Android Handphone Kena Virus

Handphone Android kena virus, bagaiamana cara mengatasinya? Kasus ini berawal sekitar Agustus 3 bulan lalu, ada 1 pasien servis handphone Andromax Smartfren (kami lupa serinya), dengan keluhan ada aplikasi virus yang tidak bisa dihapus secara manual, selalu muncul icon di Home screen dan membuat banyak aplikasi lain dengan cara download sendiri (otomatis) secara otomatis saat sinyal internet data aktif, sehingga handphone jadi lemot alias lambat. Namanya virus Monkey test engricks (factory test) dan netalpha, ada juga menyebutnya virus seksi dengan beberapa tanda seperti gambar dibawah ini.Aplikasi ini tidak bisa dihapus/ tidak dapat diperbaiki dengan cara uninstall, selalu mengaktifkan wifi/ internet kemudian muncul icon lucky-smiley/gambat seksi dan apk 'monkey test' atau netalpha running di sistem bahkan setelah di factory reset.
Baca juga
memperbaiki handphone
handphone kena virus
Awalnya kami menduga masalah handphone kena virus ini bersifat sementara, namun belakangan kasusnya bertambah banyak meluas ke berbagai negara dan sudah menyerang jutaan handphone. Bulan ini saja (oktober 2015) sudah belasan handphone android berbagai merk dengan kasus yang sama kena virus monkey test dan Engricks masuk ke tempat servis kami di jalan Drupadi Denpasar untuk diperbaiki, mulai merk Advan, Samsung, Lenovo, oppo, xiaomi redmi dll. Harap perhatikan bahwa penyebutan merk sebagai contoh kasus saja, ini tidak memaksudkan bahwa handphone tertentu lebih rentan mudah kena virus sedangkan merk vendor lain lebih kebal. Semua merk handphopne memiliki peluang yang sama terutama hape android yang diroot lebih tinggi resikonya kena virus. Namun mengacu di tempat servis kami, paling banyak kena virus ini adalah Handphone replika/ samsung clone/ Copy.

Perhatikan bagan metode cara penyebaran virus handphone ini.

servis handphone lenovo
Nampaknya virus ini berawal dari aplikasi yang cukup terkenal namun sudah dimodifikasi oleh hacker dengan virus. Aplikasi tersebut dapat berupa game, launcher, lockscreen dll. Banyak korban mengaku bahwa hape nya sudah diroot, namun ada sebagian kecil korban mengaku bahwa handphone tidak pernah diroot. Jika benar demikian, maka virus ini setelah terinstall akan memiliki kemampuan untuk me-root??? Kami belum bisa memastikan apakah memang demikian atau hanya menginfeksi hape android yang diroot, faktanya semua handphone Android yang kena virus ini selalu kami terima dalam keadaan sudah di root. Jadi aplikasi netaplha, engricks/factory test, monkey test dan time service mampu masuk ke bagian system app private, sehingga sulit cara menghilangkannya bahkan dengan factory reset tetap akan kembali lagi muncul terinstal sendiri meskipun sudah dihapus.
mengatasi virus advan vandroid
Jika mengamati perilaku virus jenis ini, nampaknya ada motivasi untuk mendapatkaan keuntungan dari pembuat virus tersebut. Dimana pengguna yang terinfeksi 'dipaksa' untuk mendownload berbagai aplikasi termasuk aplikasi yang berbayar tanpa persetujuan. Para publisher iklan ppc/cpm pasti memahami maksudnya. Pantaslah jika para pengguna handphone yang terinfeksi virus ini mengeluhkan paket data dan pulsa yang habis ludes karena selalu mendownload otomatis. 
memperbaiki handphone rusak kena virus
Antivirus belum mampu mengatasi
Cara Mengatasi Handphone Kena Virus
Beberapa antivirus seperti AVG,Avast, CM Security dan Norton Security sudah mampu mendeteksi keberadaan virus seksi "MonkeyTest ", "Engricks" dan "TimeService" sebagai malware, namun belum mampu mengatasi atau menghapus dari handphone. Berbagai cara menghilangkan virus di Android sudah kami coba lakukan secara manual, bahkan dengan factory reset namun tidak effektif. Ingat pembahasan kami tentang hape diroot untuk menghapus aplikasi bawaan system, baca disini: artikel untuk menambah lega memory Internal?. Metode yang sama
pada beberapa type handphone Android dapat berhasil dengan menggunakan aplikasi titanium backup untuk 'membekukan'/ freeze virus netalpha, monkey test dan TimeService. 

service handphone jasa menghilangkan virus

Pada beberapa kondisi dapat juga diatasi dengan cara menghentikan aktivitasnya melalui setting Android di block via Firewall. Handphone berbasis OS Kitkat dapat mencari letak aplikasi virus di private app, kemudian rubah permissions menjadi rwxrwxrwx lalu di delete bukan di uninstal. Namun semua cara mengatasi virus tersebut perlu di root dan bukanlah solusi permanen dan tidak dapat diterapkan pada semua type handphone Android, mengingat perbedaan os dan struktur file system didalamnya. Jadi faktanya satu metode solusi bisa diterapkan untuk menghilangkan virus di hp X, tetapi tidak efektif di hp type Y karena pada dasarnya masing-masing handphone berbeda satu dengan yang lainnya, ada yang sudah upgrade Kitkat-Lolipop ada yang masih menggunakan ICS.

Solusi Format dan Clean Install
Format Flash Handphoone satu-satunya cara paling efektif. Sebelumnya kami pernah menulis bagaimana cara mengatasi laptop kena virus (baca artikelnya disini) yaitu dengan cara melakukan format dan clean instal. Solusi yang sama menjadi cara paling efektif untuk mengatasi handphone yang kena virus Monkey Test Netalpha dan engricks ini. Inilah cara membuang virus secara total untuk handphone yang dibawa ke tempat tempat servis kami Jl Drupadi dan selalu berhasil. Ingat ROM bukan diupdate dengan file update.zip via recovery ya, tapi download full ROM-Firmware sesuai merk hp lalu diflash dengan opsi format pakai laptop.
  
Tidak soal apapun merknya, Asus, Advan, Oppo, Evercoss, Samsung, Lenovo, Xiaomi, pokoknya jika handphone mulai lemot, ngelag, terasa berat aplikasinya atau bahkan restart sendiri, mungkin sudah kena virus ini. Di handphone samsung copy/clone atau iphone replika dengan spesifikasi rendah bisa membuat handphone macet/hang tidak bisa dipakai lagi. Tidak ada cara lain untuk menghapus virus selain di format+flash rom. Peringatan kami buat pengguna handphone yang sudah diroot berhati-hatilah terhadap aplikasi yang di download, jangan sembarangan mendownload dari sumber yang tidak dapat dipercaya, sebaiknya gunakan app market resmi Google play untuk menghindari/ meminimalisir resiko handphone Android kena virus.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

8 komentar:

  1. Punten oom....cara manual menghilangkan virus engricks di hp s4 replika bagaimana...?? Mohon penjelasannya....trims

    BalasHapus
  2. Anonim15:37

    suhu hp sy kena virus engriks hp sy huawei ascend mate sdh berkali2 riset factory tetep aja ada
    mohon solusinya suhu terimakasi

    BalasHapus
  3. Gan, hp ane kena virus engriks..dengan keadaan hp belum root.. Apakah dengan flash rom bisa menghilangkan virus?

    BalasHapus
  4. Hp saya kena virus di sistem
    Com.android.os hp saya oppo joy plus
    Mohon solusinya agar hilang virusnya gan

    BalasHapus
  5. Anonim12:31

    Bos, hp saya kena virus catstudio dan engriks, saya mau bawa hp saya ke bali service computer, apa bos bisa bantu saya? Kira kira berapa harga/ongkos servis nya ya? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tempat kami bisa servis handphone kena virus, silahkan bawa ke alamat diatas

      Hapus
  6. gimana nih, hp ku di serang virus iklan.walaupun aku tidak browsing..... Iklan ini terdownload sendiri... Tolong y..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya tolong dengan menulis artikel ini, tolong dibaca ;)

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.