Consider Replacing Your Battery

Fitur notifikasi “consider replacing your battery” adalah salah satu fitur Laptop pada Windows 7 yang tidak ada pada Windows XP ataupun Windows Vista. Notifikasi ini pada Windows 7 tujuannya adalah untuk memberi tahu pengguna bahwa baterai laptopnya bermasalah dan sudah waktunya diganti. Dari pengalaman sebagai teknisi di temapat servis computer, tidak soal apapun merk laptop, notebook atau netbook Acer,Asus hingga Toshiba, cepat atau lambat Anda pasti akan mendapatkan notifikasi “consider replacing your battery” disertai dengan munculnya tanda silang merah di ikon baterai yang ada di system tray. Pesan notifikasi yang muncul ketika Windows 7 “menganggap” baterai laptop Anda sudah saatnya diganti. 

Namun banyak pengguna Laptop baik merk Compaq Acer, HP dll yang menggunakan Windows 7 justru merasa terganggu dengan munculnya notifikasi ini termasuk saya. Mengapa ada tanda silang? Fitur notifikasi “consider replacing your battery” pada Windows 7 ini menetapkan batas (threshold) yang cukup ketat yaitu 40% sebagai batas umur baterai laptop anda untuk saatnya diganti. Nilai ini terlalu besar mengingat bateray dengan 6-9 cell pada kapasitas 30%-an dari kapasitas ideal pun baterai laptop masih sanggup bertahan sekitar 1 jam. Menurut saya pribadi daya tahan baterai selama 1 jam masih cukup memadai bagi pengguna laptop. Dengan melakukan pemakaian laptop yang benar dan perawatan baterai secara berkala akan membuat baterai laptop awet dan tidak cepat habis. Lagipula harga baterai laptop kan cukup mahal, ini membuat banyak pengguna Laptop enggan mengganti baterai laptopnya kecuali kalau sudah benar-benar rusak.

Untuk memastikan kondisi terkini dari baterai laptop beberapa vendor yang saya ketahui seperti Compaq-HP dan axioo menyediakan tool khusus yang di sertakan dalam CD/DVD Driver atau dapat didownload dari situsnya langsung. Anda bisa juga memakai software BatteryCare yang dapat di download disini. 'BatteryCare' dapat digunakan pada berbagai merk Laptop. Setelah men download lihat pada bagian 'Detailed Information' terdapat Battery Wear untuk mengetahui tingkat keausan baterai Laptop (battery wear level). Karena ada kemungkinan juga kondisi baterai laptop memang sudah sangat aus sehingga baterai laptop harus diganti. Jika kondisi baterai laptop masih layak anda bisa mematikan Fitur notifikasi “consider replacing your battery” pada Windows 7 ini.

Berikut ini adalah tips untuk menghilangkan pesan notifikasi “consider replacing your battery” pada Windows 7 : 
  • Buka the Control Panel atau ketik Device Manager di search box pada Start menu
  • Pilih Device Manager
  • Expand lalu pilih Batteries > Microsoft ACPI-Compliant control method beterry 
  • Klik Kanan dan pilih Disable
Anda juga bisa menghilangkan fitur notifikasi “consider replacing your battery” pada Windows 7 dengan langkah berikut ini :
  • Tekan Windows+R untuk menampilkan window Run
  • Ketik: powercfg -setdcvalueindex SCHEME_CURRENT SUB_BATTERY BATACTIONCRIT 0, lalu tekan Enter
  • Restart
Panduan diatas hanya untuk menghilangkan tanda silang yang menggangu, bukan cara untuk memperbaiki baterai cepat habis. Jika baterai laptop sudah error dan tidak mau mengisi, pengguna masih bisa menggunakan laptop seperti biasa langsung menggunakan charger bahkan tanpa baterai. Jadi misalnya laptop tidak mau nyala atau sering mati sendiri artinya ada masalah kerusakan di mesin motherboardnya. 

Pada kesempatan berikutnya teknisi tempat servis kami akan membahas masalah baterai Laptop yang tidak bisa di charge Full. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengatasi gangguan fitur notifikasi “consider replacing your battery” pada Windows 7 pada Laptop Anda.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

10 komentar:

  1. radityo17:24

    Mas, saya mau bertanya untuk rating batere yang bertuliskan 10.8 VDC --- 4400 mAh itu sebenernya tegangan keluaran yang diberikan oleh batere adalah 10.8 VDC atau bagaimana mas?

    karena tegangan output adaptor dan masukan di laptop sama-sama bertuliskan 15 VDC -- 4A.

    apakah artinya jika kita menggunakan catuan dari batere saja, maka laptop akan mendapat suplai tegangan sebesar 10.8 VDC saja atau bagaimana mas?

    matur suwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. radityo00:38

      Terima kasih mas atas jawabannya. Hehe, sekarang saya jadi sedikit paham mengenai beda tegangan antara keluaran dari batere dengan keluaran dari adaptor.

      jadi begini mas, saudara saya menanyakan apakah bisa untuk mengganti batere bawaan laptop nya dengan batere lain dimana terdapat perbedaan tegangan serta kapasitas baterenya. jadi batere yang lama itu memiliki spesifikasi keluaran 10.8 VDC -- 4400 mAh sedangkan penggantinya memiliki spesifikasi keluaran 11.1 VDC -- 4000 mAh. Tipe nomor serinya sama, namun berbeda di spesfikasi keluaran. untuk inputan masukan yang tertera di laptopnya sama (tapi saya lupa berapa besarnya)

      pertanyaanya apakah ada efek samping jika dilakukan penggantian dengan batere baru tersebut ??

      terima kasih, maaf sebelumnya kalau saya terlalu banyak bertanya...hehe

      Hapus
  2. Anonim09:17

    mas, ndak pengaruh... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ngaruh bagaimana gan? tips diatas untuk menghilngkan gangguan notifikasi baterai laptop pada windows 7,untuk perbaikan baterai laptop ada di artikel cara memperbaiki baterai laptop pada link terkait.

      Hapus
  3. mas, klo menghilangkan battery alert saat booting , gimana mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Jodhi: baterai dianggap terlalu kosong, jadi muncul alert. baterai laptop merk apa gan yang jelas dong? soalnya beda cara mengatasi baterai alert saat booting. kalau cara umum ngatasi masalah baterai laptop dikalibrasi

      Hapus
  4. Maaf gan mau tanya, masalah saya mirip seperti agan Galuhhcoltd laptop saya HP 430 baru 1 tahun beli, pas mau dihidupkan muncul error 610 seperti yang agan Galuhhcoltd tulis. Terus saya coba charger batere saya lalu saya hidupkan, tapi gambar icon battery nya malah ada peringatan plugin, not charging malah pernah terbaca battery unknown. Tapi saya lihat di software batterycare terbaca baterai penuh 100 persen, karena memang tadinya sudah saya charge, sedangkan wear level batterynya masih 0.00 %. Apakah ada solusinya gan? Tolong ya mengingat usia pc baru 1 tahun lebih dan saya selalu merawat laptop saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika dengan baterai saja (tanpa charger) laptop masih bisa digunakan, pesan error 601 bisa merujuk ke internal baterai laptop. Ada 1 baterai lagi (mirip seukuran kancing baju disebut baterai cmos) yang mengatur settingan bios laptop, mungkin baterai ini yang masalah (harga 15 ribuan di toko jam tangan)

      Hapus
  5. Gan batre notebook saya ada tulisannya "warn me if my battery may need replacement".sejak itu notebook hanya bsa nyala 1jam.gmna solusinya yee??

    BalasHapus
  6. terimakasih gan atas pencerahannya

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.