Cara Flash ROM Global Handphone Xiaomi Redmi Note 4X

"Gan handphone Xiaomi Redmi Note 4x saya rom distributor, bagaimana cara ngeflash ganti rom resmi global?" Demikian pesan singkat WA kami terima. Pertanyaan singkat namun butuh penjelasan panjang. Nah artikel berikut ini adalah penjelasan beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum melakukan flash Android  handphone Xiaomi.
cara ganti rom global

Beberapa penyebab handphone Redmi Note 4X perlu di flash Firmware /install software sbb:
  1. Ganti rom Distributor/abal-abal ke Firmware resmi Global
  2. Ganti dari rom Cina ke global dan sebaliknya versi sama
  3. Upgrade sistem Android
  4. Handphone rusak software/ bootloop
  5. Salah Modifikasi root
  6. Relock Bootloader
PERHATIAN:  Resiko melakukan sendiri flashing Firmware menjadi tanggung jawab masing-masing. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang mungkin terjadi. Juga perlu diperhatikan tidak semua hape Xiaomi memiliki rom global contohnya Mi 5c, Mi 8 SE karena type tersebut hanya untuk pasar Cina, jadi rom resminya ya pakai rom cina, tidak ada bahasa Indonesia dan tidak ada Google playstore. Perhatikan point ke 2 dan 3 diatas, jika mau flash dengan tujuan untuk mengatasi lupa Sandi akun gmail, kami tidak merekomedasikan untuk downgrade. Silahkan pelajari dahulu tentang ARB (Anti RollBack) mengenai bahaya downgrade. 
Cara flash handphone berbeda-beda, diartikel ini dibahas cara menggunakan Mi Flash tool (hanya) untuk handphone Xiaomi Redmi Note 4X Snapdragon dengan code name: Mido. Sesuai panduan dari situs resmi dan sudah berhasil kami praktekan untuk memperbaiki hp xiaomi redmi Note 4x di tempat service kami. Kesalahan/gagal flash/ bootloop bisa terjadi karena Android handphone berbeda type, salah download rom atau emmc rusak dan penyebab lainnya. 

Persiapan:
  • Punya komputer/Laptop dengan system Windows 7 64 bit, baik milik sendiri, pakai punya kantor, sewa ke warnet, pinjam punya pacar atau mertua silahkan bebas di usahakan sesuai kreatifitas masing-masing
  • Download ROM Global Mido dengan benar, type Redmi Note 4x ini menggunakan code name rom MIDO jadi jangan download Nikel (untuk redmi Note 4 Mediatek), bukan juga ROM SANTONI (untuk redmi 4X) atau lainnya.
  • Agar tidak salah silahkan baca disini Link Download Rom Resmi Handphone Xiaomi
  • Remove Find My Device dan akun Mi, jika akun tidak diremove dan lupa password maka setelah diflash akan terhenti di verifikasi akun Mi Cloud dan tidak bisa masuk ke menu.
  • Download dan gunakan versi MI Flash 2016.12.22
  • Baterai diatas 50%
  • Backup data/ contact terlebih dahulu karena dengan clean flash data akan hilang 
Cara Flash Rom Global
  • Pastikan Handphone dengan kondisi baterai terisi penuh, lalu masuk ke mode download atau mode FASTBOOT, caranya ada 2 :
    cara masuk download mode
  1. Dari posisi menyala, ADB diaktifkan dan via laptop ketikkan perintah: adb reboot bootloader
  2. Dari posisi handphone mati menggunakan kombinasi tombol: tekan tombol volume bawah (-) dan tombol power bersamaan, tahan sebentar sampai muncul gambar kelinci sedang perbaiki android seperti diperlihatkan gambar dibawah ini.

Jika masih bingung silahkan baca juga artikel Cara Masuk Download Mode disini. Ingat panduan ini khusus untuk flash Xiaomi Redmi Note 4X ya, jika type lain misalnya Redmi Note 5-Plus beda lagi caranya harus bongkar casing dahulu untuk masuk mode EDL dengan jumper test point.
  • Setelah masuk mode fastboot hubungkan hape Xiaomi Redmi Note 4X ke PC/laptop menggunakan kabel data usb. 
  • Buka device manager di laptop, periksa di bagian Android Device terbaca 'Android Bootloader Interface' seperti gambar dibawah ini. Jika ada tanda seru warna kuning artinya driver belum terpasang. 
driver handphone xiaomi
  • Kemudian Instal software Miflash kemudian buka, klik refresh (kotak ditengah), cek apakah handphone sudah terkoneksi dengan benar. Driver Xiaomi ke laptop sudah ada di software Miflash tool tersebut, klik saja bagian sebelah kiri atas Mi flash untuk instal driver adb fastboot.
tempat servis handphone xiaomi denpasar
  • Klik 'select', arahkan/ cari ke posisi letak rom yang mau diflash berada. Harap perhatikan penempatan hasil extract rom-firmware harus diletakkan root Drive. Misalnya C:/nama_ROM atau D:/nama_ROM. Jangan diletakkan di dalam folder lain, jangan di rename biarkan saja nama aslinya. Lihat contoh kami beri tanda dalam kotak warna merah seperti gambar diatas penempatan lokasi file ROM tidak boleh di dalam folder lain dan nama file harus menyambung jadi satu jika terpaksa mau di rename:  D:\mido_global_images_V8.2.2.0.MCFMIDL_20170303.0000.00_6.0_global
rom global bahasa indonesia
  • Pilih "flash_all bat" untuk pilihan clean flash, terletak dibagian bawah. Untuk upgrade-downgrade/ ganti rom global, kami merekomendasikan pilihan Clean flash: artinya data diformat. Sehingga masalah apapun yang terjadi sebelumnya tidak akan terjadi lagi/ berdampak di rom baru.
perbaiki handphone bootloop rusak software
  • Selanjutnya tinggal menunggu proses flashing warna hijau berjalan sampai muncul di kolom "result" di sebelah kanan "succes". Jangan sampai kabel usb tercabut/ lepas. Flash Redmi note 4X berhasil/ sukses dengan waktu sekitar 6 menit (347s) seperti diperlihatkan digambar.
  • Jika proses flash terputus atau muncul error, bootloop silahkan periksa kembali urutan tahapan diatas sudah kami tulis atau silahkan bertanya di halaman blog ini. 
Dengan cara flash rom global seperti ini terbukti telah berhasil untuk memperbaiki handphone Xiaomi rusak software/ bootloop milik pelanggan yang di servis di tempat kami, semoga artikel Cara Flash ROM Global Handphone Xiaomi Redmi Note 4X ini bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.