Menambah Memory HP Android (bag.3)

Low Memory Warning: Pengguna Mito T970, Advan Vandroid T01a, Evercross Andromeda a7*, Oppo, Lenovo, handphone Imo s67 Blast, Samsung Galaxy Young, Ace , Samsung replika dll. apakah mengalami berbagai masalah sbb: Setiap mau instal aplikasi game android selalu muncul notifikasi ruang memory penyimpanan tidak cukup? padahal sudah diroot dan micro SD masih sisa banyak. Memori internal bertambah terus sehingga tidak dapat menerima SMS masuk dan muncul peringatan ”Text-message memory full“, Handphone Android sudah tidak bisa download update dan instal apk game dari Google Play lagi karena selalu muncul 'insufficient storage'.
tidak bisa download aplikasi memory penuh
Langsung saja kita masuk ke pembahasan cara menambah memory HP-Tablet Android agar dapat download dan menginstal banyak aplikasi game seperti diperlihatkan gambar diatas. Pengalaman di tempat servis kami sebenarnya ada banyak metode yang dapat digunakan untuk menambah ruang memory android silahkan baca disini, mulai dengan metode swap memory, edit file Vold.fstab, menggunakan appk move2sd, link2sd dll. Di artikel ini adalah yang paling sering kami gunakaan untuk pelanggan konter kami di Denpasar cara pemakaian Link2SD untuk mengatasi tablet-hp yang mengalami masalah low memory, agar penyimpanan aplikasi game bisa dipindah ke external micro sd. Ini adalah solusi dengan harga murah daripada biaya ganti beli handphone baru dan anti bootloop.

Persyaratan agar dapat memindahkan APK Game ke Micro SDcard External 

  1. Handphone/ tablet Android yang sudah di ROOT, lihat cara root berbagai handphone dan tablet diartikel kami.
  2. Komputer-Laptop untuk membuat partisi External Micro SD Card
  3. Micro SD wajib minimal Class 10, micro sd terbaikpun tidak akan secepat ic emmc internal hp, agar tidaka lemot dan bootloop gunakan memory sd card ori karena banyak mcro sd kw/ palsu dijual dengan harga murah contohnya merk Sandisk Samsung dan Toshiba. 
  4. yang sudah di bagi 2 partisi FAT 32 dan EXT2, dapat menggunakan tool software laptop windows PARTITION WIZARD download disini
  5. Download aplikasi Link2SD.
  6. Download Root Explorer.
  7. Wajib sistem backup via TWRP/ punya stock rom/tahu link download firmware dan cara flashing sesuai os handphone/tablet android kita. (untuk antisipasi jika terjadi kesalahan sehingga bootloop/android tidak mau menyala bisa di restore/ di flash install ulang)
PERINGATAN:
  • JANGAN lanjutkan langkah dibawah ini jika salah satu dari persyaratan di atas tidak terpenuhi.
  • Menerapkan cara menambah memory ini dapat membuat hp/ tablet tidak menyala, tidak mau masuk menu, bootloop, sering restart dll.
  • Siap try error karena tidak ada alat all in one, ada ribuan merk dan type handphone android berbeda, resiko ditanggung sendiri.
  • Tidak semua kernel handphone dan versi sistem Android bisa ditambah internal memory menggunakan cara disini.
Cara menambah memory handphone/ tablet dengan Link2SD
  1. Instal aplikas Link2SD hasil download link diatas
  2. Masukkan Micro SD Class 10 yang sudah di bagi 2 partisi primary FAT 32 dan EXT2.
  3. Buka aplikasi Link2SD
  4. Akan muncul notifikasi untuk memilih ruang partisi sd card, pilih saja ext2.  
  5. Lalu restart ulang handphon/tablet Android.
Keterangan: Jika aplikasi Link2SD tidak berjalan biasanya disebabkan cara partisi micro sd yang keliru. Singkatnya gunakan komputer/ laptop untuk membagi memory external micro sd menjadi 2 ruang partisi. 1 dengan format Primary FAT32 dan ke 2 Primary EXT2. Besarnya perbandingan ukuran format FAT 32 lebih besar, sedangkan partisi EXT2 cukup antara 512 sd 1 GB bergantung total kapasitas mico SD yang digunakan. 
Partisi micro sd yang pertama pakai FAT 32 karena fungsinya sebagai tempat penyimpanan data agar masih bisa dibaca di komputer/ laptop windows jika ingin mentransfer foto, mp3 atau game data, sedangkan partisi ke 2 boleh memilih primary EXT2, EXT3 atau EXT4 jika system android mendukungnya, partisi micro sd ke 2 ini tidak bisa dibaca di laptop karena merupakan ruang system partisi linux.
Sudah banyak pembahasan cara membuat partisi di internet, namun jika dibutuhkan akan kami buatkan artikelnya.

Cara Setting Link2SD 

insufficient storage
  • Buka app Link2SD, super user akan meminta persetujuan pilih 'grant', kemudian masuk ke menu setting pilih instal location > Internal, lalu pastikan semua kolom 'check' di Auto link dan Auto link notification tidak dicentang. Hanya bagian Fast Scrool yang dicentang.
menambah ram
  • Instal aplikasi ROOT Explorer yang sudah di download,  lalu buka. 
  • Dengan root explorer masuk ke folder /data/ (perhatikan bukan masuk ke folder data/data). 
Didalam folder data cari dan Copy 3 folder sbb:
  1. app, 
  2. data,
  3. dalvik-cache 
  • app-private (opsional untuk cara extreme)
tidak bisa download aplikasi game google play
  • Sekarang masih di folder /data cari folder /sdext2/ (geser saja, lokasinya agak kebawah di dalam folder data diatas)
  • Lalu paste-kan ke 3 folder diatas satu persatu kedalam folder /sdext2/
  • Setelah selesai, masuk ke folder /sdext2/ (tempat kita meng-copy app, data dan dalvik-cache). Buat link dari ke-3 folder yang tadi di copy. Caranya dengan menekan dan tahan folder tersebut sampai muncul opsi pilihan, lalu geser pilihan kepaling bawah dan pilih Link to this folder. 
memory hp penuh
  • Arahkan ke folder /data/. cukup dengan klink tombol back di kanan bawah.
  • Setelah kembali masuk ke folder /data/, klik Create link.
  • Lakukan hal yang sama pada ke-3 folder tadi: app, data dan dalvik-cache.  (dan app-private, jika mau total semua game dan aplikasi system dipindah ke external micro sd)
  • Restart tablet-hp Android.
  • Cara menambah memory handphone selesai.
Silahkan cek dengan menginstal aplikasi game apakah ruang memory internal bertambah atau tidak. Jika berhasil kini kita dapat download lagi aplikasi dari Google playtore, bisa update dan instal lebih banyak game ke dalam handphone kita tanpa kuatir penyimpanan internal hp tidak cukup karena sudah penuh.
memindahkan game ke micro sd external
Disini jelas bahwa syaratnya tidak hanya hp sudah di Root, itu tidak akan langsung dapat memindahkan game ke external micro SD.  Lakukan cara-cara diatas persis seperti yang sudah kami jelaskan. Cara disini sudah persis seperti yang biasa kami lakukan di konter tempat srevis kami untuk membetulkan handphone kehabisan ruang penyimpan memory bahkan dengan sistem Android upgrade ke naugat7, 8 oreo hingga 9 pie custom rom. Jika pembaca mau mencoba harap baca dan baca dengan teliti. Resiko segala kerusakan yang mungkin terjadi bukan tanggung jawab kami. Jika tidak mau resiko silahkan bawa handphone android ke tempat service di kota terdekat atau konter kami di Denpasar untuk dikerjakan dengan syarat sudah memiliki micro sd class 10, karena akan gagal jika beli micro sd murah dengan class speed rendah atau merk memory Samsung dan Sandisk kw. Disini kami tidak akan menjawab pertanyaan 'aneh' seperti berikut ini:
  • Mengapa setelah pakai cara diatas setiap buka aplikasi game sering force close ya? apa karena saya pakai micro sd class 4. Baca disini mengapa harus class 10
  • Kalau di root saja bisa tidak ya?
  • Tolong HP saya bootloop setelah pakai cara diatas, saya lupa backup tidak punya rom aslinya.
  • Mengapa hp-tablet jadi sering restart? Jangan 'aji mumpung' (red:bahasa jawa). Micro sd sudah besar tidak berarti semua aplikasi game dapat didownload dan diinstal. Masih banyak parameter yang perlu dipertimbangkan spt. kekuatan CPU, memori RAM, baterai tablet dsb.
  • Ada cara lain yang lebih mudah tidak?
  • Saya newbie, tolong dipandu cara instal game ke micro sd via WA.
  • Saya mau pakai cara diatas agar bisa instal banyak game di micro sd, tapi saya tidak mau hp saya di root, bagaimana caranya tanpa root?
  • Tolong saya gagal merubah file Vold.fstab,android handphone saya jadi bootloop tidak mau menyala. STOP: jangan bawa masalah anda dari tempat lain kesini, kami tidak pernah membuat artikel cara merubah file Vold.fstab. 
  • Saya pakai blackberry bagaimana caranya?
  • Saya pakai Nokia Windows bisa tidak pakai cara ini?
Cara menambah ruang memory hp agar tidak penuh diatas sudah Bali Service Computer terapkan di konter agar aplikasi game bisa dipindah ke external micro sd pada berbagai Handphone dan tablet milik pelanggan yang internal memory-nya sangat kecil spt: Samsung Replika/clone, Samsung S2, Galaxy Note, HTC, Evercross A7*, Advan Vandroid, lenovo, Samsung Galaxy Mini, Mito a300, handphone Imo dan type lama lainnya yang menggunakan Android system. 
tempat servis handphone denpasar
Cara disini cukup aman dalam artian, jika terjadi masalah lag, hang, sering restart atau sering muncul pesan error 'unfortunately app not respond' atau bootloop kita dapat merestore semua settingan pabrik jadi ke kondisi awal tanpa perlu flash rom/ instal ulang. Cara membetulkannya dengan masuk menu setting>Back up&reset> Factory Reset.

Penyebab bootloop jika yakin sudah benar cara oprek modif scriptnya:
Handphone jadi lemot atau bootloop tidak mau masuk menu padahal sudah ikuti prosedur cara oprek penyebabnya adalah memakai external micro sd dibawah Class 10 atau pakai micro SD Sandisk card KW/ Palsu ganti beli dengan yang ori dan bagus speed tinggi.

Pada beberapa software OS Android cara diatas tidak dapat digunakan karena struktur file system Android Jelly Bean tidak mengijinkan pemindahan dalvik-cache, contohnya Samsung Galaxy Tab P3100 JB 4.1.2 perlu menggunakan script swap memory atau dengan cara menggunakan directory bind agar kapasitas ruaang memory peenyimpanan bertambah dan game dapat pindah ke micro sd bisa download Google playstore lagi.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

16 komentar:

  1. Kak maksudnya memory Class 10 apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli micro sd tidak hanya memperhatikan besarnya kapasitas berapa giga, tetapi juga kecepatan transfer data, waktu beli perhatikan di bungkusnya ada tanda lingkaran angka 10 yang artinya speed 10MB/s

      Hapus
  2. Ada gak app buat test class sd card
    Ace 3 bisa gak
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua hp samsung, termasuk ace 3 bisa ditambah memory internal, cara untuk test kami pakai "sd card tester apk"

      Hapus
  3. salam hangat mas, ada yang ingin saya tanyakan, bagaimana caranya mengembalikan settingan seperti semula, nah kebetulan ada beberapa pernyataan yang menuliskan "...kita dapat merestore semua settingan ke kondisi awal tanpa perlu flash rom/ instal ulang. Cara dengan masuk menu setting>Back up&reset> Factory Reset." Nah yang ingin saya tanyakan menu setting ini menu yang mana ya?
    soalnya ketika saya coba cabut memory sd cardnya, saat jendela welcome malah terhenti lama(tidak masuk2 menu utama), begitu juga ketika saya coba ganti sd card nya, itu juga saya coba partisi seperti langkah sebelumnya dan hasilnya tidak berpengaruh. Mohon jawabannya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menu setting/pengaturan cuma ada satu kan?tinggal masuk setting>pilih Back up&reset> Factory data Reset, nanti restart sendiri kembali ke bawaan pabrik, bahkan jika handphone bootloop juga masih bisa masuk recovery pilih wipe data/factory data reset,nomal seperti semula

      Hapus
  4. Cara aman untuk mimindahkan data app,obb,system,dll lebih simple pakai directory bind lebih aman... Directory bind aplikasi me manipulasi memory internal...di internal data data file tetap ada, ttpi di external lah yang terbaca data aslinya jadi kisimpulannya tidak mengurangi memory internal,hanya memanipulasi atw ber klamuflase...tutornya search di um google cara memakai directory bind...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bos thanks masukannya,tapi tidak bisa digeneralisasi begitu, directory bind hanya cocok untuk beberapa type hape samsung saja, jika proses edit salah hp bootloop tidak bisa nyala dan perlu flash, android itu opensource jadi beda handphone beda cara, bahkan sering hp sama tapi beda os maka beda cara tambah memory-nya

      Hapus
  5. Dengan cara diatas sya berhasil di 1 galaxy young dgn stock rom firmware asli dan 1 lagi dgn kernel jarvis, saya pakai yg non extreme, bedanya extreme dan non apa... cara ini bisa untuk tab TREQ Call 3G kitkat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika extreme 'semua' aplikasi dipindah ke micro sd, soalnya sosmed spt bbm, whatsup dll biasanya tidak mau pindah dengan cara biasa sehingga internal memory akhirnya tidak cukup juga

      Hapus
  6. Ajiiiip .....mantap kang sangat jelas sekali pencerahana trim

    BalasHapus
  7. gan partisi ku dua dua y fat 32 baru bisa jalan link sd y,itu nanti pengaruh ke hp gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah, diingat fat 32 bisa dibaca laptop, jadi ketika koneksi ke pc/laptop hati-hati jangan sampai bagian file/folder system dihapus

      Hapus
  8. Mau tanya cara mengatasi unrecoreable bootloader error 0x00000000 pada Toshiba thrive at100

    BalasHapus
    Balasan
    1. kronologis mestinya diinfo juga bos, itu bisa rusak emmc jika tiba-tiba terjadi,tapi jika habis modif/root artinya rusak software coba diflash

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.