KOMPUTER LELET JADI CEPET

Beberapa hari lalu kami dapat pelanggan baru...lumayan :). Keluhan masalah adalah komputer laptop yang dibelinya 2 tahun lalu mulai lambat apalagi untuk internet: “Padahal waktu pertama beli cepet lho mas…(ya iyalah)…apa sudah harus ganti ya…? Bagaimana cara mengatasi lalaptop lemot?
jasa instal ulang laptop
Kami selalu mengingatkan 3 faktor  penting agar Laptop Windows dan Handphone Android awet tidak tidak cepat rusak.
  1. Hardware: CPU, Memroy, Hardisk, Charger dll
  2. Software: Sistem Windows atau Android beserta aplikasi program.
  3. Barainware: Pengetahuan dan Kebiasaan pengguna yang baik.
Waktu ditanya kapan terakhir ke tempat service? “belum pernah” katanya. Hebat banget ya? 2 tahun tidak pernah diservice. Jangan-jangan tidak pernah dipakai tuh PC. Tapi melihat spek Hardware nya sih masih lumayan soalnya sudah dual core diinstal windows 7. Memory ram 2 GB juga masih cukup untuk penggunaan standar tanpa perlu upgrade menambah RAM.
Cara Atasi Masalah Secara Software
Disini kami bahas edukasi Brainware pengguna agar dapat mengatasi masalah Laptop lemot dengan cara Software. Untuk masalah di Handphone Android lemot silahkan baca link dibawah ini. Sebelum minta bantuan tempat servis untuk jasa Intall ulang/flash, silahkan baca tips dari kami ini.
Bersihkan File Sampah Ofline dan Online Internet:
Perumpamaan begini: Ibarat Mobil/Sepeda Motor, minimal kan 2 bulan sekali harus service rutin buat membuang sisa residu pembakaran. Nah Laptop setiap kali dipakai selalu meninggalkan 'residu'. Buang residu aplikasi yang tidak bermanfaat ini.

Coba amati di Start>Document>My Recent Document

Nah disitu numpuk dah semua dokumen yang pernah kita buat/akses baik offline maupun online Internet. Data di dalamnya sering digunakan untuk Google menampilkan iklan, ini baru sebagian yang kelihatan lho. Jadi cara kerja Windows adalah membuat duplikasi apa yang pernah kita kerjakan sebelumnya dengan maksud mempercepat proses jika kita ingin membukanya kembali justru dimanfaatkan untuk memunculkan iklan.

Lalu cara windows menyimpan semua file yang kita buat entah berupa ketikan, surat (Word),Foto,MP3 dll. Analoginya itu persis seperti orang melemparkan barang begitu saja ke dalam gudang, ngawur gitu. Kalau sudah semakin banyak file dan penuh maka akan sulit atau lama waktu mencari kembali file tersebut. Kadang Sistem didalam komputer windows an OS Android di handphone bisa jadi bingung juga he he. 
Penyebab lambatnya komputer laptop kadang karena lokasi file-file di Hardisk semrawut . Untuk itulah secara periodik kita perlu merapikannya. Untungnya cara untuk mengatasi sendiri lambatnya PC/ Laptop karena hal-hal tersebut mudah dan bisa di perbaiki sendiri kok:

  1. Klik Start>Setting>Control Panel lalu klik 2 X TaskBar and Start Menu>Start Menu>Customize lalu klik Clear…bares
servis laptop
  1. Namun cara diatas belum membersihkan semua ‘residu’/kotoran,ada
  • Cara kedua yang lebih efektif tapi anda harus menggunakan software khusus,misalnya download free CC Cleaner. Tenang software komputer yang satu ini gratis dari sananya dan kita bisa mendownloadnya diinternet tanpa bayar.
  • Setelah menginstal CC Cleaner jalankan program Klik Cleaner> Analyzer> tunggu sebentar sampai proses pencarian File2 sampah ditemukan…
  • Run Cleaner.
  • Selesai.
  • Lihat gambar dibawah ini contoh yang suka bermain game online internet di PC Laptop. Banyaknya file sampah dari internet sekitar 87 Mb lebih dalam waktu 2 hari pemakaian, bagaimana kalau 2 tahun ya?
cara perbaiki laptop
  1. Untuk merapikan File Hardisk yang semrawut gini caranya : Di desktop Klik My Computer>Klik Kanan Hardisk yang akan dirapikan.
jasa servis handphone
  • Klik Properti>Tools>Defragment Now>Analize> :…tunggu sebentar.
  • Klik Defragment…tunggu agak lama nih bergantung ukuran Hardisknya.
  • Saran kalau mau mendefrag hardisk komputer/ laptop pilih waktu luang ya :)
cara perbaiki masalah
Masalah sama juga terjadi pada penggunaan Handphone Android. Jika memperhatikan lebih dalam, hal ini juga berkatian dengan masalah keamanan. Banyak file sisa kita browsing Internet ternyata lebih bermanfaat untuk pihak ke 3 para penyedia iklan. Mereka (Situs-Google) dapat melacak apa saja aktifitas kita sehari-hari tetapi menggunkan resource cpu, memory, baterai dan paket data internet dari kita. 
Jika kita melakukan hal diatas secara rutin kami yakin laptop dan handphone Android akan selalu terawat dan tidak lemot. Meskipun tidak secepat seperti waktu pertama baru beli karena selama pemakaian selalu ada depresiaisi kinerja hardware. Terutama di aplikasi sosmed buang cache yang tidak berguna tersebut. Jika perlu instal ulang gunakan Windows versi lite untuk laptop dan custom Rom untuk Handphone Android. Semoga cara pemeliharaan Software dari pengguna (brainware) ini dapat membantu laptop lancar tidak lemot untuk aktifitas offline maupun online internet.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.