SOLUSI WAJANBOLIC

Di era internet seperti sekarang ini, sudah banyak disekitar kita teknologi nirkabel (wireless) digunakan untuk mempermudah dalam proses transfer data. Mengingat flexibilitas dalam hal instalasi dan kemudahan dalam perawatannya serta harganya yang semakin terjangkau. Wireless modem sangat banyak digunakan untuk mobile internet. Pada kesempatan ini saya tidak membahas tentang teknologi infrared atau Bluetooth yang cukup fenomenal di dunia Cellular Phone. Namun yang ingin saya bahas adalah :Penguat sinyal modem WiFi. Karena kemampuannya untuk dijadikan hotspot banyak digunakan untuk laptop dan handphone android mengakses internet secara bersamaan (multiuser). Penguat sinyal mifi ini juga bisa digunakan untuk internet modem 4G maupun modem LTE. 

WiFi (Wireless Fidelity) adalah istilah generic untuk peralatan Wireless Lan atau WLAN. Biasa digolongkan dalam standar IEEE802.11. Oleh karena itu didukung banyak vendor. Peralatan wireless yang biasa digunakan sekarang umumnya type a,b,g .

Beberapa hal yang penting dari Keputusan Mentri No.2 Tahun 2005 adalah Anda tidak memerlukan izin stasiun radio dari pemerintah untuk menjalankan peralatan internet pada frekuensi 2.4GHz, tetapi dibatasi dengan:
  • Maksimum daya pemancar ada 100mW (20dBm)
  • Effective Isotropic Radiated Power/ EIRP di antenna adalah 36dBm3.
Berdasar hal inilah sekarang banyak layanan Internet gratis di perkantoran, Warnet, Cafe, Restauran bahkan Apartemen dan Hotel memasang perangkat WiFi AccesPoint untuk membuat area HotSpot bagi pelanggannya mnggunakan Indihome. Nah yang menarik dari skema peraturan tersebut adalah bagaimana jika kita yang berada diluar jangkauan (sekitar radius 100m2) ‘ternyata’ mampu mengakses data dari dalam area HotSpot ? Sementara jangkauan sinyal internet data BTS dari operator 4G dan LTE sendiri hanyalah sekitar 2km.

Lalu bagaimana cara kita menambah kemampuan akses WiFI USB Adapter yang standar jangkauannya hanya sekitar 54 meter. Prinsip yang sama juga dapat digunakan untuk modem EVDO dimana BTS jangkauan sinyal evdo mirip dengan GSM yaitu sekitar 2 km. ANTENA WAJAN atau yang banyak dikenal dengan sebutan WAJANBOLIC (Wajan=penggorengan yang biasa kita pakai didapur Bolic=Parabolic) Prinsip kerjanya adalah untuk memperkuat signal internet, ini sangat berguna untuk wifi atau modem sinyal 4G  yang berada di luar coverage area.  Perhatikan skema berikut :


rumus wajanbolik
Add caption


Bahan Penguat Sinyal WiFi/Modem Evdo:
Kabel UTP merek (10 meter) & Kabel USB (1 buah) (Rp.75.000)
Double tape atau lakban (Rp.7.500-)
Lapisan Almunium (Almunium foil).( aku beli di supermarket stand bungkus makanan Rp.35.000,-)
Pipa Paralon PVC diameterl 3 Inci (panjang 20-30 cm sesuaikan dengan besar wajan cari di toko bangunan + 2 doff tutup pipa.(kalau ini aku dapat minta he...he)
USB WiFi (aku make Blue-Link Rp.375.000,-)
Wajan (ambil di dapur)

PERALATAN
• Penggaris
• Pisau/ Cutter /gunting
• Gergaji besi
RUMUS = f = D^2/(16*d)

d : kedalaman (depth)
f : Jarak titik focus dari center dish
D: Diameter

Cara Membuat Penguat Sinya WiFi/Modem LTE 4G
1. Lubangi wajan tepat di tengah wajan tersebut seukuran baut 12 atau 14, cukup satu lubang saja. Kemudian ukur diameter wajan, kedalaman wajan dan feeder/ titik focus, lihat gambar di bawah.
Contoh :Parabolic dish dg D = 70 cm, d = 20 cm maka jarak titik
focus dari center dish : F = D^2/(16*d) = 70^2 / (16*20) = 15.3 cm
Pada titik focus tsb dipasang ujung feeder.


2. Untuk mendapatkan gain maksimum.Potong PVC paralon sepanjang 30 cm, kemudian beri tanda untuk jarak feeder nya (daerah bebas aluminium foil). Untuk menentukan panjang feeder nya gunakan rumus di atas. Beri lubang pada bagian paralon untuk meletakkan USB WiFi, dengan menghitung rumus diatas.

3. Selanjutnya, bungkus PVC paralon dengan dgn aluminium foil pada daerahselain feeder, jika aluminium foil yang ada tanpa perekat, maka untuk merekatkannya bisa menggunakan double tape lalu pasangkan USB WiFi ke PVC Paralon yang telah dilubangi tadi.
4. Pada bagian doff (tutup PVC paralon) yang akan di pasang pada ujung dekat dengan USB WiFi harus di beri aluminium foil sedangkan doff yang di pasang pada wajan tidak perlu di beri aluminium foil dan pasangkan doff tersebut kePVC paralon
5. Kemudian, wajan yang telah di bolongi tadi dipasangkan dengan doff/penutup yang satu nya lagi, tapi sebelumnya doff tersebut dilubangi sesuai dengan ukuran baut yang sudah di siapkan dan dilapisi aluminium foil INGAT jangan terbalik ya.
6. Kemudian tinggal pasangkan PVC paralon tadi ke wajan yang sudah di pasang doff.

Cara menyambung kabel perhatikan gambar dibawah ini


Letakan Antena penguat sinyal internet ini di area terbuka dan usahakan jangan terhalang gedung bangunan tinggi lalu diarahkan pada sumber sinyal Internet/BTS/RouterAcces Point Wifi yang ingin anda ambil.

Dan Wajan bolic sudah siap untuk digunakan. Dengan antena penguat sinyal ini, misalnya kita yang berada diluar coverage area 4g smartfren atau sinyalnya lemah, kini Wifi/modem akan mampu menangkap sinyal data internet dengan lebih baik. Mifi dengan kuota data bisa langsung diakses menggunakan handphone Android/Laptop sedangkan akses wifi pihak ke 3 seperti wifi id Indihome diperlukan password dari pihak penyedia wifi. Lihat juga artikel untuk cara membuat penguat sinyal modem wifi LTE disiniSelamat mencoba penguat sinyal 4G ini…it’s works guys.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

2 komentar:

  1. saya beralamat di sanur, apakah anda jual wajan bolic? saya ingin menangkp wifi gratis di jarak 1 - 2 km dengan tp-link apa bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bos sudah ngga mainan wajanbolic, tp link bisa disetting sebagai reciever wifi tapi hanya mampu untuk kebutuhan indoor (satu rumah), jika wifi jarak jauh perlu antena 15dBi dual-polarisasi, sumber wifi yang dicari jangkauannya juga memang disetting untuk jarak jauh

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.