Tombol Reset Atom PAD

Cara reset tablet cyrus atom pad 7inchi menggunakan kombinasi tombol recovery berguna untuk mengembalikan tablet android yang rusak systemnya tanpa instal ulang firmware/custom ROM Android OS. Penyebab kerusakan system android itu sendiri berbagai macam. Mulai dari instalasi game yang tidak kompatible, modifikasi sistem rom dengan mengganti font android, boot animation, logo boot android dll. Bagaimana cara kombinasi tombol reset recovery tablet Android cyrus atom pad ini?

Secara umum cara recovery system data tablet Android berbagai tablet lokal/merk China menggunakan kombinasi tombol reset volume up(+) dan power on secara bersamaan. Namun untuk tablet china/lokal seperti Advan, Axioo, Cyrus, IMO, Mito, Venera, Treq pada beberapa seri tertentu, kombinasi tombol recovery tidak berfungsi. Nah untuk mengaktifkan tombol reset agar bisa digunakan mengembalikan firmware sistem android tanpa instal ulang, kita perlu download aplikasinya. Setelah download file apk aplikasi tombol reset /recovery ini kemudian instal seperti biasa ke tablet atom PAD. 
mengembalikan rom firmware android tanpa instal
mengaktifkan tombol reset recovery tablet  chinaatom pad
Sebelum menggunakan aplikasi recovery data ini, Tablet Cyrus Atom PAD tidak bisa menggunakan cara reset dengan kombinasi tombol. Setelah aplikasi terinstal, tombol reset Vol+ dan Power On untuk masuk recovery bisa digunakan ketika tablet mengalamai brick, bootloop atau ketika dinyalakan tidak bisa masuk home/menu screen hanya berhenti/macet di logo android saja atau layar lcd screen gelap tidak muncul gambar apapun. Kini dengan cara menggunakan kombinasi tombol reset kita bisa masuk ke menu recovery dari keadaan tablet mati. Untuk memilih opsi di aplikasi recovery, caranya dengan menaik-turunkan pilihan dengan menggunakan tombol volume+ dan Volume-. Untuk konfirmasi menu yang dipilih menggunakan tombol Power.

Cara recovery firmware android menggunakan tombol tablet ini berhasil untuk mengatasi tablet cyrus atom pad saya yang sedang digunakan untuk test custom rom android Jelly Bean 4.1.1. Karena terlalu banyak modifikasi Firmware JB Android tersebut, Tablet Atom PAD Cortex A8 Allwinner RAM 512 itu jadi tidak mau menyala. Lihat atau download cara mengembalikan ROM Android tanpa instal ulang custom firmware Jelly Bean dengan kombinasi tombol recovery.

Back Up Android PENTING!
Perlu diingat penggunaan tombol recovery tablet ini dapat memperbaiki tablet yang rusak kembali normal seperti semula tanpa instal ulang ROM Firmware Android. Namun untuk dapat mengatasi kerusakan sistem android tablet yang berat, misalnya yang suka oprek sistem Android dengan mengganti font, boot logo/animation, merubah file library dll yang berhubungan dengan modifikasi sistem diperlukan file back up recovery. Mirip system recovery pada Windows di PC/Laptop. Namun jauh lebih penting melakukan back up pada Android OS, karena Firmware atau custom rom yang cocok dengan tablet kita kadang sulit dicari. Kalau windows kan gampang, dan pasti cocok dengan semua merk laptop :). Apalagi bagi pengguna tablet android yang sering modfikasi/ngorek firmware/ROM os android. Tanpa file back up agak sulit memulihkan android yang mati. 

Cara back up dan Restore firmware android (contoh menggunakan Tablet Cyrus Atom PAD) 
Untuk menu back up firmware android harus masuk ke menu recovery melalui kombinasi tombol reset tablet. Langkahnya sbb:
hard reset tablet 7" recovery firmware android

  1. Sediakan ruang kosong (free space) pada micro SD Card lebih dari minimal 300MB.
  2. Matikan Tablet Atom PAD
  3. Hidupkan lagi dengan kombinasi tombol recovery mode, caranya : tekan dahulu tombol volume up dan jangan dilepaskan, lalu tekan tombol power on (kedua tombol volume+ dan power menekan)
  4. Tunggu sekitar 15 s.d 20 detik sampai masuk logo/gambar boot android tombol power boleh dilepas namun tomblo Volume + jangan dilepaskan dulu
  5. Tunggu beberapa menit sampai menu recovery tablet muncul, tombol volume+ dilepas.
  6. Pada menu recovery pilih menu backup and restore (baris ke5) menggunakan tombol Volume, pilih ya dengan tombol power. 
  7. Pilih menu back up no1. (note: restore pada urutan ke 2 dibawahnya untuk mengembalikan Android OS jika rusak setelah memiliki file back up) 
  8. Tunggu proses backup selesai, sekita 5-10 menit)
  9. Setelah selesai pilih menu go back paling bawah kemudian pilih reboot system now.
Nah file backup ini jangan dihapus karena akan dibutuhkan saat tablet tidak bisa nyala karena rusak firmware ROM nya. Lakukan backup menggunakan tombol reset recovery ini ketika tablet android dalam kondisi baik/normal. Jika membutuhkan ruang micro sd untuk aplikasi android, file hasil back up firmare Android yang tersimpan di micro sd bisa dipindahkan ke komputer laptop.

Agar kombinasi tombol reset Cyrus Atom Pad berfungsi download aplikasinya. Unzip menggunakan password :baliservicecomputer.  Kemudian instal di Tablet Atom PAD atau tablet china lain yang tombol resetnya tidak berfungsi. Aplikasi tombol recovery tablet ini sudah dites menggunakan tablet Cyrus Atom PAD di system Android ICS 4.0.4 dan Custom ROM Firmware Jelly Bean 4.1.1 yang sudah di root.. Jika aplikasi ini tidak bisa dijalankan di tablet ICS, gunakan aplikasi tambahan untuk root disini..


Jika cara kombinasi tombol reset ini tidak bisa mengembalikan sistem android karena tidak memiliki file back up, solusi lainnya adalah dengan cara instal ulang firmware OS sistem Android dengan file Image (IMG) dapat mengatasinya. 

Semoga tulisan cara menggunakan kombinasi tombol reset recovery tablet android merk cyrus atom Pad ini juga bermanfaat untuk berbagai tablet china/lokal lainnya.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

40 komentar:

  1. bermanfaat sekali nih postingannya,
    saya sangat tertarik dengan komputer, tapi malas belajarnya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Muhammad Nafarin: ha ha agan memang betul dan efisien, komputer untuk digunakan bukan untuk dipelajari :D

      Hapus
  2. tablet cyrus atompad ane ga bisa masuk k menu soal nya udh berkali-kali lupa pola,, cara recovery reset nya gmna ga ??
    mhon bantuan nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ariv riji: agan bisa reset hanya jika pernah membuat file backup lewat aplikasi recovery, Jika belum pernah agan Ariv terpaksa instal ulang firmware Androidnya

      Hapus
  3. Anonim10:17

    gan minta firmware buat cyrus atompad lite dong. Tabletq uda a minggu mati

    BalasHapus
  4. hallo.. salam kenal gan.. gan mw tanya nich... tablet imo sy waktu di hidupin hanya muncul gambar android aja... g bs load dsb.... tolong pencerahannya gan... tolong kabari saya di iskar.laguna@gmail.com terima kasih gan..

    BalasHapus
  5. saya memakai android 4.0 ICS-9,7" imo x9 Claire

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Iskar Laguna: coba agan hard reset tablet Imo dengan cara sbb:
      tekan bersama kombinasi tombol Volume + (MENU) dan Power On, terus tekan bersama sampai muncul gambar logo android. Lalu pilih dengan menekan tombol Volume - (HOME) untuk masuk Reset factory.

      Hapus
  6. saya punya tablet baru icoo d70 pro2, jely bean 4.1.1,cpu cortex A9 dualcore, cpu model rockchip RK3066 2X1.6mhz,ram 1Gb, 8gb int memory,res 1024*600 pertamakali datang baterai drop tidak bisa nyala sama sekali,kemudian terpaksa saya bongkar casing belakang saya lepas baterai dan saya charge langsung dari baterai ke charger, selama 30 menit, bateray normal saya pasang kembali, bisa berfungsi, namun ada kendala setiap dishut down bukannya mati tapi kembali restart dan kembali pada posisi stndbay. solusinya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @spyman: coba baterai tablet agan dikalibrasi mungkin mengatasi masalah baterai restart. agar os android mengenali kembali kapasitas baterai yang sebenarnya.

      Hapus
  7. saya memakai tablet imo z7 orion jelly bean, aplikasi ini ga bisa gan. apa harus root karena tablet ini belum bisa saya root?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @suke: maaf ga bisa gan, ini untuk recovery allwiner A10, tablet imo z7 pakai mtk, pakai cwm gan dan perlu di rooting dahulu.

      Hapus
  8. gan lok buat imo z6 bisa gak ane ru dpt firmware orinya dri CC

    BalasHapus
  9. ijin gabung gan
    mau tnya nih
    ane pngguna atom pad lite
    ane dah instal recovery dan tutor yg d atas
    nah stiap ane backup ko error yah
    ga slesai
    pdahal kpasitas memori udah 1,3gb
    mhon pncrahan'y gan

    1 lg gan, cra ganti boot animasion gmna yah ?
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. -Saat backup recovery pesan errornya apa gan?
      -Cara ganti boot animasi android: copy/ replace boot animasi yang baru ke directory /system/media, pakai aplikasi root exploler jadi tablet sudah diroot, PENTING! Tablet saya juga sering ganti boot animasi karena memiliki backup rom, jika tidak memiliki backup/ rom asli sebaiknya jangan pernah modifikasi os android, kalau gagal tablet bootloop.

      Hapus
  10. Anonim07:32

    pak admin,,saya kan pakai zyrus atom pad 3g,,,sudah saya root di tambah app link2sd,,,,kemudian saya masuk ke aplikasi google play,,kemudian saya teken tulisan aksi,,,saya pilih rubah ke user app,,,,setelah itu baru saya bali ke tombol home...aplikasi play store manager file saya hilang,,,,pertanyaan saya gimana cara mengembalikan play store, manager file saya,,,,minta tlng pak admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bingung yang hilang aplikasi 'file manager' atau 'google play'? btw kedua aplikasi tsb kan free, ya coba download lagi

      Hapus
  11. dear admin, no telfon koq ga bisa dihubungi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan, lagi liburan ke lovina pengin lihat lumba-lumba, kamis aktif lagi service tabletnya ;)

      Hapus
  12. sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah share banyak hal ttg cyrus pad. saya mau tanya, tab cyrus (tv pad honey 1624) saya tidak bisa menampilkan home screen hanya berhenti di logo cyrus, tp jika dikoneksikan dengan komp dan menjalankan aplikasi AndroidCommander (dg posisi USB debugging dicentang) baru bisa muncul homescreennya, tp jika kabel usb'nya dicabut, tablet kembali mati/restart dan berhenti di logo cyrus lagi. mohon pencerahannya. terima kasih. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara mengatasi cyrus pad bootloop sesuai dengan penyebabnya, sama dengan android lainnya. nah jika agan tidak memodifikasi file system cukup lepas baterainya, jika penyebabnya lain/ modifikasi/oprek silahkan baca artikel mengatasi android bootloop.

      Hapus
    2. sebelumnya saya ucapkan terimaksih sudah meluangkan watu menjawab pertanyaan saya. Awalnya saya mencoba mengikuti artikel Mengubah Eksternal Memori Menjadi Internal Memori, dengan memasukan (mengganti) file vold.fstab ke folder system/etc, tp tidak berhasil (android bootloop) ketika saya kembalikan file vold.fstab (ori) masih tetap saja bootloop. kemudian saya masuk ke menu recovery dan memilih wipe data/factory reset. cyrus saya bisa kembali ke homescreen hanya saja harus terkoneksi dg kompetur, jika kabelnya dilepas cyrus kembali mati dan stuck di logo cyrus.

      Hapus
    3. mengubah system tidak bisa diperbaiki dengan cara reset, opsi recovery bisa dilakukan jika agan melakukan backup. kami yakin agan sudah disuruh backup cyrus tv pad sebelum melakukan perubahan bukan?, silahkan gunakan backup tersebut.
      jika tidak backup agan harus mencari rom yang cocok untuk flashing ulang

      Hapus
    4. file vold.fstab (ori) sudah saya masukan kembali tp tetep saja bootloop. kalo boleh tau ROM yg cocok untuk tablet CYRUS TV PAD HONEY 1624 apa ya? dimana saya bisa donlot??trimakasih.

      Hapus
    5. untuk link download cari custom rom di forum xda developer, agan cari yang spek hardwarenya mirip

      Hapus
  13. bos mo tanya nih. kemaren saya iseng reset factory dan hapus semua memory di tablet mypad my703A. begitu terbuka saya kagak bisa download aplikasi atau game.setelah saya periksa di pengaturan ternyata internal memory hanya 35mb, total space 0,0b. padahal sebelumnya ada 0,9mb. saya sudah coba download link2sd kgk bisa karena kgk ada tempat kosong. sayacoba partition memory melalui pc tapi selalu gagal. tolong dong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesalahan menghapus memory tablet, android itu pakai file system linux sulit di partisi menggunakan software window, gunakan tool khusus spt qpst atau cari teman yang paham linux, kalau salah pananganan bisa bricked (tablet mati total)

      Hapus
  14. Dear Admin.....saya punya i cherry c51 ....troublenya setelah saya tekan vol+ + power ...cuman yang muncul gambar segitiga dan hh saja....gimana solusinya gan...biar bisa munculin tulisan di layarnya....mohon pencerahannya ...thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dibahas, silahkan baca artikel factory reset android

      Hapus
  15. Dear admin.. udah lama saya punya cyruspad .. pas di hidupin lagi stack di www.cyruspad.com sampe setengahjam dan gak berlanjut... di reset juga ga bisa pake paperclip di pencet juga gabisa.. gimana ya solusinya .. kalo bisa diperbaiki sendiri lebih baik dibanding ke cyrus nya... makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tablet bootloop, tidak bisa direset perlu instal os androd-nya kembali.
      Untuk memperbaiki sendiri disini harus rajin baca dengan teliti termasuk link terkait, cara-caranya semua sudah kami buat artikelnya

      Hapus
  16. Ada Ч∂πğ punya room tabz voice gak...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. link download tabulet tabz voice ada gan,
      cari pakai google search di internet ;)

      Hapus
  17. gan cyrus pad ane internal storagenya gak kedetect,, jadi ga bisa instal aplikasi,,,,, sebelumnya ane instal link2sd ane reboot balik ke factory default,,, solusinya bagaimana gan,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesalahan cara modifikasi yang memerlukan akses root tidak bisa factory reset, maka diperingatkan untuk backup, pasti alasan lupa backup (hapal saya), jadi di flashing rom agar tablet cyrus kembali normal

      Hapus
  18. tolong gan , setelah ane jalan kan sesuai artikel .... ternyata atompad ane stack di logo android aja. usb ke laptop tidak terdetek. dan tombol hard reset kombinasi power + tidak bisa dan pake paper clip tidak bisa. ada saran gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong gan aku minta firmware venera prime 817

      Hapus
  19. pada cyrus pad ...muncul ..terlalu banyak pola...saya sudah coba volume+ dan power...tapi gamuncul recovery..gimabani...mita infonya dong..083890904887..tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang tidak bisa masuk recovery,makanya kami tulis artikel cara pasang recovery di cyrus atom pad

      Hapus
  20. saya ada beyond btab1 .sudah di service kemana mana kok gak bisa . kenapa ya.
    trima kasih

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.