian melakukan test Internet speed untuk sinyal kartu Smartfren dari mobile8.

Test jangkauan sinyal saya lakukan pada jam 7 malam head to head masing-masing paket Internet dengan mulai dengan membuka beberapa situs berita, lalu membuka video You tube dan melakukan streaming TV Mivo di internet. Semua paket Internet baik HSDPA Telkomsel maupun EVDO Flexi dan Smartfren tergolong baik untuk membuka situs berita yang ringan. Paket Internet EVDO Flexi saat streaming TV dan Video You tube lancar tanpa buffering/lag. Untuk jaringan ISP Smartfren Streaming Video You tube lancar tanpa buffering tetapi streaming Mivo TV saat menonton beberapa statsiun TV sperti SCTV dan Indosiar mengalami buffering/lag sehingga agak putus-putus. Sayang TV one yang biasanya bisa saya tonton dengan lancar di Denpasar menggunakan paket internet Smartfren, pada saat di daerah buduk tidak bisa dibuka. Mungkin sedang off air saat itu. Untuk Jangkauan coverage ISP Telkomsel sinyalnyalnya main 'petak umpet'. Sinyal paket internet telkomsel WCDMA/HSDPA muncul 1-2 bar lalu hilang dan berganti EDGE/GPRS. Praktis internet jadi putus nyambung.

Hasilnya untuk wilayah Denpasar-Tabanan bali dari ke 3 ISP tersebut yang terbaik adalah jangkauan coverage EVDO ISP Flexi lalu EVDO Broadband Smartfren dan Paket Internet 3G HSDPA Telkomsel menjadi pilihan terakhir.

Jika pembaca ingin mengetahui kecepatan modem internet masing-masing silahkan melakukan Internet Speed Test silahkan kemari.

Kesimpulan

Janji Telkomsel seperti disampaikan Head of Sales & Customer Care Regional Telkomsel, untuk meningkatkan jangkauan kualitas sinyal Telkomsel mungkin lebih tepat dikatakan lebih baik jika dibandingkan dari jangkauan sinyal Telkomsel sebelumnya tapi bukan dibandingkan dengan jangkauan kualitas ISP Lainnya. Jika ada pembaca yang mendapatkan hasil lain silahkan memberikan komentar dibawah ini untuk referensi bagi pengguna Paket Internet 3G HSDPA dan EVDO di wilayah Bali.

Minggu depan saya akan coba melakukan test speed jangkauan coverage sinyal internet HSDPA 3G dan EVDO Broadband flexi untuk wilayah jimbaran dan Bedugul-Bali yang merupakan kawasan wisata, kita tunggu hasil test jangkauan internet HSDPA dan EVDO tersebut dalam artikel saya berikutnya.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

9 komentar:

  1. Anonim09:30

    Maav.. saya ingin bertanya.. apa anda memiliki data coverage area telkomsel untuk daerah Surabaya?

    BalasHapus
  2. Maaf gan,seperti tertulis di paragaraf 4,cakupan coverage area telkomsel sudah dihapus dari situs resmi Telkomsel. Termasik link terkait, sulit untuk mendapatkannya. Akan saya bagikan jika sudah menemukan.
    Terimaksih kunjungannya gan

    BalasHapus
  3. waduh banyak pilihan gan untuk koneksi internetnya, saya juga lagi nyoba2 untuk menggunakan provider yang tepat di tempat saya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan tinggal dimana?, bisa bagi laporan sinyal ditempat agan untuk pengguna yang lain he he.., Terimaksih sudah berkunjung gan

      Hapus
  4. Anonim11:48

    untuk wilayah nusa dua...ap flexi ud evdo udah bagus?khususnya untuk penggemar game online

    BalasHapus
  5. maaf blum sempat cek coverage sinyal evdo flexi di nusa dua gan, baru denpasar, dalung, sanur ok, kecuali garis pantai sanur sinyal flexi lenyap :D

    BalasHapus
  6. bli kalau untuk daerah singaraja sudah ada jaringan flexi EVDOnya?
    kalau ada di daeraha mana saja...??
    mohon infonya..
    suksma...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya di sekitar univ Ganesha singaraja jl ahmad yani jangkauan broadband flexi ada gan, saya sendiri belum cek langsung sih. mungkin justru agan bisa share disini biar lengkap data jangkauan di bali. kartu evdo flexi kan cuma 10ribu gan dah isi pulsa 5ribu buat ngetest modem evdonya ;D

      Hapus
  7. bli, kalo di ketewel gianyar , be ade sinyal HSDPA nya ?, kalo ada provider mana aja ya ?

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.