Laptop Rusak

Kali ini baliservice computer kedatangan 3 laptop yang mati total merk Acer, Axioo dan compaq-HP. Ketiga laptop tersebut masuk ke tempat servis dengan gejala kerusakan yang mirip yaitu saat dinyalakan layar monitor blankscreen tidak muncul logo apapun (laptop acer dan compaq). Sedangkan laptop Axioo bisa menyala sebentar, namun beberapa menit kemudian laptop restart/ mati sendiri. Nah kali ini kami mencoba berbagi cara mengatasi untuk membetulkan laptop yang mati tersebut.
Cara mengatasi laptop rusak dan mati
Untuk memperbaiki laptop yang mati disini kita harus memastikan bahwa masalah bukan karena kerusakan adapter charger laptop, jadi cek terlebih dahulu kondisi charger termasuk masalah koneksi kable didalamnya dengan membuka casing mesin motherboardnya. Beberapa type sepeti Acer dan Asus (lihat  contoh gambar di atas) dengan tombol power terletak di keyboard juga dapat jadi penyebab laptop mati tidak bisa dinyalakan, jadi cara mengatasinya cukup di ganti keyboard saja.
1. Masalah Laptop Mati Axioo
Mengatasi kerusakan laptop Axioo kami bahas pertama karena kebetulan masalahnya tergolong lebih mudah dibanding merk acer dan compaq yang kami terima. Laptop ini mengalami kerusakan pada bagian ram memory. Rupanya pelanggan kami sempat melakukan upgrade ram DDR2 laptop Axioo tersebut dari 1GB ke 2GB, namun tidak memperhatikan FSB (Front Side Bus) memory yang ternyata tidak sama dengan FSB CPU. Seharusnya FSB DDR2 533 tetapi di upgare dengan memory ram laptop DDR2 800, kami tidak membahas pengertian FSB disini, untuk mudahnya FSB ini adalah kecepatan memory RAM yang seharusnya sama dengan kecepatan processor(CPU). Biasanya dalam kondisi ram yang masih baru bisa menyesuaikan speed tersebut, namun seraya waktu penggunaan ram tersebut mulai gagal menyesuaikan, hal ini terjadi biasanya pada merk memory ram yang murah. 
Solusi: Dengan mengganti RAM Memory sesuai FSB aslinya laptop Axioo yang mati tersebut dapat menyala normal kembali. Jadi kami berdiskusi dengan pelanggan untuk menukar RAM memory sesuai FSB yang cocok. Pada beberapa kasus penggantian memory ram laptop baik merk Axioo, Acer, Axioo, Asus, compaq- Hewlett-Packard, Toshiba, Lenovo dll tidak berjalan lancar, walaupun FSB sudah cocok namun layar laptop tetap mati/ blank screen.
Pada kasus laptop mati seperti diatas kita dapat melakukan reset bios laptop dengan cara sbb:
  • Matikan dahulu laptop, lepas baterai dan modul RAM. 
  • Pencet tombol power laptop selama 30 detik (tanpa batera dan charger ya), tujuannya untuk membebaskan/membuang arus listrik yang masih tersisa didalam motherboard laptop.
  • Pasang kembali modul RAM dan baterai lalu nyalakan laptop seperti biasa, maka seharusnya laptop akan mengkonfigurasikan secara otomatis FSB yang tepat.
Saran: Jika pembaca melakukan upgrade RAM Laptop, sebaiknya gunakan spesifikasi dan FSB yang sama, Jangan hanya memperhatikan kapasitas besarnya RAM Laptop.

2. Masalah Laptop Acer Mati
Pada kasus kerusakan laptop Acer ini rupanya berbeda dengan masalah laptop axioo diatas. Setelah melakukan prosedur pengecekan, rupanya VGA laptop yang mati. Nampaknya pengguna sering memainkan game-game berat di laptop sehingga VGA terbebani bekerja terlalu berat/ panas. Biasanya pilihan yang diberikan oleh service center resmi laptop adalah mengganti keseluruhan motherboard dengan membeli yang baru, dan harganya...pikin pusing, perut mulas, mual-mual dan laptop mending dijual ;(
service laptop acer rusak
Kami sebagai tempat servis menawarkan opsi untuk melakukan reballing VGA karena ongkos/ biaya nya yang lebih murah dibanding biaya mengganti mother board laptop yang rusak/ mati. Reballing secara sederhana adalah tindakan melepas chipset board/mesin laptop yang rusak dan menggantinya dengan yang baru. Masalahnya adalah pin kaki yang harus dilepas jumlahnya bisa ratusan, diperlukan peralatan khusus (blower/ laser dll) untuk melakukan reballing VGA laptop ini. Dan mengerjakannya mesti pakai felling, he he...soalnya kalau di ic chipset telat ngangkat pas sudah klimax (panasnya), bahaya tuh! bisa hamil eh,... rusak lagi VGA yang baru tersebut.
memperbaiki laptop rusak
Setelah melakukan reballing VGA laptop acer yang rusak dan menggantinya sparepart ic dengan yang baru, laptop yang mati tersebut dapat digunakan kembali dengan normal.  

3.Laptop HP-Compaq Rusak 
Memperbaiki laptop compaq yang mati total rupanya cukup sulit dan tidak dapat menggunakan cara seperti memperbaiki laptop axioo dan caer yang mati seperti diatas. Masalahnya saat laptop dinyalakan tidak mau muncul logo display compaq dan bios, bahkan kode laptop errorpun tidak muncul. Padahal biasnya pada laptop compaq-HP yang mati akan muncul kedipad lampu led (warna putih) pada bagian tombol keyboard "caps lock". Nah kode ini punya arti kerusakan laptop, dari pengalaman kami sebagai tempat servis lampu Led Laptop Compaq-HP Mati memiliki kode kerusakannya sbb:
masalah laptop yang mati sendiri
  • Berkedip 1x = Masalah pada CPU/ processor
  • Berkedip 2X = Masalah pada Bios, file bios korup atau kesalahan konfigurasi
  • Berkedip 3x = Masalah pada RAM Laptop
  • Berkedip 4X = VGA laptop rusak
  • Berkedip 5x = Mother board (mesin) Laptop rusak
  • Berkedip 6x = Masalah pada Ic Bios
Nampaknya baliservicecomputer harus lembur untuk mencari dahulu masalah penyebab kerusakan laptop mati merk Compaq-Hewlett Packard ini, lha kode errornya tidak muncul apanya yang rusak? bagaiman cara membetulkannya (sedih). Pada laptop mati memang sering lebih sulit mencari masalahnya dibanding memperbaikinya ;(. 

Kami akan share perkembangan perbaikan laptop HP-compaq yang belum selesai ini dan masih dalam proses, namun setidaknya cara memperbaiki kerusakan laptop yang mati pada merk acer dan axioo yang berhasil kami atasi diatas sudah bisa memberi manfaat bagi pengguna merk lain seperti Asus, Toshiba yang mati total atau sering mati sendiri.  

Artikel Terkait di Bali Service Computer

27 komentar:

  1. gan saya alami hal serupa namun pada desktop, saat ini mobo saya awalnya saat on gambar bergaris dan berbayang tak lama off, dan terakhir saya coba hanya on namun gambar keluar cuman sampai di bios lang off lagi.
    dah coba ganti procc, ram, reset bios, ganti psu masih juga .
    apa ini bisa di baikin gan.....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyebab komputer pc desktop mati sedikit lebih mudah didiagnosa lewat bunyi "tut" saat pc dinyalakan, misal 1X tut=normal, 1Xtut panjang diikuti 2X tut pendek=VGA masalah, 1xtut panjang dan 1x tut pendek berulang (mirip suara ambulance)=mother board masalah

      Hapus
  2. gan laptop saya sama kaya laptop yg ketiga malah rusaknya mirip kayak gitu,, setelah saya hidupkan lampu power nya nyala kipas jg nyala tp layar gak nyala terus gak lama kipas muter kenceng lalu laptop mati...
    itu kenapa yah dan bisa di perbaiki gak gan kalo udh kayak gitu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. laptop layar tidak ada tampilan gambar biasanya masih bisa diperbaiki

      Hapus
  3. Mas laptop saya hp dm 4. Pas pertama hidupkan normal. Tapi pas mau masuk dekstop layar langsung mati. Kcuali kalo pake safe mode bisa jalan normal.. Kira2 masalah apanya y.. Trus kalo pertama dihidupin lampu cpslock kdip dua x,

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya vga laptop mulai rusak sehingga tidak bisa running full resolusi tinggi, jika safe mode kan resolusi rendah maka masih mau nyala, perbaiki vga dengan cara di reball ke tempat servis laptop

      Hapus
  4. gan mau tanya nie klo slot ram nya rusak (ada kuningan 1 yg bengkok) gmna ya,apa bsa dibenerin tanpa gnti mobo...mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. prinsipnya laptop rusak bisa diservice atau tidak tergantung seberapa parah bos, pin slot memory bengkok mungkin bisa diperbaiki tapi jika terlanjur korslet kan berat ya, coba periksa ke tempat service laptop

      Hapus
  5. Saya punya masalah sama laptop saya saat main game tiba2 layar berwarna acak dan hank lalu saya matikan paksa melalui tombol power setelah saya nyalakan kembali laptop saya blank hitam indikator power menyala setelah sekian detik mati lagi kira2 masalah nya dimana ya oh iya laptop saya toshiba

    BalasHapus
  6. biaya untuk reball brp boz

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaya perbaikan vga laptop rusak antara 500 sd 800 ribu tergantung type chip vga yang digunakan

      Hapus
  7. Laptop saya bisa on dan kipas nyala tp layar kadang mau kadang blank sama sekali (jarang maunya malahan) kira2 masalahnya apa y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. laptop layar tidak tampil dicek pakai monitor external bagaimana?

      Hapus
  8. Ane punya pc dell pas ane nyalain laptopnya powernya nyala terus mati lagi pas dinyalain sama mati lagi Kata tukang servicnya mesinya harus diganti mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika tukang service itu punya mesin penggantinya ya bagus bos, soalnya mainboard laptop susah dicari,jadi di tempat service kamipun biasanya di servis bagian yang rusak saja

      Hapus
  9. mas ada mother board laptop compaq cq42 second?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak jual motherboard bos,kami servis motherboard laptop karena jika mau beli susah carinya

      Hapus
    2. Bos bisa perbaiki motherboard pc gx ? Merk Msi zh77g43. Tiap dinyalakan muncul code 99 dipojok bawah kanan. Tapi kalau dicolokin keyboard port ps/2 kadang mau kdang enggak. Gimana ?

      Hapus
    3. kami hanya servis mesin/motherboard laptop, jika board pc rusak beli banyak yang jual kok

      Hapus
  10. Mas, kalo reballing vga harus pakai vga yang typenya sama atau bisa upgrade vga?

    BalasHapus
  11. gan, kisaran biaya reball vga brapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya biaya servis laptop rusak vga antara 500 sd 800rb tergantung type laptop dan vga yang digunakan

      Hapus
  12. Gan laptop saya axioo hanya muncul logonya saja pas dinyalakan, itu gimna ya perbaikinya?

    BalasHapus
  13. Kak, laptop toshiba mati kalo dihidupin, yang nyala hy tombol power dan keyboard caplock nya yang nyala, apa bisa di tangani?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tahu bisa/ tidak diperbaiki cek mesin dulu, ada sperpart pengganti rusak atau tidak

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.