Cara Root Advan Vandroid T5-A

Cara rooting android kali ini kami tujukan untuk pengguna tablet advan dengan type Advan Vandroid T5-A. Tutorial ini mungkin diperlukan bagi pengguna yang ingin memiliki akses root (sebagai admin) untuk mengoptimalkan kinerja tablet androidnya misalnya dengan menambah internal memory. Baik langsung saja kita bahas bagaimana cara root tablet Advan Vandroid T5-A ini. Update 07-08-2013, baru saja ada pasien tablet advan vandroid model 01A rusak (bootloop) di tempat servis kami, ternyata kami bisa root pakai cara rooting disini.
rooting advan vandroid

Berawal dari keluhan seorang pelanggan yang datang ke konter jasa root handphone Android kami untuk memperbaiki tablet di baliservicecomputer, karena aplikasi game yang diinstall di tablet advan tidak berjalan mulus dan tablet advan t5a sering stuck/ hang. Cara untuk memperbaiki tablet ini kami melakukan proses rooting agar dapat memodifikasi/ mengoptimalkan tablet android pelanggan, membuang aplikasi bawaan pabrik (bloatware) agar memory internal hp tidak penuh dan rencana instal cwm recovery di tablet advan vandroid t5a ini. Soalnya salah satu syarat agar instal cwm/TWRP berhasil termasuk cara memindahkan aplikasi game ke external micro sd perlu root dahulu.

Jadi cara root android tablet ini hanya ditujukan untuk tablet Advan Vandroid T5-A (GSM) dengan spesifikasi sbb: (untuk type lain gunakan cara root Android dihalaman ini)
  • Prosesor: Qualcomm MSM 8625 Snapdragon S4 (dual core) 1GHz, 
  • RAM: 512 MB
  • Chip Grafis: Adreno
  • Board: MSM 7627
  • Jaringan Seluler Advan T5: GSM, 3,5G (advan vandroid 01A CDMA-REVA)
  • Internal ROM: 4GB
  • WIFI (802.11b/g/n)
  • Koneksi Lain: Micro USB
  • Layar LCD Touchscreen Tablet: 8” 1024 x 768 piksel, Capacitive
  • Baterai Tablet Advan: 3500mAh
  • Sistem ROM: Android Ice Cream Sandwich (4.0.4)
Persiapan root tablet android advan
  1. Diperlukan PC/ Laptop dengan os windows
  2. Download tool root folder1 disini dan root folder 2 disini, kedua folder harus di download, kemudian extract ke hardisk laptop, password: baliservicecomputer
  3. Kable usb data untuk menghubungkan tablet advan vandrod yang akan diroot menggunakan pc laptop.
  4. Ikuti langkah 1 dan langkah 2 dari cara root tablet advan vandroid T5-A dibawah ini.
Langkah cara root advan vandroid T51-A dan 01A menggunakan folder root 1
rooting phone snapdragon qualcomm msm
  1. Setting terlebih dahulu tablet vandroid disetting dengan mencentang (check on) usb debuging. (setting>developer optons>usb debuging)
  2. Hubungkan tablet ke laptop dengan kable usb lalu pilih media Transfer. 
  3. Buka folder root 1 hasil download yang sudah di ekstract/ unzip dan jalankan file run.bat yang ada di folder root 1 tersebut.
  4. Tekan enter, tunggu proses rooting berjalan otomatis sampai tablet advan vandroid T5-A restart sendiri. 
root advan t5 a snapdragon qualcomm

Lanjutkan cara root tablet advan langkah 2 menggunakan folder root 2 (dilakukan setelah langkah 1 selesai ya)
  1. Hubungkan tablet advan ke laptop dengan kabel usb, pilih transfer data.
  2. Lalu jalankan RunMe.Bat yang ada di folder root 2, tekan enter, tunggu proses. 
  3. Satt diminta memilih pada baris 'Make a choice: 1', lalu tekan enter lagi jika diminta konfirmasi dan tunggu sampai proses rooting selesai.
  4. Tablet advan akan masuk halaman restore secara otomatis (tunggu proses)
  5. Tekan enter sekali lagi dan tunggu lagi, 2-3 menit tablet advan akan restart beberapa kali sampai proses rooting selesai sendiri.
root android phone tablet
Tanda bahwa cara rooting tablet advan Vandroid T5-A dan model 01A ini berhasil adalah aplikasi SuperUser sudah terinstall di tablet advan dan aplikasi yang membutuhkan akses root sudah dapat di install di tablet advan tersebut (spt aplikasi Titanium back up, clean memori, set cpu, cwm / twrp recovery dll). Jika belum silahkan ulangi lagi cara-cara diatas. 
advan vandroid t5a

PENTING !!!
  1. Melakukan cara rooting tablet ini akan menghanguskan garansi service tablet.
  2. Cara root ini cocok untuk tablet advan Vandroid T5-A (GSM) dan model 01A (CDMA-REVA). Kami tidak tahu apakah cara rooting android ini dapat diterapkan untuk phone/ tablet Qualcomm MSM 8625 Snapdragon S4 merk lainnya. Untuk Advan Vandroid T1, T2 pokoknya dengan chipset RK29series lihat cara disini
  3. Proses root adalah membuka akses pengguna sebagai admin, artinya pengguna dapat dengan 'bebas' mengakses sistem untuk melakukan berbagai modifikasi yang mungkin dapat mengoptimalisasi kenerja android tablet. Misalnya mengganti font, merubah dan memindahkan aplikasi game dari memory internal ke external (micro sd), overclock cpu tablet dll.
  4. Namun disisi lain 'kebebasan' tersebut juga memungkinkan pengguna (secara tidak sengaja) untuk merusak tabletnya sendiri. Misal ada pengguna yang suka font (huruf) indah dan ingin tahu cara ganti font tablet android, lucunya tidak suka membaca dengan baik. Ada instruksi untuk backup tapi diabaikan, akhirnya gagal instal font dan phone/ tablet bootloop. Atau mungkin salah menulis cript mengubah memory android ke micro sd juga beresiko membuat android bootloop, jadi penting untuk melakukan backup rom bagi admin (jika melakukan root). Intinya, gunakan kebebasan dengan bertanggung jawab, apa yang bisa dilakukan pengguna tablet lain (tips/ cara trik) belum tentu dapat diterapkan di phone tablet android milik kita. Saran kami ada 3, pertama baca, kedua baca dan ketiga baca sekali lagi..;)
  5. Terakhir, jika pembaca melakukan cara rooting android tablet advan vandroid T5-A ini, berarti setuju untuk menanggung segala kerusakan yang mungkin terjadi karena proses root ini.
  6. Stock rom Qualcomm MSM 8625 Advan Vandroid link firmware ada disini.
Kami berbagi tips android ini agar pengguna dapat mengoptimalkan tablet android advan melalui artikel cara rooting ini, namun semua kebebasan hendaknya disertai tanggungjawab. Proses rooting handphone Android pada umumnya tidak berbahaya, namun apa yang dilakukan setelah memiliki akses root dapat jadi penyebab kerusakan, jadi perlu hati-hati ya agar tidak bootloop, karena setelah ini kita memiliki akses untuk merubah dan memodifikasi system android yang sebelumnya tidak bisa dilakukan sebagai user biasa (tanpa root). Bacalah dengan teliti semua cara tips dan trik android dari teknisi tempat servis kami di halaman blog baliservicecomputer ini dengan baik, termasuk artikel cara root android advan Vandroid T5-A (GSM) dan tablet advan model 01A (CDMA-REVA)  ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

83 komentar:

  1. Anonim16:20

    gmn cara betulin advan t5 vandroid bila g dapat jaringan nya/internetnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini topik root advan gan, kalau masalah setting apn, komentarnya di artikel yang sesuai disini cara setting internet tablet

      Hapus
  2. Thanks gan, vandroid 01A ane berhasil di root

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga, agan sudah mau report hasil cara root tablet ini

      Hapus
  3. Anonim13:53

    gan CWM untuk advan vandroid 01-a yg cocok apa yah?? maklum takutnya salah install bisa2 bootloop.. ane sdh berhasil rootingnya..

    thanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih pakai recovery bawaan advan gan,recovery advan sudah bagus kok. maklum ini tablet pelanggan, tidak etis kalau kami oprek, setelah root advan 01-a mungkin pindahkan memory internal ke external lebih penting daripada instal cwm ;)

      Hapus
    2. Anonim21:05

      thanx gan balesannya :-)
      oiya cara mindahin internal ke external klo pake "App2sd" kayaknya gak mgkn bs byk instal aplikasi, soalnya 01-a internalnya yg Free cuma 98Mb..
      boleh minta cara edit vold.fstab gan..?

      thanx

      Hapus
    3. seingat saya pelanggan waktu itu juga minta download game fifa+data dll untuk advan 01A lancar. pakai link2sd gan tanpa edit vold.fstab, mainkan apk link2sd dan bagian android seting>apps internal storage,memory internal-external sd card

      Hapus
  4. bli, mau tanya nih. saya pengguna atom pad cyrus, sudah upgrade ke jellybean 4.1, saya punya problem dengan INTERNAL SD CARD, ada bacaan "DAMAGE SD CARD" sudah saya coba format ulang di tab nya tetap gak bisa, dah sudah berkali2 di reset2 pake aplikasi ROM tetep g bisa, tolong bantu bli.
    note:* sd card internal nya error setelah saya "factory reset + erase on sd card".
    trims

    BalasHapus
  5. bli kok vandroid 01A ane ga suksses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ulangi panduan cara root ini dengan teliti, kami sudah berulang kali berhasil kok

      Hapus
  6. Gan klo root buat advan e1b tanpa pc gimana gan?thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti gan nunggu yang mau service/ ngeroot tablet vandroid tipe e1b di baliservicecomputer, belum praktek belum berani share

      Hapus
  7. Anonim23:49

    Gan klo ganti boot animation 01A gmana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ke forum advan vandroid lounge seperti kaskus, baliservicecomputer tidak share modifikasi tablet yang bisa membuat tablet rusak

      Hapus
  8. Bli mo tanya tombol home dan back 01a punya aku ga muncul alias ilang cara munculin lagi gimana ya...?udah ane reset tetep aja ga nongol....

    BalasHapus
    Balasan
    1. update/flash pakai firmware stock rom (asli) advan gan

      Hapus
    2. Makasih gan udah beres skarang...

      Hapus
  9. gan udah bisa di root neh advan t5 nya ..tapi setelah selesai di aplikasi superusernya minta update..trus di update tapi gak bisa..pas di cek masih belum ke rooting.

    Trus klo mau isntal cwm gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara root diulang gan, nda usah update normal kok, artikel instal cwm minggu depan deh, maklum urus blog disambil kerja, nanti pasien yang service tablet marah kalau lambat gan ;)

      Hapus
    2. Di tunggu gan ulasan ttg cwm 01A

      Hapus
  10. terima kasih, advan 01A saya sudah berhasil di root mengikuti petunjuk diatas & software2 diatas.
    Kalau boleh nanya sebagai kelanjutannya, bagaimana cara menangani "Low Space" ?
    Memory yang saya pakai 16GB, tapi sering Low space.
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara mengatasi phone android low space memory/ full memory
      1. buang aplikasi yang berjalan background, spt game gratis yang banyak iklan+update, weather, facebook dll. cek di setting>aplikasi>running.
      2. gunakan aplikasi untuk memindahkan apk/game android dari memory internal ke external (micro sd), misalnya app2sd

      Hapus
  11. 1.cek advan yang di root pakai cara ini menggunakan cpu qualcomm
    2.cek adb sudah terinstal, lihat di laptop, control panel>device manager
    seluruh proses root sekitar 5-10 menit
    lain kali jangan anonim ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pnya ane Advan 01-A gan, cara instal ADBnya gmna ya gan? tpi klo nyambung android ke PC Memory Cardnya kebaca di PC ,, tpi klo internalnya ga kebaca! mnta tolong donk upload ADBnya :)

      iya sori gan,, kmren buru2 !!

      Hapus
    2. di advan android>settings>developer options>usb debugging
      -dicentang untuk masuk adb
      -tidak di centang itu untuk transfer file data storage tablet

      Hapus
    3. tetap tidak berpengaruh gan..
      tetep aja di My Computer>Manage,, ttep tanda Seru gan di androidnya? tpi di other devicenya tanda tanya semua?termasuk MTPnya, jalanin proses root, malah ga jalan2 :/

      Hapus
    4. lah itu kan tinggal instal driver adb yang ada di folder root

      Hapus
    5. udah bisa gan,, driver ane gunain Moboginie,, dah bisa root yang pertama,, kerestart !! superSUnya udah keinstal,, tapi mnta Update gan? ane lanjutin keproses 2 malah gagal,, ga berhasil ke root !! ada solusi

      Hapus
  12. gan advan saya gak bisa kebukan karna pake kode dan saya iseng ganti bahasa arab jadi keyboardnya bahasa arab ituh bagaimana cara untuk membukan ? tolong bales

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba difactory reset jika gagal terpaksa flash rom

      Hapus
  13. Caranya Instal CWM di Vandroid E1B, gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami belum ada bahan (pasien tablet) untuk di instal cwm di advan E1B, coba ke forum kaskus lounge advan

      Hapus
  14. dhita14:47

    bli, punyaku advan t5A juga. Abis heng trus masuk service center advan. Pas abis dr sana kok malah sering bgt heng ya?? Malah gag bisa download d play store juga. Tiap dipake tau2 diem sndiri, heng gitu. Mohon bantuannya ya gan?? :( makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin di service centre advan hanya di update jadi file (masalah) yang lama bisa muncul lagi, sebaiknya di flash dengan wipe (hapus) file lama, sehingga benar-benar fresh system android nya

      Hapus
  15. dhita17:03

    cara wipe atau ngehapus file lamanya itu gmn ya mas?? Soalnya udh sempet aku restore 2x kok ttep aja gag bisa. Semua aplikasi jg terhapus kok.. Maaf belum paham. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk recovery, bawah factory restore ada pilihan wipe

      Hapus
  16. dhita05:20

    oke mas, makasih nanti dicoba. Oiya mas, apa root itu akan mnyelesaikan semua permasalahan di tab ku ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. -bagi seorang master android dengan root memungkinkan optimasi tablet, saya sendiri bukanlah ahli android, namun dari pengalaman melayani pengguna advan t5A, tabletnya tidak bermasalah walau tanpa diroot
      -kalau bermasalah tinggal update rom stock (resmi) semua kembali normal.
      -jadi root atau tidak itu keputusan pribadi, temasuk keuntungan maupun resikonya

      Hapus
  17. gan, cara rooting ini apa bisa di praktekkan di vandroid t5A yg proc MTK6577 ? mohon jwban n pncerahannya, thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus agan bertanya terlebih dahulu, untuk cara root advan MTK berbeda, agan searching saja di google tulis : rooting MTK6577
      nanti ketemu caranya sendiri

      Hapus
  18. Mas cara d atas udh saya coba dan berhasil,tapi ko knp yg muncul hanya superSU nya saja,yg platinum backupnya ga muncul,trus saya install aps2sd tetap ga bisa send ke microsd,
    Mohon bantuannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. -itu root sudah berhasil gan, super su itu apk wajib setelah root, selanjutnya instal sendiri apk-apk lain yang perlu persyaratan root, sudah kami berikan linknya
      -platinum backup itu apa?
      -app2sd cara pakainya ada tersendiri, ini kan artikel cara root advan, bukan artikel cara menggunakan app2sd.

      Hapus
  19. Maksudnya,tadi tutorial di atas nunjukin klw sukses di root bakalan muncul superSU dan titanium backup, tapi ko yg muncul cuma superSUnya saja, dan klw sudah di root itu katanya bisa mindahin aplikasi ke Sdcard , tp saya stlah sukses di root tetep ga bisa d pindahin ?
    Makasih sebelumnya bli !

    BalasHapus
    Balasan
    1. -kami tulis 'sudah dapat di install' paham kan gan? itu link apk titanium sudah ada, tapi jangan diinstal kalau nda tahu cara pakainya deh. nanti malah mati tabletnya.
      -soal bisa memindahkan aplikasi, misal si A protes, beli android iklannya bisa BBM, kok tidak bisa bbm?, masa harus instal dulu, masak harus download, harus punya gmail, harus ada internet, tidak bisa langsung?
      Bagaimana cara agan menjelaskan orang seperti itu ;)

      Hapus
    2. jadi kesimpulannya tidak bisa mindahin aplikasi ke SDcard gitu bli?
      maaf nih bli soalnya saya masih newbie klw masalah android

      Hapus
    3. bisa kok, semoga 2-3 hari dapat kami siapakan artikel cara extrim memindah memory internal ke micro sd dengan resiko minimal (cukup aman), sabar ya, kami perlu berhati-hati soal ini, karena banyak yang salah modifikasi file voldstab sehingga tabletnya mati (bootloop), kasihan kan

      Hapus
  20. saya mao ganti font style.. how to do it at Advan Vandroid T5-A?

    Please let me via email: raihan_mazumder@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngomong opo iki? tiyang ten uning bli

      Hapus
  21. bli saya udh ikuti stepnya di atas, usb debuging udh saya contreng trus saya hubngkn kabel dtanya kok gk ada plhan media transfer, lagian gk di baca pas buka run.bat di folder root1. itu musti gmna bli, mohon bantuannya,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus sudah tahu cara instal driver adb di laptop, cek bagian device manager windows, paling atas Android composite adb interface sudah muncul atau belum?

      Hapus
  22. pasword step 1 &2 apa bli

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan aneh, ciri-ciri tablet advan rusak dibikin sendiri, males baca ;D

      Hapus
  23. trimakasih sudah berhasil....

    BalasHapus
  24. Boleh numpang tanya ?
    Android t5a saya lw di hidupin tpi stelah bberapa detik dia diam tak bisa diapa apain gan...
    ada solusinya ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tanya yang jelas, masuk menu atau tidak,ada tulisan/gambar apa. semua tablet diam, kalau dihidupin terus tabletnya jalan-jalan malah bikin takut bos

      Hapus
    2. yang jelas ni gan.
      stelah tnya" ke tman. ternyata Vandroid saya terkena "light bootlop". gak bisa masuk homescreen gitu...
      Agan ada solusinya ?

      Hapus
    3. kalau sudah instal cwm bisa direset factory, kalau belum ada cwm di flash dengan rom ori advan t5a sesuai type cpu MTK atau qualcomm

      Hapus
  25. bli kok proses di cmd nya gak jalan ya bli
    setelah saya enter, hanya keluar daemon started succesfully,,
    itu kenapa ya bli?

    BalasHapus
  26. saya mau tanya,advan t5a sebenernya bisa buat bbm gak sih ? kok punya saya gak bisa ya,padahal kan androidnya udah ice cream sandwich

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan lcd screen 8 inch, selain minimal ics syarat instal bbm android kan masih ada yaitu layar maximal 7 inch, agar bisa caranya pakai apk bbm dari kami, silahkan baca artikel yang sudah kami tulis terkait topik tersebut. di sini artikel cara root beda topik

      Hapus
  27. Anonim12:26

    paswordnya apa gan

    BalasHapus
  28. gan kalo root vandroid advan T2E gmn y, mohon pencerahan, karena tablet anak saya mengalami bootloop, thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. advan bootloop perlu di flash bukan di root, justru penyebab bootloop dan mati total terbanyak itu karena root padahal tidak paham android, silahkan cari info link download firmware advan vandroid t2e dan cara flashnya

      Hapus
  29. Gan..... ane mo tanya klo advan t5c bisa HDMI ga dan keluhannya apa aj?
    minta masukannya........

    BalasHapus
    Balasan
    1. advan t5c tidak ada port HDMI jadi jelas tidak support, kelebihan dan kekurangan advan vandroid sama saja dengan merk china lainnya, kelebihan tablet lokal buatan cina itu murah, kekurangan kalau rusak service center harus ke jakarta

      Hapus
  30. Bli,advan t5 saya kok ngak ngrestat-ngerestatsih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah diulas penyebab tablet restart silahkan dibaca, disini artikel tentang root advan, beda topik

      Hapus
  31. Anonim10:50

    gan bisa bisa bantu ane ga, tolong dong vandroid T2E ane bootloop mati total setelah ane update ke versi kitkat. ada ga rom yg cocok untuk T2E, truz type chipset T2E ntu rockchip / amlogic ya. maksih gan sblum nya.

    BalasHapus
  32. gan kalau vandroidnya nya gx mau restart sendiri g mna ???

    BalasHapus
  33. boss kalau device not found gmana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari tablet advan t5 cek adb sudah akitif atau belum, lewat laptop bisa cek command ketik : adb devices

      Hapus
    2. saya pake o1a boss

      Hapus
    3. sama saja, tuh diatas banyak yang sukses root di advan t01a

      Hapus
  34. kk infonya dounk,, knapa hp advance sya gak mau baca huruf bali pada aplikasi aksara bali buatan anak STIKOM bali itu ya.. ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami bukan pembuat aplikasi tersebut, silahkan tanyakan langsung ke developernya masalah bug kekurangan via google play

      Hapus
  35. Bli punya file vold.fstab ori advan t1k ga. Punya saya memori internal dan eksternal nya ga kebaca akibat saya coba partisi kartu memory namun gagal. Mohon bantuan nya bli

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak punya dan kami tidak pernah membahas cara edit vold.fstab, mestinya super user itu selalu buat backup sebelum memodifikasi androidnya, diflash saja pak bos

      Hapus
  36. gan tablet ane advan t5a hang...sudah ane flash,hard reset,stelan pabrik...tapi masih tetep hang...mohon pemberitauanya gan kenapa tab ane ni.......trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sudah diflash masih hang biasanya rusak hardware (ic emmc) bos, coba cek ke tempat servis handphone

      Hapus
  37. Gan kok gak ada aplikasinya ya di Advan Tab T5A , terus gak bisa di restart sendiri? Please Respon Cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. respon cepat? bos tanya itu mesti pakai kronologi? apa saja yang dilakukan?habis ngeroot pakai cara diartikel ini aplikasi hilang gitu? aplikasi apa yang hilang? terus ga bisa restart sendiri? justru jika tablet restart sendiri itu rusak namanya bos, suer bingung saya mau jawab apa

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.