alamat service center

Senin, 30 Oktober 2017

Cara Perbaiki Software Menggunakan SP Flash Tool

Setelah membahas apa itu bootloop di artikel sebelumnya, kini kami akan membahas tentang cara Flash Handphone Android kerena kerusakan software menggunakan contoh tab Advan Barca T1 X Pro via SP Flashtool. Untuk mengatasi masalah rusak sistem atau sering disebut bootloop, kita harus melakukan flash firmware Android menggunakan laptop/Komputer.
tempat servis handphone Advan denpasar
Tablet Advan Barca mengalami bootloop yaitu pada saat di nyalakan hanya sampai di logo Animation Advan saja dan tidak dapat masuk ke menu home, sudah pakai cara hard factory reset di menu recovery tetapi masih juga mengalami masalah tersebut. Sebelum melakukan flash ulang Advan Barca T1 X Pro, pastikan bahwa tab/ handphone Android bootloop karena kerusakan software saja. Bukan rusak hardware
tablet advan rusak

Silahkan baca perbedaannya di artikel Apa itu Bootloop disini.

Jika hanya rusak software setelah selesai melakukan flash ulang, Advan Barca T1X Pro akan kembali normal seperti pada saat pertama membeli dari pabrik. Sebelum melakukan flash Advan T1 X Pro, kita harus download dulu bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 
  • Software SP flashtool versi5, 
  • USB Preloader drivers MT65xx
  • Fimware/Rom Download password : advant1xprobsc
Selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah cara memperbaiki sendiri handphone rusak software Advan Barca T1X Pro dibawah ini. Pemilik handphone Android rusak software merk lain bisa juga menggunakan cara disini, seperti Lenovo, Oppo, Xiaomi, Evercoss, HTC, Asus asal chip pakai mediatek.
 
Cara memperbaiki kerusakan software di Handphone Android menggunakan SP Flashtool perlu memperhatikan beberapa prinsip berikut ini.

Handpohone menggunakan Chip Mediatek
Disini kami menggunkan tablet Advan hanya sebagai contoh saja, kebetulan ada pelanggan membawa ke tempat service handphone kami untuk diperbaiki karena masalah saftware rusak. Pengguna merk selain Advan seperti lenovo, Oppo, Xiaomi, Evercoss, HTC, Asus dll pokoknya jika pakai Chip Mediatek maka rusak software bisa diperbaiki dengan cara flash Firmware menggunakan SP Flash tool.

Versi SP FlashTools
Disini kami menggunakan program flash SP flash tool Versi 5.1352.01, harap perhatikan bahwa dalam beberapa kondisi kita memerlukan versi lain jika proses flash tidak mau berjalan. Biasanya handphone Android baru perlu menggunakan SP Flash terbaru, sedangkan type lama pakai SP FLash tool lama.

Download USB Drivers MT65xx
Driver VCOM Preloader ini bisa berbeda, harus disesuaikan dengan type chip Mediatek. Kami pakai driver MTK 65XX karena Tab Advan Barca T1X Pro menggunkan Chip Mediatek 6592.

Download Fimware/ ROM Yang Tepat
Harap perhatikan bahwa kami disini menggunakan contoh Advan Barca T1 X Pro jadi download ROMnya hanya untuk type tersebut. Jangan dipakai untuk handphone Advan lain apalagi Android dari merk lain jelas tidak akan cocok. Diatas kami singgung bahwa cara flashnya sama, INGAT CARA saja sama, tapi Rom beda, sesuaikan dengan type masing-masing Tablet atau handphone Android.

Langkah akhir, Proses Flashing Advan Barca T1X Pro:
  • Ekstrak semua file hasil download sepert USB drivers MT65xx, SP FlashTool versi 5.1352.01 dan fimware Advan T1 X Pro.
  • Setelah driver diinstal kemudian buka folder hasil ekstrak SPFlashtool lalu cari file  "flash_tool.exe"' jalankan dengan cara klik kanan pilih Run as administrator.

Perhatikan urutan nomor keterangan gambar diatas, perbesar gambar jika diperlukan:
  1. Download agen pilih MTK_AllInOne_DA.bin, file ini ada di folder SP Flash Tool. 
  2. Scatter Loading pilih MT6592_Android_scatter.txt, file ini ada di dalam folder Firmware.
  3. Pilih Download Only jangan Format all atau Firmware Upgrade. Pilhan format all dapat membuat sinyal handphone ilang karena IMEI rusak.
  4. Kolom pertama PRELOADER jangan dicentang. Jangan pernah mencetang preloader. Jika salah rom maka handphone bisa mati total. Gunakan PRELOADER hanya jika kita yakin 1000% rom firmware sesuai.
  5. Matikan Tab Advan Barca T1X Pro
  6. Sekarang hubungkan ke PC menggunakan Kabel USB, maka otomatis proses flashing akan berjalan, tunggu sampai selesai. Jika tidak mau masuk download mode coba tekan kombinasi tombol Volume min dan Tombol Power lalu colok kabel USB.
tempat servis handphone

Jika proses flashing Advan Barca T1X Pro tidak berjalan, pastikan drivers MT65xx sudah terinstall dengan baik di Laptop, di device manager terbaca 'MediaTek USB VCOM'. lihat gambar diatas.
Prosesnya akan memakan waktu kurang lebih 5-10 menit, silahkan sabar menunggu. Apabila proses flashing ROM Advan T1X Pro
sudah selesai dan sukses maka akan muncul logo cek lingkaran hijau seperti pada gambar di bawah ini
alamat tempat service center handphone Advan
Lepaskan tab Advan T1X Pro dari Laptop dan tekan tombol power untuk menyalakan. Setelah melakukan flashing Firmware, biasanya booting pertama agak lama sekitar 10 menit, tunggu saja sampai selesai masuk ke menu. Dengan cara ini kita bisa downgrade dari Firmware versi 12 ke versi 10 dengan aman, sudah kami test. Karena di versi 12 tab Advan Vandroid tidak ada Google playstore.

Demikian artikel tentang Artikel Cara Perbaiki Software Menggunakan SP Flash Tool, semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mengatasi masalah pada system Android Advan Barca T1X Pro seperti bootloop, system aplikasi error, kena virus, banyak iklan muncul, system aplikasi berhenti, hang dan juga berbagai masalah lain terkait kerusakan Software Android.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkah tinggalkan komentar pertanyaan masalah PC Laptop Handphone Android.
1.Pertanyaan dan komentar dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel.
2.Tidak melayani diskusi via sms. No Telp: 0361 4723392 Handphone: 085238900600 SMS, Whatsapp untuk keperluan pelanggan dan info alamat tempat servis Laptop-Handphone android Jl Drupadi XIV gang 1 no 2 Renon Denpasar Bali
3.Komentar spam/ iklan, sara akan di hapus.
4.Baca artikel dan link terkait sebelum bertanya, kolom komentar sangat terbatas.
5.Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.
Terima kasih kunjungan sobat di bali service computer.