Cara Ganti Keyboard Laptop

Jika mengamati dari berbagai masalah laptop Asus rusak yang dibawa ke tempat servis kami, selain Hardisk dan engsel, keyboard laptop rusak adalah salah satu jenis kerusakan terbanyak dibanding masalah lain. Hal utama penyebab 3 hal tersebut mudah rusak tidak fungsi sebagian atau malah jalan sendiri adalah karena masih menggunakan cara kerja mekanik (ada bagian yang bergerak). Dibandingkan bagian lain seperti CPU, Memory Ram, Chipset, IC sudah menggunakan teknologi digital. Ibarat sepeda motor sebaik apapun kita memelihara, bagian rantai, gear, ban pasti akan rusak juga. Karena bagian tersebut paling sering bergerak.(bersifat mekanis). 

Namun selain faktor usia, kena air, kotoran debu serta menggunakan keyboard untuk bermain game menjadi penyebab utama kerusakan keyboard. Ciri-ciri keyboard laptop Asus rusak yaitu tidak berfungsinya satu atau beberapa tombol huruf bahkan pada beberapa kasus laptop tidak mau menyala/tidak keluar gambar disertai bunyi nyaring seperti sirine (tut tut tut...siapa hendak turut, ke Bandung, Surabaya...he he). Jika laptop bunyi gitu, jangan takut, lepas saja keyboard-nya pasti laptop mati jadi nyala lagi. Tidak bisa ngetik dong? nah itu masalahnya. Solusi cara mengatasi keyboard rusak baca disini dulu, jika gagal diperbaiki ya ganti keyboard baru.
tempat servis laptop denpasar
Lihat gambar diatas, untuk Laptop merk umum seperti Acer, Axioo, toshiba, HP sebenarnya cara ganti keyboard laptop tidak perlu keahlian khusus, cukup mudah mengatsinya tanpa perlu bongkar laptop keseluruhan hanya perlu melepas klem pengunci keyboard bagian atas saja kemudian membuka socket kable flexible lalu ganti dengan keyboard baru.
cara perbaiki laptop rusak
Namun kini banyak merk laptop slim seperti Asus dan acer merancang jenis keyboard yang diperlukan ketrampilan khusus untuk tahu cara membongkar laptop agar dapat mengganti keyboard rusak tsb. Perhatikan gambar diatas, terlihat permukaan casing laptop terlihat rata, frame pemisah antar huruf menyatu dengan casing bagian atas bukan?. Bahkan sekarang penempatan tombol power on juga jadi satu membuat laptop mati jika keyboard rusak. Desain slim ini memaksa penggantian meski hanya satu on atau beberapa tombol huruf saja rusak, sedangkan cara membukanya harus dari dalam, cukup sulit dan beresiko bagi pengguna pada umumnya. 

Tahapan Cara Ganti Keyboard Laptop Asus
Panduan ini hanyalah sebagai pengetahuan dan share ide untuk untuk rekan teknisi laptop yang mungkin kesulitan dalam megatasi masalah cara mengganti keyboard laptop asus type slim. Tidak di anjurkan untuk pengguna yang belum tahu cara bongkar laptop, baca dulu artikel disini cara buka laptop. Kami ingatkan segala resiko kerusakan korslet dan lapotp malah jadi mati total ketika membongkar laptop menjadi tanggung jawab masing-masing ya. Jika tidak yakin silahkan datang ke tempat servis laptop terdekat.

cara bongkar buka case laptop
  • Beli/ siapkan keyboard Asus pengganti dengan sprepart no seri sama beserta peralatan untuk membuka case laptop seperti obeng, pick gitar untuk melepas klem, cutter, lem bakar (shoot glue) dll. Mulai dengan cara mematikan laptop lepas baterai, Hardisk, Ram, lepas seluruh baut lalu buka casing dengan cara seperti biasa. Jangan lupa lepas juga baterai internal bios agar mesin tidak korslet saat memperbaiki.
cara mebuka laptop
  • Hati-hati pada bagian kabel flexible keyboard dan mouse, cek posisinya baik-baik dan dilepas dahulu sebelum seluruh case dibuka. Ingat setelah dilepas jangan lupa baut + kabel flexible dll disimpan d tempat husus untuk dipasang kembali nanti setelah selesai. Soalnya lupa memasang bagian ini seperti sindrom penyakit kebanyaan orang bahkan teknisi di tempat servis bayak mengidapnya, jadi repot harus bongkar pasang laptop lagi.
  • Kemudian lepas seluruh pengait antara case bagian atas dan keyboard dengan pisau/cutter. Perlu waktu, kesabaran serta sikap hati-hati selama proses ini agar frame casing tidak patah. Pelanggan suruh pulang saja jangan ikut nunggu nanti takut lihat laptopnya dipreteli begitu, tapi jika pemiliknya cantik boleh juga sih nungguin ho ho...;) 
alamat servis laptop di bali
  • Setidaknya ada 100 pin (serius nih, gila tuh Asus rancang keyboard model begini, sudah susah, gampang rusak juga), yup 100 pin harus dilepas dengan hati-hati agar frame tidak rusak lalu memasangnya kembali dengan lem perekat agar keyboard dapat 'menggantung' di casing bagian atas dan tidak boleh menyentuh mesin motherboard. Jangan sampai keyboard bisa terpasang tapi laptop mati karena mesin laptop korslet (short) terkena bagian bawah keyboard yang terbuat dari logam, lalu nangis,guling-guling,?...yaah tidak lucu sama sekali.
cara ganti keyboard rusak
  • Selain lem bakar bisa juga pakai plastik case bekas dipotong kecil kecil lalu disolder, tapi mesti korbankan 1 solder, karena pasti rusak soldernya kena plastik. Pemasangan kembali pin/klem harus semuanya tidak boleh sebagian agar semua huruf berfungsi normal dan menghindari bagian bawah bahan logam menyentuh motherboard berakibat komponen rusak karena ic chipset ec dsb korslet atau short circuit. Kejadian seperti ini sudah sering terjadi karena mengabaikan prosedur. 
  • Baca disini cara membetulkan jika laptop mati total
Setelah selesai ganti keyboard Asus baru, bisa dites sebelum casing ditutup, ingat jangan lupa pasang semua kembali, hardisk, memory ram, baut, kabel jalur fleksible mouse dan keyboard laptop. Soalnya pernah ada pelanggan datang ketempat servis kami di Jl Drupadi Denpasar, kabel flexible mouse hilang karena di bongkar sendiri. Katanya sih hilang sewaktu praktek pelajaran cara membongkar laptop di sekolah SMK Komputer. 
memperbaki laptop hp
Yah begitulah, mengatasi masalah laptop error bukan hanya teori teknis, kadang ada seninya juga, butuh kreativitas, ketelitan dan kesabaran. Pilhan lain menggunaan usb external keyboard hanya bisa berfungsi normal jika kabel flexible dicabut untuk mematikan fungsi internal. Ok, itu cara ganti keyboard laptop asus, jangan dulu beli keyboard sebelum tahu dan yakin bisa cara memasangnya ok?

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.