Masalah Rom Handphone Xiaomi

Sebagai tempat servis handphone di denpasar, tugas utama kami adalah memperbaiki handphone. Mulai rusak masalah software  memerlukan flash custom rom/ install firmware baik upgrade atau downgrade, ganti layar lcd pecah, tidak mau ngecas, sinyal 4G hilang, hingga servis hardware seperti hp blank atau mati total. Namun selain hal tersebut, banyak juga pelanggan yang meminta rekomendasi ketika ingin membeli handphone baru. Nah salah satu merk yang sering kami rekomendasikan adalah Handphone Xiaomi Redmi. 
tempat servis handphone xiaomi di denpasar
Mengapa handphone Xiaomi Redmi layak kami rekomendasikan?. 
Ketika kami diminta memilih untuk membuat perbandingan handphone yang baik dan buruk, kami selalu menanyakan budget yang disediakan. Sangat tidak etis jika kita langsung membandingkan antar merk. Contoh: Banyak pertanyaan perbandingan Handphone Sony vs Samsung bagus mana? atau Asus vs Lenovo bagus mana? Merk Oppo bagus tidak? dst. Kepada seseorang yang memiliki budget 2 juta, tentu kami tidak akan merekomendasikan iPhone 6 karena tidak akan dapat handphone, uang segitu hanya dapat layarnya saja he he. Tetapi kami tidak akan mengatakan bahwa merk iPhone jelek. Menurut kami ketika akan membandingkan suatu produk, parameter pertama adalah dari budget dulu. Jadi lebih logis jika pembahasannya sbb: Dengan uang 2 juta handphone merk apa yang bagus untuk dibeli? Yang paham spesifikasi pasti setuju secara performa merk handphone Xiaomi is the best value for money, harga murah spek oke sudah sinyal 4G dan tersedia link download rom resmi untuk upgrade atau downgrade.

Versi Handphone Xiaomi : baca juga rencian versi download rom resmi disini
Xiaomi memiliki 3 versi utama handphone yaitu Redmi, Redmi Note dan Mi dengan spesifikasi Handphone Mi lebih tinggi dibanding versi Redmi. Oh ya, harap hati-hati karena sudah banyak versi hp copy/clone/replika alias handphone palsu. Dari tahun 2016-2019 varian versi terbaru terus tersedia dari versi cina saja hingga global seperti Mi 5c, Xiaomi Redmi Note 3 Pro, Redmi Note 5 plus hingga Redmi 7, MI Max dan Mi 8 SE
cara flash handphone xiomi redmi
Mengapa handphone Xiaomi murah?
Ceritanya dulu tuh Google kalah bersaing dengan search engine Baidu di cina jadi ketika menggunakan laptop atau handphone di internet tidak ada orang cina yang pakai Google. Karena tidak ada Google play di negara tersebut maka visi pendiri xiomi adalah menggantikan fungsi Google dengan MIUI Apps. Konsep utama Xiaomi bukan sekedar menjual handphone, tetapi memperoleh pendapatan dari berjualan aplikasi seperti Google Play, itulah sebabnya handphone mereka di jual dengan harga murah. Sebenarnya pasaran utama merk asal taiwan ini adalah negara China. Seiring popularitasnya membuat Xiaomi menjadi smartphone no 1 di tanah airnya dan kini mulai merebak ke pasar internasional karena performa yang bagus. Menduduki peringkat 5 besar penjualan handphone seluruh dunia bersama Samsung, Huawei Oppo dan Lenovo. Karena banyak peminat membuat banyak distributor tidak resmi membeli borongan lalu di jual di negara lain termasuk Indonesia. Masalah muncul karena Rom asli Xiaomi hanya mendukung bahasa China dan English, maka pihak 'seller/ konter' perlu modifikasi handphone dengan cara mengganti rom asli lalu di flash rom Global yang memiliki pilihan bahasa lebih banyak dan tersedia Google Play, yang sebelumnya tidak tersedia di Firmware asli.
jasa tempat flash handphone xiaomi

Masalah Rom
Terkait dengan rekomendasi kami diatas, banyak pengguna Xiaomi meskipun handphone tidak rusak/bootloop, masih memiliki masalah terkait upgrade rom sehingga sinyal 4G hilang, kemudian memanfaatkan jasa tempat service handphone kami di Denpasar untuk mengetahui cara instal/ flash firmware. Disini kami coba membuat penjelasan singkat masalah pilihan ROM-Firmware. Meskipun tidak sama, guna mempermudah kami menyederhanakan penggunaan istilah Firmware dan ROM untuk merujuk pada Operation System Android Handphone. Pengguna Xiaomi Mi dan Redmi bisa instal 2 versi ROM China atau Global. Baik Rom China maupun Global memilik 2 versi yaitu versi Stable untuk pemakaian normal dan versi developer untuk mereka yang ingin berkontribusi guna perkembangan update rom Xiaomi.

Perbedaan
1. Rom MIUI China.
Rom china ini adalah Firmware asli Handphone Xiomi Redmi-Mi jadi sudah pasti unlock sinyal 4G, namun hanya mendukung Bahasa Cina dan Inggris saja. Rom MIUI versi China hanya ada Miui store tidak bisa download Google playstore dan tidak ada fitur GAPPS (Google Apps and Services) lain seperti Maps,Gmail,Google+, Google music, Youtube dll. Rom asli ini lebih ringan di banding versi global, lebih stabil dan selalu mendapat update resmi OTA via handphone. Maka jika handphone pembaca tidak ada setting bahasa Indonesia maka rom yang dipakai adalah rom China jadi cara update rom bisa langsung dari handphone. Beberapa pelanggan kami pengguna handphone ini mengalami masalah tidak bisa download google play karena memory penuh baca artikel kami terkait cara mengatasi Insufficient Storage Available di sini.

2. Rom MIUI Global.
Firmware ini ditujukan untuk pengguna Global seperti Eropa, Amerika, India, Asia tenggara termasuk Indonesia, Singapore dll. Rom ini memiliki banyak fitur android pada umumnya, seperti PlayStore dll sudah langsung tersedia sewaktu install rom ini. Rom global juga mendukung banyak pilihan bahasa lain. Rom Global ini sedikit lebih berat karena banyak aplikasi 'bloatware' yang ditambahkan membuat penggunaan memori ram lebih banyak jika dibanding versi China.  Rom Global juga selalu mendapat update resmi OTA, sayang jika upgrade ke MIUI 8 sinyal 4G hilang karena terbentur masalah aturan TKDN, hal ini terjadi pada handphone Redmi 3 dan Redmi Note 3.  

Cara mengatasi masalah sinyal 4G hilang karena terlanjur update ke MIUI 8 perlu manual flash downgrade ke MIUI 7 via komputer-laptop.

3. Rom Distributor
Adalah rom Cina namun dimodifikasi agar ada bahasa Indonesia dan playstore.Rom Disributor ini juga sering disebut rom abal-abal .Karena bukan rom asli maka pengguna versi global handphone Xiaomi tidak bisa update OTA via handphone,.waktu mau install lewat updater tulisannya "cant verify update".

Sinyal 4G normal di rom type ini karena 'base' nya adalah versi rom Cina namun banyak sekali iklan dari aplikasi gratisan yang dipasang oleh distributor. Selain mengganggu dan membuat handphone lambat/lemot, tentu saja iklan-iklan ini merugikan karena akan membuat quota internet cepat habis.

Untuk ganti rom distibutor/abal-abal ke Global tidak bisa dengan cara update via recovery handphone, pengguna perlu tahu cara flash atau Instal Rom secara manual ke handphone Xiaomi via laptop atau komputer. Baca disini perbedaan update dan upgrade rom Xiaomi redmi.

Untuk handphone terbaru keluaran 2018 seperti Redmi Note 5, Mi6X, Redmi 5lus, Mi 8 SE harus melakukan proses unlock bootloader (UBL) dahulu jika mau ganti rom.
Pilih Mana?
Rom apa yang cocok untuk handphone Xiaomi? Disini persoalannya hanya masalah pilihan, bukan rom mana lebih baik atau buruk sehingga di sebut rom abal-abal. Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika pengguna ingin memanfaatkan semua fitur Google Gapps seperti PlayStore, Maps, Google Play, Music, Drive, YouTube, dll. maka upgrade ROM Global lebih cocok. Ini juga cocok jika memiliki kendala pemakaian setting bahasa Inggris karena ada pilihan bahasa Indonesia. Namun jika tidak masalah dengan setting bahasa Inggris dan ingin selalu dapat update resmi dengan pilihan tema lebih banyak serta handphone tidak lemot maka instal rom MIUI asli China lebih cocok dibanding flash Rom Global.
Pengguna ROM Global di handphone Xiaomi redmi (note) 3 update ke MIUI 8 akan menimbulkan masalah sinyal 4G hilang, solusinya harus downgrade kembali ke MIUI 7 agar sinyal 4G muncul kembali lagi normal. Cara downgrade handphone redmi cukup beresiko bagi yang belum tahu caranya, jika salah atau gagal flash dapat menyebabkan handphone rusak berhenti mentok di logo saja tifak mau masuk menu, ada lagi hape jadi restart terus setelah downgrade bahkan beberapa sampai mati total. Silahkan baca cara mengatasi masalah tersebut disini cara servis handphone xiaomi.

Jika tidak tahu cara downgrade, pakailah ilmu pegadaian, 'Mengatasi masalah dengan masalah" he he, maunya mengembalikan sinyal 4g handphone redmi atau ganti rom global resmi eh...malah bootloop atau mati. Akan lebih aman dan murah jika di bawa ke konter tempat jasa flash handphone Xiaomi yang dipercaya dan bertanggung jawab. Karena banyak handphone redmi note 3 hingga redmi 5 Plus dibawa ke tempat service kami di Jl Drupadi Denpasar dalam kondisi sudah rusak salah flash di tempat lain malah bootloop hingga hardbrick/ mati total getar saja hanya terdeteksi qualcomm 9008.  
Pengetahuan cara upgrade-downgrade-flash handphone sangat penting karena ada resiko error sistem android bootloop di proses tersebut apalagi jika hobi root, gonti-ganti custom rom. Nah di artikel selanjutnya akan kami bahas cara install/ flash handphone xiaomi baik versi Global maupun rom china.

Artikel Terkait di Bali Service Computer