Ganti Layar Handphone Xiaomi Mi 5S

Layar handphone bermasalah dapat terjadi pada semua merk Android termasuk Xiaomi Mi5s, mulai lcd xiaomi gelap, bergaris, gerak sendiri/ goyang, berwarna pelangi atau hitam-putih. Penyebab masalah ini bermacam-macam mulai benturan karena jatuh retak, ketindih di tempat tidur, kena air dsb. Cara memperbaikinya dengan ganti beli lcd baru.
biaya ganti layar handphone
Semua merk Android memiliki kelemahan ini, baik Oppo Asus, Vivo, Samsung, Lenovo dll termasuk Xiaomi Redmi. Belum ada perusahaan yang mampu membuat kaca handphone anti pecah. Namanya barang dengan bahan dari kaca maka akan sangat rentan retak dan rusak meskipun sudah menggunakan tambahan lapisan antigores, benturan dan tekanan berlebihan dapat menyebabkan layar handphone Xiaomi Redmi, Note maupun seri Mi menjadi bermasalah seperti deskripsi diatas. 

Banyak pertanyaan dari pelanggan tempat servis kami sbb: Jika hanya layar sentuhnya tidak berfungsi apakah bisa dengan cara ganti kaca depan saja? pertanyaan ini wajar mungkin dengan harapan agar biaya atau harga perbaikinya lebih murah. Perlu diketahui bahwa jenis penggunaan layar pada handphone Android bermacam-macam, ada TFT Capasitif, OSG (One Glass Solution) atau IPS, Amoled-Super Amoled. Hanya type TFT Capasitif yang terpisah antara touchscreen dan layar LCD. Sedangkan type lainya jadi satu Full set. Maka untuk dapat menjawabnya pertanyaan diatas dengan tepat kita perlu memperhatikan spesifikasi Handphone Xiaomi Mi 5S sbb:
  • Bahan Kaca depan, case bodi belakang aluminium
  • SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Tipe Layar sentuh kapasitif LCD IPS, 16 juta warna
  • Resolusi layar 1080 x 1920 Piksel, Rasio 16:9 (428 ppi) Tampilan Sentuh 3D (128 GB, model RAM 4 GB)
  • Sistem operasi Android 6.0 (Marshmallow), dapat diupgrade hingga 7.0 (Nougat)
  • Chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821, CPU Quad-core (22.15 GHz Kryo & 21.6 GHz Kryo), GPU Adreno 530
  • Memory internal 128 GB atau 64 GB, Slot Kartu memory Tidak Tersedia, RAM 3 GB RAM atau 4 GB RAM
  • Kamera depan 4 MP Kamera belakang 12 MP
  • Koneksi Teknologi Sinyal GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE Jaringan 4G LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500) Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (4CA) Cat12 600/150 MbpsWLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Hotspot Bluetooth 4.2, A2DP, LE
  • GPS dengan A-GPS, GLONASS, BDS
  • Tipe Konektor data/charger usb 
  • Sensor Sidik jari (depan terpasang), Akselerometer, Giro, Jarak, Kompas, Barometer
  • Baterai tanam 3200 mAh tidak dapat dilepas.
Sesuai spesifikasi diatas point ke 3, karena Xiaomi Mi 5S ini layar original menggunakan panel type IPS, IPS ini termasuk kategori OGS: One Glass Solution maka meskipun rusak sebagian saja baik layar gambar atau kaca touchscreen tetap harus ganti lcd fullsetPerlu di pahami bahwa layar handphone bermasalah bergaris, blank, gambar setengah, berkedip, touchcreen tidak fungsi ini penyebabnya adalah karena rusak hardware, bukan software ya. Jadi tidak bisa diatasi dengan cara factory reset, install firmware atau flash rom. Karena beberapa kali ada pelanggan datang hp terlanjur sudah direset/ flash dan repotnya pin lupa akun password email google tidak ingat, hadeeeh. Ini kan masalah tambahan dan sebenarnya tidak perlu terjadi, data malah hilang dan jadi double pekerjaannya ganti layar + unlock untuk menghapus email lama. Jika penyebabnya kena air sebaiknya memberitahukan informasi tersebut kepada tekisi di tempat servis dan mintalah untuk dibersihkan guna menghindari mesin berkarat dikemudian hari.
cara buka bongkar case
Contoh gambar diatas adalah hp milik pelanggan type Mi 5s, dengan masalah rusak layar sentuh, lihat keterangan pada gambar nota bawah, namun tidak bisa ganti kaca luar saja harus beli 1 lcd fullset. Karena ada banyak jenis layar dan ukuran, maka biaya dan harga untuk setiap pemasangan type handphone berbeda-beda. Agar bisa lebih memahami masalah ini, silahkan baca dulu penjelasan perbedaan berbagai type layar TFT, IPS, Amoled yang sering digunakan pada Handphone Android di artikel link bawah ini:
Agar dapat melakukan penggantian kita perlu tahu cara membuka case belakang Handphone Xiaomi untuk melepas mesin, baterai dan bagian layar rusak, kemudian melakukan pemasangan panel lcd baru. Diperlukan peralatan memadai, ketrampilan dan kesabaran agar dapat melakukan dengan aman dan benar seperti obeng plus 0.2 dan obeng bintang, plier, blower pemanas, pry tool dll. 
servis layar rusak bermasalah
Dari pengalaman kami mengganti layar berbagai merk hp, khusus untuk type Xiaomi Mi 5S ini salah satu bagian tersulit adalah cara melepas baterai tanam dan tombol home (posisi bawah tengah) karena di lem menempel kuat jadi satu pada layar lama bagian depan agar dapat dipindahkan ke panel lcd baru. (lihat gambar atas)
Sebaiknya sebelum lcd baru dipasang, lakukan test terlebih dahulu apakah gambar dan layar sentuh bisa berfungsi normal. Jika terlanjur dilem dan ternyata bermasalah atau error, maka garansi dari toko sparepart biasanya tidak berlaku lagi. Dari pengalaman kami, bisa saja socket flexible juga rusak/ berkarat, hal ini sering terjadi jika layar bermasalah tersebut penyebabnya karena kemasukan/ kena air. Perhatikan juga pada saat membetulkan layar kaca hape untuk memperhatikan posisi camera, speaker, kabel cas dan antena, karena jika lupa, tidak teliti atau ceroboh saat membuka dan memasang case serta baterai tanam dengan benar dapat jadi penyebab masalah lain seperti kamera tidak berfungsi, handphone xiaomi tidak bisa dicas atau sinyal hilang.
harga beli ganti layar Xiaomi
Untuk ganti layar Xiaomi Mi 5s ini pengguna tidak bisa membeli di tempat servis center resmi karena type ini tidak resmi alias tidak di distribusikan oleh TAM Indonesia. Untuk diketahui bahwa service center resmi Xiaomi hanya menyediakan penjualan sparepart dan perbaikan handphone Android Redmi Note dan Mi jika di beli melalui distributor resmi saja. Soalnya sudah beberapa pelanggan kami mengalami, ketika mereka membawa hp garansi toko seperti redmi 3, mi4c, redmi note 5 plus, redmi note 7 (distributor tidak resmi Bless-Platinum-Bcell bukan TAM) ke servis resmi untuk perbaiki layar lcd bermasalah atau beli sperepart baterai ditolak meskipun bersedia membayar biaya tersebut. 
harga biaya ganti layar xiaomi
Bagi pengguna merk Xiaomi Mi5s dan type tidak resmi lainnya agar dapat melakukan perbaikan, cara mengatasinya adalah mencari toko, konter atau tempat alternatif jasa reparasi Handphone Android terpercaya dan bagus di lokasi terdekat pembaca tinggal. Jika pelanggan di sekitar kota Denpasar, Kuta, Tabanan, Gianyar mengalami lcd handphone Android bermasalah : kaca tidak bisa disentuh, retak, bergaris, blank dll dapat mengetahui berapa harga dan biaya perbaiki layar melalui pesan no WA diatas. Untuk diskusi terkait topik ini silahkan tulis dikolom komentar dibawah, demikian artikel "Ganti Layar Xiaomi Mi 5S" semoga bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.