Insufficient Storage Available

Tidak bisa download Google Playstore ada 2 penyebab. Pertama karena memang bawaan hp tidak ada aplikasi Google Play, contoh handphone Xiaomi Red Mi/ Note versi cina yang dijual di Indonesia. Kedua hape sudah ada playstore tapi error waktu download. Misal Whatsapp minta update tapi tidak bisa download dari google play dan selalu muncul tulisan installation error "insufficient storage available" atau download tertunda. Sesuai pesan error, masalah ini disebabkan karena "penyimpanan yang tersedia tidak cukup" membuat pengguna handphone Android tidak bisa instal/ update file aplikasi.apk bukan saja dari google play tetapi juga tidak bisa download dari luar playstore dalam beberapa kasus menyebabkan bootloop dimana handhone menyala tapi tidak mau masuk ke menu hanya berhenti di logo android/ merk hp saja. Di halaman ini akan kami bahas penyebab masalah memory habis dan bagaimana solusi cara mengatasinya. 
1. Tidak ada Google Playstore
Jika kita membeli Handphone versi cina maka aplikasi download store yang tersedia berbeda dengan hp resmi untuk peredaran di Indonesia. Contoh banyak reseller import langsung Xiaomi Redmi atau Note versi cina dan dijual ke Indonesia tidak lewat jalur distributor resmi. Contoh Handphone Xiaomi Mi4c dan Mi5c tidak ada Google playstore, arena di Cina Google tidak populer maka aplikasinya berbeda. Agar dapat download di Google Playstore maka perlu install sendiri paket Google apps (gapps) secara manual via TWRP atau flash system menggunakan versi ROM Global atau Custom ROM. Silahkan baca penjelasan masalah rom handphone Xiaomi disini.

Yang perlu di perhatikan disini Type Handphone baik dengan nama seri yang sama atau mirip. Jangan asal ya, soalnya rom yang diinstal maupun cara flash bisa berbeda. Contoh Xiaomi type Redmi Note 3 ada 4 versi. 3 versi dengan cpu Qualcomm ada Google playstore dan 1 versi khusus pasara cina dengan processor mediatek tidak ada playstore karena tidak ada ROM Global. Jadi jangan sampai salah flash bisa jadi bootloop tidak mau masuk menu. beberapa pengguna mengalami sinyal hp hilang bahkan handphone mati setelah di flash.

Demikian halnya Xiaomi Redmi 4 ada banyak varian, ada pelanggan kami yang salah install handphone miliknya versi Mi4i di flash dengan rom Mi4c, sampai mati total (hardbrick). sayang kan gara-gara software bisa jadi parah gitu. Jadi harap dikenali type hp android kita dan pahami prosedur cara flash dengan baik sebelum melakukannya. Kunjungi situs forum atau di Kaskus lounge sesuai merk dan type handphone jangan salah kamar, bisa hamil...he he. Maksudnya jika type Hape Redmi Note 3 jangan ikuti cara flash Xiaomi Redmi Note 3 Pro, apalagi masuk forum Samsung, parah lah. Jika tidak yakin bisa minta bantuan ke tempat servis handphone untuk mengurangi resiko, tapi pilih tempat servis yang paham masalah ini juga ya ;) 

Silahkan baca dengan teliti artikel kami soal cara flash-instal Google playstore sesuai merk dan type Handphone, karena beda handphone beda cara, dan link rom atau firmware yang perlu di download juga berbeda. Gunakan juga referensi lain dari komunitas forum yang membahasnya. Kuncinya jika mau flash sendiri perlu bersikap hati-hati, dan 3 syarat utama yaitu: 1. baca, 2. baca dan ke 3. baca manual dan prosedur cara flash.

2. Insufficient Storage Available
Masalah Insufficient Storage Available jika diartikan ke secara sederhana menjelaskan kepada kita bahwa ruang penyimpanan (ic emmc) di handphone sudah tidak mencukupi. Jadi Tablet Android phone kita dianggap kehabisan memory maka aplikasi menolak untuk di download. Sama dengan media memory penyimpanan lain seperti hardisk di laptop, flash disk, micro sd yang sudah penuh tentu tidak dapat diisi file lagi. Jadi munculnya masalah error download tertunda dan "insufficient storage available" disebabkan memory Internal/emmc handphone-tablet Android sudah penuh. Membiarkan masalah ini dapat membuat handphone bootloop lihat contoh kasus baca disini Samsung Galaxy note tidak mau menyalaBahkan ic emmc rusak. itulah mengapa banyak pengguna Handphone denggan ukuran emmc kecil seperti Smartfren Andromax, Oppo, Lenovo bootloop dan tidak bisa diflash sehingga hape tidak bisa dipakai lagi karena mengabaikan masalah ini. 
kekurangan memori hp hang, restart, bootloop
  1. Penyebab memory Internal storage penuhTerlalu banyak aplikasi sosial media baik bawaan/ bloatware ataupun yang diinstal user. Masalah ini lebih sering terjadi di handphone Android yang memiliki Internal memory/ emmc kecil. Beberapa handphone dengan memory penyimpanan yang besar juga dapat mengalami masalah error "insufficient storage available", seperti Xiaomi redmi versi global banyak bloatware serta pembagian partisi Internal dan external yang tidak proporsional. Contohnya Samsung Galaxy Note dari total 16 GB hanya 1.9 GB internal storage yang bisa digunakan. Walaupun aplikasi game dapat dipindahkan ke partisi memory ke 2, tapi apk jenis social media seperti facebook, whatsapp tidak bisa dipindah.
  2. File cache, log history, data menumpuk. Analoginya sama dengan kendaraan yang selama pemakaian akan menghasilkan 'kotoran residu' yang akan dibersihkan ketika kita service rutin ke bengkel, demikian dengan handphone. Selama penggunaan perangkat handphone yang selalu mencatat kegiatan telpon, sms, internet, main game dst yang akan menghasilkan 'residu' file sampah berupa catatan seperti situs yang pernah dikunjungi, sms yang dikirim dan diterima, file yang pernah ditransfer data via bluetooth, video yang pernah ditonton dari you tube, game terakhir yang dimainkan dan disimpan. Semua catatan pemakaian itu disebut file 'cache' yang pada akhirnya dapat menumpuk memenuhi memory sehingga "low space" kehabisan Internal storage, saat mau download gagal dan muncul masalah "Insufficient Storage Available".
  3. Apk sosial media terlalu banyak, sudah ada WA masih pasang BBM, belum facebook, Line, Twitter, Instagam dll. Pilih paling penting saja, masalahnya jika semua dipasang update notifikasi dan status terus menerus membuat kapasitas memory cepat habis, bahkan akhirnya dapat membuat usia kerja hape berkurang drastis karena ic memory emmc rusak. Masa kerja emmc juga ditentukan jumlah baca tulis.
  4. Menghapus aplikasi bawaan pabrik, caranya hp Android perlu di root terlebih dahulu. Silahkan baca artikel dibawah ini:
Berikut ini beberapa cara mengatasi masalah memory internal handphone penuh. (solusi sementara). Perlu diketahui bahwa os android adalah open source, struktur system rom disetiap handphone berbeda-beda dan kompleks, sehingga kami Baliservicecomputer tidak dapat menjamin bahwa cara-cara dibawah ini akan efektif 100% untuk masing-masing type handphone milik pembaca.
cara mengatasi memory handphonr penuh
  • Buka App Manager
  • pilih  Google play store, klik clear data dan clear cache
  • pilih Chrome lalu klick clear Data dan Cache
  • dst
  • lalu restart handphone
Untuk handphone Samsung (contoh Galaxy S II,Note 1) bisa coba cara berikut ini
  • dial phone ke *#9900#
  • Dilayar yang muncul klick on tombol dengan tulisan "Delete dumpstate/logcat".
Jika solusi ini tidak menyelesaikan, ada solusi yang lebih permanen, yaitu melakukan servis untuk menambah kapasitas memory internal storage hp. Sayang untuk melakukannya handphone perlu di root terlebih dahulu.

Hapus file .odex
Kadang penyebab insufficient storage error karena adanya duplikasi file .odex.pada beberapa firmware. Untuk cara mengatasinya sbb: 
mengapa handphone tidak bisa download
  • Uninstall aplikasi yang gagal update (contoh whatsApp)
  • Gunakan root explor untuk membuka internal storage Android 
  • Buka “Data” folder->open “app” folder->
  • cari file .odex lalu hapus dari aplikasi yang ingin diupdate/install. 
  • Reinstall WhatsApp dan update dari Google Play Store.
Hapus app-lib
Google Android mulai Jelly bean membuat folder lib baru untuk aplikasi di: " / data yang disebut / data / app - lib / " dan ada symlink dari  " / data / data / APP - PATH / lib " ke folder ini yang juga menjadi salah satu penyebab munculnya masalah insufficient storage. 
Jadi cara untuk mengatasinya sbb:
  1. Cari: " / data / app - lib / APP - PATH ( nama apk yang bermasalah ) / lib " dan menghapus install / update aplikasi apk .
  2. jika tidak bisa, coba cari: " / data / app - lib / APP - PATH ( aplikasi yang bermasalah) " dan hapus semua folder mulai dengan sub - folder.
Selain menghapus aplikasi bawaan pabrik, cara yang lebih permanen dan selalu berhasil di lakukan untuk pelanggan kami yakni menggunakan aplikasi Link2SD untuk lengkapnya silahkan baca disini cara menambah low memory warning. Lihat gambar dibawah pada Samsung Galaxy Young yang tidak bisa lagi download aplikasi.

penyebab Insufficient Storage Available

Yang ingin langsung jadi tanpa resiko, silahkan datang ke tempat service handphone kami di Denpasar dengan membawa micro sd class 10. Masalah akan selesai dan internal memory sudah lebih besar kapasitasnya. Kini Hape Samsung Galaxy Young sudah bebas download aplikasi dan install Whatsapp karena internal tidak bertambah penuh.

android insufficient space

Pahami kemampuan hape kita dan bersikaplah bijaksana terutama dalam memilih aplikasi sosial media. Jika Ingin melakukan Flashing atau install ulang OS Android pelajari prosedur sesuai merk dan Type Handphone, jangan menganggap sama cara flash android. Android ini os terbuka, tidak seperti laptop yang pasti jalan jika instal windows. Windows os tertutup jadi cara instal pasti sama, Microsoft yang ngatur itu. Masih cukup beruntung jika masalah diatas hanya mengakibatkan handhone tidak mau masuk ke menu berhenti di logo merk saja atau disebut rusak software atau bootloop masih bisa di flash rom/ firmware. Batasi aplikasi sosial media yang berlebihan (whatsapp-facebook-bbm-Twitter-line dll) dapat membuat handphone android mengalami ic emmc brick atau handphone rusak hardwae tidak bisa dipakai lagi, dengan gejala sering restart, aplikasi terhenti, tidak bisa hapus aplikasi dan tidak bisa diflash, mengapa? Karena kemampuan baca tulis (read/write) sudah melampaui masa pemakaian, di flash juga gagal karena ic emmc rusak. Demikianlah panduan dari kami bali service computer tentang cara mengatasi tidak bisa update karena masalah memory penuh "Insufficient Storage Available" + tidak bisa download Google Playstore, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

2 komentar:

  1. Selamat sore agan, saya mau tanya dong. Kmaren saya install laptop acer karena sebelumnya selalu muncul notifikasi "storage error".
    Stelah install notification juga tidak hilang, dan bila dibiarkan leptop akan mati dan muncul blue screen.
    Bagaimana cara mengatasinya ya gan, apa kira² kerusakan nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. laptop bluescreen banyak penyebab sesuai kode yang ditampilkan akan tahu rusak apanya, namun pada umumnya itu rusak memory, bisa memory ram atau memory internal hardisk yang rusak

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.