Baterai Tablet

Artikel cara merawat Baterai Tablet Android ini adalah bagian tindak lanjut dari beberapa tulisan yang pernah kami posting di baliservicecomputer.blogspot.com. Jika pembaca memiliki kesempatan, silahkan memeriksa artikel sebelumnya terkait masalah baterai tablet. Seperti kami juga telah sebutkan dalam posting sebelumnya, baterai tablet lokal advan, axioo, treq, speedup maupun merk terkenal samsung galaxy tab, Xiaomi, Oppo, Asus, masa pemakaian baterai tanam handphone hingga akhirnya rusak/ drop adalah proses yang berkelanjutan yang tidak bisa dihindari, dengan ciri-ciri tidak tahan lama, kembung dan bahkan tidak bisa dicharge. Namun proses ini dapat diperlambat dengan prosedur penggunaan yang tepat dan perawatan.
toko tempat jual baterai tablet android
1. Suhu
Panas adalah musuh baterai. Hidup di negara tropis seperti Indonesia dimana suhu bisa mencapai di atas 30 C, membuat pengguna smartphone/ pc tablet bisa dengan mudah membuat kesalahan dalam prosedur rutin selama pengisian baterai Tablet PC di lingkungan dengan suhu melebihi suhu maksimum yang dianjurkan. Sedikit info dari hasil riset teknisi tempat servis handphone kami tentang panduan resmi dari produsen komponen baterai Panasonic mengenai "Tips Penting Baterai", sebaiknya dibebankan pada kisaran suhu 50 F sampai 86 F, atau 10 hingga 30 derajat celcius. 

Di Indonesia di mana suhu udara luar yang tinggi ditambah kenaikan suhu baterai internal selama pemakaian kebiasaan main game sambil di cas, membuat baterai tablet mudah mengalami kerusakan. Seperti yang selalu kami sampaikan bahwa panas akan merusak baterai tablet lebih cepat. Setidaknya ini terlihat dari pengguna yang datang untuk membeli baterai tanam handphone di alamat tempat servis Android kami di kota Denpasar Bali, tidak hanya merujuk pada satu merk tertentu tetapi berbagai merk spt Asus, Axioo picopad, Advan Vandroid, Cyrus pad, Speedup, Beyond Tab, Mito, evercoss, Lenovo, Sony, Xiaomi, Samsung Galaxy Tab dll dengan berbagai keluhan serupa yaitu baterai drop, cepat habis, menggembung dan baterai dicas tidak mau bertambah mengisi.
service baterai handphone android
Bayangkan kasusnya, jika dalam kondisi belum dipakai saja tablet sudah berada pada suhu maximal yang direkomendasikan (30 C), ditambah suhu yang dihasilkan selama pemakaian belum lagi panas selama proses pengisian (charging). Itulah sebabnya usia baterai tablet hingga 2 tahun seperti yang dijanjikan vendor sulit dicapai. Bahkan tidak jarang dalam hitungan beberapa bulan pemakaian baterai tablet sudah drop, kembung dan rusak tidak bisa dicharge lagi.
harga biaya ganti baterai tanam
Dianjurkan bila memungkinkan (ideal), saat mengisi baterai android yang tepat adalah ketika phone/ tablet dalam kondisi "off". Jadi kita perlu mematikan PC Tablet, mengisi penuh, kemudian dinyalakan untuk menggunakannya. Walaupun tips untuk tidak menggunakan pc tablet/ hanphone saat charging sulit dilakukan, tapi itulah tips terbaik perawatan baterai tanam agar awet walaupun hampir mustahil dilakukan.

2. Charger

Selain karena panas, komponen adaptor charger yang buruk terindikasi menjadi penyebab utama kerusakan baterai. Gunakan selalu Adaptor Charger yang direkomendasikan dan periksalah secara berkala. Terutama merk lokal buatan china, kualitas adaptor charger tablet bawaan merk china sering buruk kualitasnya, bahkan charger adaptor tablet yang 'menyala' belum tentu berfungsi dengan benar. Kami mendapati beberapa aadaptor charger yang digunakan pelanggan ketika di cek menggunakan AVO meter, tegangannya naik-turun yang sangat berpotensi merusak baterai. 
beli baterai tablet advan, axioo, beyond, imo, mito, speedup, websong
Sesuai metode cara kerja dan fungsi Power Bank, hindari penggunaan Power Bank secara rutin. Tujuannya adalah untuk kondisi darurat (travelling), Power bank bukan untuk penggunaan sehari-hari. Mempertimbangkan belum/ tidak adanya standarisasi kualitas power bank, lebih banyak dijual merk palsu daripada original, maka membeli power bank murah dapat merusak baterai. Jadi jika memang sering bepergian, bagi pengguna type smartphone Android, sebaiknya membeli power bank dengan merk paten ori atau merk lain dengan kualitas baik dan merk cukup terkenal.
3. Lubang USB Cas
Pertanda awal ketika lubang charger usb handphone mulai rusak biasanya ketika colokan charger dipasang perlu digoyang atau ditekan dahulu agar baterai mau mengisi. Cara membetulkannya dengan segera ganti lubang colokan usb cas patah tersebut untuk menghindari kerusakan lainnya. Penyebab rusaknya cukup beragam, biasanya sering memasang cas terbalik terutama pemakai anak-anak, karena memakai kabel data murah tidak ori, jalur cas korslet karena berkarat pernah kena air. Selanjutnya silahkan baca cara ganti luang cas dalam artikel dibawah ini
Perhatikan 'life cycle' baterai. 
Semua baterai Tablet dari merk lokal androtab smartfren, Advan merk cina Oppo Xiaomi hingga baterai tanam Samsung Galaxy Tab, semua memiliki batas usia kerja (life cyle). Menggunakan baterai tablet sampai habis kapasitasnya 0% (sampai muncul peringatan/notifikasi) dan melakukan pengisian hingga full menyumbang kerusakan baterai. Karena usia baterai juga dihitung berdasarkan 'life cycle'. 1 life cycle = 1x pengisian sampai penuh (full charging) + 1x penggunaan sampai habis (full discharging). Umur usia keawetan baterai lithum rata-rata 500 life cycle/ tahun, dengan asumsi kita melakukan charging-discharging 1x per hari maka usia baterai adalah 500 dibagi 365 hari. Jika kita cas 2x sehari jelas baterai tablet jadi lebih boros.

Solusi yang baik berdasar panduan penggunaan baterai lithium polymer dari perusahaan 'Apple' yang memproduksi iPhone dan iPad adalah dengan mengisi ulang baterai setelah periode penggunakan berjalan sebelum mencapai 50 % dari kapasitas untuk menghindari penghitungan 1 x life cycle. Itulah mengapa pada tablet lebih baik melakukan charging saat off atau dalam kondisi mati lebih bagus untuk menghindari penghitungan life cycle.
Jadi berbeda dengan type baterai nikel (yang digunakan pada handphone tahun '90an) yang lebih baik dicas saat sudah kosong, kini pada type baterai tablet berlaku kebalikannya, akan lebih baik jika dicharge sebelum benar-benar habis/ kosong.


Baterai Tablet Rusak

Beberapa sifat ciri dari baterai tanam lithium polymer yang banyak digunakan pada smartphone dan tablet android karena baterai tanam ini harganya murah untuk biaya produksi lebih hemat, bahan tidak berbahaya bagi lingkungan dan mudah dirubah bentuk kemasannya (bahan cair). Dibalik kelebihan tersebut ada kekurangannya yaitu baterai mudah kembung dan bocor. 

Belilah baterai tablet baru. Jangan gunakan lagi baterai kembung walaupun disebutkan materialnya tidak berbahaya bagi lingkungan, type baterai tablet dengan bahan polymer ini lebih mudah terbakar apalagi jika sudah mulai drop/kembung akan cepat panas. Tetap menggunakannnya akan berpotensi merusak motherboard/ mesin, jika terjadi kebocoran cairan baterai. Hubungi toko terdekat tempat jual baterai tanam handphone android untuk mengganti komponen baterai yang sudah rusak tersebut.
original
Banyak pengguna phone tablet android yang mencari solusi dan cara mengatasi atau memperbaiki baterai drop, kembung, bocor dan rusak, mungkin mencoba kalibrasi atau bahkan mengikuti metode tips yang menyarankan dimasukkan ke dalam freezer. Maaf teknisi di konter di tempat servis kami sudah coba melakukan berbagai hal tersebut diatas. Walaupun kita bisa menggunakan tips agar baterai awet. Pemeliharan seperti penggunaan aplikasi kalibrasi adalah untuk diterapkan pada baterai tablet yang masih normal agar lebih awet dan tahan lama. Namun jika baterai sudah terlanjur rusak maka tidak akan bisa diperbaiki lagi. Berbagai aplikasi baterai, dan kalibrasi maupun metode masukkan ke kulkas/ freezer tidak akan memulihkan baterai yang terlanjur rusak atau kembung jadi baagus kembali. 
Teori bahwa suhu dingin akan dapat membetulkan kembali kondisi baterai tidak pernah ada experimen yang membuktikan kebenarannya. Bukti lainnya, pengguna tablet di negara eropa dengan rata-rata suhu lebih dingin (ada musim salju) baterainya juga masih bisa rusak kok. Jadi solusi untuk baterai tablet drop (rusak) untuk semua merk lokal dan handphone cina, baik android advan, asus, axioo, oppo, mito, speedup, samsung galaxy tab, vivo, xiaomi dll, saran kami hanya satu, cari alamat toko tempat jual baterai tanam, beli yang baru original dan menggantinya.

Artikel Terkait di Bali Service Computer