Cara Download BBM Android

Banyak pengguna smart phone-pc tablet android mencari dimana tempat download BBM untuk android. Memang semenjak aplikasi tersebut disediakan Blackberry untuk platform Android dan iOS menjadikannya aplikasi paling populer yang dicari untuk diunduh. Meskipun sebelumnya, BBM for Android yang telah resmi dirilis sejak september 2013 lalu namun gagal karena masalah server, kini (Oktober) aplikasi tersebut sudah kembali tersedia. Setelah mempelajari cara instalnya untuk menghindari problem, kamipun mencoba aplikasi tersebut.
cara download instal bbm apk android

Masalah Cara Download dan Install BBM Android
Pertama kami menggunakan smartphone Lenovo A390 yang menurut kami memenuhi persyaratan karena menggunakan stock rom Firmware OS Android 4.0.4. Ternyata download BBM apk gagal dan muncul pesan "This app is incompatible with your device", rupanya perlu persyaratan spek minimal agar bisa menggunakan aplikasi BBM untuk Android ini. Kamipun mencoba mencari info lebih rinci mengenai persyaratan BBM untuk Android yaitu: Untuk dapat menggunakan aplikasi ini setidaknya smartphone harus memiliki OS Android V.4.0 (Ice cream Sandwich) dan  dengan ukuran screen layar maximal 7”, chip minimal arm v7.

Lalu kami mencoba lagi download aplikasi BBM pada smrtphone Andromax i Smarfren yang sudah kami unlock internal modem cdma evdo-nya menggunakan kartu Flexi. Harapan kami dengan unlimitted internet data flexi ini koneksi internet tidak akan menimbulkan masalah tambahan. Untunglah muncul pesan 'This app is compatible with your device', jadi kami lanjutkan download apk BBM dan install pada andromax smartfren yang (walaupun) menggunakan custom rom ICS. Kemudian kita di bawa ke tampilan layar meminta memasukkan email (sign-up), nampaknya untuk mendapat ID BlackBerry (karena kami belum punya) maka perlu mengisi form yang tersedia, ikuti saja pengisian form yang disediakan, dengan membuat nama akun menggunakan email, password (buat baru dan ini beda dengan password email), membuat clue pertanyaan dan jawaban jika password lupa. Sebaiknya baca tos (term of service) yang disediakan untuk didownload juga.

Cara mendapatkan PIN BBM untuk android cukup dengan memasukan alamat email. Jangan mencoba memakai aplikasi ini sebelum ada konfirmasi dari pihak Blackberry yang masuk ke email kita. Setelah mendapat ID BB, ada masalah lainnya yakni ketika akan login cukup sulit untuk masuk ke menu utama aplikasi ini, kemungkinan disebabkan banyaknya arus trafik pengguna BBM yang melonjak. Karena memang aplikasi ini dinantikan oleh para pengguna Android. Ketika kita sudah berhasil sign-up dan dapat PIN maka kita bisa mengaktifkan BBM dan kemudian bisa lakukan fasilitas yang di sediakan BBM for Android walaupun terbatas, misalnya belum bisa kirim sms karena ini adalah edisi free limiited apk.

Solusi
  1. Usahkan menggunkan brower dari device android dan langsung menuju ke situs resmi disini bbm.com untuk mengecek kompatibiltas dan kita akan diarahkan ke apk resmi. 
  2. Jika pembaca kesulitan menemukan aplikasi BBM dari BlackBerry melalui browser ponsel, untuk mengetahui apakah perangkat kita kompatibel atau tidak, silakan hubungkan perangkat android dengan PC menggunakan kabel data, tentu saja termasuk drivernya. Kemudian dari browser PC masuklah ke Google play apk BBM di Google Play Store yang resmi. Agar tidak salah gunakan cara ini, karena banyaknya aplikasi BBM palsu beredar. 
Jika perangkat android sudah terhubung dengan PC secara benar, maka dengan sendirinya di bawah tombol (button) install BBM akan muncul "This app is compatible with your device" jika cocok atau sebaliknya bila perangkat memang tidak cocok/ incompatible.


dimana download aplikasi bbm
Namun jika masalahnya memang tidak kompatible, tidak perlu mencari tips atau cara agar dapat berubah kompatible, soalnya yang dibilang cocok saja masih kesulitan menjalankan aplikasi BBP for Android ini. Bersabarlah sampai masalah traffic di server Blackberry dapat diatasi. Kami Baliservicomputer juga menyediakan disini alternatif download apk BBM untuk android ini agar dapat di instal secara offline menggunakan micro sd untuk pembaca yang perangkat Android miliknya kesulitan mengakses Google Play Store.

Gunakan ke tiga link download diatas dengan skala prioritas yang pertama untuk mengecek kecocokan device android apakah bisa menggunakan apk BBM atau tidak. Gunakanan link alternatif ke 3 jika bermasalah (gagal) di 2 link sebelumnya. Klik link lalu Skip saja add iklan dikanan atas, lalu extarct file apk dengan password : baliservicecomputer. Setelah diinstal di device kemudian registrasikan dengan alamat email kita seperti petunjuk diatas.
 
Selain pada Andromax-i smartfren, untuk Lenovo type S890 Android 4.1 JellyBean, apk BBM ini bisa dijalankan dengan lancar. Device lainnnya kami belum mencoba, kami belum tahu mana yang cocok dan tidak karena pihak BlackBerry tidak menyediakan informasi mengenai daftar perangkat yang kompatibel untuk aplikasi ini. Jadi tidak semua perangkat Android kompatibel untuk aplikasi BlackBerry Messenger for Android yang baru dirilis BlackBerry, meskipun handset itu sudah bersistem operasi Ice Cream Sandwich (Android 4.0). Beberapa pengguna mengeluh tidak bisa mengunduh atau aplikasi BBM yang sudah bisa didownload tidak bisa dijalankan dengan perangkatnya yang sudah bersistem Android 4.0, OS terendah yang disyaratkan aplikasi itu. BlackBerry belum menjelaskan jalan keluar mengenai kasus seperti itu, apakah masalah software (rom/ firmware) atau dari sisi spesifikasi hardware-nya. Jadi kalau dianggap incompatible, maka kita tidak akan bisa mengunduh aplikasi BBM, apalagi meng-install dan menjalankannya. Coba gunakan cara link download ke 3.

bbm untuk andromax smartfren evdo

Review BBM for Android
  • Cara download, instal dan menjalankan aplikasi ini masih cukup sulit bagi pengguna awal.
  • Untuk dapat menggunakan aplikasi BBM dengan lancar kita perlu berlangganan paket Internet dengan akses yang cukup baik.
  • Aplikasi BBM ini akan terus berjalan secara backgroud, jadi memerlukan RAM dan storage yang cukup. (Pelanggan kami dengan Advan Vandroid 01A cdma mengalami masalah saat download muncul error "insufficient storage" atau kehabisan memory). Harus ditambah dulu memori penyimpanannya dengan merubah internal storage ke micro sd.
  • Baterai menjadi lebih boros dan cepat habis. Pada beberapa tablet menyebabkan restart dan bootloop setelah instal aplkasi BBM. (kasus pada pelanggan pemakai axioo picopad 10 dan tabulet troy yang sudah lemah baterainya).
  • Fitur yang diberikan tidak full, masih kalah dengan aplikasi sejenis seperti kakao talk, whatsapp dll.
Kesimpulan 
Menurut kami peluncuran aplikasi BBM ini agak terlambat, akan lebih baik jika diluncurkan lebih awal sebelum aplikasi (mesengger) sejenis yang gratis sudah menjamur seperti Kakao talk, wechat, whatsapp dll. Bahkan dengan whatsapp kita juga dapat berhubungan dengan pengguna BBM tanpa harus menggunakan aplikasi ini yang sulit cara instalnya dan terbatas fiturnya. Install aplikasi BBM untuk Phone Samsung Mini,Galaxy Young, Ace tidak memungkinkan sekalipun sudah upgrade OS Android ICS atau Jelly Bean karena masih menggunakan chip v6. 

Belum lagi kendala server BlackBerry Messenger yang masih kewalahan melayani banyaknya traffic yang dihasilkan semenjak dibukanya aplikasi ini untuk Android dan iOS. Semoga seraya waktu berjalan aplikasi BBM for Android ini menjadi semakin mudah cara instal dan penggunaannya.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.