Cara Memperbaiki Keyboard HP Pavillion Error

Masalah keyboard laptop error sangat mengganggu pada saat ingin mengetik tugas, browsing dan tiba-tiba keyboard tidak berfungsi dengan benar, macet bahkan kadang berjalan sendiri. Karena fungsinya di laptop sangat penting dan tak tergantikan, maka ketika terjadi masalah tersebut kita tentu saja berusaha untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya.
keyboard rusak
Sebenarnya kami sudah berulangkali membahas cara memperbaiki keyboard laptop rusak diblog ini, penyebab utamanya adalah kotoran debu membuat tombol mencet terus berjalan sendiri. Namun masalahnya jika kita ingin membersihkannya, type laptop slim yang cukup populer dan banyak digunakan sekarang ini memiliki desain yang cukup sulit untuk dibongkar dan untuk melepasnya saja sangat merepotkan. Type seperti ini memiliki ukuran lebih tipis dengan menggunakan baterai type tanam atau tanpa DVD ROM. Silahkan perhatikan sebagai gambaran, bandingkan contoh gambar diatas adalah type tebal dengan posisi keyboard terletak di luar bagian case sebelah atas, untuk diganti tinggal cabut/ ditarik keatas tanpa harus membongkar, sedangkan gambar dibawah adalah type slim akan lebih sulit karena posisinya tertanam didalam maka case harus di bongkar secara total agar bisa dibetulkan. 
bagaimana membetulkan laptop
Masalah lainnya adalah faktor penyebab kerusakan cukup banyak sehingga tidak semua jenis kerusakan bisa diperbaiki, tetapi perlu diganti sparepartanya, misalnya korslet kena air. Penyebab utama debu bercampur dengan air menyebabkan konektor tombol keyboard 'short circuit' atau konslet sehingga banyak huruf akan menekan sendiri atau mati tidak berfungsi. Sama seperti pengalaman kami di tempat servis, kali ini kedatangan 2 pelanggan berbeda membawa laptop type sama yaitu HP Compaq dalam waktu hampir bersamaan.
mencet terus bunyi
Jika pembaca mengalami hal serupa bisa membacanya dan mencoba sendiri untuk memperbaiki masalah terebut dengan mencoba memberihkan debu/kotoran dari keyboard. Namun jika misalnya mengalami keyboard terkunci, di tekan tidak berfungsi atau malah gerak sendiri, fleksibel rusak ada tombol yang lepas dan lain-lain, maka tulisan cara membetulkan dalam artikel ini cocok buat pembaca. Karena faktor usia, cara kerja keyboard yang masih bersifat mekanik (gerakan fisik) tentu saja memiliki batas masa usia kerja sebelum rusak (MTBF : Mean Time Between Failures).
Bagaimana jika cara tersebut diatas tidak berhasil? Masih ada beberapa solusi lain untuk mengatasinya. Pastinya jangan minta install ulang sistem Windows, tidak akan berhasil ya, karena penyebanya adalah kerusakan hardware (alat sparepartnya), ini bukan kerusakan software. Berikut ini beberapa pilihan yang dapat diambil :
  1. Ganti beli keyboard laptop baru seperti kami bahas dalam artikel dibawah ini, selama memiliki pengalaman bongkar laptop mungkin bisa dilakukan sendiri, jika belum pernah sebaiknya jangan, hubungi tempat servis terdekat untuk menghindari resiko dalam proses pengerjaannya.
  2. Gunakan software Virtual Keyboard, cukup mudah dan pasti bisa dilakukan sendiri. Hanya saja kurang nyaman dalam penggunaan soalnya mesti klik hurufnya satu persatu pakai mouse. Cara mengaktifkan fitur on screen keybord sbb: Klik menu Start > Program > Accessories > Accessibility, kemudian pilih On-Screen Keyboard.
  3. Gunakan wireless atau USB keyboard external, jika menurut pengguna cukup nyaman di sandingkan, cukup banyak di jual di toko-toko komputer dengan harga keyboard usb tidak sampai 100ribu untuk merk standar tinggal colok beres. Namun untuk kasus tombol mencet terus agar dapat usb berfungsi normal maka kita perlu mematikan keyboard internal laptop terlebih dahulu dengan cara melepas kabel flexible dari mesin motherboard agar nonaktif dan tidak jalan sendiri hurufnya. Kembali cara ini perlu bongkar laptop jika itu type slim.
agar tidak mencet terus
Nah singkat cerita dalam contoh pengalaman kami disini, kedua laptop hawlett packard pavillion milik pelanggan di atas sudah kami coba perbaiki secara manual, namun selang 7 hari kemudian, 1 pelanggan datang kembali lagi dengan keluhan masalah yang sama, tombol keyboardnya macet lagi. Sedangkan pelanggan satunya masih awet hingga tulisan ini kami buat, jadi sudah sebulan setelah diservis tidak rusak lagi. 
penyebab keyboard error
Jika mengamati kronologisnya memang meskipun masalahnya sama, namun penyebabnya berbeda. 1 laptop HP Pavilion yang berhasil diperbaiki karena masalah kotoran debu dan berhasil dibersihkan sehingga dapat berfungsi normal hingga sekarang. Sedangkan 1 lagi sesuai cerita dari pemiliknya karena kena tumpahan air minuman (kopi). Memang sewaktu diongkar kami cek jelas terlihat bekas kena cairan, cukup beruntung tidak sampai kena mesin motheroard, dari pengalaman kami sebagai tempat servis jika mesin pernah kena air laptop akan mati. Yang ini terjadi korslet pada jalur flexible sehingga meskipun sudah berhasil diperbaiki diawal tetapi dalam waktu seminggu kambuh rusak lagi. 
cara bongkar case belakang
Untuk masalah seperti ini sudah kami antisipasi, dengan memberikan info diawal perbandingan harga jika ganti keyboard atau diperbaiki (dibersihkan). Karena sparepart pengganti perlu pesan terlebih dahulu dan memerlukan 3 hari proses pengiriman, maka alternatifnya kami membuat kesepakatan dengan pelanggan agar murah dan cepat dengan upaya pertama mencoba untuk melakukan perbaikan keyboard dan garansi 1 bulan, untuk menjaga kepuasan pelanggan jika rusak lagi maka baru diganti dengan harga keyboard dikurangi biaya servis yang sudah dibayar sebelumnya. 
tombol error
Perlu di ketahui bahwa laptop type slim memang paling sering mengalami keyboard error, apapun merknya entah Acer, Asus, HP, Compaq, Toshiba, Sony dll. Mau diservis atau diganti type ini sulit cara mengerjakannya karena harus bongkar total laptop. Saran kami jika pembaca memiliki rencana beli laptop baru sebaiknya jangan slim, pilihlah type tebal, merknya terserah, karena kami tidak berkepentingan memihak salah satu merk. Pengalaman kami untuk type tebal selain lebih awet karena bentuk dan struktur rangka case lebih kuat, kemudian jika suatu saat terjadi masalah kerusakan akan lebih mudah cara mengatasinya. 
membetulkan tombol mencet terus
Seperti contoh disini untuk memperbaiki keyboard saja sangat merepotkan bongkar sana-sini, demikian halnya jika mau upgrade nambah RAM memori, hardisk, baterai, sedikit-sedikit mesti bongkar case, sangat menyebalkan. Mengerjakannya harus hati-hati saat melepas dan memisahkan semua perangkat dari mesin motherboard, perlu menggunakan obeng dengan magnet kuat agar proses lepas pasang baut lebih aman. Penting guna menghindari korsleting ketika membuka case laptop, harus selalu diperhatikan untuk memutus jalur arus listrik ke mesin motherboard benar-benar mati, tidak hanya dari adaptor charger tetapi juga baterai beserta baterai bios harus dicopot terlebih dahulu. Kami sudah pernah menjelaskan perbedaan kedua jenis tersebut, beserta cara pemasangan, silahkan baca link dibawah ini. 
Demikian beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk membetulkan keyboard rusak pada notebook. Harap dipahami cara memperbaiki sendiri keyboard di atas tingkat keberhasilannya tergantung dari penyebab kerusakan dan type laptop milik kita, apalagi jika kena cairan biasanya akan sulit karena jumlah huruf yang error biasanya banyak. Jika type slim maka akan lebih terjamin jika beli keyboard pasang diganti baru, dengan catatan jika kita pernah dan tahu cara bongkar laptop yang benar dan aman. 
harga perbaiki laptop
Saran dari kami, rawatlah dan jaga kebersihan laptop agar awet, jauhkan gelas minuman saat bekerja. Ibarat rantai sepeda motor, sebaik apapun pelanggan merawat motor pada waktunya rantai akan rusak dan perlu diganti karea cara kerjaya bersifat mekanik/ selalu bergerak, demikian halnya dengan keyboard laptop. Untuk menghindari resiko kerusakan lain yang mungkin terjadi karena belum tahu cara membongkarnya, silahkan hubungi alamat tempat service center sesuai merk atau menggunakan jasa bengkel alternatif terdekat yang bagus dan terpercaya jika sudah benar-benar tidak bisa diperbaiki untuk mengetahui harga dan biaya ganti keyboard laptop .

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.