Lupa Password Akun Google

Dalam kondisi normal saat handphone dinyalakan biasanya langsung masuk menggunakan PIN atau kunci pola, sehingga beberapa pengguna tidak perlu mengingat password selama penggunaan. Namun ketika handphone di reset ke settingan pabrik menggunakan kombinasi tombol recovery, kita akan diminta memasukkan lagi email Google sebelumnya untuk login. Nah jika kita lupa password nya maka Handphone terkunci di akun, bagaimana cara membukanya tanpa perlu membuat akun baru? Bagaimana cara menghapus email lama?

Berikut ini cara paling mudah mengatasi lupa password akun gmail karena FRP atau Factory Reset Protection. 
Di halaman akun email Google klik lupa kata sandi.

tempat servis hape android
  • Di sini kita akan di beri pertanyaan lagi untuk mengingat dahulu sandi yang lama, nah karena lupa jadi klik saja opsi coba pertanyaan yang lain. Pada pilihan layar selanjutnya kita akan diberikan sebuah kolom untuk memasukkan nomor telepon, silahkan masukkan no handphone yang digunakan pada saat membuat akun email. 

handphone minta email
  • Di tahap ini adalah merupakan cara paling mudah untuk mengatasi jika lupa password, karena kita akan langsung menerima sebuah SMS berisi kode verifikasi agar bisa masuk ke akun tersebut. 
Bagaimana jika kita sudah tidak lagi memiliki nomor telepon tersebut? maka kita dapat lanjut ke tahap berikutnya sebagai pilihan.
  • Pada tahap ini kita diberikan pilihan untuk memasukkan tanggal kapan kita membuat akun gmail tersebut. Biasanya kita juga lupa kan?, maka silahkan langsung saja lanjut ke pilihan pertanyaan berikutnya.
  • Nah di halaman terakhir kita akan diberikan kolom isian untuk memasukkan alamat email alternatif lainnya yang pernah kita berikan sebagai alamat sekunder yang telah dihubungkan dengan akun gmail ini jika terjadi suatu masalah. 
alamat servis handphone denpasar
  • Dengan memasukkan alamat email alternatif tersebut kita akan dikirimkan sebuah tautan alamat di email sekunder untuk melakukan reset password.
  • Selanjutnya silahkan login masuk ke email pemulihan tersebut, maka Google akan mengirimkan kode verifikasi untuk membuka akun yang lupa.
Peringatan
Sejak awal menggunakan handphone baru biasakan membuat akun email sendiri, kebiasaan minta dibuatkan sangat tidak dianjurkan, karena banyak informasi penting di dalamnya. Jika memiliki beberapa akun jangan mengandalkan ingatan, buatlah catatan kecil untuk nama masing-masing email beserta sandi nya, lalu disimpan di tempat aman.

Beberapa pelanggan datang ke tempat servis hp kami di Denpasar minta flash ulang ROM nya untuk menghapus email. Cara ini tidak lagi bisa dilakukan, sekalipun di flash akan selalu error minta akun pemilik. Handphone Android dengan Sistem terbaru seperti Marshmallow, Nougat dan Oreo sudah mengembangkan fitur keamanan baru guna melindungi hak kepemilikan handphone misalnya hilang atau di curi. Maka akan selalu minta email pemilik yang pernah dipakai sebelumnya jika direset lewat tombol recovery maupun di flash tetap hape akan terkunci FRP. 

Kami sudah pernah membahas cara mengatasi masalah jika pemilik lupa PIN atau Kunci pola bagaimana cara bukanya di beberapa artikel dibawah ini.
Artikel pertama kami tulis tanggal 13 Febtuary 2013 sudah 5 tahun lalu, saat itu belum ada fitur FRP keamanan Android seperti sekarang. Saat itu masih menggunakan sistem lama dan tertinggi saja masih Jelly bean, bahkan versi Kitkat dan Lolipop belum ada. Nah dalam kasus lupa password/ email Google cara reset lewat menu recovery seperti diperlihatkan gambar dibawah ini tidak kami anjurkan di sistem Android terbaru karena tidak akan menghapus akun email lama. Contoh gambar recovery handphone Asus, Oppo, Realmme, Vivo Samsung, Xiaomi bisa berbeda dengan contoh dibawah ini, namun secara prinsip menunya sama saja, cari bagian wipe data dan cache.
cara perbaiki handphone
  • Agar tidak mengalami masalah ini misalnya handphone mau dijual atau lupa kunci pola sebaiknya jangan mereset handphone Android melalui kombinasi tombol menu recovery jika kita tidak mengingat password email. Cara ini tidak akan menghapus akun Google di Android.
  • Sebaiknya lakukan factory reset langsung dari dalam menu setting seperti diperlihatkan dalam gambar dibawah ini. 
menghapus email google lama di handphone Android
  • Keterangan: Opsi no 1 Mencadangkan data dan no 2 Pemulihan otomatis keduanya jangan diaktifkan (off), lalu klik no 3 Kembalikan Setelan Pabrik.
  • Selama handphone masih bisa masuk menu tidak masalah jika lupa password, karena jika kita lakukan cara resetnya melalui menu setting dapat menghapus akun Google dan ketika handphone Android restart dan dinyalakan kembali, kita dapat mengganti dengan email baru.
Bagaimana jika kita tetap tidak berhasil membuka Handphone terkunci? Silahkan hubungi service center resmi di kota terdekat dengan membawa bukti kartu Identitas bahwa hp tersebut benar-benar milik kita. Demikian artikel tentang cara mengatasi FRP Lupa PIN dan Password Gmail, semoga bermanfaat bagi pengguna Handphone Android yang mengalami masalah tersebut.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

2 komentar:

  1. Fatory reset cuman untuk maling
    Mana mikir dia data di android itu hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bos, tapi untuk handphone dengan system terbaru factory reset via recovery meskipun data hilang tetap tidak akan menghapus email pemilik,jadi hape nemu atau curian tetap tidak bisa dipakai, malingpun rugi juga ha ha

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.