Install Android 4 ICS Tablet 7inch

Kali ini saya akan berbagai pengalaman cara install Android OS Tablet 7 inch atom Cy Pad milik saya yang rusak/mati, tidak mau boot dan tidak mau masuk menu. Jadi tablet hanya berhenti di merk logo android saja. Panduan instal custom rom android pada tablet dengan chipset Allwinner A10 mali ini saya dapatkan dari berbagai situs internet. Akhirnya dengan instal sendiri android 4 ICS mendapatkan solusi untuk memperbaiki Android Tablet 7 inch Cyrus Atom Pad milik saya yang rusak.  
android 4 ICS tablet 100$

Pada kasus saya, panduan instalasi dibawah ini berhasil menghidupkan kembali tablet 7" Atom CyrusPAD milik saya yang kemudian salah flash jadi hardbrick (kondisi mati). Awalnya rusak bootloop dalam 5 hari pemakaian

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum instal Android 4 ICS Tablet 7 inch Atom Pad :
  1. Cyruspad (hanya Android Tablet Atompad 7 inch, bukan Cyrus lain : Atom HD, Atom Pad Lite, Pad TV tidak cocok, apalagi handphone jelas beda)
  2. Kabel data mini usb to usb
  3. Komputer / Laptop dengan Os minimal windows Xp
  4. Koneksi Internet untuk download custom Rom Android disini atau ke halaman kumpulan ROM Android disini
  5. Untuk yang mengalami masalah gagal flash muncul error "Upgrade fails : 0x162" on 3%, harus coba rom sebanyak-banyaknya ;)
  6. Koneksi internet untuk download LiveSuitPack 1.05 atau menggunakan live suit v1.07 untuk flashing android menggunakan komputer laptop/PC. Didalamya sudah termasuk usb  driver tablet untuk keperluan flashing instal firmware android.
  7. Klip kertas untuk menekan tombol upgrade mode (reset tablet).
Ukuran file firmware /custom ROM android yang di download lumayan besar sekitar 276Mb, untunglah saya berlangganan promo bulanan 50 ribu paket internet flexi evdo, sehingga proses download cepat dan tidak kuatir kehabisan kuota, karena paket promo internet flexi evdo ini real unlimitted. Setelah download dengan modem evdo yang cepat, file yang berbentuk ZIP/RAR ini di extract lalu ikuti panduan cara dan langkah-langkah instal OS Android 4 Ice Cream Sandwich pada Tablet Atom CyPad di bawah ini:

Langkah-Langkah cara instal Android 4 ICS di Tablet 7 inch:
  • Extract livesuitpack dan custom rom untuk cyrus atom pad ke dalam suatu folder.
  • Buka folder livesuit berada lalu jalankan LiveSuit exe, kemudian pilih images custom rom
service android tablet 100USD
  • Pastikan android tablet dalam keadaan mati/ off ( Tablet dalam keadaan shutdown )
  • Luruskan klip kertas dan tekan tombol pada samping microphone pada tablet atompad ( tempatnya persis pada mic dan agak tersembunyi) serta tahan.
reset tablet rusak mati
  • Kemudian masukan / colokan kabel mini usb ke tablet dan kabel usb ke pc.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol power tablet. Jika livesuit meminta driver atau livesuit terlihat seperti dibawah ini (tombol upgrade dapat dilepas) . Driver tablet sudah ada di dalam folder livesuits yang didownload.
download android rom firmware tablet 7" inch chinese cortex allwinner mali
  • update Januari 2013: untuk install android di komputer PC/Laptop menggunakan livesuit pada cyrus atom pad tidak perlu menekan tombol power, cukup terus menekan tombol reset kemudian sambungkan usb kabel data sampai tablet terdeteksi . 
  • Pada tablet lain Ainol, IMO Axioo, treq dll biasanya dengan menekan (power +) tombol vol + atau -  sekitar 7-10 detik sampai tablet terdeteksi. Contoh untuk pengguna tablet erSys ePad 4 Challenger yang case belakang warna coklat ketika instal upgrade android ICS menggunakan rom firmware GCA73_120410_ICS caranya dengan menekan dan tahan tombol vol +. Kemudian colokkan kabel usb tablet ke pc / laptop (sambil tetap menekan tombol vol up) tekan juga tombol power berulang-ulang sampai device usb tablet terdeteksi di PC laptop, baru kemudian lepas tombol.
instal android ics tablet 7"
  • Pilih ya untuk mandatory format, terutama yang mengalami gagal flash error "update failed:0x163" harus diformat bukan pilahan upgrade. Kemudian pilih lagi ya untuk konfirmasi flashing. Setelah bar persentase berjalan tidak perlu menekan reset lagi, jadi lepaskan clip dari lobang tombol reset.
download firmware rom china tablet 7" cortex mali allwinner
  • Setelah upgrade sukses, anda dapat mencabut mini usb dari tablet. Proses boot android tablet untuk pertama kali akan memakan waktu cukup lama.
  • Update firmware atompad selesai dan anda bisa mulai memasukan account email google untuk menggunakan tablet dengan normal.
Terima kasih untuk panduan instalasi android ICS/ update china Tablet firmware kepada Agan Ribhy di blog beliau. Pengalaman berguna sebagai tempat servis handphone namun kami yakin siapapun penggemar oprek Android sudah biasa dengan masalah bootloop seperti ini.

Akhirnya android tablet Atom Cyrus PAD saya dapat menyala lagi, hanya kali ini tampilan awal saat booting tidak lagi Cyrus PAD. Semua fitur yang ada pada Tablet Cyrus PAD saya seperti, Camera, Wifi, Touchscreen, HDMI dll berjalan dengan baik, USB OTG juga dapat mendeteksi Flashdisk, hardisk external dan modem 3G dengan baik. Saya test modem O2 mobile broadband huawei E175Cu pada android tablet dan dapat terdeteksi langsung tanpa instal driver. Koneksi internet dengan paket internet always on 3 juga berjalan dengan baik. Memory external juga dapat terbaca dengan baik pada hasil instal android 4 ICS di tablet 7 inch Atom Cyrus pad ini.

Untuk melakukan install android OS pada tablet 7 inch Allwinner A10 ini, sebelumnya harap pembaca ingat bahawa update firmware atau melakukan instal Android OS ini kemungkinan akan membuat garansi tablet tidak berlaku, silahkan baca kembali klausa yang terdapat pada kartu garansi Tablet Android yang dibeli. Lakukan instal android os atau update firmware Tablet kita jika keadaan memang memaksa demikian. Saya melakukan instal custom ROM android ICS pada tablet 7" Cyrus Pad saya ini, setelah melakukan perbaikan sendiri pada baterai android Tablet, karena pihak Service Center vendor tablet di Denpasar-Bali menolak mengganti Android Tablet saya, walaupun hanya dipakai 5 hari dan rusak.  

Instal Tablet android 7 inch dari vendor China dengan custom Rom ini bermanfaat bagi yang ingin melakukan update firmware untuk merasakan fitur android os yang baru dan mengatasi tablet yang rusak os nya. Tablet yang rusak sistemnya biasanya ditandai:
  • Tablet sering hang(macet), restart atau mati sendiri karena konflik softwarenya
  • Bootloop: tablet tidak bisa masuk ke menu, setiap dinyalakan tablet berhenti/muter-muter di logo android saja /hanya muncul merknya saja.
  • Sering muncul "unfortunately has stopped" saat membuka aplikasi, system UI, launcher dll.
  • Tab Android kehabisan memory  "Insufficient Storage Available".
  • Tablet android sering gagal saat instal aplikasi/game.
  • Tidak bisa mendeteksi modem 3G GSM dan CDMA evdo yang support untuk Tablet Android.
  • Koneksi wifi error, tidak ada sinya dll.
Instal ulang Android OS dengan custom rom perlu memperhatikan spesifikasi hardware Tablet yang dimiliki, beberapa hal yang perlu diperhatikan sbb:

Android Tablet yang akan diinstal harus sama sepesifikasi hardware,
  • Chip Allwinner A10/Cortex A8 1.1Ghz, Mali 400 3D, 
  • RAm 512
  • Memory Internal 4/8 GB
  • Screen : 7 INCH (800X400) capasitive multitouch
  • Wifi, HDMI, VGA Camera dll.
Khiusus Masalah: Livesuits error "Upgrade fails : 0x162" on 3%
Jika sudah terjadi masalah error tersebut maka rom asli tidak dapat digunakan lagi. Proses flash menggunakan livesuits selalu gagal / terhenti di 3% (persen) dan muncul pesan error, maka tidak ada pilihan lain selain mencoba download firmware sebanyak-banyaknya. Penyebab error "Upgrade fails : 0x162" karena adanya perubahan partisi, biasanya karena salah instal recovery CWM.  Jika sudah mengalami error begini maka rom ori (stock rom) tidak dapat digunakan lagi karena partisi sudah berubah. Agar dapat di flash cara nya harus bisa download jenis rom yang mampu memformat partisi yang rusak. Meskipun menyebalkan namun ini cara satu-satunya: download firmware sebanyak mungkin sampai nemu yang cocok.
 
Android Tablet 7" produk china dapat menggunakan cara instal menggunakan livesuits ini asalkan tablet tersebut menggunakan SoC cpu allwinner. Selain Atom Cyrus Pad antara lain : Goclever A73, ePad 4 Challenger 2nd, T02, dan mungkin berjalan pada Axioo Pico pad type tertentu dengan chip allwinner. Tablet Bmorn V11, Aldo Minitab, MyAudio Tablet Series 7, Tablet TREQ A10 BASIC 2/A10C, Ainol's Novo 7 dan tablet imo. Tablet allwinner lain yang diinstal menggunakan rom/ firmware ini kemungkinan beberapa fitur tablet tidak dapat berfungsi dengan baik. (ada yang bersedia menambahkan? )

Jika di Device manager usb tablet sulit dideteksi pada PC/Laptop arahkan driver usb tablet ke folder livesuits. Driver flash tablet sudah ada didalam folder livesuit yang didownload diatas, sewaktu instal program flash semestinya langsung menginstall drivernya. Sedangkan untuk keperluan transfer data coba download dan instal driver android khusus tablet lokal/china.

Ini adalah panduan cara instal/ flashing rom android tablet bootloop yang menggunakan chip cpu Allwinner. Beberapa penyebab bootloop bisa karena memory internal penuh, di root, dan terjadi kesalahan modifikasi, salah download custom rom yang tidak sesuai, salah instal CWM/TWRP recovery sehingga menyebabkan proses flashing livesuits gagal dengan error "Upgrade fails : 0x162". Silahkan pembaca yang berpengalaman menambahkan informasi yang bermanfaat bagi pengguna lain soal cara instal Android 4 ICS Tablet 7 inch produk China.

Artikel Terkait di Bali Service Computer