Apakah Handphone Oppo Realme Bisa di Root?

Banyak pelanggan menghubungi jasa root kami di tempat servis baliservicecomputer menanyakan cara root handphone Realme. Berikut ini penjelasan kami. Jangan percaya begitu saja berbagai situs yang menyediakan cara mudah root handphone Oppo, Vivo dan Realme apalagi bisa pasang TWRP tanpa pc komputer / laptop. Banyak artikel tersebut bersifat Hoax tanpa bukti valid hanya untuk menarik minat pembaca dan pengunjung bertambah agar penulis memperoleh pendapatan iklan. Coba perhatikan seksama gambar contoh dalam artikel tulisan palsu / hoax tersebut, biasanya menggunakan contoh gambar handphone merk type lain seperti Samsung atau Xiaomi dan tidak ada kolom tanya jawab komentar.
jasa instal flash handphone rusak
Mencoba Sendiri
Seperti biasa untuk bahan pembelajaran, agar tahu cara root kami coba membeli sendiri handphone Realme C1 salah satu handphone harga termurah dan paling banyak dicari di awal tahun 2019 ini. Singkatnya setelah dibuka (unboxing) rasa skeptis mulai muncul: wah bakal sulit diroot, mengapa?. Hape ini  sekilas saja sudah nampak sama dengan Oppo A3s, namun lebih persis dengan seri Realme 2 yang sama-sama menggunakan chip SoC Qualcomm Snapdragon 450, bahkan semua perangkat yang ada didalamnya mulai box, charger. Menilik lebih lanjut sampai daleman software pun sama menggunakan ColorOS. Bahkan jika merk Realme ini rusak alamat service center resmi di Denpasar juga sama tempatnya. Tidak cukup melihat tampilan luar, kami bongkar secara fisik juga untuk melihat bagian sparepart di dalamnya. Setelah cover penutup belakang berhasil di buka case ternyata baterai tanam menggunakan brand Oppo. Padahal sepengetahuan kami kedua merk ini sudah "pisah ranjang".
jasa root android

Bagi pembaca jika berminat membeli hp baru, berikut ini review singkat yang dapat kami sampaikan, agar adil kami kupas singkat saja di kedua sisi baik itu kelebihan dan kekurangannya.
Kelebihan
Review singkat kelebihan Handphone Realme C1 memiliki beberapa kelebihan spesifikasi untuk ukuran hape seharga 1.5 jutaan dibanding type lain di rentang harga sama. Sisi design sudah up to date terutama penggunaan notch (poni) display dengan ukuran layar lebar LCD IPS 6.2 inch disertai proteksi anti gores Corning Gorilla Glass 3, disini kami dapat akui sebagai layar terbaik dikelas tersebut. Ada lagi yaitu fitur dual camera belakang bagus untuk effek bokeh, kemudian baterai non-removable Li-Ion ukuran besar 4230 mAh untuk sekali pengisian akan lebih awet dan tahan lama dalam penggunaan sehari-hari.

Kekurangan
Review singkat kekurangan Realme C1Memory Internal hanya 16GB dan Ram 2gb. Kapasitas segini tergolong kecil untuk aktifitas jaman now, jadi bukan handphone game dan tidak cocok bagi penggemar yang banyak instal aplikasi sosmed karena Sosial Media seperti WA, Line, Facebook, BBM, Instagram dst yang sangat  haus file data penyimpanan sehingga memory internal cepat habis. Charger asli bawaan menurut kami terlalu kecil ukuranya cuma 1 A (1000 maH) semestinya 2 Ampere jika melihat ukuran baterai. Untuk mengisi baterai 4230 mAh ngecas hape jadi lambat / lama penuh. Masalah lain jika terjadi rusak software (bootloop) sulit cara flash rom meskipun punya laptop sendiri karena link download firmware flash belum ada hanya tersedia download update di situs resmi. Kemudian perlu password dan user name service center agar bisa menggunakan flash tool, sama seperti Oppo. Satu lagi sesuai point pembahasan utama di artikel ini, handphone Realme tidak bisa di root.
alamat tempat servis denpasar
Dengan harga relatif murah, penjualan handphone Realme memang cukup laris dan mendapat sambutan positif. Karena hp secara hardware tergolong biasa saja spesifikasi (sesuai harganya) merk ini tidak cocok bagi penggemar main game, ngoprek pasang magisk, exposed,  pasang aplikasi cheat game pubg, GL tools, cheat free fire (FF), lucky patcher dll.  Karena handphone ini memiliki masalah sama dengan saudara tuanya Oppo dan Vivo yaitu tidak bisa di root tanpa adanya dukungan resmi untuk membuka kunci bootloader. Kami menghubungkan ketiga merk tersebut karena memang masih dalam satu line produksi perusahaan yang sama yaitu BBK Elecronics.
Handphone Android yang bisa diroot harus memenuhi syarat sbb:
  1. Bisa Unlock Bootloader (UBL)
  2. Tersedia download TWRP agar bisa Instal custom recovery
  3. Instal Super SU atau pasang Magisk untuk root via TWRP
Setelah semua langkah diatas sukses selanjutnya baru bisa di pasang game cheat FF atau PUBG, instal fake gps aplikasi gojek, lucky patcher dst. Selanjutnya di sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Kan tujuan root setiap user berbeda-beda. Tetapi 3 langkah pertama diatas sama dan wajib dilakukan. Banyak pengguna berpikir asal punya komputer/ laptop ya pasti bisa ngeroot sendiri. Salah, punya pc itu hanya untuk memudahkan. Aturan dasar ini berlaku untuk hampir semua merk Handphone terbaru, jika no 1 UBL saja tidak bisa maka tidak bisa diroot, apalagi tidak punya laptop. 

Kesimpulan
System software (ROM) Android yang digunakan sama dengan milik oppo yaitu ColorOS dengan status locked bootloader. Tanpa unlock bootloader secara resmi, semua handphone Android termasuk Realme C1 (RMX1811) ini akan sulit bahkan seringkali tidak memungkinkan untuk diroot, install custom Recovery / ROM, modifikasi kernel dan pengembangan pihak ketiga lainnya. Memodifikasi sendiri boot img dan recovery img tidak di rekomendasikan karena sangat beresiko handphone jadi bootloop (rusak software), sedangkan pihak Realme belum memiliki alat flash firmware resmi.
jasa servis handphone
spesifikasi handphone
Artinya pemilik hp akan terjebak dengan kondisi hardware dan software apa adanya tanpa bisa mengubah, termasuk masalah memori internal kecil maka akan cepat full dalam pemakaiannya. Penggunaan ROM/ Firmware ColorOS Oppo tanpa bisa dimodifikasi menghilangkan kesempatan untuk mengatasi masalah tersebut. 

Apa bisa dengan cara menggunakan aplikasi seperti King root?
Tidak bisa karena Kingo root hanya bisa untuk handphone type lama dimana posisi bootloader pada waktu itu belum dikunci oleh pabrik.
Jadi jika kita membeli Realme C1 dengan internal memory 16gb, sedangkan kebutuhan sosmed dan file data kita besar maka kita tidak bisa melakukan apapun untuk mengubahnya. Demikian juga berlaku untuk merk Vivo dan Oppo karena hp android terkini (2019)  tidak bisa di root tanpa install TWRP, sedangkan cara install TWRP harus UBL terlebih dahulu, itu dasar masalahnya.

pasang twrp
Kesimpulan dan Solusi
Apakah Handphone merk ini bisa diroot? tidak bisa, sekalipun pembaca pergi ke tempat jasa servis handphone Android. 
  • Tunggu sampai tersedia layanan UBL dari pihak resmi Realme atau ada hakcer yang bisa unlock dan bisa buat TWRP (modifikasi kernel).
Update 2021
Setelah kami melakukan update software Color os 6 sistem Android 9 via OTA, hape Oppo realme C1 akhirnya sudah bisa untuk di unlock booloader nya.
Berikut ini prosedurnya, seperti biasa setting developer option harus diaktifkan dahulu, jika belum tahu caranya ada banyak kok di google, cari saja ya. Kemudian hubungkan dengan kabel usb ke laptop, setelah terdeteksi ketikkan perintah command promt windows sbb; adb reboot bootloader
Tujuannya agar bisa masuk ke mode fastboot. Cara ke 2 adalah : dari posisi handphone mati lalu dengan menekan tombol Volume bawah+ power. Kami merekomendasikan sebaiknya gunakan cara pertama di atas, dengan maksud untuk cek apakah driver adb fastboot sudah di instal dengan benar. Karena type realme ini perlu driver  ADB Fastboot khusus, karena driver laptop di konter tempat servis kami yang lancar digunakan untuk handphone Android type lain seperti merk merk Asus, Samsung, Xiaomi, tidak cocok untuk realme C1

Setelah masuk mode fastboot ketikan secara berurut perintah sbb: 
ubl
  1. Untuk UBL :  fastboot flashing unlock, handphone akan reset data, seperti contoh gambar diatas, pilih dengan menekan tombol volume ke bawah, lalu ok dengan menekan tombol power untuk unlock bootloader.
  2. Instal TWRP : fastboot flash recovery twrp.img
  3. Agar tidak bootloop flash meta image. : fastboot --disable-verity --disable-verification flash vbmeta vbmeta.img
ubl
Perhatikan sambil lihat contoh keterangan gambar di dalam kotak merah atas, dan kotak warna hijau sebelah kiri atas, handphone oppo realme c1 harus terkoneksi dengan benar, cek di device manager windows laptop dan driver fastboot yang cocok juga sudah terinstal dengan benar.

Untuk Root Via TWRP
Silahkan masuk mode recovery caranya dengan memilihnya dari menu fastboot, gunakan tombol volume untuk memilih dan power untuk ok. Setelah masuk TWRP pilihan instal untuk instal aplikasi root Magisk lihat gambar di bawah ini.
magisk
Hasilnya handphone Realme C1 berhasil di root, semestinya secar teori sampai disini sudah selesai, faktanya handphone selalu hang setiap di pakai beberapa menit. Lagipila setiap usb dihubungkan ke laptop ADB debug juga error, internal storage tidak terbaca. Ini menunjukkaan bahwa partisi data terenkripsi. Sudah mecoba versi file root magisk dengan yang lan tetap sama hasilnya. Jadi kami tidak akan melanjutkan rincian detail cara root  di sistem  resmi Color OS 6, di sini kami belum share link bahannya smmapai menemukan yang normal. Tapi setidaknya Handphone oppo Realme C11 sudah bisa ubl dan berhasil dipasang twrp.

Berikutnya kami mencoba mencari link downlload custom rom yang cocok, sekali lagi sial, tidak ada developer pengembangnya. Memang tersedia opsi menggunakan Treble GSI ROM yang jumlahnya ada puluhan pilihan. Masalahnya GSI bukanlah custom rom, ini adalah Generic System Image. Artinya tidak dirancang khusus untuk Realme C1 namun bisa dipasang di handphone type apapun karena drivernya universal. Tapi hasilnya ya kadang cocok tapi lebih banyak tidaknya, harus sabar mencoba download rom ini dan di install satu per satu via twrp. Tidak cocok ya coba download yang lain, demikian seterusnya. Meskipun cara instal cukup mudah tinggal flash 1 file system image, dari pengalaman di konter tempat servis kami jika instal jenis Treble ROM GSI ini memang sifatnya untung-untungan. Jika ada pembaca yang berhasil menemukan dan terbukti cocok stabil bisa share juga di sini.
custom rom
Kami sudah mencoba download dan flash  setidaknya 5 ROM GSI ab 64 bit, hasilnya ada yang restart terus ttidak mau masuk menu, bootloop, beberapa memang berhasil masuk menu tetapi selalu saja ada yang error, mulai sound tidak ada, gambar layar lcd redup, blank gelap hingga camera tidak fungsi. Sampai akhirnya di hari ke 3 kami berhasil install menggunakaan ROM Lineage OS Android 10 Q, itupun sebenarnya untuk Realme 2 dengan beberapa modifikasi agar dapat berjalan normal dan bisa di root stabil tanpa error hang. Lihat contoh gambar diatas ini.

Tidak ada cara mudah Root Oppo Realme
Meskipun kami pernah memberikan jasa root dan flash custom rom, mungkin sudah ratusan handphone pelanggan kami kerjakan dan berhasil di root, kami harus akui sulitnya root oppo realme C1 ini. Bahkan setelah berbulan-bulan kami miliki, karena sistem resmi color os memakan banyak ruang internal memory sehingga cepat habis membuat kami panasaran untuk mencoba lagi dan lagi.

Tiga hari hanya untuk mengerjakan satu handphone, huuuh sangat tidak effisien, meski hasil sementara ini sudah berhasil di root dengan menggunakan custom GSI rom Android Q 10 dan setidaknya tidak restart lagi seperti di firmware resminya, lihat gambar bawah. Kami akan coba dahulu untuk pemakaian beberapa hari lagi, setelah terbukti normal dan cukup stabil untuk digunakan sehari hari maka akan kami share update cara instalnya. Sabar sabar dan sabaaaar ya.
custom rom
Sementara handphone saya hibahkan untuk istri tercinta, wah girang sekali dia dapat hape dengan desain lcd terbaru jaman now sudah menggunakan layar poni seperti ini.  Kebetulan hp HTC M8 milik dia sebulan lalu jatuh terbentur jadi layarnya sudah retak, meskipun layar sentuh masih berfungsi normal. Ya handphone Realme ini sangat cocok untuk dia yang tidak paham spesifikasi yang penting bisa camera selfie, tidak butuh root, pakai aplikasi sosmed juga cuma 1 yaitu Whatsapp saja, maka  memory internal 16GB pun terasa lega. Sehingga kekurangan Realme C1 tidak akan terasa dampaknya. Tinggal masalah charger bawaannya saya bisa atasi dengan cara diganti menggunakan charger ukuran lebih besar yaitu 2A agar bisa ngisi baterai tanam dengan lebih cepat.

Tips dari kami
Belilah Handphone Android sesuai kebutuhan kita masing-masing. Pengguna tidak perlu lagi repot browsing di Google mencari informasi cara root Oppo atau Vivo tanpa UnlockBootloader, akan buang-buang pulsa data Internet untuk download bahan file rootnya karena banyak jebakan iklan bahkan tidak akan bisa berfungsi, handphone Relame bisa UBL= bisa diroot.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

2 komentar:

  1. Mantapp om penjelasannya. Saya juga muter kesana kemari nyari root semuanya jebakan iklan. Ada yg root tutorial cmd tapi sepertinya meragukan. Sementara enak beli xiaoXi enak bisa Oprek sesuka hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap merk punya target pasar berbeda misanya oppo menonjolkan camera selfie, realme versi murah dari oppo, sebaiknya beli handhpone sesuai kebutuhan, jika memang tujuannya agar bisa diroot /mau pasang cheat pubg, buang aplikasi bawaan pabrik maka xiaomi pilihannya

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.