Masalah Charger Baterai Tablet

Tidak soal merk tablet pembaca Acer, Asus, Axioo, Advan, Ainol, Andromax Tab Smartfren, Beyond, Cyrus PAD, IMO, Oppo, Lenovo, Samsung Galaxy Tab,Toshiba, Treq, Xiaomi dll, jika adaptor charger baterai tablet android bermasalah, rusak atau hilang, tidak mengisi, tips kali mungkin cocok bagi pembaca sebagai salah satu solusi selain membeli charger baterai tablet yang baru. Cara ini juga berhasil mengatasi masalah layar touch screen tablet yang menjadi 'ngawur' ketika menggunakan tablet Android saat di charge.
cara baterai tablet android
Sebulan yang lalu charger tablet cyrus pad di konter kami keselip hilang entah kemana. Daripada kebingungan untuk beli charger baru, saya membongkar stok adapter charger yang sudah tidak dipakai lagi. Karena ukuran baterai tanam tablet 3000-4000mAh (3-4A) dan 3.7V berarti diperlukan charger baterai yang outputnya tegangan lebih besar dari itu yaitu 5Volt. Sebagai tempat servis Handphone dan Laptop kami beruntung bisa memiliki berbagai jenis charger bekas berkualitas. Kami mendapat beberapa pilihan charger seperti contoh beberapa gambar di sini, bisa jadi solusi aman dengan biaya murah he he.

Walaupun bisa dipakai untuk cas baterai tablet tetapi kurang bagus, karena ampere yang terlalu kecil, hanya 500mAH. Untuk ngecas baterai tablet bisa lama sekali penuh. Adaptor ideal adalah ukuran ampere 1/2 dari ukuran isi baterai, jadi perlu sekitar 2000mAH atau minimal 1.5 A. Itulah mengapa charger handphone jadul (nokia, motorola, samsung) type lama tidak bisa atau tepatnya tidak cocok untuk tablet Android karena ampernya yang terlalu kecil. Jika dipakai ngecasnya akan sangat lama penuhnya. 
Tentu saja akan berbeda jika penyebab masalah tidak mau ngisi karena lubang cas usb patah seperti gambar diatas, solusinya adalah dengan menggantinya.
Gunakan chargher 5Volt
Jika punya charger handphone merk ternama lain asal spesifikasi teknisnya sama akan bagus dipakai juga dibandingkan beli chargerr murahan tidak jelas kualitasnya. Misalanya milik bekas Samsung Galaxy tab Tab 2 yang kabel usb bisa diganti, tentu cocok untuk handphone Android Asus, Oppo atau Xiaomi Redmi. Ingat jangan gunakan charger yang ukurannya tegangannya (Volt) lebih kecil dari spek baterai tablet, misalnya dibawah 4.5V dan arusnya dibawah 500mA. Ini justru akan menyedot arus dari baterai isinyaa malah berkurang bukannya nambah. Seperti contoh dibawah ini tidak cocok karena tegangannya hanya 3.4V. Tentu saja baterai tidak nambah bisa disebabkan short komponen seperti ic rusak/ resistor-dioda-capacitor konslet dalam mesin, ini paling sering kami temui untuk masaalah yang penyebabnya handphone pernah kena  air kehujanan/ terendam air.
masalah charger baterai tablet android
Meskipun colokannya sama jangan pernah memakai cas casan yang terlalu besar teganggannya misal menggunakan 12 Volt akan merusak tablet/handphone. Apalagi pakai charger bekas laptop, (PERINGATAN: jangan pernah) itu ukarannya 15-20 volt, komponen ic bakal terbakar mesin handphone konslet. Lihat contoh kasus disini mengapa tablet IMO Tab X series sering tidak bisa dicas/ mati karena masalah charger yang buruk.

Kemudian pilihan saya jatuh pada charger toshiba bekas cd rom external, karena ukuran ampernya 2A atau 2000mAh dan volt nya 5V (ket 1). Charge ini bagus cocok untuk tablet saya bahkan lebih baik, karena memiliki perata arus (ket 2) sehingga arus yang keluar dari charger tersebut stabil aman untuk tablet android saya. Keterangan kabel cukup jelas antara arus + dan - (ket 3), memudahkan penggantian kabel. 
cara memgatasi charger tablet android
Karena berbeda connector jack asli adaptor saya potong ujungnya untuk di ganti dengan mini usb agar cocok sebagai charger baterai tablet. Saya memilih menggunakan input usb mini untuk mengurangi masalah kacaunya touch screen display android tablet saat sedang charging. Colokan cas micro USB charger dapat digunakan pada hampir semua android dengan chip Allwinner, MTK (umum pakai pada handphone Oppo dan Lenovo) dan Qualcomm (Xiaomi) atau exynos (Samsung Tab). Sedangkan yang menggunakan chip Rock Chip seperti pada Tabulet troy dan androtab Smartfren bentuknya seperti colokan laptop tapi lebih kecil, beberapa type lain menggunakan mini usb dan type C, jadi kabel micro usb tidak bisa untuk charging.

Sebelum melakukan modfikasi charger baterai tablet ini, harap periksa juga kondisi baterai tablet, mungkin sudah rusak dan perlu beli baterai tablet baru.

Cara Modifikasi Charger Baterai Tablet Android: 
Berikutnya siapkan kabel mini usb, saya pakai bekas kabel data/charger handphone cina, dan dipotong sekitar 15 cm.
Kemudian kable mini usb disambung ke adaptor charger, warna merah dengan + dan kabel warna hitam dengan -. (lihat keterangan gambar no 2 datas ket 3.). Agar aman kami sangat menganjurkan untuk mengunakan alat ukur multitester untuk cek ya. Lalu bungkus dengan selotip agar aman. Sebaiknya gunakan multitester untuk tahu persis mana arus + positif dan - negatif pada kabel adapter charger yang dipotong kadang warnanya berbeda beda. Usahakan memotong kabel  dengan jarak beda selisih sekitar 1 cm. Tujuannya jika  suatu saat jika selotip terkelupas tidak akan korslet.
cara adapter charger baterai tablet
Hasilnya cukup memuaskan, charger baterai tablet modifikasi ini dapat mengisi baterai tablet Android saya dengan cepat, dari keadaan kosong hingga penuh (full charge) sekitar 2,5 jam-an. Karena semakin besar amper/arus adapter charger semakin baik dan semakin cepat proses pengisian baterai tanam tablet. Sudah saya gunakan selama sebulan dan aman.
mengatasai charger baterai tablet android
Keuntungan lainnya adalah menghilangkan masalah touchscreen android tablet yang sebelumnya setiap ngecas, tablet sulit/tidak bisa digunakan karena tauchscreennya 'kacau'. Dengan charger baterai ini tablet android saya tetap bisa digunakan selama charging, dan tidak ada masalah touch screen. Analisa kami, masalah grounding yang buruk dari PLN atau kualitas charger yang buruk adalah penyebab masalah touch screen jadi kacau saat di charge. Kesimpulan penyebab touch screen tablet kacau ini juga didasari pengalaman di konter tempat servis handphone kami saat menggunakan usb data ke pc. Setiap tablet dihubungkan colok ke PC komputer, LCD touchscreen jadi kacau. Setelah PC saya beri kabel ground ke selokan air samping rumah, lcd touch screen tablet menjadi normal kembali. Mirip masalah mouse laptop yang gerak gerak sendiri, karena arus kurang.

Jadi selain berbiaya murah, penggunaan modif charger bekas untuk tablet ini sekaligus menjadi cara mengatasi masalah touch screen tablet android. Berbeda kasusnya jika lcd touchscreen tablet pecah atau retak.

Jika charger tablet rusak atau hilang, tidak soal apakah akan membeli charger baru atau memodifikasi charger bekas untuk baterai tablet, untuk menghindari kerusakan tablet selalu PENTING di ingat: 

  1. Pilihlah adapter charger tablet android yang kualitasnya baik agar LCD touch screen tablet tidak kacau saat di cas.
  2. Gunakan charger tablet yang volt nya sedikit lebih besar dari spek baterai tanam tablet (jika baterai tablet 3.7V maka gunakan charger sekitar 5V dan arusnya 1-2 Amper agar proses chargingnya cepat. 
  3. Jangan sembarangan menggunakan charger lain walaupun connector lubang jack charger sama, lihat dulu speknya (harus adaptor AC to DC 5V, bukan AC to AC). Beberapa tablet bentuk fisiknya sama menggunakan voltase yang berbeda.
  4. Beli Charger Ori atau OEM dengan kualitas baik, jika harganya terlalu murah patut dipertanyakan kualitasnya, sudah banyak kasus membeli charger bermerk logo terkenal seperti Samsung, Oppo, Asus, Xiaomi harga sangat murah ternyata KW, laama mengisi beberap malah jadi penyebab ic rusak bahkan handphone mati.
  5. Charger bekas laptop (15-20Volt) tidak bisa digunakan, itu beda voltase 3 sampai 4X lipat lebih tinggi, akibatnya mesin handphone konslet ic terbakar dan mati total.
Kami membuat modifikasi charger ini agar bisa digunakan untuk segala merk tablet pc maupun handphone Android sehingga berfungsi sebagai universal charger kompatible untuk semua type dengan baterai 3.7Volt. Cocok untuk kebututuhan teknisi di tempat servis karena jasa perbaikan kami menerima kerusaakan dari berbagai merk handphone Android dan typenya bermacam--macam.
charger imo, advan, cyrus, andromax smartfren, bpad beyond, axioo
Jack konektor lubang cas female/ cewek dibuat khusus, meski umumnya micro usb lebih populer, beda lubang cas handphone tinggal ganti colok yang sesuai sehingga berbagai macam tablet dan kepala (batok) charger bisa menggunakan 1 charger bekas CD ROM external ini. Tips ini juga berguna untuk teknisi servis  hp lain yang sering menerima banyak jenis tablet dan hape rusak berbagai merk branded maupun lokal buatan china.
tablet samsunng tidak bisa di cas
masalah charger samsung galaxy tab rusak
Kini walaupun pasien tablet lupa membawa charger saat tablet android rusak di ke tempat service di BSC, kami dapat menggunakan adaptor charger universal "made in bali" ini...made pasti dari bali he he..;D. 
Walaupun tips charger rusak disini menggunakan contoh kasus charger untuk tablet, namun secara prinsip sama bagi pemilik handphone dan tablet china/ lokal lainnya seperti Axioo picopad, Advan, Ainol, Andromax smartfren, Beyond Bpad, Epad, Evercoss, IMO Tab, Mito, Treq maupun merk terkenal spt Oppo, Samsung Tab, Asus, Acer, Lenovo, Xiaomi dll. yang menggunakan baterai lithium polymer 3.7V. Jika charger Ori rusak maka solusi ini dapat menjadi alternatif mengatasi masalah handphone lama mengisi daripada membeli charger murah (abal-abal) yang dapat merusak Handphone. Apalagi Charger Samsung Galaxy Tab original tergolong mahal, dengan modifikasi memanfaatkan charger bekas namun berkualitas ini selain murah terpenting tetap aman dan tidak merusak. Ini juga bermanfaat bagi pemiliki yang memiliki beberapa tablet. Charger universal ini juga dapat digunakan untuk mengisi handphone maupun tablet Android merk lain karena sekarang banyak handphone juga menggunakan baterai tanam  dengan ukuran isi Jumbo. 

Bagi pengguna jika mengalami masalah charger tidak bisa/ lama mengisi dapat berkonsultasi ke alamat toko tempat servis handphone kami chat WA 085 238 900 600 (denpasar-kuta-nusa dua-gianyar-tabanan dan sekitarnya). Semoga tips cara mengatasi masalah charger baterai Android tablet ini dan tips cara mengatasi tablet china tidak mau ngecas disini bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer