"Error 619" di modem VENUS VT218W

Sebulan lalu aku membeli modem VENUS VT218w untuk berlangganan paket internet Three dengan spesifikasi modem sbb:
  • VENUS VT218W
  • HSDPA / UMTS:3 GP R99,R5
  • GSM/GPRS/EDGE:3 GPP R99
  • frequency supported : 900,1800,1900,2100 MHZ
  • OS supported:Windows XP,Vista,7 (seven)
  • USB interface 2.0 Full Speed
  • Memory reader

Dengan harga modem VENUS VT218w yang lebih murah dibandingkan yang lain,tentu modem VT218w ini merupakan pilihan menarik. Ditambah lagi modem VENUS VT218w sudah mendukung kecepatan HSDPA 7.2 Mb dan mendukung semua operator GSM di tanah air.

Singkat cerita modem VENUS VT218w ini aku pasangkan dengan kartu 3. Fitur autorun driver dari rom VENUS VT218w memudahkan proses instalasi. Saat software VENUS VT218w dijalankan kita juga tinggal memilih jenis operator yang sudah disediakan. Jadi tidak perlu repot mengisi password,user name dll.

Sayang baru seminggu dipakai modem VENUS VT218w mulai bermasalah. Saat menjalankan Software Venus HSDPA Modem dan mengklik tombol Connect. Pesan "Error 619" muncul. demikian berulang-ulang. Jadi komputer gagal untuk terhubung ke Internet karena "Error 619"

Penasaran dengan apa yang dimaksud dengan "Error 619" ini, akupun mulai mencari tahu di google search. Inilah yang aku dapatkan tentang "Error 619" di modemku VENUS VT218w :

"Error 619" adalah sebuah kesalahan tidak spesifik dan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Kemungkinan penyebab meliputi:
  1. Salah memilih Profil operator dalam software VENUS VT218w
  2. Kartu SIM kotor atau tidak dimasukkan dengan benar
  3. Quota sudah melampau batas pada bulan tersebut.
  4. Software belum terinstal dengan benar.
  5. Driver USB belum terinstal dengan benar.
  6. Modem berada di luar jangkauan jaringan sinyal.
  7. Jaringan operator down.
  8. Perangkat modem USB VENUS VT218w rusak.
Waduh susah juga kalau begini...:) Tapi dengan sabar satu persatu kemungkinan aku coba. Berikut langkah langkah yang kujalankan

1. Memeriksa lampu pada perangkat modem VENUS VT218w. Cek cahaya pada perangkat USB. Penting untuk memahami pola cahaya modem untuk mengetahui bahwa modem/hardware VENUS VT218w normal. Tabel di bawah ini menunjukkan arti pola warna cahaya modem :
Cahaya warna dan pola apa artinya. Perangkat  modem aktif-dinonaktifkan
  • Hijau - mantap Perangkat sedang memulai
  • Hijau - akan berkedip sekali setiap dua detik untuk pencarian jaringan,
  • Hijau - akan berkedip dua kali setiap dua detik jaringan GSM / GPRS ditemukan
  • Hijau - akan berkedip terus menerus GSM / GPRS mentransfer data
  • Blue - berkedip dua kali setiap dua detik UMTS / HSDPA jaringan ditemukan
  • Blue - akan berkedip terus UMTS mentransfer data
  • Cyan - akan berkedip terus HDPSA mentransfer data
Jika lampu mati perangkat mungkin dinonaktifkan,salah pasang atau rusak.
Jika lampu berkedip hijau setiap dua detik maka perangkat mungkin diluar jangkauan jaringan sinyal operator.

2. Memeriksa pengaturan profil di di software VENUS VT218w. Di bagian muka: 'Select APN' klik 'Show detail' lalu klik lagi 'Edit'


Pastikan semua terisi dengan benar pada bagian:
Config filename
Dial Number
Use name
Password
APN

Karena aku menggunakan Three maka urutan isian diatas sbb:




APN Profil name: Three
Dial up: *99#
Password APN : 3data
User Name APN : 3data
APN : 3data

Sesuaikan dengan kartu SIM yang kalian gunakan. Lainnya biarkan apa adanya. Klik OK untuk menutup jendela dan coba untuk connect internet. Jika masih ada pesan kesalahan,maju ke langkah berikutnya.

3. Memeriksa kartu SIM
Jika perangkat modem VENUS VT218w terbung ke komputer, lepaskan terlebih dulu. Keluarkan kartu SIM dengan mendorong sedikit tempat slot kartu yang berada di bagian belakan modem VENUS VT218w (sisi yang tidak ada lampunya). Bersihkan pin konektor SIM yang berwarna keemasan dengan kain halus dan kering. Jangan menggunakan bahan pembersih, pelarut atau air. Masukkan kembali kartu SIM, perhatikan gambar ujung siku agar tidak terbalik.

Pasang modem VENUS VT218w dan cobalah untuk connect ke internet. Jika Anda masih menerima kesalahan bergerak ke langkah berikutnya.

4. Memeriksa Penerimaan sinyal VENUS VT218w.
Jalan Software modem VENUS VT218w. Lihatlah di sudut kiri atas layar. Ada kekuatan sinyal ikon diikuti oleh beberapa teks yang menjelaskan jenis jaringan dan penyedia jaringan. Teks di samping ikon harus membaca GPRS/HSDPA/UMTS/3G. Jika kosong perangkat atau SIM tidak menerimasinyal. Jika kekuatan sinyal rendah, atau tidak ada deskripsi jaringan sama sekali, maka Anda mungkin berada di luar jangkauan sinyal operator. Coba pindahkan modem ke daerah/ruang dimana kemungkinan mendapat sinyal yang kuat.

Jika kita dapat terhubung ke jaringan 2G/GPRS/EDGE maka layanan 3G saat ini tidak tersedia di daerah tersebut. Pada bagian muka software klik 'Setting'lalu klik lago 'Network setting'


Usahakan pilih WCDMA preferred. (modem lain 3G prefered). Jika tidak berhasil mendapat sinyal,baru coba pilihan dibawahnya.

Catatan:
Jangan lupa untuk mengubah kembali ini untuk WCDMA/3G Preferred. Jika kita yakin sudah berada di daerah di mana sinyal kuat, atau masih menerima "Error 619" lanjutkan ke bagian berikutnya.

5.Uninstall lalu instal ulang sofware modem VENUS VT218w.

6. Memeriksa penggunaan Internet Anda
Apakah jumlah quota data masih ada?. Hubungi / sms layanan operator sesuai dengan kartu SIM yang kalian gunakan.

Khusus untuk Paket Internet Three, misalnya kita membeli paketan MAU 1GB dan itu habis sebelum 30 hari,sebaiknya STOP dahulu sebelum membeli paketan berikutnya.

Catatan:
Opsi Reset statistik tidak akan meningkatkan batas bulanan data karena ini adalah yang dicatat oleh Operator dan bukan pada komputer kita.

Nah modem VENUS VT218w punyaku sudah normal lagi untuk internetan memakai three...:)


Jika tidak ada solusi di sini dan "Error 619" di modem VENUS VT218W masih muncul mintalah dukungan teknisi/service. Karena mungkin ada kerusakan modem VENUS VT218W.

Artikel Terkait di Bali Service Computer