Apa Itu Arti Bootloop

Apa itu Bootloop? Sebagian pengguna bingung handphone bootloop sudah di perbaiki dengan flash tapi gagal, bahkan ada setelah instal Custom ROM OS Android/ upgrade handphone malah mati/blank, jika dipencet tombol power tidak mau menyala hanya getar saja. Mari kita membahas pengertian arti istilah bootloop dalam Bahasa Indonesia sederhana dan cara mengatasinya. 
alat flash
Istilah ini merupakan gabungan dari 2 kata 'Boot' dan 'Loop'. Dalam penggunaan perangkat yang memilki operation system seperti komputer/ laptop kedua istilah error ini sudah sangat umum digunakan.
Pengertian Arti Definisi Handphone Bootloop
  1. Boot (booting) : Proses menghidupkan handphone atau komputer, merupakan jeda waktu yang terjadi saat mulai menekan tombol power hingga masuk ke menu Operation System/ OS.
  2. Loop: putaran/ lingkaran/ berulang.
Artinya: Handphone/ laptop ketika dinyalakan dan melakukan booting namun terhenti / terjebak di boot animation dan tidak dapat masuk ke menu sistem. Jadi Handphone dalam kondisi bootloop tidak dapat di operasikan karena tidak mampu/ gagal melewati proses booting, artinya Handphone hanya stuck berhenti di logo animation biasanya berupa tulisan/ gambar  bergerak Android atau tulisan merk vendornya. 
Harap perhatikan juga pengertian istilah berhenti di 'boot animation' (yaitu gambar logo bergerak) atau di beberapa merk akan disertai/didahului suara. Contohnya handphone Advan, lenovo, Smartfren dan Samsung, bukan stuck di 'boot image' (hanya gambar logo diam).

Jadi handphone-nya jika ditekan tool power masih menyala, tampil gambar 1 (pertama) ganti keluar gambar bergerak (ke2) berupa animasi tulisan merk nya, namun berhenti macet disitu (stuck) tidak mau masuk menu ini rusak software. Bukan mati total. Mati total rusak hardware.
Baca juga disini 
Apakah HP Bootloop Bisa Diperbaiki? Bagaimana cara Membetulkan?
Untuk menjawab pertanyaan ini, sekarang kita perlu tahu dahulu apa penyebab bootloop. Ibarat orang sakit jangan sampai salah obat. Agar dapat membetulkan masalah ini, kita perlu tahu cara membedakan antara kerusakan software dan bagaimana jenis hardware.

Rusak hardware itu bukan bootloop tidak bisa dengan flash atau install ulang:
1Kerusakan Hardware (hardbrick) mati total atau biasanya jika ditekan tombol power hanya getar saja atau jika mau nyala akan stuck/ berhenti di logo 1 gambar diam bukan di gambar bergerak/animasi. Beberapa kondisi mau nyala tapi mati lagi disebut restart (mati kemudian menyala sendiri demikian seterusnya).
handphone oppo f1s tidak bisa di flash
contoh handphone oppo f1 rusak masalah hardware
Penyebab:
  • Internal Memory error (ic emmc) Lemah atau Rusak. Apa itu emmc? dari fungsinya komponen emmc itu mirip hardisk di laptop, jadi fungsi internal memory adalah tempat sistem/ROM berada. Artinya IC emmc rusak = os rusak.
  • CPU rusak/ drop
  • Memory Ram rusak
  • Baterai rusak 
  • IC Power PMA rusak
  • dll
cara perbaiki software handphone
Handphone oppo f1 rusak masalah software bisa di flash
2. Bootloop sesuai dengan pengertian pembahasan disini adalah disebabkan error kerusakan OS (operation System) Software maka bisa di reparasi dengan cara flash ROM, upgrade Android atau instal firmware menggunakan komputer/ laptop. Ciri kondisi handphone biasanya stuck berhentinya di logo gambar ke 2 atau disebut boot animation (bergerak). Tidak restart atau mati lagi, diam saja berhenti disitu sampai baterai habis. Contoh gambar diatas menggunakan handphone milik pelanggan merk Oppo F1 ketika diperbaiki di tempat servis kami. Itu gambar ke 2 berhentinya di tulisan Oppo tapi ada sinar berkilau gerak dari kiri ke kanan, demikian juga juga handphone Asus Zenfone, bootlop-nya ada kilau bergerak seperti itu di tulisan asus. Beberapa type Android ada titik berbentuk lingkaran berputar dibawahnya. Pokoknya ada gambar animasinya bukan gambar diam dan tidak restart nyala mati lagi bisa dipastikan Android rusak hanya error os atau system korup.
biaya servis hanphone samsung
Contoh lain pada hp atau tablet merk samsung ciri-cirinya ketika dinyalakan akan muncul gambar tulisan sesuai typenya masing-masing terlebih dahulu (logo pertama) seperti misalnya Samsung Galay J 5, Samsung A7 lalu kemudian ada muncul animasi gambar lingkaran/ oval bergerak warna biru / dengan tulisan samsung berwarna disertai suara musik lalu tulisan Samsung putih saja (logo kedua). Jika sudah melewati boot animation seperti gambar diatas lalu berhenti di logo tulisan 'SAMSUNG' saja warna putih, perhatikan bukan tulisan typenya ya, maka bisa dipastikan rusak software. Seingat kami berdasar pengalaman di tempat servis, selain merk Samsung, hape Lenovo, smartfren, Sony, Advan dan merk Evercoss juga masih ada suaranya jika bootloop.

Penyebab:
  • Terjadi kerusakan pada software /partisi system Android
  • Internal Memory Penuh
  • Kesalahan flashing rom/ gagal update firmware
  • Salah Modifikasi/oprek setelah di root
  • Gagal Instal Custom ROM
Dari sini kita bisa simpulkan bahwa handphone rusak software akan mengalami bootloop, namun bootloop tidak selalu rusak karena masalah software. Perhatikan bahwa umumnya rusak System ini memiliki ciri yaitu berhenti di logo ke 2 bukan pertama. Jadi HP Android rusak bisa dibetulkan asal cara memperbaikinya perlu disesuaikan dengan masalah yang jadi sumber penyebabnya. 

Analogi begini:
  1. Kebanyakan makan rujak dapat sakit perut, tapi sakit perut tidak selalu karena makan rujak, contoh: karena masalah keracunan atau haid juga bisa sakit perut kan?.
  2. Motor kehabisan bensin akan macet, motor macet belum tentu karena kehabisan bensin. Karena busi rusak bisa jadi penyebab masalah atau carburator kotor juga bikin macet.
Cara Membetulkan Handphone softbrick, dengan ciri-ciri bootloop biasanya di logo ke 2 (bootanimation)  / rusak os software bisa diperbaiki dengan cara Flash Firmware.
Beberapa penyebab rusak sistem sbb:
  • Gagal update, Handphone menerima update OTA tidak lengkap (corrupt), macet setelah di restart jadi bootloop
  • Handphone diroot salah modif, keliru pasang custom recovery (CWM/TWRP)
  • Salah Install Custom ROM Android
  • Salah Root
  • Pasang mods, cheat game, install GLTools gagal
  • Memory Internal penuh
  • Kena virus, banyak iklan
Cara Memperbaiki Handphone Hardbrick, ciri-ciri Mati, Restart terus atau jika masih menyala bootloop di logo gambar 1. 
  • Rusak Hardware tidak bisa diperbaiki dengan cara software, cara membenarkan beda masalah-beda jurusan.
  • Perbaiki di bagian komponen hardware yang rusak. Misalnya rusak emmc ya ganti ic emmc bukan di install ulang atau flash ROM.
  • Jika ada pelanggan membawa hp ke tempat servis kami dengan kondisi berhenti di gambar 1, namun setelah dijelaskan bahwa itu bukan bootloop dan tetap minta di flash saja, maka harus bersedia menerima resiko gagal dan jika mati karena ic emmc sudah lemah mesti bersedia menerima resiko tersebut.
Untuk membedakan rusak apanya, silahkan cek dan cara paling mudah adalah dengan membandingkan pada handphone normal lainnya. Saat di nyalakan akan melewati 2 logo/ gambar. Pada handphone rusak atau error coba perhatikan berhenti di logo gambar 1 atau 2? kemudian diingat kembali apa yang terjadi sebelum Bootloop.
  • Biasanya jika ini terjadi tanpa alasan jelas, misal handphone dipakai biasa saja seperti main game, nonton youtube, download file tiba tiba hang/ mati/ restart kemudian macet di logo, pengalaman kami seperti ini cenderung rusak hardware jadi tidak bisa diperbaiki dengan cara flash ROM. 
  • Demikian juga jika handphone kena air atau jatuh lalu bootloop, juga rusak hardware tidak bisa di perbaiki pakai cara software.
  • Muncul pesan 'encryption data failed'
  • Saat dinyalakan muncul berbagai error "Unfortunately the process com.android.phone has stopped",launcher stopped, Sayangnya sistem ui telah berhenti. Nah jika sering muncul sayangnya proses android terhenti bisa dipastikan rusak emmc atau hardware
  • Handphone restart : Nyala kemudian mati lagi, demikian seterusnya juga bukan masalah software tapi rusak hardware.
Ibarat salah obat maka Handphone rusak komponen hardware jika di perbaiki pakai cara software atau diflash maka akibatnya gagal terus atau setelah di flash malah bisa resiko sampai mati total, demikian juga sebaliknya, jika rusak software tapi ic hape malah dipanasi pakai blower, parah kan?. Nah disini kita jadi paham apa itu arti rusak Softbrick (software) dan Hardbrick (Hardware), dari pengalaman kami membetulkan banyak hape Android rusak, cara mengatasi masalah harus sesuai dengan penyebabnya.

Cara membedakan kerusakan diatas berlaku untuk hampir semua merk hp Android mulai Asus, Oppo, Lenovo, Advan, Evercoss, Samsung, Xiaomi dll. Hati-hati cara mengatasinya. Misalnya jika mau di software, sebelum di flash perhatikan saja terlebih dahulu apakah berhentinya di logo 1 atau gambar ke 2. Jika berhenti di gambar 1 (belum tentu software) kemudian di flash selalu gagal jangan kaget, apa lagi malah mati itu sudah resiko. Meskipun dalam beberapa kasus tertentu ada juga rusak software tapi berhenti di logo pertama namun sangat jarang, misalnya di root lalu salah modifikasi kernel atau salah Instal custom ROM, Recovery CWM/TWRP, maupun gagal Unlock Bootloader. Penting mengingat apa saja yang dilakukan sebelum masalah error atau rusak terjadi.
Nah, sebaiknya diteliti dulu penyebabnya, jangan asal flash ROM. Pahami apa itu arti Bootloop seperti kami sampaikan dalam bahasa Indonesia sesederhana mungkin. Secara teknis sebenarnya dapat dilakukan diagnosa sederhana dengan menggunakan Multi tester dan memperhatikan kronologis kejadian sebelum error kerusakan terjadi. Jika dikerjakan sendiri kemudian handphone di flash malah mati tidak perlu marah-marah apalagi mencaci-maki penulis situs yang sudah susah payah menyediakan link download rom dan menulis panduan cara ngeflash. Karena handphone di flash adalah keputusan kita sendiri, jika malah mati teliti kronologisnya dan penyebabnya dulu. Mungkin saja emmc lemah atau seharusnya hanya boleh upgrade kita malah downgrade. Kita patut berterima kasih untuk para penulis situs dan forum sudah share pengalaman, kasih link Download Firmware serta berbagi cara flash ROM Android. Karena mereka juga, kita, saya dan pembaca semua bisa belajar banyak. 
Bisa saja kita keliru memahami apa arti-nya. Jika bingung cara mengatasinya bawa ke konter tempat servis handphone terdekat dan bagus reputasinya di kota anda, bekerjasamalah dengan memberikan informasi kepada teknisi apakah sebelumnya handphone terbentur, jatuh, kena air, salah root, gara-gara update gagal atau terjadi begitu saja. Informasi sekecil apapun dapat sangat membantu tingkat kemungkinan handphone bisa di perbaiki. Sebaliknya tanpa keterbukaan dapat membuat hape salah penanganan atau rusak makin parah.

Dari pembahasan definisi ini kita bisa menarik kesimpulan perbedaan antara rusak hardware dan software. Silahkan gunakan referensi silang atau bertanya di forum-forum resmi sesuai merk Android masing-masing misalnya forum Kaskus Lounge, XDA Developer, PDA Rusia atau Xiaomi MI Forum. Bandingkan definisi Apa itu arti Booloop. Jika informasi dari kami ini salah atau ada kekurangan mohon dikoreksi dengan memberi komentar di bawah ini.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

2 komentar:

  1. kenapa hp saya restart terus menerus, terus terjadi penurunan baterai yg drastis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hape restart bukan rusak software tetapi hardware,bisa masalah mesin atau baterai,untuk cek silahkan baca disini

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.