HTC 816 rusak

Masalah ponsel HTC 816. Banyak handphone merk HTC selalu diasosiasikan sebagai produk handphone kelas menengah-atas. Sudah diakui dunia melalui raihan berbagai penghargaan seperti "The Best Global Brands" (2011) juga "the best smartphone and best design categories"(2013) melalui produknya HTC One. Untuk diketahui, merk inilah yang pertama kali membuat smartphone dengan layar sentuh (touch-screen) dan produsen ponsel asal Taiwan HTC ini juga yang berhasil membuat hape Android pertama yaitu HTC Dream menjalankan OS Android 1.1 pada bulan Agustus 2008.
tempat service handphone htc
Perusahaan ponsel HTC yang diakui sebagai salah satu perusahaan global dengan pertumbuhan tercepat dari tahun 2011-2014 ini juga tak luput dari masalah bisa saja rusak, seperti kata pepatah "tak ada gading yang tak retak". Salah satu produk yang dirilis setahun lalu handphone HTC Desire 816 dengan dukungan LTE dan versi lainnya 816 dual sim dengan kemampuan Hybrid support 2 jenis sim card baik sinyal GSM maupun evdo-CDMA sempat menarik banyak perhatian.

Spesifikasi HTC Desire 816
  • Android OS, v4.4.2 (KitKat)
  • Qualcomm® CPU Snapdragon™ 400, 1,6 GHz, quad-core
  • SIM type :Nano-SIM
  • Teknologi Jaringan: GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands HSDPA 850 / 900 / 2100
  • 4G bands LTE band 3(1800), 7(2600), 8(900), 20(800)
  • LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 8(900) 
  • MEMORI Internal 8GB
  • Memory RAM: 1,5 GB
  • Slot ekspansi kartu memori microSD untuk penyimpanan tambahan hingga 128GB 
  • Kamera Depan: Perekaman video 5MP, sensor BSI, lensa sudut lebar, 1080p
  • Layar Super LCD2 capacitive touchscreen 5.5 inch.
  • Jenis Baterai Non removable Li-polimer
  • Kapasitas baterai : 2600 mAh
Di artikel ini kami tidak membahas berbagai kelebihan HTC 816 yang dimiliki handphone ini, namun sebaliknya akan kami ulas beberapa kekurangan yang terdapat didalamnya agar para pengguna merk ini dapat menghindari beberapa masalah yang dapat timbul selama pemakaian terutama terkait masalah penyebab sinyal hilang.
tempat sim card hape rusak
1. Masalah SIM Slot Nano
  • Seperti diketahui Htc 816 baik single sim maupun dual sim menggunakan kartu sim slot type Nano. Pada versi dual sim dapat mendeteksi sinyal kartu GSM dan CDMA, dimana setting internet akan secara otomatis dikenali.
Problem:
  • Yang hobi gonta-ganti kartu sim perhatikan ya ;)...Penggunaan SIM Nano tanpa tray (baki) membuat sebagian pengguna kesulitan saat memasukan kartu sim card yang begitu kecil ukurannya. Resiko pemasangan terbalik mengakibatkan pin konektor sim patah sehingga handphone tidak dapat mendeteksi kartu sim dan hape tidak dapat digunakan karena tidak ada sinyal.
Solusi:
sinyal tidak teredeteksi
  • Berhati-hatilah saat memasukkan kartu nano sim, perhatikan petunjuk yang ada disisi tempat kartu sim, agar arah penempatannya benar. (gado-gado deh masalahnya: sim kecil + tanpa baki + letak slot agak dalam karena bentuk hape slim + gambar petunjuk di hape juga kecil sekali...sengsara deh) 
  • Hindari kebiasaan sering ganti kartu, resiko rusak handphone sinyal hilang semakin besar.
  • Menggunakan sim nano yang digunting sendiri bisa membuat sim tersangkut/susah dicabut, ini menambah resiko kerusakan pada tempat kartu. 
  • Cara mengatasi masalah jika tempat kartu sim rusak, hubungi tempat service yang terpercaya untuk memperbaiki atau mengganti tempat slot kartu sim yang rusak. Diperlukan kehati-hatian saat memperbaikinya dan perlu tahu cara membongkar casing hape HTC desire 816 karena menggunakan baterai type tanam (non removable baterai), sedangkan case belakang yang tipis bisa resiko patah soalnya dilem dengan baterai.
2. Masalah Bugs Radio band frekuensi
  • Handphone HTC 816 ( juga type One E8) dipasarkan secara International dimana masing-masing negara menggunaan berbagai type sinyal frekuensi 3G GSM yang berbeda. 1 hape untuk banyak negara sering memiliki bugs (kekurangan masalah software) pada modem radio.
Masalah
  • Mengubah ril Radio band frekuensi dengan cara menekan tombol *#*#4636#*#* dapat membuat hape terkunci di sinyal baseband USA yang berbeda dengan frekuensi GSM Eropa (band sinyal Eropa sama dengan sinyal GSM Indonesia). Hal ini menyebabkan Sim card terdeteksi namun sinyal handphone hilang (warna abu-abu).
Solusi
service center htc denpasar bali
  • Handphone HTC desire 816/ One E8 dual sim agak lama mendeteksi sinyal, saat mengganti kartu bersabarlah (ini hape hebat karena mendukung banyak band frekuensi, saking banyaknya lama mikir detek kartunya mau pakai band yang mana,apalagi jika sinyal lemah...he he), sisipkan kartu 1 dahulu sampai kedetek sebelum menggunakan kartu ke 2 dan jangan pernah mengubah-ubah band frekuensi. Banyak sudah yang terkunci di USA Baseband karena masalah ini.
  • Jika SIM card terkunci dan sinyal hilang terjadi pad hanphone HTC desire 816/ One E8 karena mengubah baseband dengan menekan *#*#4636#*#*, hubungi tempat service yang mengetahui cara mengatasi masalah ini, agar hapenya tidak di 'obok-obok' sparepartnya karena kurangnya pemahaman.
3. Masalah Root, Custom rom, Recovery CWM
  • Hape Android wajib di root, mungkin istilah ini sering didengar dan cocok untuk para super user. namun kami bali service computer tidak setuju dengan pemahaman tersebut untuk user biasa. Handphone dengan os Android sudah cukup baik walaupun tanpa root. Banyak hape rusak gara-gara rootng karena tidak memahami proses dan cara kerja OS Android.
Masalah
  • jika pengguna HTC 816 melakukan root maka pada saat proses unlock boot loader akan muncul tulisan tempered yang hingga saat ini belum bisa dihilangkan. Tanda ini akan menghilangkan jaminan garansi. Cara untuk menghilangkan tulisan tempered harus s-off, masalahnya hingga saat ini belum ada untuk itu. Jadi untuk saat ini, jika kita sekali saja melakukan root dengan cara unlock bootloader hape HTC maka garansi pabrik akan hilang. 
  • Masalah lainnya adalah penggunaan custom recovery (CWM/TWRP) yang tidak sesuai dapat mengakibatkan bootloop, stuck di recovery, bahkan tidak bisa masuk bootloader.
Custom rom
  • Hingga tulisan ini kami buat belum ada custom rom HTC 816 yang sempurna. Yang tersedia dari versi Jelly bean, kitkat hingga lolipop semua masih versi alfa jauh dari sempurna terutama terkait masalah sinyal dimana tidak bisa call/telepon di mode 2G, hanya bisa menelpon di sinyal 3G, jadi custum rom hanya cocok untuk single sim, instal custom rom tidak bisa update via OTA (Over The Air), beberapa yang flashing custom rom membuat hape tidak bisa charging baterai ketika handphone posisi mati bahkan ada yang hardbrick hanya bisa terdeteksi "Qualcomm HS-USB QDLoader 9008" saat di hubungkan ke usb laptop.
Solusi
  • Untuk saat ini sebaiknya hindari penggunaan cara root, recovery maupun custom rom pada handphone HTC Desire 816. Jika terjadi bootloop sulit cara mengatasi, karena belum tersedia link download RUU stock rom HTC 816. Resiko salah install/ flash firmware/rom karena ada banyak sekali type varian HTC Desire 816, ada berbagai versi single sim maupun dual sim berbeda-beda untuk setiap wilayah negara ada versi china, asia, www, eropa bahkan selain menggunakan chip qualcomm ada juga versi yang menggunakn cpu MTK mediatek. 
Semoga tulisan ini dapat membantu para pengguna ponsel htc menghindari masalah-masalah tersebut, karena sudah beberapa kali kami memperbaiki handphone HTC 816 yang rusak dengan berbagai penyebab yang sama seperti kami sudah sebutkan diatas. Mulai masalah sinyal hilang, kartu sim tidak terdeteksi, slot sim rusak, bootloop dll, semoga pembaca tidak mengalami problem handphone HTC 816 tersebut. 

Artikel Terkait di Bali Service Computer

54 komentar:

  1. salam kenal Gan, aku dr Bandung, aku punya htc desire 816 yg bermasalah dgn Bugs Radio band frekuensi nya, persis seperti yg Agan bahas, aku sudah tanya kemana mana ga ada yang sanggup, bahkan htcnya sendiri menyarankan ganti mesin. maaf Apa agan bisa memperbaiki htc nya ?, mohon pencerahannya ya, thanks before.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami masih bisa service tanpa ganti mesin, baik dual sim maupun single sim, handphone bisa dikirim ke alamat service kami untuk pengerjaan sekitar 3hari kerja, untuk info selanjutnya silahkan sms ke 085238900600

      Hapus
  2. mau tanya mas, htc 816 saya kalo diliat di komputer kok cuman di deteksi 4 gb aja, tapi kalo diliat isi foldernya ngk nyampe 1 gb, sisanya kemana ya mas? soalnya ngk bisa nambah aplikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak kemana-mana, internal rom dibagi dua, 1gb untuk program/aplikasi, 4 gb untuk data spt foto, mp3 video dll, yang terbaca di laptop yang partisi ke 2, agar bisa instal banyak aplikasi perlu dimodif, baca artikel kami cara menambah memory hp

      Hapus
  3. mau tanya gan, bisa servis modem huawei k3765, kaki2 slot simcardnya patah, tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami perbaiki tempat sim yang patah di handphone bos, maaf untuk dimodem tidak

      Hapus
  4. Punyaku htc desire 816 slot sim 1 gak detect lg, boleh masuk mnta tlong diservicekn gan?

    BalasHapus
  5. Mas saya punya htc droid incredible 4g lte verizon, tp slot micro sd nya rusak. Ada solusi gk ? Memory card nya gk kbaca, meski di ganti yg lain jg ttep gk ada memori nya...pleasa sarannya ! Dan kalo di servis brp ya kira" ?

    BalasHapus
  6. Misi mas nanya lagi, HTC 816 saya, sekarang ngereset terus, sudah coba di hardreset tetep ngk bisa, saya bawa ke service center katanya flashnya sudah lemah jadi harus ganti boardnya (saya ngk ngerti mas), kok kayaknya aneh ya secara saya rasa hp dr baru ngk pernah di apa2in dan pemakaian sangat wajar, kok tiba2 harus ganti board yg harganya mahal, terkesan hp murahan... solusinya gimana ya mas? tterima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami tidak dalam posisi memberi solusi karena belum cek kondisi hp tersebut, maka solusinya bawa ke tempat service yang bos percaya sehingga bos akan nurut solusi yang ditawarkan ;)

      Hapus
  7. saya punya masalah di Radio band frekuensi persis seperti keterangan diatas, apa ada recovery untuk unlock USA Band dan kembali seperti semula pak, pleaseee help

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari alamat tempat service yang paham cara unlock handphone

      Hapus
  8. Gan htc 816 saya rusak semua sim 1 dan sim 2 nya.untuk pengerjaan brp hari gan dan biaya nya juga mksh gan

    BalasHapus
  9. Htc desire 816 saya kok posisi baterai 90% tp klo dilepas charge lgsung mati..menurut om bgmn? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone perlu ganti baterai, jika baterai sudah drop maka indikator sudah tidak normal, petunjuk 90% padahal baterai kosong

      Hapus
  10. mas saya punya htc desire 816 G bootloop..bisa pebaiki?atw kasih solusi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bootloop/ handphone berhenti di logo android/ merk diperbaiki dengan cara flash os-nya

      Hapus
  11. Selamat sore gan saya kebetulan pengguna htc desire 816 ada kendala pada speakernya gan jadi kalo nelfon atau terima telfon harus di loudspeaker biar bisa denger dan suranya juga pecah gtu gan itu kenapa ya? Terus kalo ganti kira2 kena berapa? Terimakasih

    BalasHapus
  12. Ini htc desire 816 biar bisa 4G gimana ya? Kok gak ada tulisan 4G, padahal lokasi saya sudah support buat 4G.

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone lte perlu menggunakan sim 4g lte, tukar ke operator/ beli sim 4g

      Hapus
  13. Mas utk perbaiki frequensi terkunci di usa bisa gak?
    Htc e8 dual.
    brp ya biayanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sih bisa bos, biaya servis sms

      Hapus
  14. Terus terang belakangan saya tidak nyaman menggunakan HTC Desire 816 dual sim, karena lambang phone storage selalu muncul, akibatnya tidak bisa nambah aplikasi, email pun tidak bisa (push mail) akibat tidak bisa syncronize karena phone storage penuh, phone storage 8GB tapi cepat sekali full ke 7.98 GB, padahal aplikasi sedikit, saya tidak tahu apa itu "OTHER" memakan kapasitas sampai 4.2 GB, bagaimana solusinya, sementara kalau di root saya jadi ngeri setelah baca artikel anda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.coba buka setting-aplikasi-clear cache-data,
      2.batasi aplikasi sosmed, camera pihak ketiga, apk cleaner
      3.info 80% yang servis ke tempat kami karena masalah terkait gara-gara root, sebagai teknisi saya suka dapat duit, sebagai 'android lover' saya sedih dengan para pengguna dengan mudah ngaku 'super user' dengan ngeroot itu

      Hapus
  15. Saya baru saja membeli htc desire816, kenapa ssmartfren saya tidak terdeteksi y, sementara gsm lancar,sudah tukar ke simcard lte tp tidak ada opsi lte di networknya, pdhl di hp xiaomi redmi2 simcard yg sama lte nya terdeteksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak dapat sinyal karena lte smartfren di frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz, baca spesifikasi frequensi htc desire 816, nama teknologi sama lte tapi beda frequensi dengan LTE gsm (telkom-XL-IM3-3), yang mengatur itu kominfo, pembuat hp tidak selalu ikut aturan kominfo karena masing-masing negara beda

      Hapus
  16. Mas hp saya htc 608t jaringan nya gk bisa 3g biarpun udah di ganti kartu ,kira2 solusi nya apa mas ,trims

    BalasHapus
  17. mas fungsi slot kosong (tengah tertutup karet hitam) pada htc desire 816 itu apa ya???? apa bisa di tambah sim slot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 2 versi HTC 816, dual sim dan singgle sim, dicoba saja

      Hapus
  18. HTC one E8, tdk dpat terdeteksi simcardnya padahal sblumnya gk ada kendala sm skli, sudah aku cb servickan ke tukang servic tp byk yg gk bisa mas. Tlg bantu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk perbaikan tempat kartu sim rusak silahkan bawa ke tempat servis handphone kami

      Hapus
    2. Gans ada saran ga, htc desire 816 ane sim card nya keluar2 trus, sudah ane ganti kartu tapi masih begitu.. apa mesti ganti tempat kartu Ato ada saran lain gans?

      Hapus
    3. masukkan sim lalu tahan, apakah ada sinyal? jika iya kasih lem bakar untuk menahannya, solusi murah bos,jika ke servis center masalah tersebut suruh ganti mesin, coba saja ;)

      Hapus
  19. Gan mau tanya hp aku htc desire 816 single sim. Tiba-tiba mati total padahal tadinya baik2 saja g ada masalah. Itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
  20. Htc D816 Sy Pernah Sy Root ketika updatean ke 6.0 sy kbalikan kesemula... Setelah sy kembali kan kesemula jadi ga da sinyal nya, sy coba masuk ke hboot di keterangan Radio v2 off error.. ada solusi ga kira mas... Mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba flash upgrade kembali ke rom 6.0

      Hapus
  21. Maaf Gan ane mau tnya htc desire 816 ane tiba2 mati dn skrng nyalanya klo dicas doang casannya dilepas lngsung mati lg.mhon bntuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan 2 yaitu baterai rusak atau ic charger rusak

      Hapus
    2. Sama persis seperti kasus saya ini

      Hapus
    3. ganti baterai htc nya bos

      Hapus
  22. Boss htc desire 816 dual trobel masalah frekwensi..sim 1 cuma cdma tapi conect internet ga bisa..sim 2 ga bisa kedetek..bisa dibetulin bos..berapa biayanya and berapa hari pengerjaannya..thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Handphone HTC bos itu ada 2masalah berbeda
      1.Kemungkinan itu handphone HTC 816 versi USA(Sprint/verizon)atau bos ubah setingan radio baseband jadi terkunci di band USA sehingga hanya bisa cdma
      2.Slot tempat sim 2 rusak,pin patah
      perlu cek masalah sebenarnya, info budget 500rb tidak cukup untuk perbaikan kedua kerusakan tsb

      Hapus
  23. Gan bantuannya apa sim 1 htc desire 816 dipasang smartfren tidak bisa....makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sepesifik jika bertanya bos,tidak bisa bagaimana? kartu sim tidak mau masuk?tidak dapat sinyal? atau kartu sim tidak terbaca? dst
      -mungkin sim terbalik pasangnya
      -jika tidak dapat sinyal masalah baseband
      -jika sim tidak terbaca masalah slot sim rusak
      -dst

      Hapus
  24. Mmas htc one e8 dual saya sinyal g detek tapi sim nya ada.... mohon pencerahannya..... klo service tu berapa hari selesai.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone sinyal hilang itu akibat dari banyak penyebab, antena/kabel rf rusak, modem rusak, baseband lock usa, salah flash dll, karena bos tidak cerita kronologisnya harus dicek dahulu

      Hapus
    2. katanya service sini sinyal ke lock di usa band gan..... gimana tu....

      Hapus
    3. perbaiki handphone sinyal hilang unlock baseband usa lamanya pengerjaan 3 hari sd 1 minggu tergantung merk dan type handphone

      Hapus
  25. Hp saya botloop, bisa diperbaiki? Minta kontaknya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika bootloop karena software bisa di flash, jika bootloop karena hardware merk HTC susah sparepartnya

      Hapus
  26. Anonim16:15

    Om..htc 816 saya single simcard. Kemarin simcardnya tidak terdeteksi .. kmudian diganti konektor simcardnya diganti baru..tp simcard masih tdk terdeteksi...mhn solusinya om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin proses penggantian tempat kartu belum benar,coba minta tempat servisnya ulangi lagi, memang agak susah ganti connector sim nano, ukurannya kecil sekali.

      Hapus
  27. Kak HP saya htc desire 826.
    Hp nya hidup cuman mentok di logo, udh wipe data tp ttp aja msh mentok d logo.
    Udh update firmware bisa nyala, tp baru 3 jam mati lagi, mentok d logo lagi.
    Itu knpa ya?

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.