Tips Cara Menghemat Baterai Tablet Android

Artikel cara menghemat baterai ini kembali kami tulis sebagai lanjutan tip baterai tablet diartikel sebelumnya disini, karena masih saja ada masalah persepsi yang keliru pada Tablet Android. Misalnya beberapa hari lalu seorang pelanggan datang ke tempat service handphone kami untuk memperbaiki komponen baterai tablet yang 'kembung' agar kempes lagi. Ada juga pelanggan yang datang setelah membeli Tablet Samsung baru sekitar 1 minggu sudah minta ganti baterai tanam tablet. Keluhannya masalah baterai boros/ cepat habis dan setiap diisi penuh paling tahan lama sekitar 3-4 jam. Ketika kami anjurkan untuk mengurangi beberapa aplikasi tetapi enggan melakukannya. Keluhan pelanggan ini juga banyak dialami oleh pengguna ketika pertama kali mulai menggunakan HP-Tablet Android. 
jual baterai handphone xiaomi oppo asus advan
Sebenarnya hal ini wajar mengingat OS Android yang memiliki banyak sekali fitur membuat baterai cepat habis karena harus kerja keras he he... Jadi jangan disamakan dengan Handphone 'jadul' yang baterainya awet bisa bertahan hingga 2-3 hari. Mengapa?
bali service baterai android rusak kembung
Dari fungsinya OS Android hampir setara dengan sistem Windows pada komputerPC/ Laptop, maka sering disebut juga Tablet PC. Jika baterai laptop hanya bertahan rata-rata 2 jam, tentu PC Tablet Android masih lebih baik. Demikian halnya jika Handphone-Tablet Android hanya difungsikan untuk SMS+Call saja seperti HP 'jadul', pasti baterainya akan awet dan tidak cepat drop. Maka cara agar baterai Android awet ya seperti itu, mematikan sebanyak mungkin fitur-fitur jika tidak digunakan dan pengaturan lain selain call dan sms. 
dimana tempat service perbaiki tablet android yang rusak di bali
Berikut ini bagaimana cara menghemat baterai tanam Tablet/HaPe Android Samsung yang dapat diterapkan juga untuk semua merk Android lainnya spt Advan, Axioo, beyond, Cyrus Pad, Oppo, Mito,Speedup, tabulet, Treq, Xiaomi, HTC, Asus, Acer, Lenovo dll.

Cara Menghemat Baterai Tablet: baca juga artikel masalah baterai tablet disini
  • Matikan Fitur Connections yang tidak dibutuhkan pada Menu Settings :
Wi-Fi, Bluetooth, Location Service (GPS), S Beam, NFC, Tethering & Portable hotspot, screen rotation. Prinsipnya : Gunakan hanya jika diperlukan, setelah selesai menggunakan salah satu fitur tersebut, selalu disiplin untuk mematikannya. Jika perlu matikan data internet ketika tidak membutuhkannya.
perbaiki baterai tablet
  • Atur Layar Display LCD Tablet
  1. Brightness atau tingkat kecerahan di setting mendekati 0(nol), prinsipnya semakin gelap akan semakin hemat daya baterai. Jadi setting kecerahan layar LCD segelap mungkin namun masih cukup nyaman untuk dibaca.
  2. Screen timeoout: Pada pengaturan Smart Stay (Fitur ini ada di Tablet dan handphone Samsung) maka set Screen timeout nya minimal 1menit kemudian layar LCD akan mati, tetapi jika sensor Smart Stay tidak dinyalakan, pilih sendiri Screen timeout nya dibawah 1 menit.
  3. Reading Mode: Matikan dan nyalakan ketika diperlukan
  4. Daydream (ScreenSaver): Matikan, jangan gunakan segala macam live wallpaper (backdroud layar yang bergerak)
  5. AutoRotate Screen: jika dimatikan akan menghemat baterai, demikian juga fitur display Screen Mirroring, MultiWindow dan Led Indicator, nyalakan yang penting saja, misalnya Low Batt, Notif Charging + Voice Recording dimatikan saja. 
  6. Lock Screen setting normal, tidak usah pake widget, personal message, owner information dll.
  7. Wallpaper: pilih yang memiliki 1 warna saja, bukan warna-warni, bahkan jika perlu pakai wallpaper gelap/ black. Saya sendiri sengaja membuat foto dengan lensa camera ditutup atau dibawah kolong tempat tidur agar hasilnya gelap, kemudian di set sebagai wallpaper he he..;)
  8. Atur seting skala animasi baca di sini cara mengatasi handphone android lemot

  • HomeScreen dan Widget
Tablet Samsung banyak sekali fitur widget. Remove semua wigdet terutama yang akan menggunakan traffic data/internet, misalnya AccuWeather, Flipboard + Samsung Hub. Walaupun secara default terpasang dan tampilan jadi keren dengan widget tersebut, tapi dibandingkan dengan penggunaan traffic data yang haus daya maka batere jadi boros. widget Digital Clock, Calendar, S Note dan Story Album dll yang tidak memerlukan trrafic data internet bisa tetap digunakan.

Sebagian aplikasi bawaan vendor atau 'bloatware' justru tidak kita gunakan dan hanya menimbulkan masalah kinerja pc tablet Android tambah berat dan boros baterai. Namun cara untuk membuang aplikasi bawaan 'bloatware' diperlukan akses 'root', baca artikel disini cara menghematnya, atau hubungi alamat jasa service android terdekat karena cara root ini cukup beresiko jika tidak memahaminya.  
  • Setting Tab Device :
  1. Sound Volume : Setting sewajarnya jangan setting Maximal
  2. Vibration/Getar: semakin banyak yang dimatikan, baterai akan semakin awet.
  3. Voice Control: Turn-off 
  4. Hands-free mode: Turn-off 
  5. One-handed operation: Matikan semua
  6. Air Gesture: Matikan semua
Aplikasi Penghemat Baterai Handphone Android  
Banyak sekali apk battery saver, yang fungsinya sama seperti pengaturan diatas. Jadi jika kita sudah tahu cara kerjanya maka segala aplikasi penghemat beterai android tersebut tidak diperlukan lagi karena justru apk tersebut akan 'running' di ram memory yang akan membuat baterai boros juga kan?. Kecuali pembaca masih tidak 'ngeh' dengan pembahasan tips cara menghemat baterai diatas ya silahkan dipasang, tidak ada yang melarang. 

Aplikasi "Profile", dengan setting 'automatic profile' pada saat2 tertentu. Contoh automatic set sound minimal sewaktu jam kerja kantor, lalu set ke normal lagi  istirahat makan siang, atau saat keluar kantor. Kemudian set network ke sleep saat kita tidur misal 12 malam sampai jam 6 pagi. 
  • Aplikasi Social Media
Facebook, BBM, Wechat, Beetalk, Line, Instagram, Path, Whatsup, yahoo messenger dll adalah musuh utama baterai. Meski aplikasi tersebut gratis, bukan berarti semua boleh diinstall. Beda dengan game offline, semua aplikasi social media berjalan otomatis (running memory) bahkan saat kita tidak menggunakan. 
masalah baterai tablet android
Beberapa kasus bahkan dapat membuat Tablet mati sendiri/restart terus menerus karena tidak kuat menjalankan aplikasi-aplikasi running tersebut. Pengalaman kami dengan install 2-3 aplikasi social media sudah cukup berat, coba cek di tablet pembaca ada berapa? Bersikap bijaksana dengan memilih yang benar-benar digunakan dan bermanfaat. Masa semuanya begitu penting sih? Jika tidak rela memilih dan melepas aplikasi tersebut ya harus siap resiko baterai cepat rusak drop dan kembung sehingga toko tempat jual baterai tablet kami di Bali jadi laris ha ha... ;).
Singkatnya pasanglah aplikasi sosial media sebanyak-banyaknya, bukan hanya baterainya tapi handphone akan cepat rusak DI JAMIN . Tidak percaya? sudah banyak datang ke tempat servis kami Tab atau hp mati total karena hal tersebut.

Kesimpulan:
Terapkan tips Cara Menghemat Baterai Tablet Android diatas, karena baterai tablet Android Samsung ataupun hanphone merk ternama maupun lokal/china jika sudah terlanjur rusak-drop-kembung tidak akan bisa diperbaiki. Pilihannya adalah beli baterai baru, tidak perlu berpikir untuk beli batarai double power tablet. Mau pasang dimana? Cara pemasangan baterai tanam hanya bisa dilakukan jika baterai pengganti sama/ mendekati ukuran aslinya. Jika pakai double power, artinya ukuran dimensi dan beratnya juga double. Setelah casing dibuka, tidak akan ada ruang di dalam tablet. Jadi jika ingin hemat baterai agar tidak cepat drop aturlah kebiasaan cara pemakaiannya.
tempat jual pasang baterai tanam advan, axioo, xiaomi, oppo, tablet cina
Gampang lagi cara menghemat baterai dengan setting mematikan HP-Tablet Android menjelang jam tidur dan setting untuk menyala pada jam kita bangun. Biarkan Android istirahat juga setelah seharian bekerja keras untuk menjalankan banyaknya semua fitur diatas. Pasti bukan hanya baterai awet, tablet juga akan awet dan tidak mudah rusak. Kendaraan Mobil-motor saja ada saatnya berhenti atau parkir, kasihan kan Handphone/ tablet bekerja terus selama 24 jam. Bahkan mobil-motor yang selalu service maintenance rutin minimimal 2 bulan sekali masih saja terjadi kerusakan, baik spare part maupun baterai/ akinya, apalagi Handphone-Tablet Android ;D

Artikel Terkait di Bali Service Computer

10 komentar:

  1. mas Gimana Caranya ganti Baterai Ipadnya

    BalasHapus
  2. gan jual baterai tablet tipe cyrus tv pad dew ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami jual+pasang baterai tablet android semua merk

      Hapus
  3. HP saya Gal Note 3 kiriman dari Korea. Keluhan sinyal sering hilang dan ketika sinyal sudah muncul terkadang tidak bisa konek internet. Mohon solusinya gan. Trima kasih...

    BalasHapus
  4. Gan kalo tablet lagi charger terus mati sendiri apa solusinya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap colok charger mati bos? itu masih bisa nyala lagi jika tidak dicas? mungkin ada yong korslet bahasa jawa-nya 'short circuit', baiknya periksa ke tempat servis handphone terdekat

      Hapus
  5. Ane kutip dari site yang saya baca, kucoba.co.id

    penjelasannya kurang lebih seperti di atas gan, sebaiknya matiin aja hal-hal yang gak perlu. Tapi biasnaya google service suka bikin batre kita lebih cepet habis. Perlu diketahui juga google service enggak hanya 1, tapi ada 5 aplikasi yang berjalan bersamaan!

    Nah kalau udah gitu, jadi wajar kan batre si Andro cepet teler, solusinya mending matiin aja google servicenya, lagian enggak selalu terus di pake juga kan?

    Semoga bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar,tapi dimatikan masih makan memori ram, jika bisa dihapus/ uninstall. setidaknya google service (gapps) ada 12 yang aman untuk dihapus pakai titanium backup tapi mesti di root dulu

      Hapus
  6. Bermanfaat info nya gan,makasih.trs klo aplikasi penghemat batrei nya di hapus,cara mengetahui boros ndak nya sebuah aplikasi gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di setting>baterai>info
      bisa dibaca aplikasi paling banyak konsumsi baterai

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.