Memperbaiki Keyboard Laptop

Mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop memberikan banyak keuntungan. Keyboard merupakan salah satu perangkat input laptop yang terpenting, ketika keyboard tidak berfungsi apalah arti sebuah nama...eh sebuah laptop. Selain keyboard merupakan bagian yang sering dipakai, cara kerjanya yang bersifat mekanis membuat keyboard laptop menjadi salah satu komponen yang paling mudah rusak. Ini menimpa hampir semua jenis laptop, apakah itu Laptop Toshiba, Asus, Compaq-HP, Dell, Acer, Axioo dll. Berbeda dengan PC desktop yang dengan mudah dan murah mengganti keyboard yang rusak, tidak demikian halnya dengan laptop, karena harganya yang lumayan mahal lagipula tidak semua merk tersedia sparepartnya, maka penting untuk mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Berbagai cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak disesuaikan dengan penyebab kerusakan keyboard. Jadi penanganan untuk mngatasi maslah berbeda-beda sesuai dengan penyebab kerusakannya dan harap selalu diingat tidak semua jenis kerusakan bisa diperbaiki. Berikut ini berbagai penyebab keyboard keyboard main-main atau tidak berfungsi.

1. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak karena kotor: Sebenarnya laptop yang menggunakan type 'scissor-switch' keyboard atau bahkan type keyboard 'chiclet' sudah dirancang dengan presisi yang lebih rapat dibanding type keyboard tradisonal. Namun kebiasaan kurangnya kebersihan membuat bagian keyboard yang terbuka rentan dengan debu/kotoran/rambut menyusup masuk. Justru keyboard type ini yang digunakan pada laptop membuat debu yang terlanjur masuk menjadi terjebak di bagian dalam keyboard yang mengakibatkan macet, tidak berfungsi atau bahakn kadang berjalan sendiri karena kotoran mengganjal tekanan tuts ke elektronik keyboard. Cara memperbaiki keyboard laptop rusak karena debu:
keyboard laptop rusak
  • Buka satu-persatu bagian tuts huruf keyboard laptop yang rusak.  Perlu kesabaran dan ketelitan karena sparepartnya kecil-kecil, cara membetulan seperti ini tidak cocok untuk yang gampang emosi ya, jikatida sabar malah bisa lebih parah dan tambah banyak huruf tidak berfungsi.
  • Gunakan kuku/ pinset untuk membuka tuts huruf yang rusak dan beberapa bagian huruf sekitarnya. Misalnya huruf yang rusak 'S', maka yang dibuka selain huruf tersebut adalah huruf-huruf keyboard 'W-E-D-C-X-Z-A'. 
  • Bersihkan dengan menggunakan kuas+cairan pembersih dan cepat kering contohnya tinner. Laptop harus dalam kondisi mati ketika menggunaan cairan pembersih agar tidak korslet
  • Tutup kembali dengan menekan tut keyboard laptop sampai terdengar bunyi klik.

harga keyboard laptop

2. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak. 
Kami merekomendasikan untuk mencoba cara di artikel ini jika sparepartnya tidak tersedia atau sulit dicari, namun jika ada toko yang jual keyboard tersebut lebih baik beli saja, karena untuk membetulkan akan sangat repot jika sudah lebih dari 3 huruf tidak fungsi . 
Karena Kebiasaan Mengetik dengan hentakan misalnya sering main game. Untuk type 'scissor-switch' keyboard, bisanya rentan pada ketukan yang keras (seperti mengetik pada mesin ketik tradisional). Beberapa orang merasa puas jika mengetik terdengar suara 'ketukan'. Hal ini justru dapat membuat keyboard laptop menekan terlalu dalam dan bergeser, sehingga tuts keyboard akan terkunci dan tidak berfungsi atau malah terkunci pada posisi 'on' sehingga menekan/ jalan sendiri terus-menerus. Ciri-ciri kerusakan keyboard mengetik huruf atau kombinasi huruf yang tidak kita inginkan (mencet sendiri) biasanya disertai suara yang cukup menggangu. Cara memperbaiki keyboard laptop rusak karena menekan terus:

  • Letakkan 4 jari pada bagian tut huruf keyboard laptop yang rusak dan huruf-huruf sekitarnya.
  • Tekan, (sambil terus menekan) gerakan secara horisontal dan ulangi dengan gerakan vertikal bergantian. Biasanya ini akan mengembalikan tut pada posisi semula. Jika gagal 
  • Buka tut huruf seperti cara diatas dengan kuku/pinset.
  • Gerakkan naik turun bagian 'engsel' keyboard (maaf saya tidak tahu namanya) lihat gambar dibawah ini.
  • Tutup kembali dengan menekan tut keyboard laptop tegak lurus sampai terdengar bunyi klik.
  • Saran bagi penggemar game, sebaiknya main game pakai stick atau usb external keyboard karena harga lebih murah dan lebih mudah diganti jika rusak.
cara meperbaiki keyboar laptop

3. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Kena Air. Segera matikan Laptop terutama jika tumpahan air cukup banyak, misalnya gelas minuman tumpah. Lepas baterai laptop dan charger laptop. Miringkan laptop ke arah sisi di mana terletak CD / DVD Player berada (jadi DVD player posisinya dibawah), karena bagian processor biasanya berseberangan dengan DVD player. Ini untuk menghindari processor kena air yang menyebabkan laptop mati total. 

  • Buka bagian keyboard laptop, beberapa cara membuka berbeda bergantung merk dan seri laptop.
cara memperbaiki keyboard laptop
  • Beberapa type laptop harus melepas sejumlah baut untuk membuka keyboard laptop, namun laptop lainnya seperti keyboard laptop axio cukup menekan 4 engsel yang ada di sisi keyboard untuk melepas. Sedangan banyak merk Asus paling sulit harus bongkar mesn keseluruhan.
keyboard laptop
  • Jangan menarik paksa keyboard laptop karena ada kable flexible keyboard yang harus dilepas dengan hati-hati. 
  • Pastikan semua bagian keyboard kering, dan tidak ada air yang masuk kebagian mesin (motherboard laptop).
  • Jangan mecoba menyalakan laptop atau mengeringkannya dengan pengering rambut (hair dryer). Tuts keyboar laptop sangat rentan terhadap panas, menggunkan hair dryer dapat membuat bentuk tuts meleleh tidak karuan...ini pengalaman soalnya...hiks *sedih :(
  • Jika air yang tumpah di laptop cukup banyak, dalam kondisi sepeti ini kami menyarankan sebaiknya minta bantuan teknisi bawa ke tempat servis untuk tindakan selanjutnya. Banyak pelanggan mengabaikan berakibat mesin mati total.
4. Keyboard Tidak fungsi di tekan tidak keluar huruf
Jenis kerusakan ini sulit untuk diperbaiki jika jalur papan sirkuitnya sudah rusak, opsinya hanya beli ganti baru.

Cukup banyak tersedia spare part keyboard untuk merek terkenal seperti  Laptop Toshiba, Asus, Compaq-HP, Dell, Acer baik keyboard yang original maupun OEM keyboard laptop yang harganya lebih murah. Namun beberapa type tidak ada yang jual. 
Jika sudah di cek dan jumlah huruf error terlalu banyak maka tidak ada cara memperbaikinya mesti diganti baru. Ganti keyboard external type port USB juga merupakan pilihan yang lebih murah, namun agar dapat menggunkannya kita harus mematikan keyboard Internal, silahkan baca link artikel cara membuka laptop diatas. Pilihan lain dalam keadaan darurat saat keyboard laptop rusak dan belum ada penggantinya adalah dengan mengaktifkan On screen Virtual keyboard agar tampil di layar, fitur ini ada di semua versi windows os 7 hingga windows 10. 
cara memperbaiki keyboard laptop rusak
Cara mengaktifkan keyboard di layar sbb:
  • klik Start Menu 
  • pilih All Program
  • pilih folder Accessories 
  • pilih folder Ease of Acces lalu klik On-Screen Keyboard
Berikut ini adalah tips untuk mengetahui/ cek seberapa baik kondisi keyboard laptop kita. 
  1. Buka notepad.
  2. Tekan dan tahan tombol shift kiri dan shift kanan bersamaan.
  3. Ketik kalimat : “the quick brown fox jumps over the lazy dog”. (tombol shift kiri dan shift kanan tetap ditekan jangan dilepas).
  4. Jika tulisan yang muncul lengkap sesuai dengan kata-kata di atas berarti keyboard laptop kita dalam kondisi baik
  5. Jika ada huruf yang hilang/tida fungsi, berarti keyboard laptop mulai bermasalah.
mengatasi laptop hp rusak

Sebelum keyboard laptop rusak sebagian tidak fungsi, jalan sendiri dan error lainnya sebaiknya rawat dan bersihkan laptop secara berkala. Menggunakan kuas atau usb vacuum cleaner untuk membersihkan sela-sela keyboard laptop akan mencegah kerusakan. Hindari kebiasaan mengetik pada keyboard dengan hentakan yang keras atau main game pakai joystick saja. Jauhkan minuman dari laptop. Bagaimanapun pencegahan adalah hal terbaik, sebelum kita benar-benar memerlukan cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Artikel Terkait di Bali Service Computer