Cara Membuka Handphone Lupa Pola Password

Handphone Android diberi fitur keamanan berupa kunci pola atau PIN agar tidak sembarang orang dapat membuka data penting yang bersifat pribadi. Masalahnya sebagian membuat password begitu rumit sampai lupa sendiri sehingga salah terus dan tidak dapat masuk ke menu. Untunglah kita masih dapat membuka handphone terkunci dengan alternatif kedua yaitu menggunakan email Google. Bagaimana caranya?
password handphone lupa
Cara membuka handphone jika lupa pola di bawah ini dapat digunakan untuk berbagai type dan merk Android mulai Asus, Advan, Oppo, Vivo, Samsung maupun Xiaomi. Cara ini tidak akan menghapus data penting handphone, jadi tidak perlu khawatir semua file foto, kontak, aplikasi dll tidak akan hilang.
  1. Pertama pastikan HP terkunci tersebut koneksi data internetnya aktif, jadi harus online ya.
  2. Lalu masukkan kunci pola secara acak, nanti setelah beberapa kali salah maka akan ada jeda waktu untuk memasukkan kembali password lagi kan, nah dibawahnya muncul tulisan “lupa kata sandi”. Lihat contoh gambar atas, beberapa tipe handphone letaknya bisa berbeda, mungkin ditengah atau di sebelah kanan maupun kiri.
  3. Klik/ sentuh saja bagian “lupa kata sandi” tersebut.
  4. Selanjutnya kita akan di beri pilihan untuk masuk menggunakan akun Google, jadi silahkan login ke akun email Google yang digunakan untuk Handphone tersebut.
  5. Jika verifikasi email tersebut benar, maka hp akan terbuka kuncinya dan selanjutnya kita disuruh membuat pola sandi baru.
Bagaimana jika akun gmail juga lupa?
Disini kami akan mengulas semua cara yang mungkin bisa dilakukan termasuk resikonya untuk membuka Handphone terkunci dan sekaligus lupa PIN Pola dan Sandi Email.

Reset Pabrik
Untuk masalah seperti ini kita terpaksa harus bisa melakukan Reset ulang untuk pengguna handphone terkunci dengan sistem versi lama sebelum Naugat (Android 7). Keputusan melakukan reset ke setting pabrik perlu dipertimbangan terlebih dahulu karena fungsi ini akan membuat semua data file hilang terhapus dari handphone dan tidak bisa mengembalikan data kecuali sebelumnya sudah membuat backup ke tempat peyimpanan lain seperti flashdisk, sd card dsb. Sedangkan cara agar dapat masuk ke dalam mode recovery kita harus menyalakan handphone dengan menggunakan kombinasi tombol tertentu, kami sudah pernah menuliskannya untuk berbagai merk hp, silahkan baca link artikel dibawah ini.
Harap diperhatikan bahwa cara menghapus pola sandi akun email google diatas hanya akan fungsi untuk handphone dengan System Android versi os lama seperti ICS, Jelly bean, Kitkat dan Lolipop 5.1. Artikel tersebut kami tulis sudah 6 tahun lalu, jadi untuk handphone terkini dengan sistem terbaru seperti Naugat, Oreo dan Pie (versi 9) tidak bisa lagi berfungsi untuk menghapus email karena menu recovery untuk wipe data di handphone Oppo tetap diminta memasukkan pin atau password juga. Bahkan jika handphone misalnya mau dijual kami selalu ingatkan untuk tidak melakukan reset setting pabrik lewat mode recovery, di hp terkini/ baru jika kita melakukan hard reset dari menu recovery atau bahkan flash rom tidak akan dapat menghapus akun email pemiliknya kecuali hal tersebut dilakukan dari dalam menu setting/ pengaturan handphone tersebut.
Untuk masalah Lupa Pola sekaligus juga Gmail maka pilihannya ada tapi dengan resiko yaitu melakukan flash ROM/ install ulang sistem ke versi bawahnya alias downgrade. Persoalan muncul jika pemilik juga tidak dapat mengingat berapa versi sistem handphone yang terkunci tersebut. Sehingga cara flash ini masih untung-untungan sifatnya, karena dari pengalaman kami di tempat servis jika melakukan downgrade Android, apapun alasannya akan selalu disertai resiko handphone bootloop, blank atau imei hilang/null setelah di flash. Jika memang handphone tersebut milik pribadi, kami lebih menyarankan untuk dibawa ke tempat service resmi dengan membawa kartu Identitas/ KTP. Banyak review dari pengguna xiaomi diberikan layanan gratis untuk mengatasi masalah lupa akun ini.
reset settingan pabrik
Kerusakan akibat flash downgrade dapat menjadi lebih parah jika sudah menggunakan sistem terbaru Oreo atau Pie. Di versi terbaru tersebut pabrikan handphone dan Google sudah menerapkan tambahan keamanan baru disebut Google Play Protect dengan menerapkan ARB kependekan dari Anti RollBack. Apa itu ARB? Secara singkat fitur ini mencegah pengguna untuk melakukan downgrade versi ROM bawahnya. Contoh hingga di bulan November 2019 setahu kami Handphone Xiaomi Redmi sudah ARB level 4, maka jika di downgrade ke ARB level 3, apalagi ARB 2 maka hasilnya handphone akan mati total atau disebut hardbrick.

Jadi menghapus PIN atau akun email dengan cara di flash beresiko jika tidak paham aturannya jangan asal downgrade. Contoh lain misalnya Samsung S8 plus Android Pie G950FXXS5DSF1, perhatikan kode huruf dibelakang firmware yaitu FXXS5DSF1 angka 5 menunjukkan binary bootloader versi 5 maka jika di downgrade ke versi Oreo G955FXXS4CRLB akan gagal karena bootloader versi 4. Apalagi asal download lalu di flash pakai software S8+ G955USQS7DSL2 konyol dah, itu ROM untuk handphone samsung yang dijual khusus di Amerika-USA beda. Sekarang cara flash dengan aman menggunakan laptop harus sama seri dan versinya atau lebih tinggi. 

Nampaknya Google sudah mempelajari trik cara yang digunakan para pemakai handphone nemu yang bukan lupa tapi memang tidak tahu akun email pemilik asli. Karena jika lupa kunci atau password saja masih bisa diatasi dengan cara pertama seperti kita bahas di awal artikel, tapi lupa keduanya dianggap tidak wajar oleh Google. Jadi fungsi keamanan Android ini akan mendeteksi perilaku tidak wajar seperti mereset atau flash ROM menggunakan laptop maka fitur keamanan Google akan mencurigai pelakunya bukan pemilik asli, maka akan diminta melakukan verifikasi kepemilikan.
manghapus akun oppo
Kami sendiri sudah mengenal ARB ini cukup lama, hanya waktu itu masih sedikit merk saja menggunakannya, contoh handphone LG dan HTC sudah menerapkan sejak sistem versi 6 Marshmallow, jadi jarang diperbincangkan di forum-forum. Sekarang hampir semua merk, Asus, Oppo, Lenovo, Vivo, Realme, Samsung, Xiaomi juga menerapkannya di Android versi  Oreo dan  Pie. Maka jika mau flash ROM wajib memahaminya, jangan mengandalkan modal punya laptop/ PC (hardware) dan punya kuota internet bisa download rom (Software) seolah masalah selesai, karena pengetahuan (brainware) juga penting bukan?. Silahkan browsing baca di Google untuk penjelasan lebih terinci mengenai masalah ARB ini agar pengguna lebih berhati-hati saat melakukan flash Firmware terutama downgrade. Karena sudah banyak korbannya, dengan harapan di flash agar bisa menghapus password email google ternyata hasilnya malah handphone blank, IMEI hilang sampai mati total. 

Inilah salah satu alasan mengapa MsmDownload tool terbaru Oppo meminta login username dan password teknisi service center resmi agar dapat berfungsi untuk instal rom. Demikian halnya pengguna Xioami memerlukan mi flash auth id permission, tanpa authorized account handphone xiaomi tidak bisa diflash. Dalam beberapa pengalaman, ketika sudah berhasil downgrade flash menggunakan modifikasi rom, tetapi setelah update handphone terkunci lagi. 
lupa kunci huawei
Apakah ada cara lain untuk mengatasi lupa pin password akun email?
Beberapa teknisi mencoba mencari celah keamanan atau 'bug' agar dapat menghapus email lama dengan membuat crack software unlock atau dengan melakukan modifikasi ROM agar setelah di flash dapat menghapus akun lama dan meminta membuat email baru. Sayangnya trik tersebut hanya untuk beberapa seri handphone yang banyak pemakainya saja, silahkan saja coba cari dengan sabar browsing di google siapa tahu handphone pembaca ada triknya. Namun untuk flash firmware modifikasi kami tetap ingatkan untuk memperhatikan fitur ARB diatas, misalnya file rom modifikasi yang didapat itu sudah di share sejak tahun 2018 apakah masih cocok untuk sistem ARB 4 di tahun 2019 ini? Jangan sampai karena kurangnya pemahaman justru install ulang sistem Android ini malah beresiko membuat handphone rusak software jadi bootloop, IMEI null, hardbrick atau blank mati total. Masalahnya kan bisa jadi doubel, tadinya cuma handphone terkunci lupa password Email sekarang ditambah software rusak juga, kami mengingatkan untuk hati-hati dan pelajari dulu tidak asal flash rom karena sudah banyak mengalaminya. Jika mungkin tanyakan ke admin situs tempat share software modifikasi tersebut tentang resikonya, meskipun secara umum, admin/ penulisnya selalu menggunakan pepatah DWYOR: Do With Your Own Risk alias resiko ditanggung penumpang. Pernah juga kami download Software tool untuk membuka hape malah berisi virus, terpaksa laptop harus diinstal ulang, ada lagi tool crack berbayar yang berhasil menghapus akun tetapi  tetapi wifi tidak berfungsi. Singkatnya dari pengalaman kami, cara mengatasi masalah handphone terkunci ini rasanya ngeri-ngeri sedap..he he he.

Cara membuka Handphone Lupa Kunci pola dan Reset password email dengan Box Flasher
Biasanya tempat servis yang memadai untuk mendukung berbagai pekerjaan perbaikan dan jenis kerusakan maka peralatannya juga dilengkapi dengan alat Dongle Box Flasher repair dimana fungsinya dapat memperbaiki hp mati blank salah flash rom, perbaiki imei hilang/null, flash emmc dan salah satu fungsinya adalah untuk membuka handphone terkunci sesuai pembahasan dalam artikel ini. Pengunaan alat ini adalah cara terakhir untuk mengatasi masalah terkunci lupa pola dan password. Tapi masih ada sedikit kendala juga, karena dengan 1 alat dongle ini tidak bisa support semua type handphone dan data file penting tidak bisa diselamatkan karena menggunakan metode format akun.
membetulkan hp lupa akun password
Penggunaan 1 alat Box flasher hanya dapat mendukung merk atau seri tertentu saja. Software Crack tool di dalam alat tersebut biasanya dibuat dalam versi android ketika alat tersebut dirilis, jadi jika hp terkunci menggunkan versi Android lebih tinggi versinya misalnya Pie dengan patch security terbaru maka akan semakin sulit cara mengatasinya. Contoh BST smart tool bisa digunakan untuk mengatasi masalah lupa Akun Mi di Handphone Xiaomi type tertentu saja, ada lagi MRT Dongle untuk membuka kunci pola hape merk Oppo dan Vivo, kemudian Miracle untuk chip Qualcomm, Z3X biasanya untuk memperbaiki merk Samsung, ada lagi EFI dongle dan masih banyak lainnya. 
hapus kunci handphone
Jadi perlu memiliki beberapa alat dongle crack akun agar tempat servis tersebut dapat memperbaiki sebanyak mungkin type handphone karena di Indonesia sangat banyak bahkan ratusan merk Android beredar. Seringkali diperlukan beberapa kombinasi dari semua cara yang tersedia untuk mengatasi hape terkunci. Contoh misalnya Handphone Xiaomi Redmi Note lupa pola dan akhirnya berhasil di factory reset maka selanjutnya akan minta akun mi cloud. Nanti jika sudah berhasil masuk akun mi langkah berikutnya masih harus mengatasi/ by pass email Google.
cara membuat akun email baru
Wajar jika tidak semua tempat servis memiliki semua alat dongle tersebut karena harga per unit nya relatif cukup mahal, biasanya hanya sedia alat untuk merk umum dengan pertimbangan banyak pemakainya saja. Silahkan coba tanya-tanya di konter terdekat di kota tempat pembaca tinggal siapa tahu ada tempat servis yang memilik salah satu alat Box Flasher dan cocok untuk handphone Android milik pembaca dan dapat digunakan untuk mereset handphone ke settingan pabrik serta membuang kunci pola, menghapus pin dan lupa sandi akun email google. Untuk informasi terkait masalah by pass ini bisa mengajukan pertanyaan di kolom bawah, bagi pengguna di sekitaran kota Denpasar Bali memerlukan jasa buka handphone terkunci dapat menghubungi chat via no WA diatas.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.